9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A55 - Spesifikasi & Harga

Hadir dengan harga 2 jutaan, OPPO A55 menawarkan sejumlah peningkatan menarik. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A55 dan spesifikasinya.

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwasannya OPPO memang sudah menjadi salah satu vendor smartphone yang sangat diminati di Indonesia. Pasalnya, OPPO dikenal memiliki kemampuan kamera belakang serta kamera selfie yang sangat baik. Oleh karena itu, smartphone dari OPPO selalu diminati bagi mereka penggiat media sosial dan juga fotografi.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A55
Kelebihan dan Kekurangan OPPO A55

Pada bulan Maret 2022 lalu, OPPO kembali merilis smartphone mereka di segmen entry-level yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan saja pada seri A. Perangkat ini juga tentuntya sudah dibekali dengan kamera utama berkemampuan tinggi dan mampu bersaing di kelasnya, terlebih harganya juga cukup murah.

Kesempatan kali ini penulis akan membeberkan kelebihan dan kekurangan OPPO A55 beserta harga dan spesifikasi yang wajib diketahui untuk dijadikan bahan pertimbangan. Tidak perlu berlama-lama lagi, simak saja ulasan di bawah ini.

Kelebihan OPPO A55

Kelebihan OPPO A55
Kelebihan OPPO A55

Anda hanya memiliki budget berkisar diantara Rp2 jutaan saja? Jika iya, maka smartphone entry-level dari OPPO ini sangat layak untuk dijadikan bahan pertimbangan terlebih dahulu. Setidaknya, inilah beberapa kelebihan OPPO A55 yang akan penulis rangkum.

1. Desain Kekinian

OPPO A55 menawarkan desain yang sangat kekinian dan bahkan bodinya terlihat seperti smartphone mahal. Sebab, OPPO A55 menampilkan desain kamera depan punch hole di layar, alias tidak lagi menghadirkan poni titisan air seperti yang seringkali digunakan oleh Infinix, Realme dan vendor lainnya dengan rentang harga Rp2 jutaan.

Smartphone yang satu ini juga sangat nyaman pada saat digenggam, hal tersebut berkat desain yang melengkung 3D. Selain itu, OPPO A55 juga memiliki ketebalan 8,40 mm dengan bobot 193 gram. Di Indonesia sendiri OPPO A55 menawarkan dua varian warna, yakni Starry Black dan juga Rainbow Blue.

2. Layar Luas 6,5 Inci

Jika seringkali digunakan untuk bermain game, menonton film dan sejenisnya. OPPO A55 memang sangat nyaman digunakan lantaran menawarkan layar luas 6,5 inci, serta kecerahan maksimal dari layar perangkat ini mampu mencapai tingkat 550 nits. Selain itu, adapun fitur Eye Comfort yang dapat menyesuaikan kecerahan otomatis saat digunakan pada siang hari di luar ruangan atau malam hari.

OPPO A55 sendiri menggunakan jenis layar IPS LCD, hal tersebut terbilang sangat wajar mengingat harganya hanya 2 jutaan saja. OPPO A55 juga hadir dengan kepadatan piksel sampai 269 ppi, kedalaman warna 8-bit, serta refresh rate 60 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz.

3. Kualitas yang Kokoh

Dilansir dari laman resminya, OPPO A55 sudah dilengkapi dengan IPX4 yang tahan terhadap percikan air dan bahkan sudah melewati ratusan pengujian tes ketahanan suhu, tes jatuh, kekuatan sinyal dan lain sebagainya. Sebagaimana informasi yang penulis dapatkan bahwa OPPO A55 sudah melewati 20.000 tes Plug-In Port USB, 28.000 tes jatuh dengan jarak 10cm, 150.000 tes tombol volume sampai dengan 500.000 tes tombol daya.

Oleh karena itu, smartphone ini terbilang sangat kokoh dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu OPPO A55 mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

4. Baterai Berkapasitas 5000 mAh

Pada tahun 2022 ini sudah kebanyakan vendor menghadirkan sebuah smartphone terbaru dengan baterai berkapasitas 5000 mAh untuk memanjakan penggunanya. Begitu juga dengan OPPO A55, dimana baterai dari perangkat ini mampu bertahan sampai 16,3 jam. Terlebih lagi, OPPO A55 menghadirkan fitur Power Saving Mode yang mana ketika baterai 5% pengguna masih bisa menjalankan beberapa aplikasi.

Untuk pengisian daya, perangkat dari OPPO A55 sudah menggunakan USB Type-C dan juga dibekali dengan fitur fast charging 18W yang membuat pengisian daya dari 0% sampai 100% terbilang cukup cepat dibandingkan tidak menggunakan fitur fast charging.

5. Triple Camera 50 MP

Jika Anda mencari smartphone 2 jutaan untuk kebutuhan fotografi mungkin OPPO A55 bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, OPPO A55 hadir dengan triple camera yang berada di bagian belakang dengan kamera utama berkemampuan 50 MP bukaan f/1.8 dengan focal lenght 26mm. Sementara itu, kedua kamera pendamingnya adalah beresolusi 2 MP dengan fungsi makro dan juga depth.

Kemudian untuk kamera selfie hadir dengan 16 MP serta memiliki pencahayaan 360 derajat yang akan menyoroti wajah untuk hasil selfie yang cukup sempurna jika berada di ruang pencahayaan minim. Tak sampai disitu saja, OPPO A55 masih bisa merekam video sampai resolusi maksimal yakni 1080p.

Kekurangan OPPO A55

Kekurangan OPPO A55
Kekurangan OPPO A55

Dengan harganya yang hanya 2 jutaan tentu pengguna tidak perlu berharap banyak, dengan beberapa kelebihan yang sudah penulis ungkap di atas. Ternyata, OPPO A55 juga masih memiliki banyak kekurangan sebagai berikut.

1. Menggunakan SoC Helio G35

Apabila Anda memilih smartphone OPPO A55 untuk kebutuhan gaming, maka penulis katakan perangkat ini kurang layak untuk dipilih. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan OPPO A55 masih menggunakan SoC Helio G35 dari MediaTek yang terbilang seadanya. Helio G35 sendiri mendatangkan konfigurasi delapan inti yang terdiri atas empat unit ARM Cortex A53 2.3 GHz dan empat inti daya ARM Cortex A53 dengan frekuensi 1.8 GHz.

Dilihat dari spesifikasi SoC tersebut, sudah bisa disimpulkan bahwasannya Helio G35 kurang sanggup untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile dan juga Genshin Impact. Pada bagian pengolah grafisnya, Helio G35 dibangun dengan fabrikasi 12 nm menggunakan PowerVR GE8320.

Jika digunakan untuk browsing, scrolling media sosial, menonton konten YouTube, mendengarkan lagu maka OPPO A55 masih sangat sanggup. Ketika ingin bermain game, maka Anda bisa bermain game yang tidak begitu berat seperti Mobile Legends dan juga Free Fire.

2. Tidak Support 5G dan NFC

Di atas penulis sudah menyinggung mengenai SoC yang ditanamkan oleh OPPO A55, yakni MediaTek Helio G35. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa SoC tersebut terbilang cukup jadul dan jelas tidak support konektivitas 5G. Tak hanya support 5G, OPPO A55 juga tidak menyediakan fitur NFC (Near Field Communications).

3. Layar Masih HD+

Belakangan ini sudah banyak smartphone 2 jutaan yang menghadirkan layar menggunakan resolusi Full HD+ alias 1080p. Namun tidak dengan OPPO A55, dimana pihak perusahaan hanya menggunakan layar HD+ alias 720p. Jika Anda memiliki mata yang sangat jeli, mungkin akan melihat perangkat ini sangat rendah ketajamannya pada saat bermain game, browsing sampai dengan menonton film.

4. Speaker Stereo Absen

Jika Anda pecinta kualitas dan kelantangan suara yang lebih optimal, mungkin OPPO A55 kurang layak untuk dijadikan pilihan. Sebab, OPPO A55 hanya mendatangkan speaker Mono yang berada di bagian bawah bodi. Apabila Anda ingin mendengarkan kualitas yang lebih baik, maka Anda bisa menggunakan earphone pada 3.55 mm jack port audio yang telah disediakan.

Spesifikasi OPPO A55

Spesifikasi OPPO A55
Spesifikasi OPPO A55

  • Warna : Rainbow Blue, Starry Black.
  • Dimensi : 163.6 x 75.7 x 8.4 mm.
  • Berat : 193 gram
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.51 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 11.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga OPPO A55

Harga OPPO A55
Harga OPPO A55

Dilansir dari laman resmi OPPO Indonesia bahwa OPPO A55 dibanderol dengan harga Rp2.699.000 dengan varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Untuk membelinya, langsung saja klik tombol pembelian yang telah penulis cantumkan di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain