Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G - Spesifikasi & Harga

Langsung saja simak ulasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A73 5G beserta spesifikasi dan harga yang wajib diketahui!

Samsung Galaxy A73 5G dirilis pada April 2022 yang dihadirkan sebagai HP kelas menengah dari Samsung. Bagaimana tidak, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp7 jutaan yang tentu tidak bisa dikatakan murah. Akan tetapi, harga tersebut sudah masuk akal dikarenakan ponsel ini mengunggulkan berbagai sektor seperti baterai, kamera, dapur pacu, panel layar dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Tidak hanya digunakan untuk fotografi saja, Samsung Galaxy A73 5G juga masih gahar dalam bermain game-game favorite seperti Apex Legends, Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Genshin Impact, COD Mobile dan masih banyak lagi dengan lancar. 

Meskipun bisa digunakan untuk bermain game, fotografi dan lain sebagainya. Bukan berarti ponsel ini tidak memiliki kekurangan. Oleh karena itu, langsung saja simak ulasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A73 5G beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G

1. Desain Cantik

Samsung Galaxy A series memang selalu menghadirkan desain yang cantik. Hal ini sudah dibuktikan oleh ponsel Galaxy A73 5G yang memiliki bodi aesthetic. Selanjutnya, ponsel ini juga hadir dengan 3 (tiga) opsi warna yang diluncurkan seperti Awesome Mint, Awesome Gray, hingga Awesome White.

Kemudian ponsel ini memiliki dimensi 163.7 x 76.1 x 7.6 mm, dimana si ponsel akan kurang ideal jika dipegang menggunakan 1 (satu) tangan. Selanjutnya, berat dari Samsung Galaxy A73 5G ini adalah 181 gram yang tidak begitu berat dan tidak juga ringan.

2. Layar Super AMOLED+

Sekedar informasi, Samsung Galaxy A73 5G ini adalah salah satu ponsel varian tertinggi dari Galaxy A series yang diperkenalkan di tahun 2022. Oleh karena itu, tidak perlu diherankan lagi bahwasannya ponsel dengan harga Rp7 jutaan ini menawarkan tampilan dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Bagaimana tidak, ponsel ini sudah menggunakan panel layar Super AMOLED+ yang mampu menampilkan kualitas tampilan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Super AMOLED biasanya. Super AMOLED+ sendiri juga sudah dianggap mampu menghasilkan konten dengan lebih cerah, dan juga memiliki efisiensi daya yang 18% lebih baik.

Layar dari si ponsel juga memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) serta tingkat kerapatan piksel yang cukup tinggi, yaitu 393 ppi. Ia juga menyuguhkan refresh rate tinggi 120 Hz untuk membuat animasi terlihat lebih mulus dan licin.

Ponsel ini memiliki bentang layar berukuran 6,7 inci dengan aspek rasio 20:9 yang juga menawarkan touch sampling rate 240 Hz. Akan tetapi, tingkat kecerahan dari Samsung Galaxy A73 5G cukup rendah yaitu 400 nit. Untuk itu, ponsel ini kurang layak jika digunakan di luar ruangan.

3. 108 MP Quad Camera

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya ponsel ini memang sangat diunggulkan di dalam sektor kamera. Dengan demikian, ia dikonfigurasikan dengan Quad Camera yang terdiri dari 108 MP kamera utama dengan bukaan f/1.8 yang bisa menghasilkan output gambar dengan resolusi 12 MP melalui teknologi Nona Bayer.

Bukan hanya menghadirkan teknologi tersebut, kamera dari Samsung galaxy A73 5G juga dibekali dengan fitur OIS sehingga Anda bisa terhindar dari efek shaky yang bisa menyebabkan blur. Meskipun tangan bergoyang maupun merekam sambil berjalan, kamera ini akan tetap stabil.

Tidak cuma kamera utama saja, terdapat juga kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera makro 5 MP (f/2.4), kamera kedalaman alias depth beresolusi 5 MP (f/2.4). Selain teknologi OIS, gyro-EIS juga turut dihadirkan untuk menunjang perekaman video agar tetap stabil.

Hampir saja lupa, Samsung Galaxy A73 5G juga terdapat kamera selfie berkemampuan 32 MP pada bukaan f/2.2. Dimana, kedua kamera dari ponsel ini juga sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 4K di kecepatan 30 fps.

4. Dapur Pacu

Untuk kebutuhan gaming agar menjadi lancar atau hanya digunakan untuk multitasking. Ponsel ini memang terbilang cukup tangguh, dikarenakan ia mengandalkan SoC (System on Chip) dari Qualcom yaitu Snapdragon 778 5G yang tergolong ngebut dan mumpuni di kelasnya.

Qualcom Snapdragon 778 5G berada di konfigurasi 8 (delapan) inti yang mencakup 3 (tiga) inti klaster dengan formasi 1 + 3 + 4. 8 (delapan) inti tersebut merupakan 1 (satu) unit prima Kryo 670 Prime berbasis Cortex A78 (2.4 GHz), 3 (tiga) unit perfoma Kryo 670 Gold berbasis Cortex A78 (2.2 GHz) dan 4 (empat) unit perfoma Kryo 670 Silver berbasis Cortex A55 (1.9 GHz).

SoC (System on Chip) dari Samsung Galaxy 778 5G ini dibangun pada proses fabrikasi 6 nm. Terdapat pula GPU berupa Adreno 642L pada frekuensi 490 MHz.

5.  Memori Lega

Pada sisis memori dari Samsung Galaxy A73 5G juga cukup lega, dimana ia mengandalkan RAM 8 GB dengan tipe LPDDR4x dan juga penyimpanan internal sebesar 256 GB. Dengan memori yang cukup lega ini tentunya pengguna bisa mengunduh banyak aplikasi serta menyimpan banyak file seperti musik, video dan lain sebagainya. Jika masih dirasa kurang, maka Anda bisa menambahkan slot microSD hingga 1 TB.

6. IP Rating

Kemudian Samsung Galaxy A73 5G juga sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuat ponsel ini tahan terhadap debu dan juga air. Bahkan, sertifikasi IP67 ini mampu menjaga si ponsel dari kerusakan sekalipun sudah terjatuh ke dalam air hingga kedalaman mencapai 1 (satu) meter selama 30 menit lamanya.

Untuk itu, Anda akan sangat aman ketika sedang berda di tepi kolam renang, membawa ponsel ini ke kamar mandi atau bahkan tidak sengaja ketika sedang terguyur oleh hujan maupun tetesan air.

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

1. Baterai

Meskipun ponsel ini memiliki baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang diklaim sangat awet. Akan tetapi, terdapat kekurangan dari Samsung Galaxy A73 5G. Dimana ponsel ini hanya mengandalkan fitur fast charging 25W saja. Hal tersebut tentunya sangat disayangkan, sebab sudah banyak ponsel 3 jutaan yang menggunakan fast charging 33W atau bahkan di atasnya.

Untuk itu, proses pengisian daya dari 15% sampai dengan 100% membutuhkan waktu setidaknya 90 menit atau bahkan lebih. Selain itu saja, ponsel ini juga tidak mendapatkan casan di kotak pembelian. Dengan begitu, Anda harus mengeluarkan budget lebih untuk membelinya secara terpisah.

2. Lubang Audio Jack Tidak Ada

Kemudian lubang 3.5mm jack audio port untuk mencolokkan kabel headset ataupun earphone juga turut absen di ponsel yang satu ini. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah besar dikarenakan ponsel ini sudah dibekali speaker stereo Dobly Atmos.

Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

  • Warna : Awesome Mint, Awesome Gray, Awesome White.
  • Dimensi : 163.7 x 76.1 x 7.6 mm.
  • Berat : 181 gram
  • Layar : Super AMOLED+, 1080 x 2400 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : Snapdragon 778 5G (6 nm).
  • GPU : Adreno 642L.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Samsung Galaxy A73 5G

Harga Samsung Galaxy A73 5G

Dilansir dari laman resmi Samsung Indonesia bahwa ponsel ini dibanderol dengan harga Rp7.799.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Perlu ditekankan kembali, Anda juga harus menyiapkan budget lebih untuk membeli casan ponsel ini secara terpisah. Sebab, di dalam kotak pembelian Anda tidak akan mendapatkan casan bawaan.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain