0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 8 5G - Spesifikasi & Harga

OPPO Reno 8 5G adalah salah satu smartphone mid range yang dirilis di Indonesia pada 15 Agustus 2022 atau sejak artikel ini dipublikasikan. Ponsel ini juga hadir dengan daya tarik tersendiri seperti desain premium dan ringan, kamera yang sangat bisa diandalkan untuk fotography, baterai awet, dapur pacu MediaTek Dimensity 1300, penyimapanan terbilang besar dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno 8 5G

Smartphone terbaru dari OPPO ini juga membawakan 2 (dua) varian warna berbeda di pasar Indonesia seperti Shimmer Gold dan juga Shimmer Black. Dibanderol dengan harga Rp7 jutaan, apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO Reno 8 5G? Berikut ini penulis akan merangkum kelebihan dan kekurangan beserta spesifikasi dan harga dari ponsel ini.

Kelebihan OPPO Reno 8 5G

Kelebihan OPPO Reno 8 5G

Bersaing di segmen mid range, tentunya perusahaan membekali OPPO Reno 8 5G dengan komponen serta fitur unggulan untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia. Inilah kelebihan OPPO Reno 8 5G yang wajib diketahui.

1. Desain Premium

Saat ini OPPO Reno 8 5G hadir dengan desain premium yang lebih segar dan menawan. Dimana, ponsel ini mengusung desain streamlined agar memberikan kesan seamless pada bagian bodi, camera island, hingga frame. OPPO Reno 8 5G memiliki dimensi 160.6 x 73.4 x 7.7 mm dengan bobot 179 gram yang terbilang cukup ringan ketika digenggam.

Terdapat 2 (dua) opsi warna yang bisa disesuaikan oleh konsumen seperti Shimmer Gold, jenis warna keemasan yang mengkilau dan bisa berubah warna ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Apabila konsumen menginginkan warna yang simpel, maka Shimmed Black bisa menjadi pilihan yang tepat.

OPPO juga memperhatikan layarnya, dimana ponsel ini sudah dipasangkan Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya tahan dari goresan yang tidak disengaja dan sejenisnya. 

2. Layar AMOLED

Bagian tampilan dari OPPO Reno 8 5G mengusung panel AMOLED yang umumnya digunakan digunakan oleh series Reno lainnya. Layarnya sendiri berukuran 6,4 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), layar tersebut juga telah dilengkapi dengan refresh rate 90 Hz yang akan meningkatkan pengalaman scrolling serta bermain game. Sayangnya, refresh rate 90 Hz terbilang boros akan daya baterai.

Selain itu, OPPO Reno 8 5G juga mempunyai tingkat kecerahan sampai 800 nits, dengan kecerahan tersebut pengguna masih bisa menggunakan ponsel ini di luar rungan. Bahkan, saat berada dibawah terik matahari juga masih bisa diandalkan.

3. Dapur Pacu

Sejak awal kemunculannya, OPPO Reno 8 5G memang sangat mengunggulkan kamera dibandingkan yang lainnya. Akan tetapi, bukan berarti dapur pacu yang dihadirkan oleh OPPO Reno 8 5G ala kadarnya. Dimana, OPPO Reno 8 5G menggunakan SoC dari MediaTek yaitu Dimensity 1300 yang dibuat dengan proses fabrikasi 6 nm.

SoC MediaTek Dimensity 1300 menghadirkan konfigurasi 1 + 3 + 4. Klaster primanya mencakup 1 (satu) unit Cortex A78 (3 GHz), klaster high perfomance menggunakan 3 (tiga) inti Cortex A78 (2.6 GHz), dan juga klaster hemat daya mencakup 4 (empat) unit Cortex A55 dengan clock speed 2 GHz. Mengingat chipset ini cukup bisa diandalkan, tentunya ia juga menyertakan GPU Mali-G77 MC9.

Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan smartphone ini untuk rendering, editing, hingga gaming. Akan tetapi, SoC dari MediaTek Dimensity 1300 ini kurang cocok jika digunakan untuk bermain game Asphalt 9 lantaran seringkali terjadi glith. Namun, SoC Dimensity 1300 masih sangat bisa digunakan untuk bermain PUBG Mobile dan sejenisnya.

4. Baterai

OPPO Reno 8 5G mengemas baterai berkapasitas 4500 mAh yang terbilang cukup awet bahkan bisa bertahan hingga seharian penuh setelah 1 (satu) kali pengecasan. Selain itu saja, baterai tersebut juga menggunakan teknologi SuperVOOC fast charging 80W yang membutuhkan waktu 40 menit saja ketika mengisi daya baterai dari 0% hingga 100%.

Pengisian cepat tersebut juga terbilang sangat aman. Pasalnya, pihak perusahaan sudah menyiapkan perlindungan 5 lapisan yang mencakup seluruh siklus pengisian daya dari daptor ke kabel lalu ke baterai. 

5. Kamera

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwasannya ponsel ini sangat mengunggulkan kamera. Untuk itu, ia hadir dengan konfigurasi Triple Camera. Terdiri atas kamera utama Sony IMX766 berkemampuan 50 MP bukaan f/1.8, kamera ultrawide beresolusi 8 MP bukaan f/2.4, hingga kamera makro 2 MP bukaan f/2.4.

Untuk mendukung kebutuhan fotography agar lebih maksimal, OPPO Reno 8 5G sudah menyediakan fitur unggulan pada bagian kamera seperti Ultra Night Video, Ultra HDR Video, Night Portrait, AI Portrait Retouching, Portrait Mode, Hyperlapse, 960fps AI Slow Motion dan beberapa fitur lainnya.

Kamera belakang dari OPPO Reno 8 5G juga mampu merekam video sampai resolusi 4K di kecepatan 30 FPS. Terlebih lagi, ponsel ini memiliki fitur gyro-EIS yang membuat perekaman video apabila terjadinya guncangan akan lebih stabil.

Sementara itu, untuk kamera selfie dari OPPO Reno 8 5G membawakan sensor flagship Sony IMX709 dengan resolusi 32 MP bukaan f/2.4. 

6. Penyimpanan Lega

Untuk kebutuhan penyimpanan data seperti aplikasi, dokumen, musik, video dan sejenisnya. Oleh karena itu, OPPO Reno 8 5G menghadirkan kapasitas penyimpanan internal sebesar 256 GB dengan RAM 8 GB. Untuk itu, pengguna tidak perlu khawatir jika Anda memiliki banyak file yang berukuran besar.

7. Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communications) adalah salah satu fitur yang sangat penting pada smartphone masa kini lantaran memberikan kemudahan bagi pengguna. Contohnya saja seperti cek saldo elektronik, melakukan pengisian saldo kartu E-Toll maupun E-Money dan lain sebagainya.

8. Air Gesture

OPPO Reno 8 5G juga menghadirkan fitur yang sangat unik, yakni Air Gesture. Dimana, dengan adanya fitur yang satu ini. Pengguna bisa melakukan scrolling TikTok, Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya tanpa perlu menyentuh layar. Cukup hanya dengan melakukan gerakan ke atas, bawah, kanan dan kiri. Dengan begitu, fitur ini nantinya akan menyesuaikan pergerakan tangan.

Kekurangan OPPO Reno 8 5G

Kekurangan OPPO Reno 8 5G

Terlalu fokus pada bagian kamera dan menargetkan konsumen yang senang berfoto ria, tampaknya smartphone ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Oh iya, kekurangan ini juga bagi sebagian orang masih bisa dimaklumi, ada juga yang mungkin tidak bisa memaklumi. Berikut adalah ulasan mengenai kekurangan OPPO Reno 8 5G yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Tanpa Speaker Stereo

Salah satu hal yang sangat disayangkan dari ponsel OPPO Reno 8 5G ini adalah tanpa adanya speaker Stereo. Sebab, sudah kebanyakan HP murah lainnya sudah menghadirkan speaker Stereo untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan Mono speaker. 

Tak hanya itu saja, OPPO Reno 8 5G juga tidak menghadirkan 3.5mm jack audio port untuk mencolokkan headset untuk mendengarkan suara yang lebih jernih. Untuk itu, pengguna bisa memanfaatkan earphone TWS atau menggunakan headset dengan kabel USB Type-C.

2. Slot MicroSD Ditiadakan

Tidak jauh berbeda dengan beberapa smartphone mid range hingga flagship lainnya keluaran tahun 2022 ini. Kebanyakan vendor sudah mentiadakan slot microSD untuk menambah kapasitas memori hingga 1 TB, begitu juga dengan OPPO Reno 8 5G. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah besar lantaran OPPO Reno 8 5G memiliki penyimpanan internal berkapasitas 256 GB.

Spesifikasi OPPO Reno 8 5G

Spesifikasi OPPO Reno 8 5G

  • Warna : Shimmer Gold, Shimmer Black.
  • Dimensi : 160.6 x 73.4 x 7.7 mm.
  • Berat : 179 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.4 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 1300 (6 nm).
  • GPU : Mali G-77 MC9.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, Colos OS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 80W Super VOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga OPPO Reno 8 5G

Harga OPPO Reno 8 5G

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, termasuk laman resmi OPPO Indonesia. Bahwa OPPO Reno 8 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000 rupiah dengan varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Tertarik untuk membelinya? Langsung saja klik link pembelian di bawah ini.