0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Aplikasi Baca Manga Anime Terbaik Bahasa Indonesia

Dengan berkembangnya teknologi internet seperti sekarang ini tentu membuat semua menjadi lebih mudah dijangkau. Begitupun dengan para penggemar Manga Anime atau komik anime juga lebih mudah dinikmati melalui aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia, aplikasi tersebut juga sudah bisa diunduh secara gratis di Google Play Store bagi pengguna Android.

Aplikasi Baca Manga Anime Terbaik Bahasa Indonesia

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwa manga sendiri memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia. Kini, penggemar manga di Indonesia sudah bisa membaca serangkaian episode manga melalui aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia yang tersedia di Google Play Store secara gratis.

10 Aplikasi Baca Manga Anime Terbaik Bahasa Indonesia

Dulu, ketika Anda ingin membaca komik anime atau yang lebih dikenal dengan manga ini Anda harus mengunjungi situs atau website tertentu dan mencari judul manga yang ingin Anda baca. Kendati demikian, sekarang Anda sudah tidak perlu melakukan hal tersebut. Sebab, akhir-akhir ini sudah banyak aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia yang akan penulis jabarkan sebagai berikut.

1. MangaToon

1. MangaToon

MangaToon adalah salah satu aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia yang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat, khususnya bagi mereka penggemar manga. Bagaimana tidak, aplikasi ini setidaknya tercatat memiliki 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,4 bintang dari 610 ribu ulasan pengguna aktif.

MangaToon juga menyediakan berbagai macam genre yang bisa Anda baca seperti Action, Romantis, Komedi, Fantasi, Petualangan, Horor, dan masih banyak lagi yang update setiap harinya. Adapun fitur menarik dari aplikasi ini yaitu Anda bisa mengunduh komik dan membacanya tanpa menggunakan koneksi internet.

2. Komiku

2. Komiku

Bukan hanya menyediakan manga atau komik yang berasal dari Jepang. Di sini juga Anda bisa membaca komik yang berasal dari Cina dan juga Korea. Aplikasi besutan Parakekok ini sudah tercatat memiliki 100 ribu unduhan lebih dan mendapatkan rating yang cukup baik, yaitu 4,2 bintang dari 11 ribu ulasan pengguna aktif.

Terlebih lagi, di dalam aplikasi Komiku ini juga telah tersedia Bahasa Indonesia. Apabila Anda menggunakan aplikasi Komiku, Anda juga nantinya dapat membaca komik atau manga secara offline. Ini tentu akan membantu Anda yang ingin menghemat kuota dan lain sejenisnya.

3. WebComics

3. WebComics

WebComics merupakan salah satu platform atau aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia yang paling populer di kalangan anak muda, khususnya di Asia. Aplikasi ini memiliki paling banyak karya manga yang resmi dan eksklusif. Setidaknya setiap hari terdapat komikus dari berbagai negara yang membuat komik yang menarik untuk para pengguna WebComics.

WebComics juga mengklaim bahwa mereka memiliki keunikan seperti menyediakan lebih dari 1.000 episode baru yang dirilis setiap harinya, berbagi pendapat Anda kapan saja dan diskusikan dengan jutaan pembaca lainnya, dan memiliki komunitas yang begitu luas dari berbagai negara di seluruh dunia.

Aplikasi yang dikembangkan oleh WebComics Holdings HK Limited ini pun juga sudah diunduh lebih dari 5 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang cukup baik, yakni 4,6 bintang dari 198 ribu ulasan lebih pengguna aktif.

4. MANGA Plus

4. MANGA Plus

Jika diantara Anda penggemar manga dari One Piece, My Hero Academia, The Promised Neverland, Black Clover, HunterXHunter, Boruto, Demon Slayer, DR. Stone, Dragon Ball Super, Hell’s Paradise, Jujutsu Kaisen, dan lain sebagainya mungkin aplikasi MANGA Plus yang memiliki ukuran  15,73 MB ini wajib berada di ponsel Anda.

Pasalnya, aplikasi ini selalu menyediakan versi terbaru pada setiap manga koleksinya dan tidak pernah telat. Namun, di dalam aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja. Jadi, pastikan Anda menggunakan translate agar lebih memahami alur cerita dari dalam aplikasi MANGA Plus.

Saat ini, aplikasi MANGA Plus ini telah diunduh lebih dari 5 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,5 bintang dari 55 ribu ulasan pengguna aktif.

5. Bacakomik

5. Bacakomik

Aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia selanjutnya adalah Bacakomik. Sebuah aplikasi buatan anak bangsa ini memiliki tampilan modern dan ringan sehingga mudah digunakan dan ringan ketika diunduh dari ponsel Anda. Bacakomik sendiri juga mempublikasikan semua jenis komik mulai dari Manga, Manhua, dan Manhwa yang dapat Anda baca secara gratis tanpa perlu berlangganan melalui aplikasi Bacakomik.

Berbagai macam fitur menarik pun turut di hadirkan oleh aplikasi besutan Komik Kota ini. Beberapa diantaranya adalah download, mode baca scroll, mode baca slider, sampai dengan mode baca preview.

6. BILIBILI COMICS

6. BILIBILI COMICS

Bilibili Comics adalah wadah resmi dan terpercaya untuk membaca serial hit eksklusif dari top kreator, aplikasi ini juga merupakan aplikasi baca anime terbaik bahasa Indonesia yang bisa diunduh secara gratis. Di dalamnya terdapat juga konten berbayar, tetapi juga dapat dibaca secara gratis dalam waktu tertentu. 

Koleksi webtoon dari aplikasi Bilibili Comics ini tersedia dari aksi dan fantasi, romansa, horor, aksi, petualangan, sejarah, timur, BL, GL, menegangkan, harem, misteri, komedi, dan lain sebagainya. Tidak lupa, Bilibili Comics ini juga selalu memperbaharui komiknya setiap hari. Oh iya, Anda juga bisa membaca komik di dalam aplikasi ini secara offline alias tanpa koneksi internet.

Meski dirilis pada tahun 2021. Hingga kini, aplikasi Bilibili Comics ini sudah memiliki 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang masih bisa dikatakan baik yaitu 3,0 bintang dari 217 ribu ulasan pengguna aktif.

7. Crunchyroll Manga

7. Crunchyroll Manga

Ingin membaca manga anime dari Jepang asli? Jika iya, Crunchyroll Manga merupakan salah satu aplikasi yang pas untuk Anda. Sebab, aplikasi baca manga ini selalu membarui manga terbarunya dari Jepang. Sehingga, Anda dapat memilih cerita manga apapun di dalam aplikasi Crunchyroll Manga.

Pemilihan cerita di dalam aplikasi ini juga terbilang mudah dan praktis. Pasalnya, Crunchyroll Manga akan menyediakan beragam katalog atau kategori sesuai genre yang diinginkan oleh pengguna, nantinya Anda hanya perlu menekan cerita yang akan dibaca.

8. Manga UP!

8. Manga UP!

Manga UP! juga wajib untuk masuk ke dalam daftar aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia. Pasalnya, di dalam aplikasi Manga UP! ini selalu membarui komiknya setiap hari. Aplikasi besutan Square Enix ini pun sudah memiliki 50 ribu unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik yaitu 4,5 bintang dari 2 ribu ulasan pengguna aktif.

9. LINE WEBTOON

9. LINE WEBTOON

Deretan selanjutnya ada aplikasi LINE WEBTOON yang sangat populer di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari jumlah unduhannya, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik yaitu 4,8 bintang dari 2 juta ulasan pengguna aktif. Ukuran dari aplikasi LINE WEBTOON juga bisa dikatakan tidak terlalu besar, yaitu hanya 24 MB saja.

LINE WEBTOON ini juga menyediakan manhwa Korea, manga Jepang, komik Indonesia, dan lain sebagainya. Tidak lupa, aplikasi ini juga selalu update episode komik menarik setiap harinya. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, di dalam LINE WEBTOON juga Anda bisa membaca komik secara offline.

10. Bstation

10. Bstation

Bagi Anda yang ingin bertemu dengan banyak teman pecinta manga dan anime, aplikasi Bstation merupakan aplikasi yang tepat. Ya, di dalam aplikasi ini, Anda bisa menonton serial anime favorit dan populer, diantaranya seperti Spy X Family, One Piece, Detective Conan, dan lain sebagainya. Pilihan subtitle dari aplikasi Bstation ini juga beragam.

Sebuah aplikasi besuta BALABOM ini juga sudah diunduh lebih dari 50 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik, yakni 3,8 bintang dari 389 ribu ulasan pengguna aktif. Namun, ukuran dari aplikasi Bstation ini bisa dikatakan besar, yaitu 56 MB.

11. MangaBuddy

MangaBuddy

Deretan aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia selanjutnya adalah MangaBuddy for Android yang bisa Anda unduh secara gratis. Dalam aplikasi ini Anda bisa menemukan manga dari berbagai genre berbeda seperti romansa, aksi, fantasi, drama, komedi, dan lain sebagainya. Selain itu, kualitas komik di platform MangaBuddy juga tak perlu diragukan lagi mengingat Anda bisa menemukan komik berkualitas HD.

Tak hanya komik Manga, Anda juga dapat membaca novel melalui aplikasi ini. Ada seluruh perpustakaan novel dari berbagai genre yang bisa Anda nikmati secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sedikit pun. Komik yang sedang berlangsung juga akan diperbarui secara berkala sehingga Anda tidak akan melewati bab baru dari komik favorit Anda.

Bukan hanya menawarkan antarmuka yang modern, terdapat juga fitur Mode Siang dan Mode Malam di aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia di Google Play Store. Namun, Anda bisa mengunduhnya melalui MangaBuddy for Android dari Latest Mod Apks.

Nah, itulah daftar aplikasi baca manga anime terbaik bahasa Indonesia. Sehingga, Anda tidak perlu lagi bersusah payah dalam mencari buku manga atau pun meninjam di teman agar bisa membaca manga favorit, cukup hanya dengan download salah satu aplikasi di atas saja, Anda sudah bisa membaca berbagai macam genre manga favorit secara gratis.