Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 - Spesifikasi & Harga

Ini dia kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03 beserta spesifikasi dan harganya yang dibanderol dengan harga Rp1.4 jutaan saja.

Samsung kembali merilis smartphone entry level di harga Rp1.4 jutaan bernama Samsung Galaxy A03 pada bulan Januari 2022. Alasan dari perusahaan meluncurkan ponsel ini tidak lain karena ponsel kelas entry level di Indonesia sangat besar. Akan tetapi, Samsung tidak hanya menghadirkan ponsel murah saja, melainkan ia juga menghadirkan ponsel terbaru ini untuk membantu pengguna dalam menjalankan multitasking dan sejenisnya dengan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03

Maka tak perlu diherankan, Samsung Galaxy A03 berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia khususnya bagi mereka yang sedang mencari ponsel murah untuk kegiatan multitasking. Bagaimana tidak, ponsel ini juga sudah dibekali dengan baterai besar dan awet, desain elegan, dapur pacu yang mampu bersaing di kelasnya dan masih banyak lagi.

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk membeli ponsel yang satu ini, ada baiknya simak ulasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Samsung Galaxy A03

Kelebihan Samsung Galaxy A03

Perlu diketahui bahwa ponsel di segmen entry level merupakan sebuah smartphone yang mendukung pekerjaan multitasking seperti bermain game ringan, browsing, scrolling media sosial dan sebagainya. Inilah beberapa kelebihan Samsung Galaxy A03 yang wajib diketahui.

1. Desain Simpel

Samsung Galaxy A03 memiliki desain yang sangat simpel dan bodinya dibuat dari plastik polikarbonat, terkecuali pada bagian depan yang terbuat dari kaca. Terdapat juga pola menyilang yang berada di bagian bodi belakang pada ponsel ini, Samsung sendiri menyebutnya pola cahaya menyilang.

Ponsel ini juga memiliki setidaknya 3 (tiga) varian warna yang bisa disesuaikan oleh konsumen. Beberapa diantaranya adalah Biru, Hitam, hingga Merah. Adapun dimensi Samsung Galaxy A03 memiliki dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 dengan berat 196 gram.

2. Layar PLS TFT

Ponsel dari Samsung Galaxy A03 juga dibekali dengan layar 6,5 inci yang terbilang cukup lebar. Jenis panel yang digunakan adalah PLS TFT yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan IPS LCD. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan kualitas tampilan yang cukup bagus dengan sudut pandang yang luas.

Resolusi yang diusung dari Samsung Galaxy A03 sendiri adalah HD+ (720 x 1600 piksel) dengan aspek rasio 20:9 serta memiliki kerapatan piksel 270 ppi, dengan kualitas tersebut tentu pengguna masih bisa menonton streaming dan scrolling dengan cukup nyaman dan tidak terlalu jelek-jelek amat.

3. Dapur Pacu

Dapur pacu adalah suatu hal yang cukup menonjol dari Samsung Galaxy A03. Bagaimana tidak, SoC (System-on-Chip) yang digunakan tidak lagi MediaTek Helio P35 seperti ponsel entri level Samsung lainnya. Saat ini, SoC (System-on-Chip) yang digunakan oleh Samsung Galaxy A03 adalah Tiger T606 buatan UNISOC.

Chipset tersebut dibikin dengan proses fabrikasi 12 nanometer yang memiliki clockspeed 1,6 GHz. Akan tetapi, SoC ini memiliki inti CPU dengan arsitektur Cortex A75. Jumlah inti CPU dengan arsitektur Cortex A75 ada 2 (dua), serta ditemani juga oleh 6 (enam) inti CPU Cortex A55 (1,6 GHz).

Tak hanya CPU saja, UNISOC Tiger T606 juga mengandung GPU Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz. Menariknya lagi dari SoC (System-on-Chip) dari Tiger T606 ini adalah masih bisa menjalankan game PUBG Mobile, namun dengan setelan grafik HD-High.

4. Baterai Besar

Samsung Galaxy A03 juga sudah dibekali dengan baterai besar 5000 mAh sesuai dengan tren masa kini yang menawarkan baterai besar untuk memanjakan pengguna. Bisa dikatakan, baterai dari ponsel ini mampu bertahan hingga seharian penuh dan sangat cocok ketika digunakan untuk berpergian jika tidak memiliki power bank.

Alasan Samsung memberikan baterai besar ini tidak lain karena layar dari Samsung Galaxy A03 masih HD+, fabrikasi dapur pacu masih 12 nm dan beberapa faktor lain. Namun sayang, ia masih belum dibekali dengan fitur fast charging untuk mempercepat proses pengisian daya.

5. Kamera Utama 48 MP

Dibanderol dengan harga Rp1,4 jutaan pengguna akan dimanjakan dengan kamera utama berkemampuan 48 MP bukaan f/1.8 yang terbilang sangat jarang ditemukan dengan harga dibawah Rp1.5 jutaan. Sementara itu, Samsung Galaxy A03 juga ditemani dengan lensa depth (kedalaman) beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Sementara itu, kamera selfie-nya memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Berbicara mengenai kemampuan merekam video, baik itu kamera belakang dan selfie. Keduanya sama-sama mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps.

Adapun beberapa mode atau fitur kamera yang diberikan seperti pro, panorama, food, hyperlapse, hingga mode malam. Dimana, mode malam sendiri memang sangat jarang juga ditemukan di harganya yang hanya Rp1.4 jutaan.

6. Memori Lega

Ada 3 (tiga) varian memori yang ditawarkan kepada konsumen Samsung Galaxy A03. 3 (tiga) konfigurasi tersebut adalah RAM 3 GB dan juga RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Oh iya, varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB juga dibanderol dengan harga Rp1.9 jutaan yang memang masih sangat ekonomis.

Menariknya lagi adalah, Samsung Galaxy A03 juga membekali ponsel ini dengan triple slot seperti Dual Kartu SIM dan juga slot microSD untuk menambah kapasitas memori hingga 1 TB. Dengan begitu, pengguna akan tidak perlu khawatir jika nantinya memiliki foto atau file dengan memakan banyak penyimpanan.

7. Audio

Meskipun belum menggunakan speakter stereo alias masih mono. Akan tetapi, Samsung Galaxy A03 sudah menggunakan teknologi Dolby Atmos yang dimana pengguna akan bisa merasakan suara yang lebih hidup dibandingkan speaker mono tanpa teknologi Dolby Atmos. Untuk itu, pengguna akan merasakan kualitas audio memukau ketika mendengarkan musik menggunakan headtset stereo maupun speaker blutooth.

Kekurangan Samsung Galaxy A03

Kekurangan Samsung Galaxy A03

Dengan harga yang cukup murah, tentu saja ponsel ini akan terdapat kekurangan. Bahkan, smartphone flagship juga pasti memiliki kekurangan yang masih bisa ditoleransikan. Inilah beberapa kekurangan Samsung Galaxy A03 yang wajib dipertimbangkan.

1. Fast Charging Absen

Baterai dari Samsung Galaxy A03 berkapasitas besar yaitu 5000 mAh. Namun, sangat disayangkan Samsung tidak membekalinya fitur fast charging setidaknya 15W atau 18W untuk mempercepat proses pengisian daya. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah besar mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1.4 jutaan saja.

2. Masih Menggunakan MicroUSB

Samsung Galaxy A03 masih terlihat seperti smartphone jadul meskipun dirilis pada tahun 2022 lantaran masih menggunakan port jadul seperti microUSB. Dengan menggunakan port microUSB, tentu pengguna harus berhati-hati ketika ingin mengisi daya baterai agar tidak terbalik sehingga merusah port pada ponsel. Padahal, sudah kebanyakan ponsel di kelas entry level menawarkan port microUSB Type-C.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03

Spesifikasi Samsung Galaxy A03

  • Warna : Biru, Hitam, Merah.
  • Dimensi : 164.2 x 75.9 x 9.1 mm.
  • Berat : 196 gram
  • Layar : TFT LCD, 720 x 1600, 6.5 inci.
  • Chipset : UNISOC Tiger6 T606 (12 nm).
  • GPU : Mali G57 MP1.
  • RAM : 3 GB / 4 GB.
  • ROM : 32 GB / 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 11.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 48 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 dibanderol dengan harga Rp1.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB, untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.799.000. Sementara itu, varian tertinggi dari Samsung Galaxy A03 adalah RAM 4 GB dan ROM 128 GB yang dibanderol dengan harga Rp1.999.000 rupiah. Untuk membelinya, klik tombol di bawah ini ya!

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain