0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

7 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i - Spesifikasi & Harga

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwasannya Realme pada seri Narzo memang dijual secara online untuk menekan biaya produksi seperti iklan. Oleh sebab itu, Realme seri Narzo selalu mengeluarkan smartphone dengan harga 1 jutaan sampai dengan 2 jutaan. Salah satunya adalah Realme Narzo 50i yang dirilis pada November 2021 lalu di pasar Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i
Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i

Realme Indonesia juga menghadirkan Realme Narzo 50i berbarengan dengan Realme Narzo 50A yang menghadirkan spesifikasi menggiurkan di harga 2 jutaan. Namun, di Indonesia Anda bisa mendapatkan Realme Narzo 50i dengan harga 1 jutaan sehingga harga tersebut terbilang ekonomis dan hemat dikantong, khususnya bagi seorang pelajar.

Kelebihan Realme Narzo 50i

Kelebihan Realme Narzo 50i
Kelebihan Realme Narzo 50i

Dengan harga yang sangat ekonomis tersebut, Anda masih tetap bisa mendapatkan smartphone berkualitas seperti Realme Narzo 50i. Berikut ini akan penulis bagikan kelebihan Realme Narzo 50i yang wajib dipertimbangkan.

1. Desain Diagonal Stripe

Desainer dari perusahaan Realme ternyata mampu membuat kreasi baru untuk mendandani penampilan dari Realme Narzo 50i. Dimana, penampilan pada bodi belakang terlihat segar dengan dua polesan berbeda. Untuk sepertiga di atasnya terlihat polos, namun untuk bagian bawahnya memiliki garis-haris diagonal stripe.

Sementara itu, bentuk modul yang digunakan oleh perangkat ini juga belum pernah digunakan oleh smartphone Realme manapun. Bobot dari aplikasi Realme Narzo 50i ini adalah 195 gram dan memiliki dimensi 165,2 x 76,4 x 8,9. Tak hanya itu, Realme Indonesia juga menghadirkan dua varian warna yakni Mint Green dan juga Carbon Black.

2. Baterai Awet 5000 mAh

Berbicara mengenai kapasitas baterai, pengguna tidak perlu khawatir lantaran Realme Narzo 50i dibekali dengan baterai awet berkapasitas 5000 mAh. Realme juga mengklaim bahwasannya baterai yang ditanamkan pada perangkat ini mampu bertahan selama 23 jam ketika memutar video di aplikasi YouTube. Sedangkan jika digunakan untuk WhatsApp durasinya bisa mencapai 20 jam, kemudian Realme Narzo 50i bisa bertahan selama 43 jam jika digunakan untuk menelpon.

Apabila Anda menggunakan smartphone Realme Narzo 50i untuk bermain PUBG Mobile selama kurang lebih 1 (satu) jam, maka baterainya akan berkurang 12% saja. Bisa dikatakan baterai yang ditanamkan cukup awet dan tentunya memanjakan penggunanya.

3. Layar IPS LCD HD+

Perangkat ini memiliki layar 6,5 inci untuk mengisi sektor tampilannya. Layar yang digunakan oleh Realme Narzo 50i ini adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Hasil bagi resolusi dengan bentang layar mampu menghasilkan angka kerapatan piksel 270 ppi. Ada beberapa yang mengatakan layar yang digunakan oleh smartphone ini tidak terlihat burik.

Menariknya lagi adalah layar Realme Narzo 50i terbilang sangat responsif dan mampu mengenali 10 (sepuluh) sentuhan sekaligus. Smartphone ini juga masih sanggup jika digunakan pada luar ruangan, namun tidak di bawah terik matahari.

4. Menggunakan SoC Unisoc SC9863A

Dapur pacu atau SoC (Sistem On a Chip) yang digunakan para Realme Narzo 50i adalah Unisoc SC9863A yang mengandung empat inti Cortex A55 (1,6 GHz) dan empat inti Cortex A55 (1,2 GHz) yang dibuat dengan fabrikasi 28 nm yang mungkin terbilang mudah panas jika digunakan untuk kinerja yang berat seperti bermain game dan rendering.

SoC (Sistem on a Chip) yang digunakan oleh Realme Narzo 50i ini memang terbilang sangat standar yang ditemani oleh RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB yang masih dapat ditambahkan dengan microSD sampai dengan 256 GB.

Sementara itu, Realme Narzo 50i menggunakan sistem operasi Realme UI Go Edition yang terbilang sangat ringan. Akan tetapi, pengguna masih dapat memainkan game ringan seperti Free Fire dan juga Mobile Legends dengan lancar tanpa adanya hambatan.

5. Kamera Lumayan Bagus

Hadir dengan harga 1 jutaan saja tentunya pengguna tidak perlu berharap lebih pada bagian kamera, dimana Realme Narzo 50i dibekali dengan kamera utama berkemampuan 8 MP dengan bukaan diafragma f/2.2 dan ditemani oleh LED Flash dan bisa merekam video hingga resolusi maksimum 1080p (Full HD) 30 fps.

Selain itu, untuk kamera selfie dari Realme Narzo 50i berkemampuan 5 MP dengan bukaan diafragma f/2.2 yang tidak dilengkapi lampu flash. Sehingga foto yang dihasilkan pada saat ruangan gelap menggunakan perangkat ini tidak begitu baik, namun Anda masih bisa merekam video sampai resolusi maksimum yakni 720p (HD) pada 30 fps.

Kekurangan Realme Narzo 50i

Kekurangan Realme Narzo 50i
Kekurangan Realme Narzo 50i

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya pengguna tidak perlu berharap lebih dengan smartphone 1 jutaan saja. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Realme Narzo 50i yang harus ditoleransikan oleh penggunanya jika berminat membelinya.

1. Masih Menggunakan Micro USB

Sangat disayangkan Realme Narzo 50i masih menggunakan microUSB, dan bukan type-C. Namun, penulis menyimpulkan bahwa hal ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi serta menekan harga ketika dijual di pasaran. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati ketika menggunakan microUSB terutama pada saat mengisi daya, pasalnya posisi harus disesuaikan dengan bolong yang ada.

Hal tersebut tentunya akan berbeda jika Anda biasanya menggunakan microUSB Type-C yang masih dapat dibolak-balik. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, Realme juga tidak menghadirkan fitur fast charging, dimana di dalam kotak pembelian Anda hanya mendapatkan charger 10W saja sehingga membutuhkan waktu pengisian daya yang terbilang lama.

2. Tidak Ada Fingerprint

Meski tersedia fitur Giroskop untuk bermain game seperti PUBG Mobile dan sejenisnya, namun Realme Narzo 50i tidak menghadirkan fitur fingerprint atau sidik jari di bagian belakang bodi atau di samping bodi. Sehingga, untuk mengamankan smartphone ini Anda harus menggunakan pola ataupun kata sandi agar tidak dibuka oleh seseorang yang memiliki rasa penasaran terhadap smartphone Anda.

Spesifikasi Realme Narzo 50i

Spesifikasi Realme Narzo 50i
Spesifikasi Realme Narzo 50i

  • Warna : Mint Green, Carbon Black.
  • Dimensi : 165.2 x 76.4 x 8.9 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28 nm).
  • GPU : IMG8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI Go.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme Narzo 50i

Harga Realme Narzo 50i
Harga Realme Narzo 50i

Realme Narzo 50i dibanderol dengan harga Rp1.699.000 rupiah dengan varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Jika dirasa kurang maka Anda masih bisa menambahkan memori eksternal sampai dengan 256 GB. Di dalam kotak pembelian pengguna akan mendapatkan kabel USB, adaptor pengisian daya, pelindung layar, alat kartu SIM, kartu garansi dan buku panduan. Jika Anda berminat membelinya, maka Anda bisa membelinya melalui tombol di bawah ini.