0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT 2 Pro - Spesifikasi & Harga

Realme Indonesia kembali memperkenalkan smartphone flagship berikutnya yang hadir dengan inovasi baru, yaitu Realme GT 2 Pro pada Maret 2022 lalu. Smartphone ini ditujukan untuk kebutuhan gaming, fotografi, scrolling media sosial, browsing dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan, perangkat ini dibekali dengan chipset yang sangat mumpuni yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcom.

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT 2 Pro

Menariknya lagi dari perangkat yang satu ini adalah menggunakan teknologi Paper Tech Master Design, dimana pada bagian bodi belakang dari Realme GT 2 Pro terbilang sangat menarik dan unik dibandingkan dengan perangkat lainnya. Bagaimana tidak, desain dari ponsel ini terbuat dari kertas daur ulang.

Tak hanya hadir dengan desain yang menarik, Realme GT 2 Pro juga hadir dengan 3 (tiga) varian warna yaitu Paper Green, Paper White, dan juga Steel Black. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Realme GT 2 Pro?

Kelebihan Realme GT 2 Pro

Kelebihan Realme GT 2 Pro

Jika mencari sebuah smartphone yang dapat digunakan untuk bermain game berat, fotografi dan multitasking lainnya. Mungkin Realme GT 2 Pro menjadi pilihan yang tepat meski harganya dibanderol dengan harga Rp9 jutaan, berikut adalah kelebihan Realme GT 2 Pro yang dapat dinikmati penggunannya.

1. Desain Unik dan Memukau

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwasannya Realme memang paham soal desain demi kenyamanan pengguna. Oleh karenanya, pihak perusahaan hadirkan teknologi Paper Tech Master Design, tak hanya ramah lingkungan namun juga mempunyai sisi ergonomis yang terbilang sangat baik.

Meskipun tidak menggunakan bahan dari plastik polymer maupun logam seperti halnya smartphone lainnya, panel pada bodi belakang dari perangkat ini kokoh jika terkena tetesan air atau cipratan air. Selain itu saja, pengguna juga dapat menggambar bodinya dengan pensil, jika dirasa tidak ingin kotor maka Anda hanya perlu menghapusnya dengan penghapus.

Untuk dimensi dari ponsel ini adalah 163.2 x 74.7 x 8.22 mm dengan berat 189 dan 199 gram. Varian warna yang dihadirkan oleh Realme GT 2 Pro diantaranya adalah Paper Green, Paper White, Steel Black.

2. Layar LTPO 2.0 AMOLED

Layar yang digunakan pada ponsel ini adalah LTPO 2.0 AMOLED berukuran 6,7 inci, serta resolusi layar yang diberikan yakni QHD+ (1440 x 3216 piksel), dimana resolusi layar tersebut sudah sangat menakjubkan dan mampu menampilkan kualitas layar yang lebih tajam dibandingkan dengan resolusi FHD+.

Layarnya pun telah mendukung refresh rate 120 Hz sehingga Anda dapat menikmati tampilan gerakan layar yang 2 (dua) kali lipat lebih mulus dari refresh rate 60 Hz. Hal tersebut berkat kehadiran teknologi LTPO 2.0, sehingga layarnya sendiri bisa menyesuaikan refresh rate dari 1 Hz sampai dengan 120 Hz.

Selain refresh rate yang tinggi, Realme GT 2 Pro juga mengusung touch sampling rate yang bisa mencapai 1.000 Hz. Bukan hanya itu, ponsel ini juga menghadirkan tingkat kecerahan yang cukup tinggi yaitu 1.400 nit. Dengan begitu, ponsel ini sangat bisa diandalkan jika Anda sedang berada di luar ruangan.

3. Perfoma Sangat Ngebut

Realme GT 2 Pro menggunakan salah satu chipset yang sangat gahar yang ada di Qualcom series, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Dimana, chipset tersebut menghadirkan inti prosesor yang lebih bertenaga serta juga sangat hemat daya. Kemampuan grafis dari Snapdragon 8 Gen 1 juga memiliki kinerja 30% lebih cepat dan lebih hemat daya 25% dari generasi chipset Snapdragon sebelumnya.

Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 ini dibuat pada proses fabrikasi 4 nm dengan konfigurasi CPU 8 (delapan) inti yang mencakup 1 (satu) prime core ARM Cortex X2 (3 GHz), 3 (tiga) big core ARM Cortex A710 (2.5 GHZ), dan juga 4 (empat) unit little core ARM Cortex A510 (1.8 GHz).

Pada pengujian AnTuTu v9, Realme GT 2 Pro meraih skor 966.251 poin. Sementara itu, pada pengujian Geekbench 5 mampu meraih skor 3501 untuk multi-core dan 1238 untuk single core.

4. Kamera Utama 50 MP + Fitur OIS

Selain dikhususkan untuk penggunaan gaming, Realme GT 2 Pro rupanya selalu memperhatikan sektor kamera. Bagaimana tidak, kamera utama pada ponsel ini didukung oleh sensor Sony IMX766 beresolusi 50 MP yang sudah ditingkatkan dengan AI Noise Reducation Engine 3.0 yang mampu menangkap gambar dengan lebih tajam dan jelas, bahkan saat di ruangan minim cahaya sekalipun.

Adapun berbagai fitur fotografi yang dihadirkan oleh Realme GT 2 Pro. Beberapa diantaranya adalah 50 MP Mode, Street Photography Mode, Super Nightspace, Expert, Text Scanner, AI Beauty, Filters, Panoramic View, Bokeh, HDR, 150 derajat ultrawide angle, Fish-eye, Starry Mode, Dynamic Bokeh, AI Scene Recognition, Bokeh Flare Portrait, 3D Photo, Tilt-shift, Portrait Distortion Correction.

Menariknya lagi dari Realme GT 2 Pro adalah kameranya sudah dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) serta EIS (Electronic Image Stabilization), dimana fitur ini mampu menstabilkan video dari guncangan. Sehingga, kameranya bisa diandalkan untuk membuat Cinematic dan sejenisnya.

5. Baterai Besar, Fast Charging 65W

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa kebanyakan smartphone flagship dengan panel layar AMOLED memangkas baterainya menjadi 4.3500 mAh dan sejenisnya lantaran panel AMOLED sangat irit daya dibandingkan dengan IPS LCD. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk Realme GT 2 Pro, ia tetap ditanamkan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh.

Tak sampai disitu saja, Realme GT 2 Pro juga dilengkapi dengan fitur fast charging 65W yang sangat ngebut. Bagaimana tidak, jika melakukan pengisian daya baterai dari 0% sampai dengan 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit saja.

6. Menggunakan Speaker Stereo

Ponsel flagship memang sudah sangat wajib menghadirkan speaker Stereo untuk menghasilkan kualitas audio yang sangat jernih dan berkualitas dibandingkan dengan Mono speaker. Selain itu, speaker Stereo pada Realme GT 2 Pro juga didukung oleh Dolby Atmos serta Hi-Res.

7. Adanya Fitur 360° NFC

Realme GT 2 Pro juga berhasil mengembangkan fitur 360° NFC yang diklam lebih baik dibandingkan dengan NFC (Near Field Communications) biasa. Dengan hadirnya fitur ini, tentu pengguna bisa menggunakannya disemua sudut smartphone, lantaran Realme sudah meningkatkan area sensor sebesar 500% dan jangkauan sebesar 20%.

Kekurangan Realme GT 2 Pro

Kekurangan Realme GT 2 Pro

Tak hanya harus mengetahui kelebihannya saja, pengguna juga sangat wajib untuk mengetahui kekurangan Realme GT 2 Pro di bawah ini.

1. Tidak Ada Wireless Charging

Umumnya smartphone flagship hadir dengan fitur Wireless Charging yang memungkinkan pengguna melakukan pengisian daya tanpa harus mencolokkan kabel terlebih dahulu. Namun, hal ini tidak ada pada ponsel Realme GT 2 Pro. Dengan begitu, pengguna harus puas dengan USB Type-C dengan fitur fast charging 65W yang terbilang sangat ngebut.

2. Tidak Ada Lensa Telefoto

Kamera yang sudah disematkan pada ponsel Realme GT 2 Pro memang patut diancungi jempol. Kendati demikian, ponsel dengan segmen di harga flagship ini tidak dilengkapi dengan kamera telefoto. Lensa telefoto sendiri berfungsi untuk menangkap objek dari kejauhan alias zoom tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut.

Spesifikasi Realme GT 2 Pro

Spesifikasi Realme GT 2 Pro

  • Warna : Paper Green, Paper White, Steel Black.
  • Dimensi : 163.2 x 74.7 x 8.2 mm.
  • Berat : 189 / 199 gram
  • Layar : LTPO 2.0 AMOLED, 1440 x 3216 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 65W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 50 MP + 3 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Realme GT 2 Pro

Harga Realme GT 2 Pro

Harga dari smartphone Realme GT 2 Pro ini adalah Rp9.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB seperti yang penulis dapatkan dari laman resminya. Untuk varian warnanya juga ada 3 (tiga) yaitu Paper Green, Paper White dan juga Steel Black. Berikut ini adalah link pembeliannya.