0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme Pad Mini - Spesifikasi & Harga

Apakah Anda sedang membutuhkan sebuah tablet untuk kebutuhan pekerjaan, gaming dan kegiatan multimedia lainnya? Jika iya, mungkin Realme Pad Mini layak untuk dipertimbangkan. Bukan yang 10 inci, melainkan yang lebih kecil. Oleh karena itu, Realme Pad memiliki embel-embel “Mini” dikarenakan layarnya hanya berukuran 8.7 inci.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Pad Mini

Harganya juga tidak terlalu mahal, dimana cukup hanya dengan mengeluarkan anggaran sebesar Rp2 jutaan saja maka Anda sudah bisa memiliki Realme Pad Mini. Dengan harga tersebut, ia sudah mencakup beberapa komponen yang mumpuni seperti baterai jumbo, layar besar, dapur pacu kencang dan lain sebagainya.

Untuk bobot dari Realme Pad Mini juga ringan serta dimensinya ringkas membuat tablet ini mudah untuk diselipkan di tas. Sebelum Anda mempertimbangkan untuk membeli tablet ini, maka ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan Realme Pad Mini beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Realme Pad Mini

Kelebihan Realme Pad Mini

Tablet besutan Realme ini memang sangat nyaman jika digunakan untuk sarana produktivitas, entertainment serta bermain game. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Realme Pad Mini yang bisa penulis simpulkan.

1. Desain Kekinian

Menggunakan embel-embel “Mini” tentunya akan memberikan kesan spesifik terhadap tablet terangkau besutan Realme ini. Bagaimana tidak, Realme Pad Mini memang dirancang untuk kebutuhan portabilitas dan bahkan sangat nyaman jika digunakan untuk berpergiran dibandingkan dengan Realme Pad lainnya dengan ukuran 10 inci.

Dimensi dari tablet ini adalah 211.8 x 124.5 x 7.6 mm dengan berat 372 gram. Tampilan dari bodi Realme Pad Mini ini cukup kekinian dikarenakan ia mengusung unibodi dengan bahan material aluminium pada sisi frame. Terdapat juga 2 (dua) opsi pilihan warna yang bisa dipertimbangkan, seperti Grey dan juga Blue.

2. Perfoma Memadai

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwasannya Realme merupakan salah satu produsen yang selalu memprioritaskan perfoma pada setiap produknya, salah satunya adalah Realme Pad Mini. Dimana, Realme Pad Mini dibekali dengan SoC dari UNISOC T661 yang merupakan chipset di kelas entry-level yang cukup memadai.

SoC (System on Chip) ini ditenagai oleh 8 (delapan) pasang inti prosesor yang terdiri atas klaster perfoma dan hemat daya, dengan format 2 + 6. UNISOC T661 juga dibangun atas proses fabrikasi 12 nm dengan dukungan GPU berupa Mali G57 MP1 dengan frekuensi sampai 750 MHz.

Ngomong-ngomong soal perfoma gaming, Realme Pad Mini ini masih mampu menjalan game seperti Asphalt dan juga COD Mobile dengan lancar tanpa adanya kendala. Selain game itu, tentu Anda juga masih bisa menjalankan game seperti Free Fire, Mobile Legends dan sejenisnya.

3. Layar Lebar

Penulis sendiri juga sudah menyinggung sebelumnya bahwa layar dari Realme Pad Mini berukuran 8.7 inci alias bukan 10 inci seperti tablet lainnya. Ia juga hadir dengan panel IPS LCD pada resolusi 1340 x 800 piksel yang mampu menampilkan reproduksi warna yang cukup menawan.

Namun cukup disayangkan, tablet ini kurang cocok digunakan diluar ruangan maupun di bawah terik sinar matahari. Sebab, Realme Pad Mini hanya memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 360 nit saja. Adapun ukuran kerapatan pikselnya hanya di 179 ppi, sehingga agak kurang nyaman untuk digunakan.

4. Baterai Jumbo

Mengingat layar tablet terbilang lebih besar dibandingkan dengan smartphone biasa, tentu saja tablet membutuhkan kapasitas baterai jumbo agar bisa tahan lama hingga seharian penuh. Oleh karena itu, Realme Pad Mini menggunakan baterai berkapasitas 6.400 mAh.

Ketika diuji menonton streaming video, tablet ini bisa menyala sampai 15,8 jam. Sementara itu, ketika bermain game COD Mobile bisa bertahan hingga 9,5 jam. Mengingat baterainya sangat besar, maka dari itu Realme Pad Mini sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W pada port USB Type-C.

5. Kamera

Realme Pad Mini disuguhkan kamera utama berkemampuan 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps. Selanjutnya, kamera selfie dari tablet ini memiliki resolusi 5 MP pada bukaan f/2.2. Adapun fitur kamera yang turut dihadirkan seperti slow motion, time lepse, panorama, mode portrait dan masih banyak lagi.

Sayangnya, pengguna tidak bisa memotret objek di ruangan minim cahaya atau pada malam hari. Pasalnya, Realme Pad Mini tidak dibekali dengan LED Flash. Hal tersebut memang wajar, mengingat tablet memang tidak difokuskan pada bagian kamera.

Akan tetapi, Realme Pad Mini masih sanggup jika digunakan untuk video call, meeting online, fotografi dan sejenisnya. 

6. Penyimpanan Lega

Bagi Anda yang ingin mengunduh banyak aplikasi atau menyimpan data-data penting di dalam tablet, tentu saja Realme Pad Mini cukup layak untuk dijadikan pertimbangkan. Realme Pad Mini sendiri juga menyuguhkan 2 (dua) konfigurasi RAM 3 GB dan juga RAM 4 GB. Sementara itu, untuk penyimpanan internalnya sendiri adalah 32 GB dan juga 64 GB.

Jika masih dirasa kurang dengan penyimpanan sebesar 32 GB maupun 64 GB. Maka, Anda masih bisa menambahkannya dengan microSD hingga berukuran 1 TB.

Kekurangan Realme Pad Mini

Kekurangan Realme Pad Mini

Meskipun memiliki 6 (enam) kelebihan yang sudah penulis sebutkan di atas, ternyata Realme Pad Mini masih memiliki kekurangan yang wajib untuk dipertimbangkan. Berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. Fingerprint Absen

Realme Pad Mini hanya mendukung fitur keamanan seperti Face Unlock, PIN dan sejenisnya. Akan tetapi, masih banyak pengguna yang bertanya-tanya mengenai apakah tablet besutan Realme ini menghadirkan fitur fingerprint untuk keamanan yang sangat baik? Sayangnya, Realme Pad Mini tidak menghadirkan fitur yang satu ini.

2. LED Flash Tidak Ada

Meskipun tablet memang tidak berfokus pada bagian kamera, namun ada baiknya tablet tersebut memiliki LED Flash untuk membantu penerangan dikala sedang berada di ruangan gelap. Contohnya seperti mati lampu atau di malam hari ketika ingin mengabadikan momen menggunakan tablet untuk memotret pemandangan dan sejenisnya di malam hari. Akan tetapi, Realme Pad Mini masih tidak menghadirkan LED Flash.

Spesifikasi Realme Pad Mini

Spesifikasi Realme Pad Mini

  • Warna : Gray, Blue.
  • Dimensi : 211.8 x 124.5 x 7.6 mm.
  • Berat : 372 gram
  • Layar : IPS LCD, 1340 x 800 piksel, 8.7 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T616 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1.
  • RAM : 3/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI for Pad.
  • Baterai : Li-Po 6700 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme Pad Mini

Harga Realme Pad Mini

Realme Pad Mini dibanderol dengan harga Rp2.399.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Sementara itu, RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB dibanderol dengan harga Rp2.799.000 rupiah. Berikut ini penulis sudah menyiapkan link pembelian dari beberapa ecommerce yang ada di Indonesia, dengan link tersebut maka Anda bisa mendapatkan harga termurah.