0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 - Spesifikasi & Harga

Realme 9 ini dirilis pada April 2022 lalu dengan harga 3 jutaan serta menawarkan segala kelebihan yang cukup jarang dijumpai pada rival sekelasnya. Beberapa diantaranya seperti menawarkan kamera berkemampuan tinggi, desain yang khas Realme, layar yang memukau dan masih banyak lagi. Namun sayang, Realme 9 masih berlum support dengan konektivitas 5G.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9
Kelebihan dan Kekurangan Realme 9

Berbicara mengenai warna yang diberikan, pihak perusahaan juga selalu menawarkan warna yang memang disukai oleh banyak kalangan seperti Meteor Black, Stargaze White dan juga Sunburst Gold. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, pasti saja smartphone dari Realme 9 ini memiliki kelebihan dan juga kekuranganya.

Kelebihan Realme 9

Kelebihan Realme 9
Kelebihan Realme 9

Hadir dengan rentang harga Rp3 jutaan, lantas apa sih kelebihan dari Realme 9 ini? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan di bawah ini sampai habis agar Anda dapat mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum membeli.

1. Desain Unik dan Menarik Perhatian

Realme 9 menyuguhkan efek visual Ripple yang membuatnya tampak seperti air laut yang bergerak. Bahkan, desain tersebut hanya baru digunakan oleh Realme 9 dan yang pertama di dunia. Hal ini disebabkan, keputusan Realme dalam menghadirkan desain Ripple Holographic Design yang berhasil dicapai berkat pelapisan atom plasma serta proses pencetakkan UV Nano, sehingga menghasilkan bodi yang tidak hanya eye-catching namun juga sangat unik dan menarik perhatian banyak orang.

Perangkat yang satu ini juga hanya memiliki bobot 178 gram dengan ketebalan 7,99 mm yang dapat dikatakan sangat nyaman pada saat digenggam, khususnya bagi mereka yang sering berada diluar rumah ketika menggunakan Realme 9 mungkin akan lebih nyaman.

2. Menggunakan Layar AMOLED

Kelebihan dari Realme 9 ini sudah menggunakan layar AMOLED dengan bentang 6,4 inci beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan aspek rasio 20:9. Pihak perusahaan juga mengklaim bahwa Realme 9 memiliki tingkat kecerahan yang terbilang cukup tinggi yaitu 430 (tipikal) nit dan 100 nit (puncak). Selain itu saja, layar dari smartphone ini memiliki refresh rate yang tinggi di angka 90 Hz yang menyajikan tampilan animasi yang lebih mulus.

Realme juga telah mempertimbangkan ketahanan layarnya, maka dari itu mereka memasangkan pelindung layar pada Realme 9 dengan Corning Gorilla Glass 5. Dengan demikian, layar akan memiliki ketahanan apabila nantinya smartphone ini jatuh tanpa disengaja atau dari ketinggian 1 meter.

3. Perfoma yang Sangat Kuat

Realme 9 hadir dengan SoC dari Qualcom Snapdragon 680 yang memiliki clock speed sampai dengan 2,4 GHz. Dimana, SoC ini dibuat dengan proses fabrikasi 6 nm yang akan membuat perangkat ini tidak mudah panas ketika digunakan untuk bermain game dan multitasking dalam jangka waktu yang lama. Pihak perusahaan juga mengklaim bahwa fabrikasi 6 nm akan lebih irit daya serta perfoma meningkat, hal ini telah dibuktikan lantaran Realme 9 mendapatkan skor AnTuTu lebih dari 280 ribuan.

Selain itu saja, SoC Snapdragon 680 masih mengandalkan CPU Kyro 265 dengan clock speed 2,4 GHz serta GPU Adreno 610. Keistimewaan dari SoC Snapdragon 680 ini adalah menempatkan Image Signal Processor (ISP) spectra 346 yang akan mampu meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar.

4. Memori Lega

Perangkat ini juga sudah dibekali dengan dua varian yang dapat disesuaikan oleh pengguna, yang pertama adalah varian RAM 6 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB. Selanjutnya ada RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Disamping itu, pengguna masih bisa memperluas kapasitas RAM dengan fitur yang disediakan seperti Dynamic RAM Exspansion (DRE) sampai 5 GB yang diambil dari penyimpanan internal.

Penyimpanan internal yang diberikan masih terasa kurang? Tenang, Anda masih bisa menambahkan microSD sampai dengan 256 GB. Dengan begitu, Anda masih bisa menyimpan file dalam jumlah banyak serta aplikasi yang masih bisa di-install.

5. Kamera Utama 108 MP

Realme 9 juga hadir dengan kamera utama berkemampuan tinggi , dimana kameranya terdiri dari kamera utama berkemampuan 108 MP dengan sensor baru dari Samsung ISOCELL HM6. Dengan hadirnya sensor tersebut, ini akan mampu menghasilkan gambar yang baik, detail serta minim nois.

Tak sampai disitu saja, kamera dari Realme 9 juga sudah dilengkapi dengan zoom optik 3x, sehingga dapat menangkap objek yang diperbesar dengan menampilkan gambar yang tajam. Walaupun sedang berada di ruangan yang minim cahaya atau kondisi yang gelap, smartphone ini masih mampu menangkap gambar dengan hasil yang menakjubkan lantaran tersedia fitur canggih dengan nama NonaPixel yang akan memberikan asupan cahaya sebesar 123%.

Selanjutnya adalah kamera kedua yakni ultra-wide dengan berkemampuan 8 MP yang memungkinkan pengguna dalam mengambil gambar dengan jarak yang sangat dekat atau besar dengan sudut pandang 120 derajat. Sementara itu, ada kamera Makro dengan resolusi 2 MP untuk menangkap gambar dengan objek kecil berjarak 4 cm.

Berbicara mengenai fitur fotografinya, bisa dikatakan Realme 9 hadir dengan fitur yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti 108 MP Mode, Portrait Mode, Night Mode, Panoramic View, HDR, Ultra Macro, Ultra Wide, Filter, Bokeh Effect Control, AI Scene Recognition, AI Beauty, Street Mode, Text Scanner, Photo Mode hingga Tilt-Shift.

Untuk perekam video, kamera selfie dan kamera belakang sama-sama dapat merekam video sampai resolusi maksimum yakni 1080p saja. Menariknya lagi adalah, smartphone ini sudah didukung oleh Electronic Image Stabilization sehingga meminimalisir terjadinya guncangan pada saat sedang merekam video dan sejenisnya.

6. Baterai Berkapasitas Besar 5000 mAh

Kapasitas baterai dari Realme 9 adalah 5000 mAh yang juga dibekali dengan fitur fast charging SuperDART Charge 33W. Dengan teknologi tersebut, smartphone ini mampu mengisi daya baterai dari 0% sampai 100% dalam kurun waktu 75 menit saja. Bahkan, dilansir dari berbagai sumber bahwasannya baterai dari Realme 9 ini sangat solid sehingga akan sulit dalam menghabiskan baterainya sampai 20% atau bahkan 0% jika digunakan seharian penuh.

7. Fingerprint Pada Layar

Hadir dengan harga 3 jutaan atau bisa dikatakan cukup ekonomis lantaran fitur dan spesifikasi yang diberikan oleh perangkat ini sangat baik. Realme 9 juga mengusung fitur Heart Rate Monitor atau sebuah alat untuk mengukur detak jantung, dimana di dalam layar dari smartphone ini sudah disematkan fitur fingerprint atau sensor sidik jari. Akan tetapi, fitur tersebut tidak berjalan begitu baik, hal ini memang harus ditoleransikan oleh pengguna.

8. Kualitas Perangkat Cukup Terjamin

Tak hanya sekedar menawarkan desain dan spesifikasi mumpuni, Realme juga telah menjamin kualitas dari smartphone Realme 9 yang dihadirkan. Setidaknya perangkat ini sudah melewati lebih dari 320 tes, dengan demikian smartphone ini pasti akan bertahan lebih lama.

Tes yang diuji tersebut meliputi 300.000x pengujian tombol daya, 4.000x pengujian tombol power, 150.000x pengujian tombol volume UP dan Down, pengisian port Plug In atau Out, 300 jam pengujian suhu pada -40 derajat celcius hingga 75 derajat celcius, 14 hari pengujian di suhu tinggi atau kelembapan tinggi pada 65 derajat celcius / RH95%.

Kekurangan Realme 9

Kekurangan Realme 9
Kekurangan Realme 9

Meski hadir dengan segudang kelebihan, smartphone ini juga tetap tidak luput dari beberapa kekurangan. Setidaknya inilah beberapa kelebihan Realme 9 yang akan penulis bagikan untuk Anda.

1. Tidak Ada Speaker Stereo

Mengingat harganya Rp3 juataan, sangat disayangkan jika Realme 9 tidak menggunakan speaker Stereo. Pasalnya, speaker Stereo mampu menghasilkan suara yang lebih baik dibandingkan speaker Mono yang saat ini disematkan pada Realme 9. Namun, Anda masih tetap bisa mendengarkan suara berkualitas ketika menonton streaming, mendengarkan musik atau bahkan bermain game meskipun tidak sebaik Stereo.

2. Fitur NFC Absen

Fitur NFC (Near Field Communication) adalah salah satu sarana komunikasi medan dekat yang memberikan beragam manfaat untuk mengecek saldo eMoney, bertukar data perangkat dan masih banyak lagi. Namun sayang, Realme 9 tidak menghadirkan fitur ini di harga 3 jutaan. Hal ini sangat disayangkan lantaran banyak smartphone murah di 1 jutaan atau 2 jutaan yang menghadirkan fitur NFC.

Spesifikasi Realme 9

Spesifikasi Realme 9
Spesifikasi Realme 9

  • Warna : Stargaze White, Meteor Black, Sunburst Gold.
  • Dimensi : 160.2 x 73.3 x 8 mm.
  • Berat : 178 gram
  • Layar : Super AMOLED, Full HD+, 6.4 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 6/8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme 9

Harga Realme 9
Harga Realme 9

Dilansir dari laman resmi Indonesia bahwasannya smartphone Realme 9 dibanderol dengan harga Rp3.399.000 dengan varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Kemudian ada RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB yang dibanderol dengan harga Rp3.599.000 rupiah. Tertarik untuk membelinya? Jika iya gunakan tombol pembelian yang sudah penulis berikan di bawah ini.