0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9i - Spesifikasi & Harga

Realme 9i resmi dirilis di Indonesia pada Mei 2022 lalu sebagai smartphone kelas menengah, dimana perangkat dari Realme 9i menawarkan spesifikasi yang terbilang cukup tinggi serta beberapa fitur lainnya untuk memanjakan para penggunanya. Realme 9i ini juga sebenarnya “anak bungsu” dari keluarganya lantaran dibanderol dengan harga murah dengan beberapa pemangkasan fitur dibandingkan Realme 9 Pro+, Realme 9 Pro sampai dengan Realme 9 reguler.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 9i

Ada beberapa keunggulan yang nantinya akan Anda rasakan ketika membeli smartphone ini, diantaranya adalah SoC tangguh dengan fabrikasi 6 nm yang bisa dikatakan cukup dingin dan tidak mudah panas, baterai besar, tersedia fitur RAM Exspansion, kamera utama berkemampuan 50 MP dan masih banyak lagi.

Kelebihan Realme 9i

Kelebihan Realme 9i
Kelebihan Realme 9i

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwa Realme 9i menawarkan berbagai macam fitur serta spesifikasi yang dapat diandalkan. Lantas, apa saja kelebihan Realme 9i? Simak ulasan di bawah ini.

1. Desain Primsa Stereo

Bodi pada bagian belakang dari perangkat ini memang terlihat biasa-biasa dan tidak ada yang begitu menonjol. Justru hal tersebut yang membuat Realme 9i terlihat simpel dan juga elegan. Bagian bodi belakang hadir dengan pola garis vertikal memanjang ke bawah yang disebut sebagai Desain Primsa Stereo sebanyak 3000 garis yang dibangun agar menyerupai bentuk prisma dengan tekstur 3 (tiga) dimensi.

Ukuran dari smartphone Realme 9i juga nampak besar yang memiliki dimensi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm dengan berat 190 gram. Selain itu, pihak perusahaan juga telah membekali smartphone ini dengan lapisan kaca Dragontrail Pro Glass sehingga layar tidak mudah baret.

2. Layar Full HD+ dengan Refresh Rate 90Hz

Realme 9i hadir dengan layar 6,6 inci di resolusi 1080p yang terbilang sangat besar. Tak hanya itu saja, layar tersebut juga didukung dengan tingkat kecerahan tipikal hingga 480 nit serta hadir dengan refresh rate 90Hz. Untuk tingkat kerapatan layar dari perangkat ini bisa mencapai 400 ppi dengan aspek rasio 20:9.

Mengingat tingkat kecerahan dari perangkat ini 480 nits, tentu Realme 9i masih sanggup ketika digunakan pada luar ruangan atau di bawah terik matahari.

3. Baterai 5000 mAh dengan Fast Charging 33W

Smartphone yang satu ini dikemas dengan baterai besar berkapasitas besar yaitu 5000 mAh pada tipe port pengisian USB Type-C. Selain itu saja, baterai dari Realme 9i juga ditemani oleh fitur fast charging 33W yang dapat mengisi daya baterai dari 0% sampai 100% dalam kurun waktu kurang dari 1 (satu) jam saja.

Dilansir dari berbagai sumber, ketahanan baterai dari perangkat Realme 9i terbilang sangat awet, bahkan bisa bertahan sampai 12 jam pemakaian pada pengujian benchmark saat mode 90 Hz diaktifkan. Kemudian, untuk menonton streaming dan browsing smartphone ini mampu bertahan sampai 16 jam 49 menit.

4. SoC Sangat Tangguh

Realme 9i mengusung SoC Snapdragon 680 4G yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm yang sangat dingin dan tidak mudah panas. Dengan demikian, perangkat ini memiliki kemampuan processing yang tinggi namun irit daya. Hal tersebut diarsitekturi dengan Kyro™ 265 CPU sampai dengan frekuensi 2,4 GHz.

Menariknya dari SoC yang digunakan pada perangkat ini adalah menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Dimana SoC Snapdragon 680 4G mampu meningkatkan kinerja CPU sampai dengan 20% dan kinerja GPU sampai dengan 17% dan peningkatan kinerja AI sampai 10%.

Pada bagian GPU dari Snapdragon 680 4G ini dibekali dengan Adreno 610 dengan frekuensi 1100 MHz. Bahkan, Realme 9i masih sanggup memainkan game PUBG Mobile dengan frame rate stabil di 20 sampai dengan 25 FPS.

5. Memori yang Cukup Lega

Berbicara mengenai RAM maka pengguna akan menemukan RAM dengan varian 4 GB dan juga RAM 6 GB pada Realme 9i. Sementara itu, untuk penyimpanan internal yang diberikan oleh Realme 9i juga terdapat 2 (dua) varian berbeda yakni penyimpanan internal berkapasitas 64 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB.

Jika nantinya penyimpanan internal tersebut dirasa penuh, maka pengguna tidak perlu khawatir. Sebab, Realme tidak pelit dengan menyediakan slot microSD.

6. Dynamic RAM Exspansion

Untuk menunjang kelancaran dalam menjalankan berbagai atau banyak aplikasi serta game berat, menariknya lagi adalah pihak Realme memberikan fitur Dynamic RAM Exspansion kepada penggunanya. Dengan demikian, pengguna dapat memperluas RAM sebesar 5 GB yang nantinya akan diambil dari penyimpanan internal.

Jika ditotalkan maka RAM yang akan di perluas menjadi 11 GB, akan tetapi fitur ini hanya tersedia untuk varian Realme 9i RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

7. Kamera Utama Berkemampuan 50 MP

Jika Anda ingin menggunakan smartphone Realme 9i untuk fotografi mungkin masih cukup diandalkan lantaran kamera utama dari perangkat ini berkemampuan 50 MP dengan bukaan diafragma f/1.8. Selain itu, ada lensa Macro dengan resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 dan kamera kedalaman berkemampuan 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Tak sampai disitu saja, Anda juga akan menemukan beberapa fitur yang ada di kamera belakang seperti LED Flash, HDR dan juga panorama. Sementara itu, kamera utama dari Realme 9i juga masih mampu merekam video sampai resolusi maksimum yakni 4K.

8. Kamera Selfie Berkemampuan 16 MP

Pada bagian depan, Realme 9i hadir dengan kamera selfie berkemampuan 16 MP dengan bukaan diafragma f/2.1. Dimana untuk merekam video, kamera selfie dari smartphone Realme 9i masih bisa merekam video sampai resolusi maksimal yaitu Full HD.

9. Menggunakan Speaker Stereo

Sebagaimana yangs udah diketahui bersama bahwa smartphone dengan menggunakan speaker Stereo mampu menghasilkan suara yang berkualitas baik dibandingkan speaker Mono. Dengan demikian, untuk menonton streaming, mendengarkan musik sampai dengan bermain game. Speaker Stereo dari Realme 9i masih sangat bisa diandalkan oleh pengguna.

Kekurangan Realme 9i

Kekurangan Realme 9i
Kekurangan Realme 9i

Setelah mengetahui 9 (sembilan) kelebihan dari Realme 9i, maka Anda juga sangat wajib untuk mengetahui kekurangan Realme 9i yang akan penulis bagikan di bawah ini.

1. Tidak Adanya Kamera Ultra-wide

Lagi dan lagi smartphone Realme 9i kalah dari pesaingnya, dimana vendor lain sudah menghadirkan kamera ultra-wide. Akan tetapi, Realme 9i masih tetap tidak menghadirkan kamera ultra-wide. Sehingga, pengguna akan sulit untuk memotret gambar dari jarak yang sangat dekat. Dimana Realme 9i sendiri masih mengandalkan kamera utamanya saja, yakni kamera utama berkemampuan 50 MP.

2. Tidak Ada Fitur NFC

Kekurangan Realme 9i selanjutnya adalah tidak adanya fitur NFC (Near Field Communication), dimana seperti yang diketahui bersama bahwa fitur NFC memberikan beragam manfaat seperti mengecek saldo eMoney, menyalin data kartu akses pintu kantor atau apartemen, melakukan transfer data dengan cepat dan mudah, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Realme 9i

Spesifikasi Realme 9i
Spesifikasi Realme 9i

  • Warna : Prism Black, Prism Blue.
  • Dimensi : 164.4 x 75.7 x 8.4 mm.
  • Berat : 190 gram
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.6 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 4/6 GB.
  • ROM : 64/128 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI 2.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme 9i

Harga Realme 9i
Harga Realme 9i

Dilansir dari laman resmi dari Realme bahwasannya smartphone Realme 9i dengan varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp2.699.000 rupiah. Sedangkan, untuk varian RAM 6 GB dengan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000 rupiah. Jika tertarik untuk membelinya, silahkan gunakan tombol di bawah ini.