0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12 - Spesifikasi & Harga

Infinix Mobility kembali merilis smartphone terbaru mereka di Indonesia tepat pada Mei 2022 lalu, dimana ponsel ini hadir untuk bersaing di kelas menengah yang menawarkan spesifikasi menarik dari berbagai sektor, ia adalah Infinix Note 12. Smartphone ini menghadirkan tagline “Multitasking Master” yang memiliki banyak fitur kepada pengguna atau konsumennya.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12

Beberapa diantaranya adalah fast charging, baterai besar, panel AMOLED, dapur pacu cukup ngebut di kelasnya dan lain sebagainya. Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan di harga Rp2 jutaan saja, lantas apa saja sih kelebihan dan kekurangan Infinix Note 12? Berikut ulasan lengkapnya.

Kelebihan Infinix Note 12

Kelebihan Infinix Note 12

Setidaknya sudah ada beberapa kelebihan yang penulis temukan di Infinix Note 12. Untuk mengetahui lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Desain

Desain dari Infinix Note 12 ini memang terinspirasi dari iPhone, dimana bodi bagian belakang tampak bersih dengan modul kamera berbentuk persegi panjang vertikal berisikan sedikit cahaya yang terbilang menarik. Oh iya, meskipun Infinix Note 12 menggunakan material plastik, akan tetapi smartphone ini masih sangat nyaman untuk digenggam bahkan tidak mudah licin.

Modul kamera belakang dari ponsel ini sudah agak menonjol sedikit, dimana di dalam modul ini terdapat kamera utama berukuran besar, di bawah kamera utama terdapat 2 (dua) kamera kecil dan ada juga LED Flash yang berada di bawah kamera kecil. Bagian depan, Infinix Note 12 masih menggunakan kamera selfie berbentuk waterdrop seperti HP pada umumnya.

Bodi dari Infinix Note 12 memiliki dimensi 164.4 x 76.7 x 7.9 dengan bobot 184.5 gram yang tidak begitu berat sehingga sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana. Infinix Note 12 juga menghadirkan 3 (tiga) opsi warna yang bisa disesuaikan oleh pengguna seperti Force Black, Snowfall, Sapphire Blue.

2. Layar AMOLED

Umumnya smartphone Rp2 jutaan kebanyakan menggunakan panel IPS LCD atau PLS TFT. Akan tetapi, saat ini Infinix Note 12 berani tampil berbeda dikarenakan ia sudah dibekali dengan panel AMOLED yang terbilang hemat daya. Tak hanya sekedar hemat daya, panel AMOLED ini juga mampu menghasilkan tampilan warna yang lebih banyak dan rasio kontras lebih tinggi.

Layar dari si ponsel memiliki ukuran 6,7 inci yang terbilang sangat enak ketika digunakan untuk menonton video seperti YouTube, Streaming hingga bermain game. Terlebih lagi, resolusinya sudah mencapai Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel yang terbilang cukup tajam.

Selain itu saja, layar Infinix Note 12 juga sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Oleh sebab itu, layarnya bisa menampilkan tampilan yang cukup mulus dan responsif dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz. Bahkan, ponsel ini juga sudah menghadirkan teknologi True Color yang membuat warna yang ditampilkan lebih impresif dan membuat layar menjadi lebih hemat daya.

Jika Anda merupakan salah satu pengguna smartphone yang seringkali berada di luar ruangan, maka Infinix Note 12 juga masih bisa diandalkan lantaran memiliki kecerahan hingga 514 nits. Menariknya lagi adalah terdapat juga fingerprint yang berada di samping bodi, ia menyatu dengan tombol power.

3. Dapur Pacu Ngebut

Infinix Note 12 juga sudah menghadirkan dapur pacu Helio G96 dari MediaTek yang diklaim memiliki kecepatan serta kinerja yang lebih tinggi dan ngebut. Dapur pacu Helio G96 tersebut dibangun pada proses fabrikasi 12 nm, meskipun bukan yang paling efisien untuk sekarang ini.

Sebagai informasi tambahan, MediaTek Helio G96 diarsitekturi CPU 2 x Cortex-A76 dan 6 x Cortex-A55 yang bisa menghasilkan clock speed hingga 2.05 GHz. Dengan demikian, pengguna masih bisa menjalankan game PUBG Mobile dengan setingan Smooth-Ultra yang bisa menghasilkan frame rate stabil yaitu di angka 40 fps.

Kemudian jika Anda bermian Apex Legends masih bisa dimainkan dengan grafis HD yang bisa menghasilkan frame rate rata-rata di angka 40 an fps. Untuk game Mobile Legends dengan settingan High-Shadow On bisa menhasilkan frame rate di angka 57 sampai dengan 60 an fps.

4. Baterai Besar

Biasanya smartphone dengan panel layar AMOLED rata-rata ditanamkan baterai 4.500 mAh bahkan di bawahnya lantaran sudah sangat irit. Namun, Infinix masih mempercayakan baterai besar 5.000 mAh yang ditanamkan pada Infinix Note 12. Untungnya, ia sudah dibekali dengan fitur fast charging 33W untuk mempercepat proses pengisian daya.

Dilansir dari berbagai sumber mengatakan bahwa Infinix Note 12 bisa mengisi daya baterai dari 15% sampai dengan 100% hanya dalam jangka waktu 96 menit saja. Menurut penulis hal tersebut tidak begitu lama, mengingat baterai dari Infinix Note 12 berkapasitas 5.000 mAh.

5. Extended RAM

Kelebihan Infinix Note 12 selanjutnya adalah sudah dibekali dengan fitur Extended RAM yang memungkinkan pengguna dalam memperluas RAM yang diambil dari media penyimpanan untuk digunakan sebagai RAM Virtual. Infinix Note 12 sendiri memang sudah menghadirkan RAM besar yaitu 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB dan juga 256 GB.

Akan tetapi, jika RAM 8 GB tersebut dirasa masih belum mumpuni. Maka pengguna bisa mengaktifkan fitur Extended RAM hingga 5 GB, sehingga total RAM yang nantinya akan Anda miliki sebesar RAM 13 GB.

Tak hanya bisa menambahkan RAM Virtual. Ternyata Infinix Note 12 masih terdapat slot microSD, yang akan membantu pengguna dalam menyimpan banyak file seperti dokumen, audio, video dan sejenisnya hingga berukuran maksimal 2 TB.

6. Kamera 50 MP

Kamera utama dari Infinix Note 12 sendiri berkemampuan 50 MP dengan bukaan f/1.6 yang juga dilengkapi dengan autofokus PDAF. Selanjutnya ada kamera depth beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4, dan kamera kecil terakhir memiliki resolusi 0.3 MP yang penulis sendiri belum mengetahui fungsi dari kamera tersebut. Sementara itu, kamera selfie masih memiliki resolusi 16 MP pada bukaan f/2.5.

Berbicara mengenai perekaman video, resolusi 2K pada 30 fps merupakan resolusi puncak yang bisa dihasilkan oleh kamera utamanya. Kemudian, kamera depan hanya bisa merekam video hingga resolusi Full HD pada 30 fps saja.

7. Stereo Speaker

Selanjutnya adalah Infinix Note 12 sudah menghadirkan Stereo Speaker di dalam smartphone ini, dimana speaker dengan konfigurasi Stereo ini telah disokong oleh teknologi DTS dual-speaker untuk memaksimalkan kualitas suara prima. Oh iya, speaker utama dari Infinix Note 12 ditaruh di bagian bawah bodi, dan speaker sekunder berada di atas yang menyatu dengan earpice.

Ketika speaker ini diuji, banyak juga yang mengatakan bahwasannya Infinix Note 12 mempunyai suara yang terbilang cukup lantang. Bahkan, komposisi suaranya juga cukup berimbang. Dengan begitu, menonton film, mendengarkan musik serta bermain game akan menjadi lebih nyaman.

Kekurangan Infinix Note 12

Kekurangan Infinix Note 12

Di samping ketujuh kelebihan di atas, setidaknya ada dua hal lain yang wajib Anda perhatikan terhadap Infinix Note 12. Oleh karena itu, di bawah ini penulis akan menjelaskannya secara rinci.

1. Ultrawide Absen

Apabila Anda seringkali memotret pemandangan yang begitu luas, maka Infinix Note 12 bukan menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Pasalnya, Infinix Note 12 masih belum menghadirkan lensa ultrawide dan hanya menyediakan lensa utama, depth dan kamera kecil yang entah fungsinya seperti apa. 

Lensa ultrawide absen di Infinix Note 12 ini masih terbilang wajar, mengingat HP ini dibanderol di harga 2 jutaan dan sudah memberikan keunggulan di berbagai sektor. Oleh karena itu, perusahaan mengambil keputusan untuk tidak menghadirkan lensa ultrawide di dalam seri ini.

2. Belum Support NFC

Saat ini kebanyakan orang menanyakan keberadaan fitur NFC. Namun sayang, Infinix Note 12 masih belum support fitur NFC (Near Field Communications). Padahal, fitur NFC ini sangat penting lantaran bisa digunakan untuk cek saldo eMoney, melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, mengisi saldo eToll dan lain sebagainya.

Spesifikasi Infinix Note 12

Spesifikasi Infinix Note 12

  • Warna : Force Black, Snowfall, Sapphire Blue.
  • Dimensi : 164.4 x 76.7 x 7.9 mm.
  • Berat : 184.5 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G96 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB + 5 GB Extended RAM.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Infinix Note 12

Harga Infinix Note 12

Setelah mencari informasinya lebih lanjut ternyata Infinix Note 12 untuk konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.799.000 rupiah. Sementara itu, konfigurasi RAM 8 GB beserta penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000 rupiah. Jika tertarik untuk membelinya, gunakan saja tombol di bawah ini untuk mendapatkan harga termurah.