0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20 5G - Spesifikasi & Harga

Pada tanggal 20 Oktober 2022 kemarin, Infinix Mobility Indonesia kembali meluncurkan smartphone terbaru mereka dengan nama Infinix Hot 20 5G. Di mana, ponsel ini dibanderol dengan harga 2 jutaan di Indonesia, ada beberapa sektor yang diunggulkan oleh Infinix  Hot 20 5G. Keunggulan yang dimaksud tersebut adalah layar dengan resolusi tinggi, mendukung konektivitas 5G, lantas dengan hadir oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity series yang tentu hadir dengan perfoma yang cukup baik di kelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20 5G

Lantas, apa saja beberapa catatan yang mesti Anda pertimbangkan pada si ponsel sebelum membelinya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam ulasan kali ini penulis akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 20 5G beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Infinix Hot 20 5G

Kelebihan Infinix Hot 20 5G

1. Desain Elegan

Bisa dikatakan desain dari Infinix Hot 20 5G ini cukup berbeda dengan seri sebelumnya. Hal ini nampak dari sisi bodi belakang si ponsel yang tampak mewah dan berkelas. Desain yang mencolok tersebut muncul pada modul kamera dari si ponsel yang berbentuk persegi panjang vertikal. Dalam modul ini, terdapat sebuah kamera utama dan kamera AI seta lampu flash.

Di samping modulnya terdapat bagian bodi yang matte berbentuk persegi yang membentang dari ujung bodi yang lain. Satu hal yang membuat Infinix Hot 20 5G ini terkesan memiliki modul kamera yang besar atau memiliki 2 (dua) bagian bodi, yaitu atas matte dan bagian bawah glossy bertekstur.

Pada ujung matte-nya terdapat logo 5G yang diletakkan di ujung kanan. Sementara itu, di pojok kiri bawah glossy ini terdapat logo dari Infinix. HP Infinix terbaru ini juga hadir dengan dimensi yang besar yaitu 166.3 x 76.5 x 8.9 mm dengan bobot 204 gram.

2. Layar

Infinix Hot 20 5G hadir dengan menggunakan panel IPS LCD yang memiliki ukuran 6,6 inci. Resolusinya pun bisa dikatakan mumpuni di kelas entry-level, ini hadir dengan resolusi Full HD+ alias 1080 x 2408 piksel. Sehingga, tampilan dari si ponsel tampak lebih detail dan jelas.

Menariknya, layar dari ponsel ini pun juga sudah dibekali fitur Full Screen Sunlight Display dan Reading Mode terbaru. Di mana, fitur ini bisa membuat layar akan tetap mudah dilihat walaupun di bawah terik sinar matahari sekalipun. Meski kecerahan layar dari si ponsel masih di angka 500 nit, layar ini ternyata masih nyaman loh ketika digunakan di luar ruangan.

Sebagai salah satu ponsel yang ditujukan untuk gaming, Infinix Hot 20 5G sendiri telah menggunakan refresh rate tinggi yaitu 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Bukan hanya itu saja, adapun Ultra Touch Mode yang membuat layarnya kian nyaman dan responsive ketika bermain game favorite.

3. Dapur Pacu

Beralih ke sektor dapur pacu, Infinix Hot 20 5G disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 810 yang bisa dikatakan perfomanya mirip dengan Snapdragon 695 dari Qualcomm. MediaTek Dimensity 810 ini merupakan SoC (System on Chip) yang dirilis pada kuartal ketiga 2021. Di mana, SoC (System on Chip) ini memiliki 8 (delapan) CPU (Central Processing Unit) yang terdiri dari 2 (dua) core Cortex A76 (2,0 GHz) dan 6 (enam) core Cortex A55 (2,0 GHz).

CPU (Central Processing Unit) ini pun mengandung komponen GPU (Graphics Processing Unit) Mali G57 MC2, APU, ISP, dan Modem 5G. Seluruh komponen tersebut disatukan via proses manufaktur 6 nanometer.

Berdasarkan dari pengujian gaming yang dilakukan oleh TeddyKho pada channel YouTube-nya. Infinix Hot 20 5G ini mampu menjalankan beberapa game populer seperti Genshin Impact  (Lowest), FIFA 2022 (Medium@30fps), PUBG Mobile (Balance-Ultra), eFootball 2021 (High@60fps), Mobile Legends (High-High), Apex Legends (High), AOV (Ultra), Modern Warship (Medium-Medium@60fps), sampai dengan COD Mobile (Medium-High). 

4. Adanya RAM Virtual

Sebagai smartphone gaming, Infinix menghadirkan RAM yang bisa dikatakan besar di kelas entry-level yaitu 4 GB. Bukan hanya itu, penyimpanan internalnya juga cukup besar yaitu 128 GB yang dihadirkan di Indonesia. Menariknya, si ponsel juga turut menambahkan fitur extended RAM.

Dengan hadirnya fitur tersebut, pengguna dapat menambahkan RAM virtual sebesar 1 GB, 2 GB, atau bahkan 3 GB pada Infinix Hot 20 5G, yang diambil dari penyimpanan internal. Dengan fitur ini, RAM pada Infinix Hot 20 5G menjadi lebih besar hingga 7 GB RAM sehingga memberikan perfoma yang cukup kencang.

5. Mendukung 5G dan NFC

Infinix Mobility tampak serius dalam menghadirkan ponsel gaming murah namun berkualitas. Oleh sebab itu, si ponsel dibekali konektivitas 5G berkat penggunaan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 810.

Dengan konektivitas 5G tersebut, tentu saja pengguna bisa berkomunikasi dan bermain game dengan lebih lancar. Sehingga, game yang akan nantinya Anda mainkan akan lancar tanpa adanya lag dikarenakan koneksi yang buruk.

Selain didukung oleh konektivitas 5G, ponsel ini juga turut menghadirkan fitur NFC (Near Field Communication) yang membantu pengguna dalam melakukan pembayaran non tunai, serta mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih cepat dan mudah.

6. Sistem Operasi

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa Infinix memang sudah cukup banyak dalam menghadirkan fitur menarik di dalam ponsel terbarunya, tidak terkecuali Infinix Hot 20 5G. Meski dibanderol dengan harga Rp2 jutaan saja, perfoma dari si ponsel pun cukup baik dalam menjalankan berbagai aplikasi dan juga game. Hal ini berkat si ponsel menggunakan sistem operasi Android 12 yang dilapisi oleh XOS 10.6.

7. Kamera Utama 50 MP

Infinix Hot 20 5G hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakang. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan ukuran 1/2,8 inci, kamera ini memiliki bukaan f/1.6 dan dilengkapi autofokus PDAF dan Dual LED Flash. Lalu, kamera keduanya memiliki resolusi 0,3 MP dengan fungsi kamera AI.

Sementara itu, di sisi depan terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP dengan Single LED Flash. Terlebih lagi, kamera selfie ini memiliki shutter speed yang cukup cepat.

8. Fingerprint di Samping

Umumnya seri Hot pada Infinix ini hadir dengan fitur ala kadarnya sebagai ponsel gaming murah. Namun, untuk seri Hot terbaru ini cukup berbeda, di mana Infinix mencoba menghadirkan fitur yang lebih baik, termasuk adanya sistem keamanan yang lebih lengkap.

Oleh karenanya, dalam Infinix Hot 20 5G ini terdapat sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di samping modi, yang menyatu dengan tombol power, sehingga mudah ditemukan dan dioperasikan.

Kekurangan Infinix Hot 20 5G

Kekurangan Infinix Hot 20 5G

1. Tidak Ada Kamera Makro dan Ultrawide

Infinix Hot 20 5G memang hadir dengan kamera utama berlensa Samsung JN1 berkekuatan 50 MP. Kendati demikian, Infinix Hot 20 5G tidak memiliki kamera makro dan juga kamera ultrawide. Sedikit informasi, kamera makro sendiri memiliki fungsi untuk mengambil ojek gambar dengan jarak yang lebih dekat, dan kamera ultrawide memiliki fungsi untuk memberikan sudut pandang yang lebih besar.

Terlebih lagi, di rentang harga yang sama yaitu 2 jutaan, beberapa produsen juga masih bisa menghadirkan Triple Camera di bagian belakang dan memiliki kamera makro ataupun ultrawide.

2. Fast Charging 18W

Meski dibanderol dengan harga ekonomis, Infinix Hot 20 5G sudah dibekali baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang umum digunakan oleh kebanyakan smartphone masa kini. Sehingga, kapasitas baterai ini mampu untuk menunjang berbagai kegiatan mulai dari browsing harian sampai dengan bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Agar baterai tersebut bisa bertahan lebih lama ketika digunakan untuk bermain game, Infinix Hot 20 5G sendiri tampaknya sudah disematkan fitur Power Marathon untuk menghemat daya. Namun sayang, pihak perusahaan hanya membekali pengisian cepat 18W saja. Sehingga, proeses pengisian daya baterai akan memakan waktu yang lebih lama daripada 25W ataupun 33W.

Spesifikasi Infinix Hot 20 5G

Spesifikasi Infinix Hot 20 5G

  • Warna : Space Blue, Racing Balck, Blaster Green.
  • Dimensi : 166.3 x 76.5 x 8.9 mm.
  • Berat : 204 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2408 piksel, 6,58 inci.
  • Chipset : MediaTek MT6833P Dimensity 810 (6 nm)
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 4 GB + Extended RAM 3 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W, Reverse Charging 5W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0,3 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Infinix Hot 20 5G

Harga Infinix Hot 20 5G

Kini, Infinix Hot 20 5G sudah bisa dibeli pada tanggal 21 Oktober 2022 dengan harga promo yaitu Rp2.499.000 rupiah. Di mana, konsumen akan mendapatkan diskon sebesar Rp100.000 rupiah. Pembelian dari Infinix Hot 20 5G ini juga bisa dilakukan secara daring melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Infinix Mobility Indonesia yaitu Tokopedia, Akulaku, Shopee, dan juga Blibli.