0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s - Spesifikasi & Harga

Kemarin tepatnya pada tanggal 23 September 2022. Samsung Indonesia kembali memperkenalkan ponsel kelas entry-level, yakni Samsung Galaxy A04s. Ponsel terbaru dari Samsung ini hadir dengan membawakan spesifikasi kamera yang berkualitas agar konsumen dengan budget terbatas dapat merasakan fitur-fitur yang dimiliki oleh HP Samung terbaru ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s

Pada seri ini, Samsung Galaxy A04s hadir dengan kamera utama berkemampuan 50 MP yang juga ditemani oleh 2 (dua) buah kamera pendamping yang diklaim mampu menghasilkan kualitas foto dan juga video dengan jelas serta tajam. Bukan hanya itu saja, Samsung Galaxy A04s juga sudah didukung refresh rate 90 Hz.

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada smartphone ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Anda bisa langsung saja simak ulasan di bawah ini terkait kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04s beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Samsung Galaxy A04s

Kelebihan Samsung Galaxy A04s

1. Desain Elegan

Sektor desain, Samsung menghadirkan desain yang terbilang lebih segar khas Galaxy A dalam si ponsel. Satu hal yang paling tampak adanya perubahan tentu saja di bagian bodi belakang. Dimana, desain kameranya kini lebih terinspirasi dari seri Galaxy S namun tidak menggunakan modul. Kendati demikian, desain bodinya pun terlihat sederhana dan memberi kesan elegan meski dibanderol dengan harga Rp2 jutaan lebih sedikit.

HP ini juga menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing matte seperti ponsel entry-level lainnya. Ini tentu akan membuat bodi belakang si ponsel mudah terkena bekas sidik jari dan sedikit licin. Bagian belakang dari bodi Samsung Galaxy A04s juga terlihat polos yang hanya terdapat logo Samsung saja yang memang khas.

Samsung Galaxy A04s sendiri memiliki dimensi 164.7 x 76.7 x 9.1 mm dengan bobot 195 gram. Bisa dikatakan dimensinya cukup ramping dan tidak terlalu besar. Untuk warnanya, Samsung Galaxy A04s hadir di Indonesia dengan 3 (tiga) opsi warna yaitu Green, Black, dan juga Copper.

2. Layar HD+

Layar dari Samsung Galaxy A04s berukuran 6,5 inci dengan panel IPS LCD. Kini layarnya sudah sangat nyaman ketika digunakan lantaran sudah menggunakan resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel. Selanjutnya, soal tingkat kecerahan dari si ponsel, Samsung Galaxy A04s mampu meraih tingkat kecerahan sampai 400 nits. Dengan begitu, layar dari smartphone ini masih bisa diandalkan jika digunakan diluar ruangan maupun dibawah terik matahari.

Berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A03s, layar dari Samsung Galaxy A04s ini telah didukung refresh rate tinggi yaitu 90 Hz. Oleh karena itu, layarnya pun dapat menampilkan tampilan yang cukup halus saat digunakan untuk scrolling maupun bermain game.

3. Perfoma Cukup Baik

Lebih lanjut ke sektor dapur pacu atau perfoma, bisa dikatakan Samsung Galaxy A04s memiliki perfoma yang cukup baik di kelasnya. Bagaimana tidak, si ponsel diperkuat oleh SoC (System on Chip) Exynos 850 yang merupakan prosesor octra-core dengan fabrikasi 8 nanometer. SoC (System on Chip) Exynos 850 ini terdiri dari 4 (empat) core Cortex A55 (2,0 GHz), dan 4 (empat) Cortex A55 (2,0 GHz). SoC (System on Chip) ini juga dapat optimal bekerja berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Mali G52.

Berdasarkan dari pengujian test gaming yang dilakukan oleh Legawa Gadget bahwa Samsung Galaxy A04s masih sanggup dalam memainkan game-game populer seperti Mobile Legends dengan grafik Ultra dan frame rate High. Akan tetapi, dengan grafik seperti itu akan terlihat patah-patah dan kurang nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikan grafiknya agar bermain Mobile Legends dengan baik.

Lanjut ke game yang kedua yaitu PUBG Mobile dengan grafik HD dan frame rate High. Apabila Anda ingin bermain game ini dengan nyaman. Ada baiknya menggunakan grafik Smooth - Ultra. Dengan grafik tersebut itu, tentu saja Anda bisa bermain game dengan nyaman.

Kemudian lanjut ke game Genshin Impact dengan grafik Lowest 30 fps. Namun, Legawa Gadget mengatakan Genshin Impact ini kurang nyaman dimainkan pada Samsung Galaxy A04s. Soalnya, rata-rata fps yang didapat adalah 12 fps yang tentu akan patah-patah.

4. Kamera Utama 50 MP

Samsung Galaxy A04s mengusung konfigurasi 3 (tiga) kamera yang ada di bagian belakang. Komposisi dari kamera tersebut adalah kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan f/2.4 dengan PDAF, kamera depth beresolusi 2 MP pada bukaan f/2.4, dan juga kamera makro 2 MP bukaan f/2.4. Di sisi depan, terdapat juga kamera selfie berkemampuan 5 MP dengan bukaan f/2.2.

Samsung juga telah menghadirkan sejumlah inovasi dan peningkatan sensor agar hasil foto dan juga video di ponsel ini lebih cerah dan lebih detail di berbagai kondisi. Terlebih lagi, kamera selfie dari Samsung Galaxy A04s ini sangat cocok untuk Anda lebih berekspresi dengan foto selfie.

Untuk perekaman video, kamera belakang dari Samsung Galaxy A04s mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps. Tidak hanya kamera belakang, kamera selfie dari si ponsel juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

5. Memori Lega

Beranjak ke bagian memorinya, Samsung Galaxy A04s sebenarnya memiliki beberapa varian yang dihadirkan seperti RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB, RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 32 GB, RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB, sampai dengan RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Akan tetapi, di pasar Indonesia hanya tersedia varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB saja. Meskipun begitu, memori tersebut sudah cukup lega dibandingkan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Terlebih lagi, Samsung Galaxy A04s menyediakan slot microSD untuk mengekspansi memori hingga 1 TB.

6. Kualitas Suara Cukup Baik

Meskipun dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, Samsung Galaxy A04s rupanya memiliki kualitas suara yang bisa dikatakan baik. Hal ini dibuktikan karena hadirnya teknologi Dolby Atmos yang terdapat pada smartphone ini. Sehingga, pengalaman menonton video hingga mendengarkan musik menjadi lebih baik.

7. Fitur Lengkap

Bisa dikatakan spesifikasi dari Samsung Galaxy A04s cukup menarik. Bagaimana tidak, Samsung Galaxy A04s dibekali fitur yang cukup lengkap seperti NFC (Near Field Communications) serta Fingerprint. Perlu diketahui, fitur NFC (Near Field Communications) ini memiliki banyak fungsi seperti melakukan transaksi tanpa kartu, cek saldo eMoney, dan sejenisnya. Kemudian, Fingerprint memiliki fungsi untuk kemanan menggunakan sidik jari.

8. Baterai Besar

Sektor baterai, Samsung Galaxy A04s menggendong baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang tentu saja akan memanjakan pengguna untuk menggunakan smartphone ini dengan kurun waktu lama. Di sisi lain, terdapat juga fitur fast charging 15W.

Kekurangan Samsung Galaxy A04s

Kekurangan Samsung Galaxy A04s

1. Sensor Kurang Lengkap

Samsung Galaxy A04s memang dihadirkan untuk segmen entry-level. Oleh sebab itu, ponsel ini sedikit menghilangkan sejumlah fitur dan sensor di dalam ponsel ini demi menekan harga jualnya. Akan tetapi, Anda masih bisa menikmati fitur NFC (Near Field Communications) sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun, Samsung Galaxy A04s juga tidak memiliki sensor kompas di dalam ponsel ini. Untuk itu, HP ini kurang optimal apabila digunakan sebagai penentu arah.

2. Fast Charging Masih 15W

Sebagaimana yang sudah penulis singgung sebelumnya bahwa ponsel ini memang menggendong baterai besar yaitu 5.000 mAh. Namun, ia hanya dibekali fitur fast charging 15W saja. Dapat dikatakan, fitur tersebut memang kalah saing dengan rival-rivalnya. Sebab, beberapa vendor sudah menghadirkan fitur fast charging 18W, 25W atau bahkan 33W. 

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

Spesifikasi Samsung Galaxy A04s

  • Warna : Green, Black, Copper.
  • Dimensi : 164.7 x 77.7 x 9.1 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600, 6.5 inci.
  • Chipset : Exynos 850 (8 nm).
  • GPU : Mali G52.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, One UI Core 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Samsung Galaxy A04s

Dilansir dari laman resmi Samsung Indonesia mengatakan bahwa Samsung Galaxy A04s dibanderol dengan harga Rp2.099.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Dengan harga tersebut, Samsung mengunggulkan beberapa sektor seperti kamera utama berkemampuan 50 MP, baterai besar berkapasitas 5.000 mAh, hingga 6,5 inci Infinity-V Display. Tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A04s? Jika iya, langsung saja klik tombol pembelian di bawah ini.