Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 - Spesifikasi & Harga

Hadir dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh? Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 beserta spesifikasi dan harganya.

Samsung Galaxy S22 adalah salah satu ponsel yang paling kecil di antara Samsung Galaxy S series lainnya yang dirilis pada Februari 2022. Dimana, perusahaan meluncurkan 3 (tiga) ponsel sekaligus seperti Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy S22+, dan Samsung Galaxy S22 Ultra yang paling tertinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22

Untuk harganya sendiri di Indonesia berkisar di antara Rp11 jutaan hingga Rp12 jutaan tergantung dari varian RAM dan ROM yang nantinya Anda pilih. Harga tersebut tentunya lebih murah daripada Galaxy S22+ dan juga Galaxy S22 Ultra.

Lantas apakah ponsel ini sangat menarik? Inilah dia beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan Samsung Galaxy S22

Kelebihan Samsung Galaxy S22

1. Desain Menarik

Ponsel ini masih menggunakan desain modul kamera counter-cut yang membuat penampilan si ponsel cukup menarik dan premium. Selanjutnya, bagian penutup belakang dibentuk secara flat alias datar, sejajar dengan layarnya. Samsung Galaxy S22 memiliki dimensi  146 x 70.6 x 7.6, dengan berat 167 gram yang cukup ringan dan nyaman ketika digenggam.

Tidak cukup sampai disitu saja, ponsel ini juga sudah menggunakan panel flat Gorilla Glass Victus+ pada bagian depan dan juga bagian belakang yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Samsung Galaxy S22 juga dibekali dengan sertifikasi IP68 yang tahan terhadap air dari kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Untuk warnanya juga cukup beragam, diantaranya adalah Phantomwhite, Phantomblack, Green, hingga Pinkgold.

2. Panel Dynamic AMOLED 2X

Bentang layar yang dipakai si ponsel adalah 6,1 inci yang menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2340 piksel. Tampilan dari ponsel ini memiliki kepadatan piksel 425 ppi dan dilengkapi dengan Gorilla Glass Victus. Ia pun memiliki teknologi refresh rate tinggi 120 Hz plus touch sampling rate 240 Hz.

Dengan memiliki refresh rate yang cukup tinggi tentu saja akan membuat pengalaman scrolling hingga bermain game menjadi lebih mulus. Bahkan, Samsung Galaxy S22 juga masih sangat bisa diandalkan jika Anda menggunakan ponsel ini di luar ruangan, berkat kecerahan layar dari si ponsel bisa mencapai 1300 nit.

Layar yang dipasangkan pada si ponsel tembus gamut warna 151.1% DCI-P3. Selain itu terdapat juga mode natural, layar dari ponsel ini tembus rentang warna 78.4% DCI-P3. Tidak lupa, ponsel ini menariknya sudah mengantongi sertifikasi HDR10+ yang bisa menampilkan konten HDR.

3. Kamera Utama 50 MP

Samsung sendiri sangat menonjolkan fitur kamera terbaru mereka, yakni Adaptive Pixel dan juga Nightography. Dimana, si ponsel juga memiliki kamera utama berkemampuan 50 MP, selanjutnya ada lensa ultrawide 12 MP, hingga telefoto beresolusi 10 MP. Dengan hadirnya Pixel Bined, maka kamera utama dari ponsel ini bisa mengambil gambar yang ingin Anda potret dengan resolusi 12 MP.

Meskipun kamera telefoto yang ditawarkan hanya 10 MP saja, namun pihak perusahaan sudah menjanjikan bahwasannya zoom optic 3x lebih baik untuk hasil foto yang lebih baik dan juga menarik. Sementara itu, untuk kamera selfie hanya memiliki resolusi 10 MP saja.

Terlebih lagi Samsung Galaxy S22 sudah dilengkapi dengan fitur Auto Farming yang bisa melacak 10 wajah orang saat merekam video. Selanjutnya, ada juga fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang membuat proses perekaman video menjadi lebih halus meskipun adanya guncangan layaknya seperti kamera iPhone.

4. Dapur Pacu

Soal dapur pacu, Samsung Galaxy S22 dibekali dengan dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1 yang sangat ngebut di kelasnya. Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcom ini diklaim mengalami peningkatan 20% kemampuan CPU dan juga GPU 30%. Klaim tersebut timbul dikarenakan dapur pacu  ini menggunakan arsitektur CPU, GPU dan fabrikasi yang baru.

8 (delapan) inti CPU dari dapur pacu ini terdiri atas 1 (satu) inti Cortex-X2 (3.00 GHz), 3 (tiga) inti Cortex-A710 (3x2.40 GHz) hingga 4 (empat) Cortex-A510 (1.70 GHz). Dapur pacu ini juga mengandung komponen lain, salah satunya adalah GPU Adreno 730, dan semuanya disatukan melalui proses fabrikasi 4 nanometer.

5. Memori Lega

Berkat dapur pacu dari Qualcom yaitu Snapdragon 8 Gen 1, ia juga didukung dengan RAM 8 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal UFS 3.1, entah itu varian 128 GB maupun 256 GB. Dengan penyimpanan internal tersebut, tentu saja Anda bisa menyimpan banyak file dan mengunduh banyak aplikasi di dalam ponsel ini.

Namun tetap, pengguna harus melakukan management memori agar tidak mudah penuh dikarenakan ponsel flagship ini tidak dibekali dengan slot microSD.

6. Jaminan Update

Samsung Galaxy S22 menggunakan user interface alias antarmuka Samsung One UI 4.1 pada Android 12. Apabila sebelumnya Anda menyukai antarmuka Samsung One UI, edisi ini tentunya akan cukup menyenangkan. Sebab, Samsung mengklaim bahwa mereka sudah menambahkan fitur privasi serta kustomisasi kepada pengguna agar bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Bukan hanya itu saja, setidaknya terdapat juga peningkatan yang menjanjikan dari Samsung Galaxy S22. Bagaimana tidak, Samsung telah menyediakan pembaruan software selama 4 tahun berturut-turut dan dukungan keamanan selama 5 tahun untuk para pengguna.

Kekurangan Samsung Galaxy S22

Kekurangan Samsung Galaxy S22

1. Baterai Kecil

Ponsel ini memang sudah memangkas dimensi dan juga bobotnya untuk menciptakan pengalaman genggam yang lebih baik kepada pengguna. Akan tetapi, efek buruknya adalah penurunan kapasitas baterai yang ditanamkan pada ponsel ini. Dimana, Samsung Galaxy S22 hanya ditanamkan baterai berkapasitas 3.700 mAh yang dimana umumnya ponsel flagship rata-rata menggunakan baterai 4.000 mAh atau bahkan di atasnya.

Jika Anda mencari ponsel flagship yang bisa digunakan seharian penuh, mungkin ponsel ini bukan menjadi jawaban yang tepat. Pasalnya, Samsung Galaxy S22 hanya mampu bertahan selama 9 jam saja.

Samsung Galaxy S22 juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 25W yang membutuhkan waktu setidaknya 75 menit untuk mengecas dari baterai 0% hingga 100%.

2. Tidak Ada Jack Audio

Sebagian besar ponsel flagship memang biasanya tidak menghadirkan jack audio 3,5 mm untuk menambahkan earphone dengan kabel. Akan tetapi, kekurangan ini sangat bisa ditoleransikan mengingat belakangan ini sudah banyak earphone TWS yang bisa dibeli. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan headset atau earphone dengan kabel dengan USB Type-C.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22

  • Warna : Phantomwhite, Phantomblack, Green,  Pinkgold.
  • Dimensi : 146 x 70.6 x 7.6 mm.
  • Berat : 167 gram
  • Layar : Dynamic AMOLED 2X 120 Hz, 1080 x 2340 piksel, 6.1 inci.
  • Chipset : Snapdragon 8 Gen 1 5G  (5 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Ion 3700 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 10 MP + 12 MP.
  • Kamera Depan : 10 MP.

Harga Samsung Galaxy S22

Sejak ponsel ini diluncurkan di Indonesia, Samsung Galaxy S22 dibanderol dengan harga Rp11.999.000 dengan varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp12.999.000 rupiah. Apabila berminat untuk membelinya, langsung saja membeli ponsel ini melalui link pembelian yang sudah penulis bagikan di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain