0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96 - Spesifikasi & Harga

Kembali OPPO telah memperkenalkan smartphone terbaru mereka di awal tahun 2022 lalu, yakni OPPO A96 yang hadir dengan menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A96. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang terbilang cukup baik. Bahkan, pihak perusahaan sudah menyediakan fitur NFC (Near Field Communications) yang memang sangat wajib dihadirkan mengingat harganya dibanderol dengan harga Rp4 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96
Kelebihan dan Kekurangan OPPO A96

Lalu bagaimana perfoma dari perangkat di segmen mid-range yang satu ini? Untuk mengetahuinya, sebaiknya simak ulasan berikut ini terkait dengan kelebihan dan kekurangan OPPO A96 beserta spesifikasi dan harga untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Kelebihan OPPO A96

Kelebihan OPPO A96
Kelebihan OPPO A96

Setidaknya ada beberapa kelebihan dari smartphone OPPO A96, yakni desain glowing, adanya fitur NFC, tahan air, kamera utama berkemampuan 50 MP dan masih banyak lagi. Agar mengetahui lebih lanjut, silahkan simak ulasan di bawah secara seksama.

1. Desain Glowing dan Premium

OPPO A96 hadir di Indonesia dengan dua varian warna, yakni Pearl Pink dan Starry Black. Selain itu, perangkat ini hadir dengan desain glowing dan premium plastik yang tampak seperti kaca. Sebelum dipasarkan, smartphone ini juga telah melewati berbagai macam tes jatuh ketinggian dengan jarak 1 meter sebanyak 28.000 kali, seperti itulah informasi yang penulis dapatkan.

Kemudian untuk pengujian tes lainnya adalah berada di lingkungan dengan suhu yang sangat panas dan juga dingin, yakni dari 15 derajat sampai dengan 55 derajat. Menariknya lagi, OPPO A96 berhasil lolos dan berjalan dengan baik ketika melewati pengujian tersebut.

Smartphone OPPO A96 memiliki dimendsi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm dengan berat 191 gram. Terlebih lagi perangkat ini sangat nyaman ketika digenggam, dengan demikian sangat cocok bagi mereka yang sering berada di luaran rumah dan membawa gadget.

2. Layar Full HD+

Berbicara mengenai layar, OPPO A96 hadir dengan layar 6,59 inci Full HD+ (1080 x 2412 piksel) dengan refresh rate 90 Hz serta telah mendukung touch sampling rate 180 Hz. Untuk panel layar yang digunakan oleh OPPO A96 adalah IPS. Selain itu, pihak perusahaan juga mengklaim bahwasannya layar dari OPPO A96 memiliki 96% NTSC Wide Color Gamut.

Adapun fitur AII-day AI Eye Comfort yang akan membuat mata sangat nyaman ketika melihat layar secara terus menerus. Untuk kualitas layar IPS ini memang terbilang cukup bagus, meskipun tidak sebagus dari layar OLED.

3. Baterai Besar Super VOOC

Kemudian untuk baterai dari OPPO A96 juga dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5000 mAh dengan fitur charger 33W SUPERVOOC yang dihadirkan pada paket penjualan. Selain itu, OPPO juga mengklaim bahwasannya perangkat ini mampu memberi daya tahan baterai hingga seharian penuh. Jika mengisi daya dari 0% sampai dengan 50% saja hanya membutuhkan waktu 26 menit, dengan demikian ketika mengisi sampai 100% tidak lebih dari 1 jam.

Dilansir dari berbagai sumber bahwasannya daya tahan baterai OPPO A96 terbilang cukup lama, ketika dilakukan pengujian menggunakan Pass Mark 10. Daya baterai dari OPPO A96 mencapai waktu 16 jam. Bagaimana, cukup lama bukan?

4. Tahan Terhadap Air

Kelebihan OPPO A96 selanjutnya memiliki fitur tahan debu IP5X dan juga tahan air IPX4 atau jika digabungkan menjadi IP54. Dengan adanya sertifikasi IP54 tentu akan mengacu pada kemampuan OPPO A96 yang tahan terhadap debu dan juga air, namun bukan berarti dapat direndam di bak atau ember ya.

Hanya saja sertifikasi IP54 mampu tahan dari guyuran gujan, dengan demikian smartphone ini sangat layak dipilih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Contohnya seperti digunakan oleh ojek online atau driver logistik.

5. Kamera Utama 50 MP

Setidaknya ada 2 (dua) kamera belakang dari OPPO A96. Dimana, kamera tersebut meliputi kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan diafragma f/1.8 dan kamera depth dengan resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Kamera yang dihadirkan oleh smartphone ini juga memiliki fitur menarik seperti Bokeh Flare Portrait, AI Natural Retouching dan lain sebagainya.

Kamera utama dari OPPO A96 mampu memotret gambar dengan hasil yang sangat bagus. Akan tetapi, dalam mode standar kamera ini akan terlihat biasa saja. Oleh sebab itu, pengguna diharuskan mengalihkannya atau memilih mode 50 MP di aplikasi Kamera bawaan.

Sementara itu, pada bagian depan. OPPO A96 memiliki kamera selfie 16 MP yang bisa dikatakan cukup bisa diandalkan serta juga memiliki fitur tambahan seperti 360 derajat Fill Light, hal tersebut biasanya digunakan untuk menangkap hasil foto selfie tetap cerah meskipun sedang berada di cahaya minim.

6. Memori Sangat Lega

Dengan harga Rp4 jutaan memang sudah seharusnya OPPO A96 dibekali dengan memori yang sangat lega. Dimana, untuk OPPO A96 membekali perangkat ini dengan RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Meskipun sudah terbilang besar, OPPO A96 juga menyediakan slot microSD untuk menambahkan penyimpanan jika sewaktu-waktu memori internal kepenuhan. Bahkan, Anda masih bisa menggunakan microSD sampai dengan 1 TB.

7. Hadir dengan Fitur NFC

Selain memberikan memori yang sangat lega, OPPO A96 juga dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communications) yang memang sangat diwajibkan di era saat ini. Mengingat, fitur NFC memiliki beragam fitur seperti memudahkan pengguna dalam mengecek saldo di eMoney, melakukan transaksi, melakukan transfer data dengan cepat dan lain sebagainya.

8. Sudah Tersedia Dual Speaker

Kelebihan OPPO A96 yang terakhir adalah sudah tersedia dual speaker, yakni Stereo dan Mono. Dengan demikian, OPPO A96 mampu memberikan pengalaman audio yang imersif. Sehingga, pengguna akan merasa sangat nyaman ketika mendengarkan musik, menonton streaming, bermain game dan lain sebagainya menggunakan OPPO A96.

Kekurangan OPPO A96

Kekurangan OPPO A96
Kekurangan OPPO A96

Dengan harganya yang Rp4 jutaan tentunya banyak pengguna yang berharap lebih kepada OPPO A96. Namun, tidak dengan smartphone OPPO A96 yang satu ini. Berikut adalah beberapa kekurangan OPPO A96 yang wajib dipertimbangkan.

1. Dibekali SoC Snapdragon 680 4G

OPPO A96 sendiri dibekali dengan dapur pacu atau SoC Qualcom Snapdragon 680 4G, memang benar SoC ini cukup bagus serta irit daya. Akan tetapi, SoC Snapdragon 680 kurang tepat jika dipasangkan pada smartphone OPPO A96. Pasalnya, SoC ini tidak mendukung konektivitas 5G. Dimana, beberapa vendor sudah menghadirkan SoC mumpuni dengan konektivitas 5G.

Jika Anda tidak mempermasalahkan hal tersebut, mungkin OPPO A96 sangat layak untuk dijadikan pilihan. Apabila digunakan untuk bermain game PUBG Mobile, COD Mobile, Free Fire, Mobile Legends dan sejenisnya memang masih bisa diandalkan namun dengan grafis yang menyesuaikan.

2. Tidak Ada Kamera Ultra-wide

Sangat disayangkan OPPO A96 tidak dibekali kamera ultra-wide yang mampu menangkan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Akan lebih baik, OPPO A96 yang menawarkan harga Rp4 jutaan wajib untuk menyediakan kamera ultra-wide. Dengan memilih smartphone ini, pengguna harus puas dengan kamera utama berkemampuan 50 MP dengan kamera depth dengan resolusi 2 MP.

Spesifikasi OPPO A96

Spesifikasi OPPO A96
Spesifikasi OPPO A96

  • Warna : Sunset Blue, Starry Black.
  • Dimensi : 164.4 x 75.7 x 8.4 mm.
  • Berat : 191 gram
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.69 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 11.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SUPERVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga OPPO A96

Harga OPPO A96
Harga OPPO A96

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya bahwasannya OPPO A96 hadir dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB saja di Indonesia. Adapun dua varian warna yang dapat dipilih, yakni Sunset Blue dan juga Starry Black. Dilansir dari laman resmi OPPO Indonesia, OPPO A96 dibanderol dengan harga Rp4.299.000 rupiah. Jika tertarik untuk membelinya, klik tombol di bawah ini.