Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G - Spesifikasi & Harga

Berikut ini penulis akan merangkum mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A33 5G beserta spesifikasi dan harganya.

Banyak dari mereka tentu ingin sekali memiliki sebuah smartphone flagship dikarenakan menawarkan fitur preium. Akan tetapi, untuk membeli ponsel flagship tentunya membutuhkan dana yang cukup besar, lantaran kebanyakan ponsel flagship dibanderol dengan harga Rp9 juta atau bahkan di atasnya, hal tersebut tentu akan sangat mahal bagi sebagian orang.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Akan tetapi, produsen dari Samsung tahu akan hal itu. Dengan begitu, pihak perusahaan menyiasatinya dengan memperkenalkan ponsel di kelas mid-end dari seri Samsung Galaxy A. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A33 5G yang akan penulis bahas pada artikel kali ini.

Meskipun dibanderol dengan harga Rp4 jutaan saja, namun ponsel ini memiliki banyak fitur premium yang umumnya terdapat di ponsel flagship. Contohnya saja seperti IP67, hingga OIS (Optical Image Stabilization).

Agar tidak berlama-lama, berikut ini penulis akan merangkum mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A33 5G beserta spesifikasi dan harganya. Dengan mengetahui akan hal ini, tentu akan membantu Anda dalam mempertimbangkan sebelum membeli si ponsel.

Kelebihan Samsung Galaxy A33 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A33 5G

1. Desain

Samsung Galaxy A33 5G hadir dengan desain modul kamera Ambient Edge, kemudian untuk penutup belakangnya datar atau biasa disebut dengan flat. Untuk bagian depannya, terdapat juga poni infinity-u sebagai bentuk dari kamera selfie-nya. Menariknya lagi dari desain ponsel ini adalah finishing matte-nya yang tercetak pada penutup belakang dan rangka, dengan polesan matte tersebut tentu bodi bagian belakang akan membuat noda sidik jari tidak mudah menempel.

Kemudian, ponsel ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang diklaim mampu terhadap debu, dan tahin terhadap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Tidak hanya memiliki ketahanan di bagian bodi, Samsung Galaxy A33 5G juga sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Selanjutnya Samsung Galaxy A33 5G memiliki dimensi 159.7 x 74 x 8.1 dengan bobot 186 gram yang cukup ringkas alias tidak berat. Terdapat juga 4 (empat) opsi warna yang bisa dipilih pengguna, diantaranya adalah Awesome Blue, Awesome Black,  Awesome White, Awesome Peach.

2. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy A33 5G juga sudah menggunakan panel Super AMOLED dengan bentang 6,4 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Layar dari ponsel ini juga didukung dengan refresh rate 90 Hz sehingga pengalaman scrolling akan menjadi lebih mulus, kemudian terdapat juga sensor pemindai sidik jari optik. Ponsel ini juga diklaim bahwasannya ia memiliki tingkat kecerahan tinggi, yaitu 800 nit.

Dengan tingkat kecerahan tinggi, tentunya Anda masih bisa mengandalkan ponsel ini jika digunakan diluar ruangan tanpa harus berteduh terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, warna yang ditampilkan juga cukup baik berkat panel layar Super AMOLED.

3. Kamera 48 MP

Pada bagian belakang dari ponsel ini terdapat Quad Camera atau 4 (empat) kamera yang terdiri dari kamera utama berkemampuan 48 MP pada bukaan f/1.8. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Selanjutnya ada juga lensa ultrawide beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2, lensa makro 5 MP bukaan f/2.4, dan lensa depth 2 MP pada bukaan f/2.4. Sementara itu, kamera selfie dari Samsung Galaxy A33 5G memiliki resolusi 13 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Dimana, kamera selfie dan kamera utama sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps. 

4. Perfoma

Kemudian ponsel ini juga sudah diotaki oleh SoC (System on Chip) buatan Samsung, yakni Exynos 1280 dengan fabrikasi 5 nanometer. Chipset dari Samsung ini memiliki 8 (delapan) inti CPU dengan konfigurasi 2+6. Konfigurasi tersebut tentunya ada 2 (dua) CPU Cortex A78 (2.4 GHz) dan terdapat 6 (enam) Cortex A55 (2.0 GHz).

Selanjutnya, chipset Exynos 1280 juga mengandung komponen lain, salah satunya adalah GPU 4 (empat) core Mali-G68 dengan frekuensi 1 GHz. Berbicara soal skor AnTuTu 9 mungkin chipset ini lebih tinggi dari Snapdragon 765G. Pasalnya, chipset Exynos 1280 ini mampu meraih skor AnTuTu 9 di kisaran 526 ribu.

5. RAM Plus

Samsung Galaxy A33 5G hadir di Indonesia dengan 3 (tiga) varian yaitu RAM 6 GB dengan ROM 128 GB, kemudian ada RAM 8 GB dan ROM 128 GB, terakhir ada RAM 8 GB dan juga ROM 256 GB. Tidak cukup sampai disitu saja, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur RAM Plus atau Expansion RAM, dimana dengan adanya fitur ini bisa memperluas RAM ponsel yang diambil dari penyimpanan internal sebagai RAM virtual.

Fitur dari RAM Plus dari Samsung Galaxy A33 5G ini juga bisa diperbesar hingga 6 GB RAM, bahkan ia juga disediakan 3 (tiga) pilihan, yakni penambahkan RAM virtual sebesar 2 GB, 4 GB, sampai dengan 6 GB.

6. Baterai Awet

Soal baterai, Samsung Galaxy A33 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang memang sudah sesuai dengan standar ponsel masa kini. Pihak perusahaan juga mengklaim bahwa baterai dari ponsel ini mampu bertahan hingga 2 (dua) hari penggunaan.

Tidak hanya itu, Samsung Galaxy A33 5G juga telah dilengkapi dengan fitur fast charging 25W yang mampu mempercepat pengisian daya baterai dari kosong hingga penuh dalam jangka waktu 1 jam lebih sedikit.

Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

1. Jack Audio Absen

Samsung Galaxy A33 5G ini memang lebih difokuskan ke arah premium dikarenakan sudah menghadirkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan IP67 yang tahan debu dan air. Namun sangat disayangkan, ponsel ini malah tidak menghadirkan jack audio 3,5 mm. 

Padahal fitur tersebut terbilang sangat penting untuk mendengarkan lagu maupun bermain game menggunakan earphone. Oleh karena itu, Anda bisa beralih menggunakan earphone dengan USB Type-C ataupun earphone TWS.

2. Tidak Ada Charger

Entah kenapa kebanyakan ponsel Samsung di segmen mid-end tidak menghadirkan charger di dalam kotak penjualan. Untuk itu, konsumen diharuskan membelinya secara terpisah. Setelah penulis telusuri lebih lanjut melalui eCommerce, charger dari Samsung Galaxy A33 5G ini dibanderol dengan harga Rp145.000 rupiah atau lebih dan bisa juga kurang.

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

  • Warna : Awesome Blue, Awesome Black,  Awesome White, Awesome Peach.
  • Dimensi : 159.7 x 74 x 8.1 mm.
  • Berat : 186 gram
  • Layar : Super AMOLED 90 Hz, 1080 x 2400 piksel, 6.4 inci.
  • Chipset : Exynos 1280 5G (5 nm).
  • GPU : Mali-G68.
  • RAM : 6 GB / 8 GB  + 6 GB Fitur RAM Plus.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga Samsung Galaxy A33 5G

Harga Samsung Galaxy A33 5G

Dilansir dari laman resmi Samsung Indonesia dan Official Store mereka bahwa ponsel ini dibanderol dengan harga Rp4.699.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB, kemudian untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp4.999.000, terakhir varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp5.499.000 rupiah.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain