0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A76 - Spesifikasi & Harga

Sebagian besar pengguna mungkin sudah mengetahui bahwa OPPO A series adalah salah satu seri OPPO yang paling populer dan diminati oleh penggemarnya. Hal tersebut lantaran harga yang terbilang ekonomis dan desain yang unik dan milenials, salah satunya seperti smartphone OPPO A76 yang dirilis pada 17 Februari 2022.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno A76
Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno A76

OPPO Indonesia sendiri merilis smartphone terbaru ini dengan harga 3 jutaan saja. Dengan harga tersebut, tentunya pengguna sudah akan mendapatkan berbagai keunggulan dari OPPO A76 seperti baterai besar, SoC yang powerful dan lain sebagainya. Agar mengetahui informasinya lebih lanjut, berikut ini penulis akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A76.

Kelebihan OPPO A76

Kelebihan OPPO A76
Kelebihan OPPO A76

Sudah penasaran dengan apa saja kelebihan dari smartphone OPPO A76 ini? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini agar bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli OPPO A76.

1. Desain Elegan dan Glossy

OPPO A76 mengusung desain OPPO Glow dengan memberikan efek glossy pada bagian bodi belakangnya. Sejak rilis, OPPO A76 menawarkan 2 (dua) varian warna yang dapat disesuaikan oleh pengguna seperti Glowing Blue dan juga Glowing Black.

Menariknya lagi adalah desainnya terbilang cukup tipis serta halus sehingga noda bekas debu dan bekas jari tidak mudah menempel di bagian belakang bodi. Dengan demikian, desain tersebut akan terus bersih tanpa adanya bekas apapun. 

Selain bersih dan menampilkan desain elegan dan glossy. OPPO A76 juga dirancang agar tahan terhadap cipratan air ataupun gorean yang tidak disengaja, sehingga sangat cocok bagi mereka yang jarang menggunakan case.

2. Dapur Pacu Powerful

OPPO A76 hadir dengan dapur pacu powerful yang ditenagai oleh Snapdragon 680 4 G dari Qualcom. Dimana ia hadir dengan konfigurasi octa core yang mencakup empat unit Kryo 265 Gold berbasis Cortex A73 (2.4 GHz) hingga empat inti hemat daya Kryo 265 Silver berbasis Cortex A53 (1.8 GHz).

Terlebih dapur pacu atau SoC (System on Chip) yang ditanamkan pada OPPO A76 menghadirkan proses fabrikasi 6 nm yang membuatnya tidak mudah panas dan hemat daya baterai. SoC tersebut juga dibesut dengan dukungan GPU berupa Adreno 610.

3. Baterai Besar 5000 mAh

Berbicara mengenai baterai, OPPO A76 sangat ingin memanjakan penggunanya dengan menghadirkan baterai berkapasitas 5000 mAh. Bahkan, ia juga telah dibekali dengan fitur Fast Charging SuperVOOC 33W. OPPO sendiri juga mengklaim bahwasannya proses pengisian daya hingga penuh hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 (satu) jam saja.

Baterai berkapasitas besar dari OPPO A76 juga masih sangat mampu bertahan seharian dalam penggunaan kondisi normal. Jika digunakan untuk bermain game, baterainya hanya berkurang sedikit saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut kehabisan baterai pada saat sedang diluar rumah dan lupa membawa charger.

4. Memori yang Sangat Lega

Jika Anda memiliki banyak file dan ingin mengunduh banyak aplikasi sekaligus, OPPO A76 memang menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sebab, OPPO A76 memberikan RAM 6 GB berjenis LPDDR4x dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Tak sampai disitu saja, fitur Expansion RAM juga dihadirkan pada perangkat ini.

Sehingga OPPO A76 mampu memperbesar kapasitas RAM sebanyak 5 GB. Jika ditotalkan, maka RAM yang akan Anda dapatkan nantinya adalah 11 GB (6 GB RAM + 5 GB Virtual Memory). Menariknya lagi adalah fitur tersebut juga akan mampu meningkatkan perfoma pada saat Anda bermain game yang membutuhkan banyak RAM.

5. Refresh Rate 90 Hz

Kelebihan OPPO A76 selanjutnya adalah memberikan refresh rate 90 Hz yang akan membuat tampilan 50% lebih mulus. Oleh karena itu, refresh rate 90 Hz ini sangat cocok bagi Anda yang sering bermain game atau berselancar di media sosial agar memberikan pengalaman terbaik dibandingkan menggunakan refresh rate 60 Hz.

Percepatan penyegaran ini juga telah disertai dengan touch sampling rate 180 Hz dengan mengemas layar yang berjalan pada gamut warna 96% NTSC atau 100% DCI-P3. Kerapatan layar dari OPPO A76 ini adalah 269 piksel dengan kedalaman warna 8-bit yang sanggup menghadirkan 16,7 juta warna.

Layar dari OPPO A76 juga mempunyai tingkat kecerahan 480 nit dan maksimal 600 nit di bawah matahari. Kendati demikian, samrtphone ini masih sanggup jika digunakan pada luar ruangan tanpa harus menutupnya dengan benda atau telapak tangan.

Kekurangan OPPO A76

Kekurangan OPPO A76
Kekurangan OPPO A76

Selain Anda mengetahui kelebihannya, Anda juga sangat diwajibkan untuk mempertimbangkan kekurangan OPPO A76 di bawah ini.

1. Kamera Ultrawide Absen

Dikatakan sebagai smartphone yang sangat baik digunakan untuk berfoto. Namun, OPPO A76 tidak memiliki kamera ultra-wide yang dapat mengambil gambar dengan jarak yang sangat dekat. Hal tersebut tentunya sangat disayangkan dengan rentang harga 3 jutaan. OPPO A76 sendiri hanya menyediakan 2 (dua) kamera saja pada bodi bagian belakang, kamera utama berkemampuan 13 MP dan kamera lainnya beresolusi 2 MP.

2. Tidak Adanya Fitur NFC

Konektivitas dari OPPO A76 sendiri sebenarnya sudah terbilang cukup lengkap seperti WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth 5.0 dan antarmuka A2DP, LE, dan aptX HD sampai dengan pengisian daya menggunakan USB Type-C 2.0 yang lebih baik dibandingkan Micro USB.

Namun sayang, OPPO A76 tidak menyuguhkan fitur NFC (Near Field Communications) yang digunakan untuk cek saldo eMoney, transfer data dengan lebih cepat dan mudah, dan lain sebagainya.

3. Layar Masih HD+

Pesaing dari OPPO sendiri rata-rata sudah menghadirkan resolusi layar Full HD+ 1080p dengan rentang harga 3 jutaan. Tetapi OPPO A76 masih menggunakan layar HD+ 720p, dengan layar tersebut tentu ketika Anda memperbesar sebuah gambar akan menampilkan piksel atau kotak-kotak yang berada di ujung gambar. Namun, Anda masih bisa kok menonton film dengan kualitas yang baik.

4. Tidak Support 5G

Belakangan ini memang sudah banyak smartphone mid-range bahkan entry-level menghadirkan perangkat yang sudah support dengan konektivitas 5G. Namun, OPPO A76 masih berjalan dengan konektivitas 4G di rentang harga 3 jutaan. Apabila Anda tidak mempermasalahkan hal ini, mungkin OPPO A76 masih dapat dipilih.

5. Masih Menggunakan Speaker Mono

Tak hanya menghadirkan kamera lensa ultra-wide dan tidak menghadirkan konekivitas 5G, OPPO A76 juga masih menggunakan 1 (satu) speaker alias Mono yang berada di bagian bawah bodi. Sehingga, untuk mendengarkan musik, menonton streaming dan bermain game terasa lebih kurang optimal.

Kendati demikian, OPPO A76 masih menghadirkan lubang port 3.5mm jack audio port agar pengguna dapat menikmati musik atau bermain game dengan suara yang lebih jernih dibandingkan menggunakan spekaer Mono.

Spesifikasi OPPO A76

Spesifikasi OPPO A76
Spesifikasi OPPO A76

  • Warna : Glowing Blue, Glowing Black.
  • Dimensi : 164.4 x 75.7 x 8.4 mm.
  • Berat : 189 gram
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.56 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 6 GB + Expansion RAM 5 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 11.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W Super VOOC.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga OPPO A76

Harga OPPO A76
Harga OPPO A76

OPPO A76 dibanderol dengan harga Rp3.399.000 yang penulis dapatkan dari laman resminya. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan RAM 6 GB + Expansion RAM 5 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Terdapat 2 (dua) varian warna yang bisa dibawa pulang, yakni Glowing Black dan juga Glowing Blue, jiak Anda berminat untuk membelinya, langsung saja klik tombol di bawah ini.