Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16k - Spesifikasi & Harga

Dibanderol dengan harga Rp2,1 jutaan namun tidak direkomendasikan, benarkah? Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan OPPO A16k yang wajib diketahui!

OPPO A16k dirilis pada Mei 2022 yang merupakan salah satu smartphone entry-level yang paling banyak dicari saat ini. Bagaimana tidak, dibanderol dengan harga Rp2 jutaan saja OPPO A16k menghadirkan banyak fitur kepada konsumen untuk kebutuhan multitasking yang lebih baik, bahkan ponsel ini juga tahan terhadap percikan air ketika terkena gerimis dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16k

Lantas apakah smartphone OPPO A16k mampu bersaing di segmen entry-level? Untuk itu, simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A16k beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk diketahui sebelum meminangnya.

Kelebihan OPPO A16k

Kelebihan OPPO A16k

Meminang OPPO A16k memang tidak membutuhkan anggaran yang sangat besar, yang dimana smartphone terbaru dari OPPO ini hanya dibanderol dengan harga Rp2 jutaan sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya. Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan? Ini dia ulasannya!

1. Desain

OPPO A16k memiliki desain yang sangat simpel namun terlihat elegan, material dari desain tersebut dibuat dari polikarbonat. Adapun 2 (dua) opsi warna yang dapat dipilih oleh pengguna seperti warna Hitam dan juga Putih, dimensi dari OPPO A16k berukuran 164 x 75.4 x 7.9 mm dengan berat 175 gram yang cukup entang ketika dipegang. Oleh karena itu, OPPO A16k sangat nyaman digunakan untuk berpergian.

Berbicara mengenai ketahanan ponsel, OPPO A16k setidaknya sudah memiliki sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap cipratan air seperti gerimis hujan seperti yang sudah penulis singgung di atas. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah melewati berbagai uji ketahanan sebelum dipasarkan.

2. Layar

Selanjutnya layar yang digunakan oleh OPPO A16k adalah IPS LCD resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dengan bentang 6,52 inci yang cukup lebar. Ketika digunakan berada di luar ruangan maka OPPO A16k masih cukup enak dilihat dikarenakan tingkat kecerahan pada layar dari smartphone ini sudah mencapai 480 nits.

Adapun fitur menarik yang dihadirkan oleh OPPO A16k seperti mampu mengurangi emisi cahaya biru yang menyebabkan mata cepat lelah ketika melihat layar dalam jangka waktu lama. Layar dari ponsel yang digunakan OPPO A16k didukung dengan refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 60 Hz.

3. Memori Lega

Dengan harga Rp2 jutaan saja Anda sudah bisa mendapatkan memori yang cukup lega, yang dimana OPPO A16k menghadirkan satu varian saja yaitu RAM 4GB dan juga penyimpanan internal sebesar 64 GB. Hal tersebut sudah cukup lega mengingat harganya cukup ekonomis untuk dibeli, jika dirasa kurang maka pengguna masih bisa menambahkan microSD hingga 1 TB.

Namun, pengguna juga harus pintar dalam mengunduh aplikasi agar kapasitas 64 GB tersebut bisa menampung aplikasi yang di-instal. Sementara itu, untuk file-file seperti foto, video, audio dan sejenisnya pindahkan saja ke microSD agar memori internal bisa menampung banyak aplikasi.

4. Sensor

Hadir di segmen entry-level, tampaknya sensor dari OPPO A16k terbilang lengkap seperti akselerometer, proksimitas, cahaya dan juga kompas. Akan tetapi, sensor Giroskop masih belum hadir pada OPPO A16k. Dengan absen-nya fitur Giroskop, tentu akan berdampak pada permainan game PUBG Mobile yang dimana kebanyakan pengguna menggunakan fitur tersebut.

Dengan adanya sensor cahaya di OPPO A16k juga akan membantu Anda dalam menyesuaikan kecerahan layar HP ketika sedang berada di luar ruangan tanpa harus mengaturnya secara manual. Selanjutnya, ada juga sensor kompas untuk menunjuk arah mata angin.

Kekurangan OPPO A16k

Kekurangan OPPO A16k

Untuk aktivitas sehari-hari seperti scrolling media sosial, browsing dan kegiatan ringan lainnya mungkin ponsel ini masih bisa diandalkan. Akan tetapi, untuk kebutuhan berat lainnya memang masih belum memadai, ini dia kekurangan OPPO A16k yang wajib dipertimbangkan.

1. Dapur Pacu

Dapur pacu yang digunakan oleh OPPO A16k adalah MediaTek Helio G35 yang mengandung CPU berbasis Cortex A53. Akan tetapi, 8 (delapan) inti dari Cortex A53 yang ada pada dapur pacu ini disetel ada frekuensi 2,3 GHz. Tak hanya itu, chipset MediaTek Helio G35 juga memiliki GPU PowerVR GE8320.

Jika Anda ingin bermain game berat seperti Genshin Impact mungkin kurang direkomendasikan. Namun, pengguna masih bisa bermain game PUBG Mobile dengan grafis yang sangat rendah ataupun disesuaikan.

2. Baterai

Kekurangan dari OPPO A16k selanjutnya adalah baterai berkapasitas 4230 mAh saja, yang dimana sudah kebanyakan smartphone keluaran terbaru menggunakan baterai berkapasitas besar yaitu 5000 mAh. Dengan baterai 4230 mAh yang ditanamkan oleh OPPO A16k ini mungkin terbilang boros, sebab ia menggunakan panel IPS LCD resolusi HD+ dan MediaTek Helio G35 yang tergolong boros daya baterai.

Jika ponsel ini menggunakan panel layar AMOLED ataupun Super AMOLED mungkin baterai tersebut sangat irit. Namun hal tersebut mustahil mengingat harganya hanya Rp2 jutaan dan tidak mungkin menggunakan layar AMOLED.

3. Kamera

Pada sektor kamera, OPPO A16k memang masih kalah dari para pesaingnya. Dimana, OPPO A16k menggunakan kamera utama berkemampan 13 MP dan kamera selfie berkemampuan 5 MP saja. Ketika dibandingkan dengan pesaing dari OPPO A16k mungkin ponsel ini akan kalah, lantaran beberapa pesaingnya sudah menggunakan 18 MP kamera atau bahkan 48 MP seperti Infinix Note 7, Realme Narzo 20 dan lain sebagainya.

4. Fingerprint Absen

Terakhir adalah OPPO A16k terbilang cukup minim dari segi keamanan ponsel, dimana smartphone terbaru dari OPPO ini tidak menghadirkan fingerprint atau sidik jari yang berada di bagian belakang bodi atau di samping bodi. Dimana, OPPO A16k hanya menyediakan fitur Face Unlock untuk keamanannya.

Selaian Face Unlock, sebenarnya pengguna masih bisa menggunakan fitur keamanan bawaan dari Sistem Operasi seperti PIN, Pola, Kata Sandi dan sejenisnya. Tetapi, hal tersebut memang sudah sangat jadul alias ketinggalan jaman.

Spesifikasi OPPO A16k

Spesifikasi OPPO A16k

  • Warna : Black, White.
  • Dimensi : 164 x 75.7 x 7.9 mm.
  • Berat : 175 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 11.1.
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga OPPO A16k

Harga OPPO A16k

Dilansir dari laman resmi OPPO Indonesia, smartphone entry-level OPPO A16k ini dibanderol dengan harga Rp2.199.000 rupiah dengan konfigurasi RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Selain bisa mendapatkannya di OPPO Store, Anda juga masih bisa membelinya melalui marketplace di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain