0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 7 4G - Spesifikasi & Harga

OPPO Indonesia meluncurkan ponsel mereka pada Maret 2022 lalu yang bersaing di segmen mid-range, yakni OPPO Reno 7 4G. Dengan harga Rp5 jutaan saja, konsumen sudah bisa menikmati kamera yang cantik, tersedia fitur terbaru seperti Extended RAM, Air Gesture, resolusi kamera depan yang terbilang tinggi yaitu 32 MP dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 7 4G

Smartphone OPPO Reno 7 4G dikonfigurasi dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4x dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 2.2. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, ponsel ini memiliki fitur Extended RAM yang bisa memperluas RAM hingga 5 GB. Sehingga, total RAM yang akan dimiliki adalah sebesar 13 GB.

Kelebihan OPPO Reno 7 4G

Kelebihan OPPO Reno 7 4G

Perlu diketahui bahwasannya OPPO Reno Series memang cukup jarang mengecewakan konsumen. Untuk itu, Reno Series selalu menawarkan berbagai keunggulan di sektor kamera dan sejenisnya. Lantas, apa saja kelebihan OPPO Reno 7 4G yang satu ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Desain Premium

OPPO Reno 7 4G mengusung desain Fiberglass Leather pada opsi warna Sunset Orange serta diiringi dengan teknologi bernama OPPO Glow untuk opsi warna Cosmic Black. Dengan hadirnya desain tersebut, tentunya ponsel ini akan lebih terlihat cantik dan terkesan sangat premium. Suatu hal yang wajar, mengingat harganya sudah menyentuh Rp5 jutaan ke atas.

Selain premium, OPPO Reno 7 4G juga memiliki bobot yang sangat ringan ketika digenggam. Sebab, ponsel ini memiliki berat 175 gram dengan dimensi 159.9 x 73.2 x 7.5 mm. Bukan hanya itu saja, ia juga sudah mengantongi sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap percikan air dan gerimis serta sudah melewati berbagai macam uji ketahanan sebelum di-edarkan ke pasaran.

2. Kamera Selfie 32 MP

Smartphone OPPO terbaru ini memang berfokus pada bagian kamera depan. Untuk menunjang kebutuhan itu semua, OPPO Reno 7 4G juga dilengkapi sensor Sony IMX709 yang bisa menangkap cahaya yang lebih baik, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil selfie yang lebih cerah dan jernih bahkan pada saat berada di ruangan minim pencahayaan.

Bagaimana tidak, lensa selfie dari OPPO Reno 7 4G sendiri memiliki resolusi 32 MP yang juga dilengkapi dengan fitur RGBW. Adapun fitur kamera selfie yang dihadirkan seperti Selfie HDR, Portrait Retouching sampai dengan Bokeh Flare Portrait yang mampu menghasilkan foto bokeh dengan lampu cahaya di latar belakangnya.

3. Kamera Utama 64 MP

Pada bagian bodi belakang, OPPO Reno 7 4G sudah tersusun Triple Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 64 MP dengan bukaan f/1.7, kamera mikroskop 2 MP bukaan f/3.3, dan juga kamera monokrom 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Selain itu saja, kamera belakang tersebut juga menariknya sudah dilengkapi dengan fitur 108 MP Image. Dimana, dengan adanya fitur tersebut akan membantu pengguna dalam memotret hasil foto dengan kejernihan dan sangat detail.

4. Layar AMOLED

OPPO Reno 7 4G menghadirkan panel AMOLED yang sangat memukau, ukuran dari layar smartphone ini membentang 6,43 inci yang tidak terlalu besar namun tidak juga terlalu kecil. Tak hanya itu, resolusi dari layar yang digunakan oleh ponsel ini juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) serta tersedia juga refresh rate 90 Hz untuk meningkatkan pengalaman scrolling menjadi lebih halus dibandingkan 60 Hz.

Menariknya lagi adalah smartphone ini bisa menampilkan 16,7 juta warna yang juga memiliki 2 (dua) mode gamut warna berbeda yaitu Vivid yang menampilkan 97% NTSC/95% DCI-P3, dan juga Gentle yang ditampilkan sRGB.

Berbicara mengenai tingkat kecerahan, Anda tidak perlu khawtair. Pasalnya, OPPO sudah mengklaim bahwasannya OPPO Reno 7 4G bisa meraih angka 430 nits (tipikal) hingga 600 nits (tipikal). Dengan demikian, pengguna masih bisa menggunakan ponsel ini ketika sedang berada di luar ruangan atau di bawah terik matahari.

5. Tersedia Fitur NFC

Selanjutnya juga terdapat fitur NFC (Near Field Communications) yang dimana fitur ini akan memudahkan pengguna dalam cek saldo eMoney, mengisi saldo eToll hingga melakukan transfer data dengan lebih cepat dan mudah. Oh iya, selain pada smartphone 5 jutaa, saat ini fitur NFC memang sudah banyak ditemukan pada smartphone entry-level sekalipun.

6. Fitur Air Gesture

Terdapat juga fitur Air Gesture yang dimana sama halnya seperti smartphone OPPO Reno 8 5G yang baru saja dirilis di Indonesia. Menariknya lagi, fitur ini juga sudah bisa diakses melalui ponsel OPPO Reno 7 4G. Hadirnya fitur Air Gesture ini akan membantu pengguna dalam melakukan scrolling tanpa menekan layar, cukup hanya dengan menggerakkan tangan saja.

7. Baterai Awet

OPPO Reno 7 4G ditopang dengan kapasitas baterai Li-Polymer 4.500 mAh. Bahkan, banyak juga yang mengatakan bahwasannya smartphone ini bisa bertahan hingga 2 (dua) hari. Sebab, smartphone ini menggunakan chipset yang sangat ramah daya dikarenakan memiliki fabrikasi 6 nm saja. Untuk teknologi pengisian cepat, OPPO Reno 7 4G sudah ditemani fitur fast charging 33W.

8. Fitur RAM Expansion

Berbicara mengenai penyimpanan, OPPO Reno 7 4G dibekali dengan konfigurasi RAM 8 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 256 GB. Apabila pengguna masih merasa kurang dengan RAM bawaan, maka Anda bisa memperluas RAM hingga 5 GB. Sehingga, total RAM yang akan dimiliki sebesar 13 GB.

Kekurangan OPPO Reno 7 4G

Kekurangan OPPO Reno 7 4G

Hadir dengan segala keunggulan, OPPO Reno 7 4G juga tampaknya memiliki kekurangan yang mungkin wajib diketaui oleh pengguna sebelum membeli smartphone ini.

1. Dapur Pacu

OPPO Reno 7 4G masih menggunakan dapur pacu dari Qualcom yaitu Snapdragon 680 4G yang dirilis pada tahun 2021 yang ditujukan untuk kelas mid-range. Namun masih ada keunggulan dari dapur pacu Snapdragon 680 ini lantaran memiliki fabrikasi yang sangat kecil yaitu 6 nanometer, chipset ini masih mengandalkan CPU berupa 4 (empat) unit Kryo 265 Gold dengan basis Cortex A75 (2.4 GHz) serta 4 (empat) unit Kryo 265 Silver berbasis Cortex A35 (1.8 GHz).

Dengan harga Rp5 jutaan lebih sedikit, mungkin dapur pacu ini tidak seharusnya digunakan oleh OPPO Reno 7 4G. Bagaimana tidak, umumnya dapur pacu Snapdragon 680 4G ini digunakan oleh beberapa smartphone yang dibanderol dengan harga Rp2 juta sampai dengan Rp3 juta.

2. Menggunakan Speaker Mono

Meskipun hadir dengan layar AMOLED dengan kualitas yang sangat cerah dan tajam. Akan tetapi, ada kekurangan yang terdapat pada OPPO Reno 7 4G yaitu masih menggunakan speaker Mono di harga 5 jutaan. Lagi-lagi, smartphone dengan harga Rp2 jutaan saat ini memang sudah kebanyakan menawarkan speaker Stereo yang mampu menghasilkan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan speaker Mono.

3. Lensa Ultrawide Absen

Entah mengapa, OPPO Reno 7 4G malah menawarkan lensa Mikroskopik kepada pengguna dan bahkan mengorbankan lensa Ultrawide yang memudahkan pengguna dalam memotret objek pemandangan seperti pegunungan, pantai dan lain sebagainya. Sebagaimana yang diketahui bahwa, lensa Mikroskopik hanya berfungi untuk mengambil pola maupun texture permukaan benda yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Spesifikasi OPPO Reno 7 4G

Spesifikasi OPPO Reno 7 4G

  • Warna : Cosmic Black, Sunset Orange.
  • Dimensi : 159.6 x 73.2 x 7.5 mm.
  • Berat : 175 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.43 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, Colos OS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga OPPO Reno 7 4G

Harga OPPO Reno 7 4G

Sejak awal perilisan, OPPO Reno 7 4G dibanderol dengan harga Rp5.199.000 rupiah dengan varian RAM 8 GB dengan fitur RAM Expansion 5 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Tak hanya bisa dibeli melalui OPPO Store, Anda juga bisa kok membelinya di beberapa marketplace seperti di bawah ini.