0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 - Spesifikasi & Harga

Samsung resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka pada awal Maret 2022 dengan nama Samsung Galaxy A23 untuk segmen mid range. Setidaknya ada beberapa fitur yang ditonjolkan oleh perangkat ini seperti OIS (Optical Image Stabilization) yang umumnya ditemukan pada smartphone 3 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23

Tak hanya itu saja, Samsung Galaxy A23 juga dibekali dengan beberapa kelebihan seperti SoC (System-on-a-chip) yang mumpuni, kamera dapat diandalkan,  baterai besar dan masih banyak lagi. Perangkat yang satu ini hadir di Indonesia dengan 3 (tiga) varian warna seperti Peach, Black dan juga Blue dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Kelebihan Samsung Galaxy A23

Kelebihan Samsung Galaxy A23

Selain menghadirkan fitur yang sudah penulis sebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A23 juga menawarkan beberapa kelebihan yang wajib Anda ketahui di bawah ini.

1. Desain Minimalis

Samsung memang selalu menghadirkan desain minimalis namun penuh gaya, salah satunya adalah perangkat Samsung Galaxy A23 ini. Pada bagian penutup belakang, ia menggunakan finishing glossy sehingga membuat warnanya terlihat cantik. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A23 dibekali dengan 3 (tiga) varian warna yaitu Peach, Black dan Blue.

Dimensi dari Samsung Galaxy A23 sendiri adalah 164.4 x 76.9 x 8.4 mm dengan bobot 195 gram. Menariknya lagi adalah sensor pemindai sidik jari menyatu dengan tombol power, untuk di sisi kiri terdapat laci triple slot yang dapat menampung 2 (dua) kartu SIM dan 1 (satu) slot microSD hingga 1 TB.

2. Menggunakan Layar TFT

Lagi dan lagi Samsung memutuskan menggunakan panel PLS TFT yang dimana cukup setara dengan panel IPS LCD. Sementara itu, layar dari Samsung Galaxy A23 memiliki resolusi Full HD (1080 x 2408 piksel) dengan bentang 6,6 inci. Tak sampai disitu saja, PLS TFT ini juga telah mendukung refresh rate hingga 90 Hz yang membuat pengalaman scrolling menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Layar dari Samsung Galaxy A23 juga sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 sehingga pengguna dapat memutar film Netflix maupun HBO Go dengan resolusi maksimal Full HD. Selain itu, layar dari perangkat ini sudah dibekali Corning Gorilla Glass 5.

3. SoC Snapdragon 680

Samsung Galaxy A23 ditenagai oleh SoC Snapdragon 680 dari Qualcom yang didampingi oleh RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Snapdragon 680 sendiri adalah SoC dengan CPU delapan inti, empat inti Kyro 265 Gold dengan clockspeed sampai 2,4 Ghz dan empat inti lainnya adalah Kyro 265 Silver dengan Clockspeed hingga 1,9 Ghz.

Menariknya lagi adalah Qualcom sudah merancang Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm yang diklaim memiliki perfoma yang baik, dan juga konsumsi dayanya terbilang cukup rendah dibandingkan dengan fabrikasi 11 nm ataupun 12 nm.

Dengan SoC Snapdragon 680 ini tentu pengguna bisa bermain game favorite seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, COD Mobile dan lain sebagainya. Akan tetapi, resolusinya bisa disesuaikan agar tidak terjadinya frame pada saat bermain game.

4. Baterai 5.000 mAh

Agar dapat memanjakan penggunanya, Samsung Galaxy A23 dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim oleh Samsung bahwasannya baterai tersebut bisa bertahan hingga 2 (dua) hari. Mengingat baterainya yang cukup besar, perangkat ini juga sudah dibekali dengan fitur fast charging 25W yang mampu mengisi daya dari 0% sampai 100% sekitar 1 jam lebih 20 menit saja.

Namun sayang, di dalam kotak penjualan Anda akan menemukan charger dengan 15W saja. Dengan demikian, Anda bisa membeli charger kembali secara terpisah agar bisa menikmati fitur pengisian daya cepat sampai 25W.

5. Kamera Utama 50 MP

Dilihat dari gambarnya tentu Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy A23 hadir dengan 4 (empat) kamera pada bagian belakang dengan kamera utama berkemampuan 50 MP bukaan f/1.8, autofokus dan memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Untuk 3 (tiga) kamera lainnya adalah kamera ultrawide 5 MP, f/2.2 dengan sudut pandang 123 derajat, kamera makro 2 MP f/2.4, dan terakhir ada sensor kedalaman 2 MP f/2.4. Ke-empat kamera yang berada di belakang perangkat ini juga sudah dibekali dengan lampu flash.

Sementara itu, kamera selfie dari Samsung Galaxy A23 beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang semua kameranya juga bisa merekam video sampai resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps. Dilansir dari beberapa sumber bahwa banyak yang mengatakan bahwa hasil foto dari perangkat ini sangat bisa diandalkan.

6. Sensor dan Konektivitas

Sensor yang dikandung oleh Samsung Galaxy A23 ini juga terbilang sangat lengkap. Beberapa diantaranya adalah akselerometer, proksimitas (virtual), cahaya (virtual), fingerprint, giroskop dan juga kompas. Berbicara mengenai konektivitas, jenis konektivitas dari Samsung Galaxy A23 ini tidak didukung jaringan 5G. Dimana, perangkat ini hanya mendukung konektivitas 4G, Bluetooth 5.0, WiFi 5 Ghz, NFC dan jack audio 3,5 mm.

Kekurangan Samsung Galaxy A23

Kekurangan Samsung Galaxy A23

Meskipun hadir dengan segudang kelebihan, tentunya Samsung Galaxy A23 juga memiliki beberapa kekurangan yang akan penulis jelaskan di bawah ini untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Masih Menggunakan Speaker Mono

Pada sektor audio pada Samsung Galaxy A23 hanya 1 (satu) saja yaitu Mono yang disebut-sebut memiliki suara yang cukup lantang. Hanya saja, speaker Mono sendiri masih tidak bisa menghadirkan dinamika seperti speaker Stereo. Jika Anda ingin menghasilkan audio dengan dinamika seperti Stereo, maka Anda bisa menggunakan earphone atau headset.

2. Tidak Mendukung Konektivitas 5G

Sudah sepatutnya smartphone keluaran terbaru di tahun 2022 ini dibekali dengan konektivitas 5G mengingat harganya menyentuh Rp3 jutaan. Namun, Samsung sendiri rupanya tidak mendukung konektivitas tersebut, yang dimana perangkat ini hanya mendukung konektivitas 4G saja. Tetapi, hal ini masih bisa ditoleransikan lantaran 4G masih bisa diandalkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23

Spesifikasi Samsung Galaxy A23

  • Warna : Peach, Black, Blue.
  • Dimensi : 165.4 x 76.9 x 8.4 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : TFT LCD, Full HD, 6.6 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Samsung Galaxy A23

Harga Samsung Galaxy A23

Dilansir dari laman resmi Samsung bahwasannya smartphone Samsung Galaxy A23 dibanderol dengan harga Rp3.299.000 rupiah dengan varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Jika penyimpanan internal tersebut dirasa kurang, Anda masih bisa menambahkannya sampai 1 TB. Apabila tertarik untuk membeli smartphone terbaru dari Samsung ini, langsung saja klik tombol di bawah ini.