0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y01 - Spesifikasi & Harga

vivo Y01 hadir di Indonesia pada April 2022 yang bersaing di segmen entry-level dengan harga Rp1,4 jutaan. Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan seperti desain yang selalu menarik, konektivitas, baterai besar yang begitu awet dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y01

Oh iya, vivo Y01 juga sangat cocok bagi mereka yang memiliki budget minim namun ingin memiliki sebuah smartphone untuk menunjang aktivitas browsing, scrolling media sosial, menonton streaming, mendengarkan musik, chattingan hingga yang lainnya.

Kelebihan vivo Y01

Kelebihan vivo Y01

Dibanderol dengan harga Rp1,4 jutaan, vivo Y01 juga menawarkan berbagai macam kelebihan seperti di bawah ini.

1. Desain Menarik

Vivo Y01 menghadirkan desain berbentuk cahaya X dengan gradasi putih yang sangat terlihat menarik. Terdapat 2 (dua) varian warna yang dihadirkan seperti Elegant Black dan Sapphire Blue, dimensi dari smartphone yang satu ini berukuran 164 x 75.2 x 8.3 mm dengan bobot 178 gram.

Tak hanya itu, ponsel ini juga sangat nyaman digenggam maupun dibawa kemana-mana dengan lebih aman dan nyaman dikarenakan hanya menyuguhkan bobot 178 gram. Dimana, beberapa ponsel lain di harganya yang mirip menawarkan bobot 190 gram bahkan di atasnya.

2. Baterai Besar dan Awet

Demi memanjakan penggunannya dalam aktivitas scrolling, browsing dan sebagainya. Pihak perusahaan juga menghadirkan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh pada ponsel ini, tak hanya besar saja, baterai yang ditanamkan pada vivo Y01 juga terbilang cukup awet. Terlebih lagi, bodi dari vivo Y01 terbilang cukup ramping meskipun dibekali dengan baterai besar.

Akan tetapi, fitur fast charging 15W ataupun 18W tidak dapat ditemukan pada vivo Y01. Hal tersebut memang sangat wajar, mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1,4 jutaan saja yang mungkin sangat cocok bagi pelajar untuk sekedar scrolling, chatting dan multitasking ringan lainnya.

3. Layar Cukup Luas

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwasannya smartphone dengan layar yang cukup besar akan menambah kenyamanan bagi para penggunannya dalam menonton video, scrolling media sosial, browsing dan sejenisnya. Oleh karena itu, vivo Y01 hadir dengan layar cukup luas yaitu 6,51 inci dengan panel IPS LCD beresolusi HD+ (720 x 1600 piksel).

Tidak cukup sampai disitu, pihak perusahaan juga sudah melengkapi vivo Y01 dengan fitur Eye Protection Mode yang akan menyesuaikan kecerahan secara otomatis dengan kondisi sekitar. Contohnya, ketika Anda sedang berada di luar ruangan, maka fitur ini akan menyesuaikan kondisi layarnya menjadi sangat cerah agar pengguna dapat melihat layar dengan jelas, begitu juga sebaliknya.

4. FunTouch OS yang Ringan

Agar dapat digunakan dengan lancar tanpa adanya hambatan, vivo Y01 dibekali dengan sistem operasi khusus untuk meningkatkan kinerja terlepas dari chipset yang sangat minim. Dimana, vivo Y01 hadir dengan sistem operasi Android 11 Go Edition dengan antarmuka FunTouch 11.1 yang memang dikhususkan untuk ponsel di segmen entry-level.

FunTouch 11.1 ini juga mempunyai fitur unggulan seperti Multi-Turbo 3.0 untuk meningkatkan kinerja dalam bermain game ringan seperti Free Fire, Mobile Legends, Clash of Clans (COC), dan game ringan lainnya.

5. Tersedia Slot MicroSD

Mengingat hadir dengan RAM 2 GB dan juga RAM 3 GB dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Smartphone ini juga dibekali slot microSD yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya untuk menyimpan data hingga 1 TB, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika memiliki file penting dengan ukuran yang sangat besar.

6. Tersedia Sensor Kompas

Kerap menggunakan Maps pada saat berpergian keluar kota atau ke sesuatu daerah yang sebelumnya belum pernah dikunjungi? Jika iya, maka smartphone di harga Rp1,4 jutaan ini sangat layak untuk dibeli lantaran ponsel vivo Y01 sudah dilengkapi fitur e-kompas yang mampu menyelaraskan posisi Anda menghadap saat berada di antarmuka Google Maps.

Kekurangan vivo Y01

Kekurangan vivo Y01

Terlepas dari beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh vivo Y01, ponsel yang satu ini juga tidak luput dari kekurangan yang memang sangat wajib untuk dipertimbangkan.

1. Masih Menggunakan Port MicroUSB

Kekurangan dari vivo Y01 yang pertama adalah masih menggunakan port microUSB, yang dimana pengguna akan cukup kecewa. Sebab, kebanyakan pengguna seringkali salah mencolokkan kabel casan pada saat melakukan pengisian daya sehingga mudah rusak atau longgar.

Tidak hanya itu, microUSB 2.0 juga memiliki kecepatan transfer data yang tergolong lambat dibandingkan USB Type-C, contohnya seperti Anda melakukan pemindahan file dari HP ke PC atau Laptop.

2. Kamera Kurang Bisa Diandalkan

Tahun 2022 ini memang kebanyakan vendor menghadirkan dual camera atau 2 (dua) kamera untuk menunjang kebutuhan fotografi kepada pengguna. Akan tetapi, vivo Y01 tidak demikian, dimana mereka hanya menawarkan single camera saja berkemampuan 8 MP bukaan f/2.2 dan ditenami LED Flash untuk penerangan cahaya.

Sementara itu, vivo Y01 memiliki kamera selfie beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 yang memiliki desain tetesan air di bagian depannya. Tidak hanya digunakan untuk selfie saja, kamera tersebut juga bisa digunakan untuk face unlock untuk membuka smartphone dengan lebih cepat dan aman.

3. Perfoma Kurang Mumpuni

Apabila Anda sangat senang bermain game seperti PUBG Mobile, mungkin smartphone ini tidak direkomendasikan untuk dibeli. Sebenarnya bisa saja bermain game PUBG Mobile, namun pengguna harus siap jika nantinya terjadi penuruan FPS yang patah-patah dan akan sulit untuk memenangkan pertandingan hingga menang.

Smartphone ini hanya dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 yang memang dikhususkan untuk ponsel di segmen entry-level. Helio P35 diproses dengan fabrikasi 12 nm dan TDP sebesar 5W. Chipset ini disusun dalam formasi prosesor octa core 4+4, berisikan ARM Cortex A53 (2.3 GHz) serta 4 (empat) inti hemat daya ARM Cortex A53 (1.8 GHz).

Spesifikasi vivo Y01

Spesifikasi vivo Y01

  • Warna : Elegan Black, Sapphire Blue.
  • Dimensi : 164 x 75.2 x 8.3 mm.
  • Berat : 178 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.51 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio P35 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 2 GB / 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11 Go Edition, Funtouch 11.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga vivo Y01

Harga vivo Y01

Perusahaan vivo Indonesia hanya menghadirkan varian RAM 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB saja di Tanah Air, dimana ponsel dengan varian ini dibanderol dengan harga Rp1.499.000 rupiah saja. Apabila Anda berminat untuk membelinya, langsung saja klik tombol pembelian yang sudah penulis sediakan di bawah ini.