9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i – Spesifikasi & Harga

Yuk ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12i untuk mempertimbangkan apakah masih worth it atau tidak.
Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i
Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i

Pada April 2022 lalu Infinix Indonesia mengeluarkan produk barunya di segmen entry-level, yakni Infinix Hot 12i. Dengan embel-embel “i” di belakangnya, tentu smartphone ini merupakan varian sederhana dari Infinix Hot 12 Reguler. Meskipun sepsifikasinya tidak begitu wah, akan tetapi smartphone Infinix Hot 12i bisa dijadikan pilihan yang worth it mengingat harganya hanya Rp1.5 jutaan saja.

Lantas, mampukah smartphone Infinix Hot 12i menunjukkan kebolehannya di segmen entry-level? Untuk mengetahui itu semua. Simak saja ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12i sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan Infinix Hot 12i

Kelebihan Infinix Hot 12i
Kelebihan Infinix Hot 12i

Smartphone ini memang sangat cocok bagi mereka yang memiliki budget sekitar Rp1.5 jutaan namun ingin mendapatkan smartphone dengan beberapa fitur menarik. Diantaranya seperti kapasitas baterai besar, tersedia fitur Extended RAM dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah kelebihan Infinix Hot 12i yang wajib diketahui.

1. Layar Besar 6.6 Inci

Apabila Anda sangat suka dalam menonton streaming atau film menggunakan HP Android, maka smartphone kali ini mungkin bisa menjadi pilihan. Bagaimana tidak, ukuran layar dari Infinix Hot 12i mencapai 6.6 inci dengan bezel disekelilingnya yang cukup tipis di kelasnya. Bezel tersebut juga tersusun dengan rapi. Di sisi lain, desain dari kamera depan yang digunakan adalah waterdrop notch alias ceruk yang menjorok ke layar.

Untuk resolusinya sendiri HD Plus dengan resolusi 720 x 1612 piksel. Meskipun terbilang kurang ideal lantaran tidak sebaik Full HD+ dari sisi ketajaman layar, namun hal tersebut tidak menjadi masalah besar lantaran Infinix Hot 12i dibanderol dengan harga Rp1.5 jutaan saja.

Dari sisi kecerahan layar, Infinix Hot 12i mampu mencapai 480 nit. Dimana tingkatan setinggi ini masih cukup ketika digunakan pada siang hari di tempat umum.

2. Berkapasitas 5.000 mAh

Dilansir dari laman resmi Infinix Mobile, Infinix Hot 12i hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang dapat mendengarkan lagu selama 150 jam, bermain game selama 13 jam, menelpon selama 34 jam. Tak sampai disitu saja, smartphone ini juga telah memiliki masa tahan sampai dengan 62 hari pada mode stand-by.

Baterai kapasitas besar ini cukup disayangkan dengan absennya fitur fast charging. Sehingga, untuk mengisi dayanya memakan waktu yang cukup lama, yakni sampai dengan 2,8 jam. Namun, hal tersebut memang harus siap diterima oleh pengguna, pasalnya harganya yang hanya Rp1.5 jutaan saja.

3. Penyimpanan Cukup Lega

Memiliki file atau data penting bejibun sekaligus ingin menginstal beragam aplikasi? Jika iya, maka smartphone dengan harga Rp1.5 jutaan ini dibekali dengan kapasitas memori internal yang cukup lega, yakni 64GB. Dengan penyimpanan sebesar itu, tentu Anda sudah bisa menyimpan banyak file atau aplikasi tanpa takut kehabisan space.

Jika dirasa masih kurang, Anda masih dapat menggunakan microSD sampai dengan kapasitas 512 GB. Terlebih lagi slot yang tersedia terpisah dari dua slot SIM yang sudah ada, dengan demikian Anda tidak perlu lagi mengorbankan salah satu kartu SIM 2 ketika ingin menambah microSD.

4. Adanya Fitur Extended RAM

Fitur Extended RAM memang sudah sangat populer di harga smartphone Rp2 jutaan dengan keluaran tahun 2022 ke atas. Namun kini, fitur tersebut sudah bisa dinikmati pada Infinix Hot 12i yang harganya cuman Rp1.5 jutaan saja. Untuk jumlah kapasitas maksimal yang bisa dipinjam dar memori internal adalah 3 GB saja.

Sehingga, dari awalnya yang hanya RAM 4 GB saja akan menjadi 7 GB. Oleh karena itu, pengguna bisa bermain game dengan lancar dan smooth berkat tambahan RAM dengan fitur ini.

5. Menggunakan Sistem Operasi XOS 7.6

Dari dalam pabrikannya, smartphone ini langsung menggunakan Android 11, sehingga pengguna harus melakukan update OTA secara manual untuk merasakan Android 12. Android 11 pada smartphone Infinix Hot 12i hadir dengan sistem operasi XOS 7.6 dengan fitur yang cukup banyak, untuk aplikasi bawaan dari Infinix Hot 12i juga dapat di-uninstall.

XOS 7.6 sendiri memiliki berbagai macam fitur menarik, seperti X-Proof yang mampu menghalangi sebagian isi layar sehingga akan sulit dilihat oleh orang lain dari samping jika sedang berada di tempat umum.

Kemudian ada fitur App Clone, dimana fitur ini mampu menggandakan aplikasi untuk membuat akun berbeda dalam 1 (satu) device yang sama.

6. Hadirnya Sensor Pemindai Sidik Jari

Umumnya smartphone dengan harga Rp1 jutaan akan menghilangkan sidik jari pada bagian belakang. Pasalnya, pengguna masih bisa menggunakan Face Unlock, Kata Sandi atau Pola untuk mengamankan smartphone dari seseorang yang ingin mengetahui isi smartphone Anda.

Akan tetapi, Infinix Hot 12i sangat berbeda. Di haraganya yang cuman Rp1.5 jutaan ini, smartphone ini telah menyediakan fitur rear fingerprint scanner alias pemindai sidik jari yang berada di belakang bodi.

Kekurangan Infinix Hot 12i

Kekurangan Infinix Hot 12i
Kekurangan Infinix Hot 12i

Jika sudah mengetahui beberapa kelebihannya, maka Anda juga sangat perlu untuk mengetahui kekurangan Infinix Hot 12i. Dengan mengetahui kekurangannya, maka Anda bisa mengambil keputusan apakah smartphone ini worth it untuk dibeli atau tidak, pasalnya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda.

1. Menggunakan Chipset Helio A22 yang Kalah Saing

Meski hadir dengan tagline “Fast and Fun”, namun perfomanya masih jauh dari kata Fast yang berada di dalam tagline-nya. Bagaimana tidak? Smartphone Infinix Hot 12i hanya dibekali dengan dapur pacu Helio A22 yang dapat dikatakan sebagai salah satu chipset dengan perfoma rendah yang dimiliki oleh MediaTek.

Ketika digunakan untuk berselancar di internet dan media sosial serta multitasking ringan lainnya, mungkin smartphone ini masih bisa di andalkan. Akan tetapi, jika digunakan untuk bermain game berat seperti Genshin Impact, PUBG Mobile mungkin akan kurang smooth. Terkecuali Anda memainkan game ringan seperti Free Fire, Mobile Legends dan sejenisnya tentu masih terbilang cukup oke.

Helio A22 masih menggunakan konfigurasi prosesor quad core serta hadir dengan 4 (empat) prosesor ARM Cortex A53 yang memiliki clock speed 2 GHz dan dibangun dengan manufaktur 12 nm. Untuk GPU nya masih mengandalkan PowerVR GE8320 yang memiliki frekuensi 660 MHz.

2. Kurang Oke Jika Digunakan Fotografi

Sulit sekali ketika menghasilkan foto atau video berkualitas ketika menggunakan kamera dari Infinix Hot 12i, sebab smartphone ini memiliki setup kamera yang sangat sederhana. Pada bagian belakang terdapat 3 (tiga) buah lensa kamera. Meski begitu, untuk memotret hanyalah lensa utama yang berfungsi dengan berkekuatan 13 MP (f/1.8) dan untuk 2 (dua) lensa lainnya adalah QVGA.

Sementara itu, kamera depan dari Infinix Hot 12i berkekuatan 8 MP dengan LED Flash dan mampu merekam video 1080 pada 30 Fps.

3. Masih Menggunakan MicroUSB dan Tidak Support OTG

Di tahun ini rata-rata smartphone yang hadir biasanya menggunakan USB Type-C. Namun tidak dengan Infinix Hot 12i yang hadir dengan MicroUSB. Dilansir dari kanal YouTube Teknologue bahwasannya smartphone ini tidak support OTG, sehingga akan sulit dalam mentransfer data dari HP ke PC atau dari HP ke Flashdisk.

Spesifikasi Infinix Hot 12i

Spesifikasi Infinix Hot 12i
Spesifikasi Infinix Hot 12i

  • Warna : Racing Black, Horizon Blue, Haze Green, Champagne Gold.
  • Dimensi : 164.4 x 76.4 x 8.75 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, HD+ (720 x 1612 piksel).
  • Chipset : MediaTek Helio A22 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, XOS 7.6
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 0.2 MP + 0.2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Infinix Hot 12i

Harga Infinix Hot 12i
Harga Infinix Hot 12i

Smartphone ini hadir di Indonesia dengan berbagai macam pilihan warna yang bisa dibawa pulang, beberapa diantaranya seperti Black, Horizon Blue, Haze Green, sampai dengan Champagne Gold. Berbicara mengenai penyimpanan, maka smartphone ini menawarkan penyimpanan internal yang cukup lega, yakni 64 GB dengan RAM 4 GB yang sekaligus dibekali dengan fitur Extended RAM maksimal 3 GB, dan ditotalkan menjadi 7 GB.

Dilansir dari laman resmi Infinix Indonesia, smartphone ini dibanderol dengan harga resmi Rp1.599.000 rupiah dan saat ini sudah tersedia di beberapa ecommerce terkemuka di tanah air. Berikut adalah link pembelian yang bisa Anda gunakan.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain