0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan di Android, Terdapat Juga Fitur Melimpah!

Aplikasi file manager merupakan aplikasi terpenting yang harus dimiliki oleh pengguna smartphone Android. Pasalnya, aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengakses keseluruhan file atau berkas-berkas digital yang disimpan di dalam smartphone Android. Sebenarnya sejumlah smartphone memang sudah memiliki aplikasi file manager bawaannya, namun fitur bawaan pada aplikasi tersebut tidak sebanyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.

Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Bagaimana tidak, aplikasi file manager pada bawaan smartphone hanya memiliki fitur yang terbatas saja seperti tidak support untuk menampilkan file tersembunyi, extrack file RAR atau ZIP, dan lain sebagainya. Namun, ada juga beberapa smartphone keluaran terbaru yang sudah support menampilkan file tersembunyi, namun tidak bisa melakukan extrack file berbentuk RAR dan hanya ZIP saja yang dapat dilakukan extrack.

Oleh karena itu, penulis akan merangkum beberapa aplikasi dari aplikasi manager terbaik tanpa iklan yang bisa Anda unguh dan gunakan secara gratis pada smartphone Android Anda. Bukan hanya itu, aplikasi tersebut juga memiliki banyak sekali fitur unggulan sehingga dapat membantu Anda dalam mengelola berkas tersebut dengan cepat dan mudah.

10 Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan di Android

Mengingat pentingnya aplikasi file manager pada sebuah smartphone Android. Maka, pada kesempatan ini akan dibagikan beberapa rekomendasi aplikasi file manager terbaik tanpa iklan yang bisa dijadikan pilihan yang tepat atau bahan pertimbangan. Sebab, semua dari aplikasi yang penulis bagikan dapat diunduh secara gratis pada platform Google Play Store.

1. Mi File Manager

Mi File Manager - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Mi File Manager merupakan salah satu aplikasi file manager terbaik tanpa iklan yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, aplikasi besutan Xiaomi Inc ini menawarkan fitur-fitur unggulan dan menarik secara gratis. Untuk itu, ia sudah diunduh lebih dari 1 miliar unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,8 bintang dari 3 juta ulasan pengguna aktif.

Walaupun aplikasi Mi File Manager besutan Xiaomi Inc, aplikasi ini tampaknya sudah bisa diunduh secara gratis oleh semua merek smartphone Android. Sebut saja OPPO, Vivo, Realme, Infinix, Huawei, Asus, Tecno, itel, Luna, Nokia, Samsung, ZTE, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh Mi File Manager yang dimaksud adalah Mi Drop untuk berbagi file dengan teman di sekitar tanpa harus terhubung ke koneksi internet, antarmuka lebih modern, kompres dan ekstrak ZIP/RAR, kelola beberapa file, dan banyak lagi.

2. EX Manajer File

EX Manajer File - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Deretan selanjutnya adalah EX Manajer File besutan Ace Mobile ini juga merupakan salah satu aplikasi file manager terbaik tanpa iklan yang cukup dikenal oleh kebanyakan pengguna smartphone Android. Pasalnya, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,0 bintang dari 10 ribu ulasan pengguna aktif.

Adapun beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini seperti analisis disk untuk menganalisis penggunaan ruang, akses cloud drive, kelola penyimpanan jaringan Anda, pencarian file yang efisien, kompres dan dekompresi, enkripsi file, lihat file APK sebagai ZIP, akses file dari PC, dan lain-lain.

Dengan EX Manajer File, Anda dapat dengan mudah mengelola file dan folder di smartphone Anda dan penyimpanan cloud Anda. Terlebih lagi, Anda bisa melihat sekilas beberapa banyak file dan aplikasi yang Anda miliki di smartphone setelah membuka aplikasi ini.

3. Files by Google

Files by Google - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Sesuai dengan namanya, aplikasi buatan Google LLC ini juga akan membantu Anda dalam mengelola data yang ada di smartphone Android.

Di dalam aplikasi ini, Files by Google memiliki beberapa keunggulan, seperti menghapus, memindahkan, backup data, hingga menghapus cache junk yang ada di smartphone Android. Tak cukup sampai disitu saja, aplikasi ini juga rupanya bisa digunakan untuk berbagi file secara offline alias tanpa koneksi internet.

Kemudian, Files by Google juga mampu memanjakan penggunanya dengan memberikan free space up guna menyimpan data-data apabila memori smartphone Anda sudah penuh.

Hingga kini, aplikasi Files by Google telah diunduh lebih dari 1 miliar unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,7 bintang dari 7 juta ulasan pengguna aktif.

4. X-plore File Manager

X-plore File Manager

Aplikasi file manajer terbaik tanpa iklan selanjutnya adalah X-plore File Manager. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengelola dua windows atau jendela sekaligus dalam satu layar. Tentu, fitur tersebut sangat memudahkan Anda untuk mencopy dan memindahkan file dengan lebih cepat.

Selain itu, aplikasi ini juga menjadi salah satu yang terbaik karena banyak sekali fitur-fitur unggulan yang dijejalkan oleh sang developer. Sebut saja adanya dukungan terhadap berbagai jenis file, cloud storage, penyimpanan jaringan (FTP, SMB, DLNA / UpnP), built-in hext editor, dukungan untuk smartphone yang sudah di root, dan lain-lain.

Menilik pada Google Play Store, aplikasi X-plore File Manager besutan Lonely Cat Games ini sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,6 bintang dari 224 ribu ulasan pengguna aktif.

5. Total Comander

Total Comander - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Bisa dikatakan aplikasi Total Comander ini memiliki banyak sekali peminatnya. Hal ini karena aplikasi ini menyediakan fitur yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna, seperti dukungan jaringan storage, dukungan cloud storage, dukungan plugin, bookmark, editor teks, dan masih banyak lagi.

Aplikasi besutan C. Ghisler ini pun telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik, yakni 4,2 bintang dari 189 ribu ulasan pengguna aktif. Bahkan, ukuran dari aplikasi Total Comander juga sangat ringan, yakni hanya 2,3 MB saja.

6. Cx File Explorer

Cx File Explorer - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Cx File Explorer merupakan aplikasi file manager terbaik tanpa iklan yang tangguh dengan antarmuka yang bersih dan intuitif. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menelusuri dan mengelola file dengan cepat di smartphone Android, PC, dan penyimpanan cloud, sama seperti menggunakan Windows Explorer atau Finder di PC atau Mac.

Ini juga menyedikan serangkaian fitur yang dicari pengguna tingkat lanjut tanpa merasa kembung. Anda juga bisa mengelola ruang yang digunakan pada perangkat Anda dengan analisis penyimpanan yang divisualisasikan.

Saat ini, Cx File Explorer ini sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang menurut penulis sangat baik, yakni 4,8 bintang dari 216 ribu ulasan pengguna aktif. Itu tentu akan bertambah dengan seiring berjalannya waktu.

7. File Manager Plus

File Manager Plus - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Jika di antara Anda sedang mencari aplikasi file manager terbaik tanpa iklan dengan antarmuka yang simpel dan mudah dipahami, maka File Manager Plus menjadi pilihan yang tepat. Sebab, antarmuka penggunanya yang sederhana membuatnya mudah dipahami dan digunakan. Anda juga bisa dengan mudah mengelola file dan folder dalam perangkat, NAS, dan penyimpanan cloud Anda seperti Dropbox dan Google Drive.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengelola penyimpanan lokal dan remote atau clod. Aplikasi ini juga mendukung setiap tindakan untuk pengelolaan file. Tak jauh berbeda dengan aplikasi file manager lain, ini juga memiliki fitur menarik seperti dukungan terhadap berbagai jenis file, akses dari PC, dan lain-lain.

Soal popularitas, File Manager Plus ini rupanya sudah diunduh lebih dari 100 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,7 bintang dari 1 juta ulasan pengguna aktif.

8. ASTRO File Manager & Cleaner

ASTRO File Manager & Cleaner - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Sesuai dengan namanya, ASTRO File Manager & Cleaner ini merupakan aplikasi yang tidak hanya berguna untuk mengatur, memindahkan, dan mencadangkan file dengan mudah, namun juga untuk membersihkan memori smartphone Android yang Anda gunakan, hingga meningkatkan performanya agar lebih optimal.

Aplikasi file manager ini pun juga memudahkan Anda dalam memindahkan, membagikan, menyalin, mengganti nama file di penyimpanan internal, kartu SD, hingga ruang cloud. Bahkan, Anda juga bisa mensortir dengan mengkategorikan file serta mengakses semua gambar seperti video, foto, musik, dan banyak lagi.

Hingga kini, aplikasi besutan data.ai Basics sudah diunduh lebih dari 50 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang cukup baik, yakni 4,4 bintang dari 601 ribu ulasan pengguna aktif.

9. RS Manajer File

RS Manajer File - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Rekomendasi aplikasi file manager terbaik tanpa iklan selanjutnya adalah RS Manajer File ini karena sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang baik, yakni 4,5 bintang dari 57 ribu ulasan pengguna aktif.

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dengan mudah mengelola file lokal dan jaringan smartphone Anda. Bahkan, Anda juga bisa menyalin, memindahkan, menghapus, mengganti nama file, mengompres, membuka ZIP file dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa masuk ke Google Drive, OneDrive atau menyambungkan ke jaringan area lokal SMB. Ini juga menyediakan berbagai operasi file dasar, termasuk menyalin, memotong, menghapus, menyembunyikan file, bookmark file, kompres file, hingga dekompresi file.

10. Explorer by Speed Software

Explorer - Aplikasi File Manager Terbaik Tanpa Iklan

Deretan selanjutnya adalah Explorer yang merupakan aplikasi besutan Speed Software yang sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang baik, yaitu 4,2 bintang dari 85 ribu ulasan pengguna aktif.

Adapun beberapa fitur menarik yang diberikan oleh aplikasi ini seperti memudahkan navigasi antara lokasi yang berbeda dengan menggesekkan atau mengklik tab, membuat dan ekstrak ZIP atau RAR, Anda juga bisa masuk ke Google Drive, OneDrive hingga menyambungkan ke jaringan SMB.

Itulah tadi artikel yang membahas aplikasi file manager terbaik tanpa iklan di Android. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda serta menambah wawasan Anda.