0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

7 Kelebihan dan 2 Kekurangan Realme 12 Pro+ 5G - Spesifikasi & Harga

Beberapa waktu lalu, Realme Indonesia resmi merilis smartphone premium mereka melalui seri Realme 12 Series. Menariknya, Indonesia adalah negara pertama yang menyambut kehadiran smartphone yang satu ini. Realme 12 Pro+ 5G menjadi model paling tinggi daripada model lain yang mengisi lini serinya yaitu Realme 12 5G dan Realme 12+ 5G. Smartphone yang berada di rentang harga Rp5,9 jutaan ini memiliki sederet keunggulan yang jarang dimiliki pesaingnya, misalnya di sisi kamera dan desain. Hal tersebut tak lepas dari hadirnya kamera zoom periskop 64 MP pertama di segmennya dan didukung oleh kamera utama berkekuatan 50 MP OIS (Optical Image Stabilization) yang mumpuni.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 12 Pro+ 5G

Perihal performa, smartphone andalan Realme ini ditopang oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 dipadukan dengan memori RAM 8 GB atau 12 GB yang powerful. Tak hanya itu, ia juga dipersenjatai layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120hz lengkung di kedua sisinya yang memberikan pengalaman visual yang imersif dengan dukungan HDR10+.

Bahkan, Realme 12 Pro+ 5G menjadi salah satu smartphone termurah yang dibekali kamera telefoto periskop. Tak cukup sampai disitu saja, ponsel sanggup melakukan pembesaran hingga 120x. Untuk ketahui lebih lanjut mengenai ponsel ini, mari simak kelebihan dan kekurangan Realme 12 Pro+ 12 5G beserta spesifikasi dan harganya sebagai berikut.

Kelebihan Realme 12 Pro+ 5G

Kelebihan Realme 12 Pro+ 5G

1. Desain Mewah

Keunggulan utama yang dimiliki oleh smartphone Realme 12 Pro+ 5G ini adalah tampilan desainnya yang premium. Secara keseluruhan, desainnya terinspirasi dari generasi sebelumnya yaitu Realme 11 Pro Series. Terlihat dari material kulit sintetis yang digunakannya serta modul kamera berbentuk lingkaran besar di bagian tengah.

Realme 12 Series, termasuk Realme 12 Pro+ 5G melalui design studio-nya berkolaborasi dengan Ollivier Saveo, sang desainner jam tangan mewah atau luxury watch ternama. Ia sudah berpengalaman dalam menghasilkan jam tangan mewah besutan Swiss, seperti Rolex, Roger Dubis, Piaget, Breitling, sampai dengan Quinting.

Dalam proses pembuatannya, Ollivier Saveo memadukan antara simetri atau presisi sempurna dengan nilai estetika untuk menghasilkan desain terbaik. Ini bisa dilihat dari housing kamera berbentuk bulat atau lingkaran yang berada tepat di tengah bodi. Sebagai desainer mewah dan kompeten di bidangnya, detail tentu menjadi hal yang wajib diperhatikan.

Hal ini dipraktikkan langsung pada Realme 12 Pro+ 5G seperti housing kamera, bodi, frame, atau detail lainnya. Pertama ada Polished Sunbrust Dial, yaitu 500 pola sunburst gradien yang dipadukan untuk menciptakan pola sunburst ala jam tangan mewah.

Bagian tengah bodi Realme 12 Pro+ 5G ini terdapat garis unik yang diberi nama 3D Jubilee Bracelet. Tampilan motifnya seperti sebuah berlian yang dirakit sedemikian rupa dengan tekstur menyerupai tali jam tangan yang mewah.

Smartphone tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi IP65 yang dapat mengurangi risiko kerusakan saat kena semprotan air bertekanan rendah dari segala sisi.

2. Layar Cerah dan Berwarna Luas

Realme 12 Pro+ 5G mengusung spesifikasi layar melengkung di kedua sisinya atau curved display berukuran 6,7 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2412 piksel yang mampu menampilkan 1 milyar warna deengan kerapatan mencapai 394 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 950 nits (peak) serta mendukung HDR10+.

Guna meningkatkan responsivitas layar terhadap sentuhan, layar ponsel dibekali refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Layar tersebut juga dibekali dengan sertifikasi pelindung mata TUV Rheinland untuk mengurangi cahaya biru pada layar. Sementara itu, layar juga didukung dengan PWM dimming 2.160Hz untuk mengurangi redupan ketika dipandang di tingkat kecerahan rendah.

Sebagai fitur tambahan, Realme 12 Pro+ 5G sudah teroptimasi dengan fitur Pro-XDR untuk meningkatkan visibilitas serta detail foto HDR pada berbagai macam kondisi pencahayaan. Kemudian, juga disertai teknologi O1 Video Color Boost untuk mengubah tampilan SDR menjadi HDR.

3. Kinerja Cukup Kencang

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Realme 12 Pro+ 5G bisa dikatakan cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 SM7435-AB berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB atau 12 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 710.

Merujuk pada data yang dilakukan oleh GSMArena, SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 pada Realme 12 Pro+ 5G berhasil mendapat skor AnTuTu v10 di angka 660.920 poin. Sedangkan untuk pengujian GeekBench 5, skor single-core-nya yaitu 793 dan 2732 poin untuk multi-core.

Untuk menjaga ponsel dari panas berlebih akibat bermain game dalam waktu lama, Realme 12 Pro+ 5G ini sudah disertai Vapor Chamber dengan luas 3.394 mm persegi yang menyelimuti sumber panas dari motherboard. Dengan begini, perangkat mampu menurunkan panas berlebih dengan lebih efisien untuk pengalaman gaming yang tetap lancar dan dingin.

4. Hadirkan Kamera Telefoto 64 MP

Beralih ke sektor kamera, smartphone Realme 12 Pro+ 5G dibekali tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP dengan enam elemen lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel yang diperkuat fitur multi-directional phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), AI, dan LED flash.

Kamera keduanya berkekuatan 64 MP periskop telefoto dengan empat elemen lensa 71 mm pada bukaan aperture f/2.6 dengan sensor OmniVision OV64B berukuran 1/2 inci 0.7um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus dan OIS (Optical Image Stabilization), serta memiliki kemampuan 3x optical zoom. Terakhir, kamera ketiga berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor Sony IMX355 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 16mm pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV 119 derajat.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX615 berukuran 1/2.8 inci 0.8um piksel pada bukaan aperture f/2.4. Perihal perekaman video, kamera belakang dapat merekam di resolusi 4K UHD sedangkan kamera depan hanya mampu merekam di resolusi Full HD.

5. Konektivitas Beragam

Realme 12 Pro+ 5G menyediakan sejumlah konektivitas yang beragam. Salah satunya adalah fitur NFC (Near Field Communication) yang berfungsi untuk memudahkan transaksi secara digital. Kemudian, itu juga dibekali Wi-Fi 6 yang bisa menampilkan kecepatan unduhan lebih tinggi daripada Wi-Fi 5.

Itu juga memiliki tactile engine untuk berikan efek getaran yang realistis ketika bermain game. Kemudian, layar smartphone ini juga sudah dibekali sensor sidik jari yang aman dan responsif.

Smartphone Realme 12 Pro+ 5G pun dilengkapi teknologi Antenna Array Matrix yang bisa menjaga koneksi jaringan tetap stabil, baik itu saat menelpon, mengirim pesan, atau bermain game.

6. Stereo Speaker Hadir

Smartphone premium Realme 12 Pro+ 5G ini juga sudah dibekali kemampuan stereo speaker yang sama dengan dua model lain di atasnya. Speakernya sudah menggunakan teknologi berbasis Hi-Res dengan Dolby Atmos dan encompassing sound. Aktivitas seperti menonton atau bermain game bisa dijalankan dengan lebih menarik berkat suaranya yang lantang.

Kendati demikian, cukup disayangkan tidak ada port 3.5 mm audio di smartphone ini. Jika Anda ingin menggunakan earphone kabel, Anda diharuskan menggunakan konverter dan ini memberikan rasa tidak nyaman karena ada askesoris tambahan yang harus di bawa kemana-mana.

7. Baterai Cukup Awet di Kelasnya

Sektor stamina, Realme 12 Pro+ 5G hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini masih cukup wajar untuk smartphone di kelasnya. Penggunaan biasa sehari-hari seperti multitasking atau bermain game bisa berjalan dengan cukup lama.

Adapun skor penggunaan aktif Realme 12 Pro+ 5G terbagi menjadi empat skenario penggunaan. Pertama adalah aktivitas panggilan telepon yang bisa bertahan hingga 34 jam 59 menit. Kedua, aktivitas browsing web yang dapat bertahan hingga 13 jam 46 menit.

Yang ketiga jika digunakan menonton video di platform YouTube, itu dapat bertahan hingga 17 jam 10 menit. Terakhir, jika digunakan untuk bermain game, Realme 12 Pro+ 5G mampu bertahan hingga 6 jam 45 menit.

Sementara pada bagian fitur pengisian cepat, ponsel mengandalkan daya 67W yang diklaim mampu mengisi baterai dari kosong hingga 50 persen dalam waktu 19 menit.

Kekurangan Realme 12 Pro+ 5G

Kekurangan Realme 12 Pro+ 5G

1. Masih Gunakan Sertifikasi IP65

Tampilan dari Realme 12 Pro+ 5G ini memang cukup mewah dan juaranya. Tapi kalau bicara ketahanan, ponsel ini masih kalah saing. Pasalnya, Realme 12 Pro+ 5G hanya mengantongi sertifikasi IP65 yang membuatnya tahan terhadap debu dan semprotan air bertekanan rendah. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A54 5G yang berada di rentang harga yang sama sudah dibekali sertifikasi IP67.

Dengan sertifikasi IP67 tersebut, Samsung Galaxy A54 5G mampu bertahan di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit. Ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Realme 12 Pro+ 5G.

2. Kamera Selfie dan Ultrawide Tidak Begitu Spesial

Kekurangan lain yang agak disayangkan pada Realme 12 Pro+ 5G adalah kemampuan kamera selfie dan ultrawide-nya. Kedua sektor tersebut hanya terbatas di rekaman video 1080p@30fps saja. Bukan hanya itu, kualitas fotografinya pun cenderung biasa saja.

Spesifikasi Realme 12 Pro+ 5G

Spesifikasi Realme 12 Pro+ 5G
  • Warna : Submarine Blue dan Navigator Beige.
  • Dimensi : 161.5 x 74 x 8.8 mm.
  • Berat : 196 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM7435-AB Snapdragon 7s Gen 2 (4 nm).
  • GPU : Adreno 710.
  • RAM : 8 GB / 12 GB.
  • ROM : 256 GB / 512 GB.
  • OS : Android 14, Realme UI 5.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 67W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 64 MP + 8 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Realme 12 Pro+ 5G

Harga Realme 12 Pro+ 5G

Realme 12 Pro+ 5G menjadi smartphone 5G premium yang hadirkan desain Luxury Watch Design dan diperkuat kamera zoom periskop 64 MP pertama di segmennya. Tak hanya itu, ponsel juga dipersenjatai oleh performa buas berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. Harga smartphone Realme 12 Pro+ 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp5.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Sedangkan varian RAM 12 GB dan ROM 512 GB dibanderol dengan harga Rp6.999.000 rupiah.