0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro - Spesifikasi & Harga

Tecno Mobile Indonesia kembali meluncurkan ponsel terbaru mereka di kelas menengah dengan nama Tecno Camon 19 Pro pada tanggal 14 Desember 2022 melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Tecno di platform Shopee dan juga media sosial Instagram Tecno Mobile Indonesia. Di platform Shopee, ponsel ini sudah mulai dijual melalui program pre-order dari tanggal 14 Desember 2022 hingga 18 Desember 2022. Kemudian, pada tanggal 19 Desember 2022, Tecno Camon 19 Pro akan dijual secara perdana di kanal penjualan daring maupun luring.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro tampaknya hadir dalam dua varian di tanah air yaitu Tecno Camon 19 Pro reguler dan juga varian Mondrian yang didesain khusus oleh seseorang pelukis abstrak yang bernama Pier Mondrian dari Belanda. Untuk varian reguler, hadir dalam dua opsi warna yaitu Eco Black dan Polar Blue.

Sementara itu, Tecno Camon 19 Pro Mondrian memiliki desain bodi belakang yang bisa berubah warna ketika terpapar oleh sinar matahari. Namun, apabila ponsel ini tidak terkena sinar matahari, ia akan tampil dengan warna putih saja.

Kali ini, penulis akan membahas tuntas terkait dengan Tecno Camon 19 Pro, smartphone mid-range yang bukan hanya unggul di sektor perfoma melainkan juga kamera. Di sisi lain, si ponsel juga akan memanjakan indra visual pengguna dengan layar yang mulus dan responsif. 

Apabila Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai ponsel ini, langsung saja simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno Camon 19 Pro.

Kelebihan Tecno Camon 19 Pro

Kelebihan Tecno Camon 19 Pro

1. Desain Trendi dan Kece

Tecno Camon 19 Pro sendiri hadir dalam dua varian yaitu reguler dan mondiran. Varian reguler dan juga mondrian ini sebenarnya sama-sama menampilkan dua bulatan lensa besar di pojok kiri atas, yang satu mencakup kamera utama, dan satunya lagi menampung dua kamera pendamping. Di sebelahnya, terdapat juga LED Flash.

Bukan lagi menghadirkan sisi melengkung seperti tren yang sempat berlangsung, kini sisi bodi dari ponsel ini dikemas secara flat dengan keempat ujung segi rounded. Di sisi depan, Tecno Camon 19 Pro memiliki desain kamera bulatan punch hole yang memiliki bezel tipis di semua sisi.

Untuk varian reguler, terdapat dua opsi warna yang bisa dipilih yaitu Eco Black dan Polar Blue. Sementara itu, varian Mondrian hadir dengan bodi belakang yang akan secara natural berubah warna ketika terpapar oleh sinar matahari. Namun, jika tidak terkena sinar matahari ia akan menunjukkan warna putih saja.

Warnanya sendiri yang akan berubah juga tidak seragam, melainkan terdapat empat warna dikarenakan bagian bodi belakangnya memiliki pattern alias pola persegi atau juga persegi panjang secara acak. Kemudian, Tecno Camon 19 Pro memiliki dimensi 166.8 x 74.6 x 8.6 mm dengan bobot 204 gram.

2. Layar 6.8 Inci + Refresh Rate 120Hz

Kebanyakan smartphone di kelas mid-range di pasaran membawakan ukuran layar 6.5 inci sampai dengan 6.7 inci. Namun, Tecno Camon 19 Pro sendiri hadir dengan layar yang sedikit lebih besar yaitu berukuran 6.8 inci.

Tecno Camon 19 Pro ini sendiri hadir dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi 1080 x 2460 piksel pada kerapatan 395 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Selanjutnya, tingkat kecerahan dari ponsel ini sanggup mencapai 479 nits dengan rasio kontras 1597:1.

Ponsel besutan Tecno Mobility ini juga tampaknya mengikuti tren zaman kini yang menghadirkan refresh rate tinggi. Dari informasi yang penulis terima, si ponsel hadir dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Tidak lupa, ponsel ini juga telah mengantongi sertifikasi DRM Widevine L1 agar bisa menikmati konten HD pada platform OTT (Over-The-Top).

3. Perfoma Tangguh

Tecno Camon 19 Pro sendiri sudah menghadirkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G96 yang diklaim memiliki kecepatan serta kinerja yang lebih tinggi dan ngebut. SoC (System on Chip) MediaTek Helio G96 ini dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer, meskipun bukan yang paling efisien untuk sekarang ini.

SoC (System on Chip) MediaTek Helio G96 mengusung prosesor octa-core, terdiri dari dual-core berkinerja tinggi berupa Cortex A76 yang berlari dengan kecepatan 2.05 GHz, dan hexa-core efisiensi daya berbasis Cortex A55 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun. Tecno Camon 19 Pro ini hanya hadir dalam satu varian saja di Indonesia, yakni RAM 8 GB LPDDR4x dan penyimpanan internal sebesar 128 GB UFS 2.2. Tidak lupa, perangkat ini juga sudah tersematkan fitur RAM Virtual yang bisa diperluas hingga 5 GB. Dengan begini, total RAM dari Tecno Camon 19 Pro ini menjadi 13 GB.

4. Triple Camera 64 MP + Lensa Telefoto

Menurut penulis Tecno Camon 19 Pro hadir dengan konfigurasi kamera yang cukup unik di kelanya. Sebagai kamera utamanya, ini mengusung resolusi 64 MP bukaan f/1.6 dengan focal lenght 26 mm berukuran 1/1.7 inci. Kamera keduanya, terdapat sensor telefoto yang memiliki resolusi 50 MP bukaan f/2.0 dengan focal lenght 50 mm yang bisa melakukan zoom optik 2x.

Lalu kamera ketiganya merupakan sensor kedalaman alias depth berkekuatan 2 MP dengan bukaan f/2.4. Beralih ke sisi depan, Tecno Camon 19 Pro memiliki kamera depan berkekuatan 32 MP dengan sensor Samsung ISOCELL S5KGD2. Sensor yang satu ini tersematkan teknologi Quad Bayer yang sanggup menampilkan foto 8 MP pada selfie portrait.

5. Baterai Besar + Fast Charging 33W

Beralih ke sektor baterai, Tecno Camon 19 Pro ini dibekali baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang diklaim cukup awet. Kendati MediaTek Helio G96 ini dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer alih-alih 6 nanometer, tetapi baterai dari si ponsel masih tetap tangguh. Dari informasi yang penulis himpun, Tecno Camon 19 Pro mampu meraih enduracing rating sebesar 121 jam.

Di samping itu, Tecno Camon 19 Pro ini juga didukung dengan fitur pengisian cepat 33W yang sanggup mengisi daya ponsel dengan begitu cepat. Untuk mengisi daya ponsel dari kosong hingga penuh setidaknya akan memakan waktu selama 1 jam 28 menit.

6. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Tecno Camon 19 Pro ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Camon 19 Pro. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

Kekurangan Tecno Camon 19 Pro

1. Hanya Hadirkan Mono Speaker

Tecno Camon 19 Pro masih menjadi salah satu smartphone di kelas mid-range yang masih menawarkan port audio 3.5 mm jack. Meskipun begitu, si ponsel tampaknya hanya memiliki kualitas audio atau speaker yang standar dan biasa-biasa saja. Ini juga disebabkan lantaran tidak adanya speaker ganda dalam memberikan kualitas suara yang seimbang diantara kiri dan kanan.

2. Sensor Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Tecno Camon 19 Pro memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Tecno Mobility malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera ketiganya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

3. Tidak Memiliki Sertifikasi IP Rating

Apabila Anda membeli Tecno Camon 19 Pro. Maka Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan ponsel ini, terlebih di musim hujan. Pasalnya, Tecno Camon 19 Pro tidak memiliki IP (Ingress Protection) Rating yang cukup disayangkan. Sebab, kebanyakan kompetitornya sudah memiliki sertifikasi IP Rating ini. Dengan sertifikasi IP67, tentu saja ponsel akan tahan terhadap percikan air, bahkan sampai terendam pun tidak masalah.

Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

  • Warna : Eco Black, Polar Blue, Mondrian.
  • Dimensi : 166.8 x 74.6 x 8.6 mm.
  • Berat : 204 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6781 Helio G96 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 3 GB RAM Virtual.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, HIOS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Tecno Camon 19 Pro

Harga Tecno Camon 19 Pro

Tecno Camon 19 Pro sendiri hadir dalam dua varian yaitu reguler dan mondrian yang sama-sama hadir dengan opsi RAM 8 GB + 3 GB RAM Virtual dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Namun, varian reguler dan mondrian dibanderol dengan harga berbeda. Varian reguler dengan warna Eco Black dan Polar Blue ini dibanderol dengan harga Rp3.599.000 rupiah, varian Mondrian dibanderol dengan harga Rp3.799.000 rupiah, dan terakhir varian Mondrian Special Edition dibanderol dengan harga Rp4.099.000 rupiah.