0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 LTE - Spesifikasi & Harga

Tak hanya merilis smartphone kelas menengah Samsung Galaxy A25 5G, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) melanjutkannya dengan menggebrak segmen mainstrem melalui seri Samsung Galaxy A15. Adapun hal menarik dari ponsel ini adalah desainnya minimalis mirip dengan Samsung Galaxy A15 5G yang hadir lebih dulu yang menggunakan gaya contour cut design dipadukan casing glossy. Kemampuan fotografi dari smartphone besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) pun cukup andal dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 LTE

Perihal performa, smartphone Samsung Galaxy A15 cukup powerful dan mengalami peningkatan signifikan dari pendahulunya karena ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB. Selain itu, Samsung Galaxy A15 hadir dengan layar Full HD+ yang tajam dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mendukung refresh rate 90Hz sehingga mampu menampilkan pengalaman visual yang imersif.

Ia juga menawarkan banyak hal yang patut diacungi jempol. Apa saja itu? Untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A15 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Samsung Galaxy A15 LTE

Kelebihan Samsung Galaxy A15 LTE

1. Desain Bodi Ergonomis

Samsung Galaxy A15 ini tampil dengan desain minimalis menggunakan gaya contour cut pada penutup belakang glossy. Di area tersebut setidaknya terdapat tiga buah lensa kamera besar yang ditata secara vertikal tanpa adanya sebuah modul atau yang disebut dengan Contour Cut Design. Kemudian pada bagian casing belakangnya memiliki bentuk flat alias datar.

Pada bagian depan, terdapat desain bergaya Infinity-U Display atau tetesan air layaknya pada ponsel entry-level lainnya. Namun, bezel dari Samsung Galaxy A15 ini bisa dikatakan cukup tebal di berbagai sisinya, termasuk di bagian dagu. Ini dibalut dalam dimensi 160.1 x 76.8 x 8.4 mm dengan bobot 200 gram.

Di pasar Indonesia, Samsung Galaxy A15 tersedia dalam tiga pilihan warna. Ada Yellow, Blue Black, dan Blue.

2. Layar Super AMOLED 90Hz

Berbeda dengan pendahulunya 'Samsung Galaxy A14 4G', kini Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mempersenjatai Samsung Galaxy A15 dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) kapasitif display berukuran 6,5 inci yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 396 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 800 nits (HBM).

Layar tersebut pun sudah mengusung refresh rate 90Hz guna mengurangi screen tearing dan stuttering, sehingga animasi saat scrolling maupun bermain game bisa lebih smooth. Tidak hanya itu, layar tersebut juga dibekali fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar tidak membuat mata pengguna pengguna menjadi cepat lelah. Kemudian, ia juga memiliki sertifikasi Widevine L1.

Dengan demikian, pengguna dapat menonton film dari berbagai platform bioskop online dengan resolusi gambar tertinggi. Akan tetapi, video HDR belum bisa diputar pada ponsel entry-level ini.

3. Kinerja Kompeten dari Helio G99

Performa smartphone Samsung Galaxy A15 bisa dikatakan cukup powerful dan efisien di kelasnya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Ketika mencari sebuah smartphone agar bisa digunakan untuk jangka panjang, tentunya konsumen akan mencari memori internal dan juga RAM yang cukup besar pada sebuah smartphone guna menyimpan banyak aplikasi, foto, video, dan lain-lain.

Terdapat satu varian yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A15 yaitu RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal sebesar 128 GB atau 256 GB UFS 2.2. Jika dirasa masih kurang, Anda masih bisa memperbesar memorinya lantaran ponsel ini sudah dibekali slot microSD hingga berkapasitas 1 TB.

Sebagai informasi tambahan, skor GeekBench 6 smartphone Samsung Galaxy A15 LTE ini adalah 723 untuk skenario single-core, dan 1835 pada multi-core. Merujuk pada data Infofull, skor AnTuTu v10 pada sang ponsel ada di angka 393.103 poin.

4. Kamera Cukup Bagus di Kelasnya

Beralih ke sektor kamera, Samsung Galaxy A15 hadir dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan fitur phase-detection autofocus pada bukaan aperture f/1.8 serta dilengkapi dengan LED flash.

Kemudian, kamera kedua dari sang ponsel mengusung resolusi 5 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci yang ditandemkan lensa ultra-wide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 123 derajat. Terakhir, terdapat kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

5. Daya Tahan Baterai 5000 mAh

Samsung Galaxy A15 ditopang baterai 5000 mAh, kapasitas yang standar untuk zaman sekarang. Meski demikian, kapasitas tidak selalu berbanding lurus dengan daya tahan. Pasalnya, selain kapasitas, efisiensi dapur pacu dan sistem manajemen daya ponsel turut menentukan.

Dari informasi yang penulis terima, baterai berkapasitas 5000 mAh ini bisa dikatakan cukup awet. Ia pun bisa digunakan hingga sehari penuh dalam sekali cas. Bahkan, jika sang ponsel digunakan secara normal, baterai yang tersisa di akhir hari sekitar 15 sampai 20 persen.

Tak hanya awet, pengisiannya pun cepat berkat dukungan pengisian cepat 25W. Yang mana pendahulunya hanya menggunakan 15W. Ini tentu sudah mengalami peningkatan, meski tidak terlalu signifikan.

6. Jaminan Pembaruan Software 5 Tahun

Sektor perangkat lunak, Samsung Galaxy A15 sudah terpasang sistem operasi Android 14 terbaru dengan antarmuka One UI 6. Bahkan, Samsung Electonics Indonesia (SEIN) memastikan bahwa si ponsel akan memperoleh dukungan hingga 5 tahun, mungkin hal tersebut sangat jarang ditemukan pada produsen android lainnya.

Rinciannya adalah update sistem operasi sebanyak dua kali (hingga Android 18) dan pembaruan keamanan hingga tahun ketiga ketika ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan software sampai dengan 5 tahun ini memang sangat jarang ditemukan di kelasnya. Inilah yang membuat ponsel dari Samsung cocok digunakan untuk jangka panjang.

7. Sudah Memiliki Fitur NFC

Kelebihan Samsung Galaxy A15 selanjutnya adalah sudah didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) yang juga didukung oleh fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Perlu diketahui juga bahwa fitur ini memiliki banyak fungsi seperti transfer file, melakukan transaksi tanpa kartu, mengecek saldo e-money, dan lain sebagainya.

Kekurangan Samsung Galaxy A15 LTE

Kekurangan Samsung Galaxy A15 LTE

1. Tidak Mendapatkan Charger

Ponsel kelas menengah ini tidak jauh berbeda dengan beberapa ponsel Samsung lainnya ketika berbicara mengenai kotak penjualannya. Sebab, di dalam kotak penjualan si ponsel Anda tidak akan mendapatkan charger 25W dan harus membelinya secara terpisah.

Samsung tidak menghadirkan charger dikarenakan mereka sangat peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, tidak menghadirkan charger juga dilakukan untuk menjual ponsel ini dengan harga serendah mungkin.

2. Masih Mono Speaker

Pada sektor audio pada Samsung Galaxy A15 hanya satu saja yaitu Mono yang disebut-sebut memiliki suara yang cukup lantang. Hanya saja, speaker Mono sendiri masih tidak bisa menghadirkan dinamika seperti speaker Stereo. Jika Anda ingin menghasilkan audio dengan dinamika seperti Stereo, maka Anda bisa menggunakan earphone atau headset.

3. Perekaman Video Terbatas

Meski smartphone Samsung Galaxy A15 dibekali kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1. Kemudian terdapat kamera ultrawide 5 MP, dan kamera makro 2 MP yang sudah cukup baik untuk kebutuhan fotografi. Namun, penulis mendapatkan kekurangan pada Samsung Galaxy A15 ini yaitu terletak pada videografinya.

Benar saja, baik kamera belakang maupun depan, keduanya hanya mampu merekam video hingga kualitas 1080p dengan 30fps saja. Artinya, kualitas perekaman video sang ponsel masih sama dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy A14.

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 LTE

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 LTE
  • Warna : Yellow, Blue Black, Blue.
  • Dimensi : 160.1 x 76.8 x 8.4 mm.
  • Berat : 200 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2340 piksel, 6.5 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 14 (up to Android 18), One UI 6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga Samsung Galaxy A15 LTE

Harga Samsung Galaxy A15 LTE

Samsung Galaxy A15 adalah salah satu smartphone terbaru yang menghadirkan desain stylish dan fitur lengkap di kelas harganya. Kemudian, smartphone ini pun didukung oleh kinerja powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dan hadirkan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang andal. Tak cukup sampai disitu saja, layar dari ponsel ini pun cukup tajam dengan resolusi Full HD+ yang menggunakan panel Super AMOLED 90Hz. Harga smartphone Samsung Galaxy A15 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.899.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp3.299.000 rupiah.