0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G - Spesifikasi & Harga

Samsung Indonesia kembali mengeluarkan smartphone produk mereka pada April 2022 lalu di segmen kelas menengah, yaitu Samsung Galaxy M33 5G. Dimana perangkat ini mengandalkan perfoma yang terbilang sangat tangguh dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terlihat smartphone ini mengusung layar dengan refresh rate tinggi, dapur pacu yang mumpuni, refresh rate tinggi dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Sekedar informasi saja bahwa seri Galaxy M memang mengunggulkan kemampuan baterai yang awet serta menghadirkan sidik jari yang berada di samping yang menyatu dengan tombol power. Kemudian untuk Galaxy A dikhususkan bagi anak muda atau milenial dan Galaxy M adalah salah satu seri yang dijual secara online, sama halnya seperti Realme seri Narzo.

Meskipun hadir dengan harga Rp3 jutaan, Samsung Galaxy M33 5G juga memiliki kelebihan dan kekurangannya loh. Penasaran dengan apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M33 5G? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M33 5G

Kelebihan Samsung Galaxy M33 5G

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut inilah beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy M33 5G yang wajib Anda ketahui ketika ingin membelinya.

1. Desain Minimalis

Perlu diketahui bahwasannya Samsung merupakan salah satu vendor yang menghasilkan produk dengan desain minimalis namun masih terlihat elegan, tidak terkecuali Samsung Galaxy M33 5G. Di Indonesia sendiri Samsung menyediakan 3 (tiga) varian warna yang dapat dipilih oleh penggunannya seperti Green, Blue dan juga Brown.

Bagian belakang terdapat 4 (empat) kamera yang disusun secara persegi serta terdapat juga LED Flash yang berada di bagian bawahnya. Ukuran bodi dari smartphone ini adalah 165.4 x 76.9 x 8.4 mm dengan bobot 198 gram.

2. Panel Layar TFT LCD

Panel layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy M33 5G adalah TFT LCD yang bisa dikatakan setara dengan IPS LCD. Selain itu saja, smartphone ini juga memiliki refresh rate tinggi 120Hz yang artinya gambar dapat diperbarui 120 per detik. Dengan begitu, Anda dapat scrolling media sosial, menonton streaming atau bahkan bermain game dengan kualitas yang baik.

Dimensi dari Samsung Galaxy M33 5G berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan menawarkan rasio layar ke bodi mencapai 82.5% dan 411 ppi density. Tak hanya itu, Samsung Galaxy M33 5G juga sudah dibekali dengan pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 5.

3. Baterai Berkapasitas 5.000 mAh

Samsung Galaxy M33 5G sebenarnya memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAh namun untuk pasar India saja. Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy M33 5G memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dikutip dari berbagai macam sumber bahwasannya baterai dari smartphone ini bisa bertahan hingga 20 jam pada saat pemutaran video playback.

Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy M33 5G juga sudah menawarkan fitur fast charging 25W sehingga proses pengisian daya tidak begitu lama. Meskipun tidak sebaik fast charging 33W dan juga 67W. Akan tetapi, fast charging 25W sudah bisa diandalkan.

4. Dapur Pacu yang Mumpuni

Samsung Galaxy M33 5G diotaki dengan Exynos 1280 (5nm) yang terbilang sangat unggul di sisi efisiensi daya. Dapur pacu dari Exynos 1280 ini juga mengantongi processor octa-core yang mencakup dua inti berkinerja Cortex A78 (2.4 GHz) dan juga enam unit hemat daya Cortex A55 (2 GHz). Kemudian, Samsung juga sudah disematkan GPU Mali G68 pada frekuensi 1000 MHz.

Mengingat dapur pacu yang disematkan pada Galaxy M33 5G ini mumpuni, maka pengguna sudah bisa bermain game favorite seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Genshin Impact, Apex Legends dan masih banyak lagi.

Sementara itu, perangkat ini juga dibekali dengan RAM 6 GB dan juga RAM 8 GB dengan penyimpanan internal seluas 128 GB. Menariknya lagi adalah Samsung juga membekalinya fitur RAM Plus yang mana pengguna bisa menambah RAM hingga 8 GB. Selain RAM, Samsung juga sudah menyediakan slot microSD untuk menambah kapasitas sampai 1 TB.

5. Quad Camera 50 MP

Seolah-olah tidak ingin kalah, Samsung Galaxy M33 5G menghadirkan Quad Camera 50 MP dengan teknologi Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu, hingga menghasilkan output 12,5 MP yang lebih cerah, tajam dan juga detail. Untuk 3 (tiga) kamera pendampingnya adalah kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2), kamera makro (f/2.4), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Pada bagian depan, Samsung Galaxy M33 5G hanya memberikan kamera selfie berkemampuan 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang dirancang dengan desain Infinity-U Display. Baik itu kamera depan dan juga kamera belakang juga sama-sama mendukung perekaman video sampai resolusi 4K dengan kecepatan 30 fps.

6. Support Konektivitas 5G

Di rentang harga 3 jutaan memang sudah seharusnya menawarkan konektivitas 5G lantaran sangat dicari-cari oleh konsumen. Sebab, jaringan 5G mampu menghadirkan pengalaman baru kepada pengguna dibandingkan konektivitas 4G. Sehingga, mereka bisa bermain game, melakukan streaming dan menonton streaming dengan lancar tanpa adanya gangguan.

7. Adanya Fitur NFC

Smartphone terbaru yang dirilis pada tahun 2022 ini memang sudah kebanyakan menawarkan fitur NFC. Meskipun harganya cuman 1 jutaan saja tapi sudah banyak kok yang menawarkan fitur ini, tidak terkecuali Samsung Galaxy M33 5G yang dibanderol dengan harga 3 jutaan.

Fitur NFC (Near Field Communications) merupakan salah satu fitur penting untuk cek saldo eMoney, melakukan transfer data dengan lebih cepat, dan masih banyak lagi. Pokoknya, fitur NFC ini memang sangat membantu bagi para pengguna.

Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Smartphone yang hadir di kelas menengah atau mid-range memang memiliki persaingan yang sangat ketat. Oleh sebab itu, berikut ini akan penulis sajikan beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy M33 5G.

1. Masih Menggunakan Speaker Mono

Apakah Anda hobi mendengarkan musik tanpa menggunakan earphone atau headset? Jika hal tersebut benar, pastinya Anda membutuhkan speaker dengan suara yang lebih mumpuni bukan? Hal ini, sangat disayangkan Samsung Galaxy M33 5G terbilang kurang cocok untuk mendengarkan lagu tanpa earphone lantaran hanya menyuguhkan speaker Mono saja.

Pasalnya, rival dari Samsung sendiri memang sudah kebanyakan menawarkan speaker Stereo di harganya yang cukup mirip. Namun, Anda tidak perlu khawatir lantaran smartphone ini juga sudah dibekali dengan 3.5 mm port audio jack jika ingin menggunakan headset atau earphone.

2. Charger Dijual Terpisah

Paket penjualan dari Samsung Galaxy M33 5G tidak dilengkapi dengan kepala charger sama sekali, sehingga konsumen harus mengeluarkan uang tambahan untuk membelinya. Jika sebelumnya sudah memiliki kepala charger, maka Anda masih bisa menggunakannya. Namun, jika memang belum memilikinya, Anda harus membelinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

  • Warna : Brown, Blue, Green.
  • Dimensi : 165.4 x 76.9 x 8.4 mm.
  • Berat : 198 gram
  • Layar : TFT LCD, Full HD+, 6.6 inci.
  • Chipset : Exynos 1280 (5 nm).
  • GPU : Mali-G68.
  • RAM : 6/8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Samsung Galaxy M33 5G

Harga Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.999.000 rupiah. Sementara itu, untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp4.199.000 rupiah. Jika Anda tertarik untuk membelinya, gunakan tautan di bawah ini.