0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12 VIP

Tepat pada tanggal 12 Mei 2022 Infinix Indonesia berhasil memperkenalkan sekaligus launching smartphone midrange, yakni Infinix Note 12 VIP. Setidaknya ada beberapa varian smartphone yang hadir seperti Infinix Note 12, Infinix Note 12i dan Infinix Note 12 VIP. Akan tetapi, Infinix Indonesia hanya menghadirkan Infinix Note 12 dan juga Note 12 VIP secara resmi di tanah air bagi para penggemarnya.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12 VIP
Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12 VIP

Bahkan untuk seri Note 12 VIP ini memang dinobatkan sebagai salah satu varian baru dari smartphone Infinix Note series tertinggi. Dimana, sektor yang sangat ditonjolkan dari smartphone Infinix Note 12 VIP ini adalah kamera dan juga baterai. Faktor yang membuat sektor kamera begitu menonjol dikarenakan Infinix pada series kali ini beresolusi 108 MP dengan hadirnya teknologi Laser Detection Auo Focus.

Sementara itu, untuk bagian baterai dari Infinix Note 12 VIP ini berkapasitas 4500 mAh dengan dibekali fitur fast charging 120W. Dengan begitu, ketika ingin mengisi daya baterai smartphone ini hingga penuh hanya membutuhkan waktu kurang lebih 17 menit saja.

Tak hanya unggul dari segi kamera dan juga baterai, Infinix Note 12 VIP ini juga dirancang untuk multitasking dengan penggunaan chipset dan RAM yang tergolong besar. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Infinix Note 12 VIP? Simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Infinix Note 12 VIP

Kelebihan Infinix Note 12 VIP
Kelebihan Infinix Note 12 VIP

Setidaknya ada beberapa kelebihan yang penulis temukan pada smartphone terbaru dari Infinix Indonesia ini, untuk mengetahuinya lebih lanjut ada baiknya simak ulasannya sampai habis agar semua informasi dapat dipahami dengan baik sebelum membeli Infinix Note 12 VIP.

1. Kamera yang Sangat Ciamik

Sebagaimana yang penulis katakan sebelumnya bahwasannya Infinix Note 12 VIP memang sangat mengunggulkan sektor kamera. Maka tak heran jika smartphone yang satu ini menghadirkan 3 (tiga) buah kamera yang berada di bagian belakang bodi.

Untuk kamera utama dari Infinix Note 12 VIP beresolusi 108 MP dengan bukaan f/1.8, dilanjutkan dengan kamera ultrawide beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2 dengan sudut 118 derajat yang mampu menghasilkan foto lebih detail, sedangkan untuk kamera terakhir adalah depth 2 MP.

Kembali ke depan bodi, Infinix Note 12 VIP membekali kamera depan dengan resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.4. Infinix yang satu ini juga menggunakan sensor 1/1.52 Samsung S5KHM2 (ISOCELL Plus CMOS) untuk kamera utama.

Berbicara mengenai perekaman video, smartphone ini mampu mengambil video dengan resolusi maksimal yakni 2K 30 fps. Untuk kamera depan juga bisa menghasilkan video dengan resolusi 2K 30 fps.

2. Pengisian Daya Sangat Cepat

Sebelumnya penulis sudah mengatakan bahwasannya Infinix Note 12 VIP hadir dengan kapasitas baterai 4500 mAh dengan fitur fast charging 120W. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa mengisi daya baterai dari 0% sampai 100% hanya kurun waktu 17 menit saja. Tentunya ini lebih baik jika dibandingkan dengan fast charging 67W dan sejenisnya.

Mungkin diantara Anda akan bertanyatanya mengenai apakah pengisian daya yang sangat cepat tidak aman? Dilansir dari Infinix Indonesia bahwasannya pihak perusahaan sudah menghadirkan 103 fitur pengisian daya ke sirkuit serta baterai.

Bahkan dilengkapi juga dengan 18 sensor termal yang akan membantu suhu perangkat secara realtime untuk memastikan pengisian daya selalu aman tidak tidak terjadi permasalahan nantinya. Terlebih lagi teknologi fast charging yang dihadirkan oleh Infinix juga sudah bersertifikasi aman dari TUV Rheinland.

3. Layar AMOLED 120Hz

Perlu diketahui, Infinix memang selalu menghadirkan layar dengan spesifikasi yang cukup tangguh selain ukuran layar yang lebar. Pada series Infinix Note 12 VIP ini juga mengalami kenaikan spesifikasi yang sangat banyak, meskipun layar ponsel ini hanya 6,7 inci saja. Akan tetapi, resolusi layarnya sudah sangat baik yakni FHD+ (1080 x 2400 piksel).

Dengan demikian kepadatan pikselnya juga tembus hingga 393 ppi. Menariknya lagi adalah layar AMOLED ini telah mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360 Hz. Oleh karena itu, layarnya juga mampu menampilkan tampilan yang sangat halus serta responsif.

Infinix Indonesia juga menyebutkan bahwasannya smartphone ini mampu menghasilkan warna 10 bit dengan 100% DCIP3. Layar smartphone ini juga diklaim memiliki tingkat kecerahan sampai dengan 700 nit serta memiliki rasio kontras tinggi, bahkan keluaran warnanya juga terbilang sangat akurat.

4. Adanya Fitur Extended RAM

Infinix Note 12 VIP dibekali dengan RAM 8 GB yang tergolong cukup besar untuk saat ini. Namun, jika RAM yang dihadirkan dirasa masih kurang, maka Anda masih bisa menambahkannya dengan cara melakukan extended RAM yang diambil dari penyimpanan internal smartphone tersebut. Fitur extended RAM ini mampu melakukan ekspansi sampai dengan batas maksimal, yakni hanya 5 GB saja.

Selain RAM yang sangat menonjol, penyimpanan internal atau ROM dari Infinix Note 12 VIP juga sangat besar yakni berkapasitas 256 GB dan juga sudah tersedia slot microSD. Jadi, jika masih dirasa kurang maka Anda masih bisa menambahkannya sampai dengan 2 TB.

5. Sudah Support Fitur NFC

Mengingat harganya yang sudah menyentuh di Rp4.000.000 rupiah ini memang sudah harusnya memiliki fitur NFC (Near Field Communications). Pasalnya, fitur ini memang selalu dipertanyakan oleh para penggemar Infinix, maka tak heran pihak perusahaan langsung menghadirkannya pada smartphone kali ini.

Dengan fitur NFC ini tentunya memungkinkan pengguna dalam melakukan transfer data kontak, gambar dan juga video ke perangkat lain dengan mudah dan juga cepat. Tak sampai disitu saja, dengan adanya fitur NFC juga dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengecekan saldo ATM serta melakukan transaksi dengan cepat dan mudah.

6. Desain Simple Namun Elegan

Infinix Note 12 VIP hadir dengan desain yang sangat simple namun elegan dan juga stylish. Untuk bodinya sendiri dibuat dari Aerospace Grade Class Fiber, serta juga mempunyai ketahanan yang sangat baik dan tipis serta juga menghadirkan kesan premium.

Desain dari smartphone yang satu ini berbentuk flat, dimana kameranya disusun dengan segitiga dengan satu buah berukuran besar dan dua buah diletakkan di bagian bawahnya. Dimensi dari smartphone Infinix Note 12 VIP yakni 163,5 mm x 76,7 mm x 7,89 mm dengan berat 198 gram. Terlebih ketebalannya cukup tipis sehingga sangat enak jika dibawa kemanamana.

Kekurangan Infinix Note 12 VIP

Kekurangan Infinix Note 12 VIP
Kekurangan Infinix Note 12 VIP

Selain kelebihan di atas, setidaknya ada beberapa kekurangan dari Infinix Note 12 VIP yang wajib diketahui oleh penggunanya. Apa saja demikian? Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat penulis sampaikan.

1. Dapur Pacu Kurang Bertenaga

Berbicara mengenai dapur pacu, Infinix Note 12 VIP dibekali dengan chipset MediaTek Helio G96. Meski memiliki perfoma yang berkinerja tinggi, akan tetapi pacur pacu yang ditanamkan oleh Infinix kurang mampu bersaing dengan para kompetitornya yang menawarkan harga yang sama serta sudah mendukung konektivitas 5G.

Chipset MediaTek Helio G96 beraksitektur CPU 2 x CortexA76 serta 6 x Cortex A55 yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Dilansir dari Jagat Review, Infinix Note 12 VIP mendapatkan skor 353 ribuan untuk AnTuTu versi 9. Sementara itu, untuk Geekbench 5 mendapatkan skor 509 singlecore dan 1774 multicore.

Meski dapur pacunya kurang bertenaga di kelasnya, namun Anda masih bisa kok dalam bermain game berat seperti PUBG, COD Mobile Genshin Impact dan sejenisnya dengan aman dan lancar dengan syarat resolusinya disesuaikan.

2. Tidak Mendukung Konektivitas 5G

Sangat disayangkan dengan harganya yang menyentuh Rp4 jutaan, Infinix Note 12 VIP masih belum mendukung konektivitas 5G. Pasalnya, SoC dari Infinix ini hanya mendukung konektivitas 4G saja. Disamping itu, smartphone ini hanya mendukung konektivitas 2G, 3G sampai 4G.

3. Tidak Dibekali Perlindungan Corning Gorilla Glass

Kekurangan Infinix Note 12 VIP terakhir adalah tidak dibekali dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Dengan demikian, pengguna harus berhatihati dalam menggunakan smartphone ini agar tidak mudah jatuh lalu pecah. Agar smartphone ini aman digunakan, pengguna harus mengeluarkan sedikit uang untuk membeli pelindung layar agar tidak mudah beret atau pecah.

Spesifikasi Infinix Note 12 VIP

Spesifikasi Infinix Note 12 VIP
Spesifikasi Infinix Note 12 VIP

  • Warna : Cayene Grey dan Force Black.
  • Desain : Frame plastic, bodi belakang dilapisi kaca.
  • Dimensi : 163,5 x 76,7 x 7,9 mm.
  • Berat : 199 gram.
  • Layar : AMOLED 6,7 inci, FHD+ (1080 x 2400 piksel).
  • Chipset : MediaTek Helio G96.
  • GPU : MaliG57 MC2
  • RAM : 8 GB + Extended RAM 5 GB.
  • ROM : 256 GB + mendukung microSD berkapasitas 2 TB.
  • OS : Android 12 XOS 10.5
  • Baterai : LiPo 4500 mAh, fast charging 120W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Infinix Note 12 VIP

Harga Infinix Note 12 VIP
Harga Infinix Note 12 VIP

Terdapat 2 (dua) varian warna yang dihadirkan oleh Infinix, yakni Cayenne Grey dan juga Force Black. Dilansir dari Infinix Official Store untuk Infinix Note 12 VIP dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp.4.099.000 rupiah, namun Anda masih bisa mendapatkan diskon dari Infinix sebesar 5% yang dapat dibeli melalui ecommerce yang ada di Indonesia.