0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21T - Spesifikasi & Harga

Awal tahun 2022 tepatnya pada bulan Januari, vivo kembali merilis ponsel terbaru mereka dengan nama vivo Y21T yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Ponsel ini dituju untuk pasar kelas menengah, dimana ia dibekali dengan chipset SoC dari Qualcom yaitu Snapdragon 680, kamera yang sangat bisa diandalkan, baterai besar, desain sangat menarik perhatian, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21T

Jika Anda ingin membeli ponsel anyar dari vivo tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan vivo Y21T beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk dipertimbangkan sebelum membeli.

Kelebihan vivo Y21T

Kelebihan vivo Y21T

Mengingat harganya sudah menyentuh Rp3 jutaan, pengguna memang bisa berharap lebih dengan ponsel kali ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan vivo Y21T yang akan penulis sampaikan.

1. Desain Elegan

Sebagian besar dari mereka mungkin melihat vivo Y series selalu menghadirkan desain yang itu-itu saja seperti rangka flat, bodi terbilang tipis, tepi layar melengkung serta penutup belakang reflektif. Begitu juga dengan vivo Y21T yang menghadirkan desain serupa namun tetap menarik dan terlihat elegan, ia juga hadir dengan 2 (dua) varian warna berbeda seperti Pearl White dan juga Midnight Blue.

Dimensi dari vivo Y21T berukuran 164.3 mm untuk tingginya, 76.1 untuk lebarnya, hingga ketebalan dari ponsel ini hanya 8 mm saja. Oh iya, vivo Y21T juga sangat enak digenggam sehingga akan terasa lebih nyaman dikarenakan memiliki bobot hanya 182 gram saja.

Ponsel ini juga hadir dengan triple slot 2 (dua) kartu SIM dan juga kartu microSD untuk menambah kapasitas agar bisa menyimpan banyak file, dokumen dan sebagainya yang lebih luas tanpa harus memenuhi penyimpanan internal.

2. Chipset Cukup Oke

vivo Y21T menggunakan chipset dari Qualcom yaitu Snapdragon 680 4G memiliki konfigurasi CPU berbasis Cortex A73 untuk merancang 4 (empat) core kencang Kryo 265 Gold (2,2 GHz). Kemudian, Cortex A53 berbasis 4 (empat) core hemat daya Kryo 265 Silver (1,8 GHz). Sementara itu, chipset ini menggunakan GPU Adreno 610.

Dengan menggunakan Snapdragon 680, vivo Y21T dapat menjalankan game berat seperti COD Mobile, PUBG New State, Genshin Impact, Mobile Legends, Free Fire MAX, dan beberapa game lainnya.

3. Baterai Besar

Smartphone ini juga mengandung baterai berkapasitas besar yaitu 5000 mAh. Dengan ukuran yang begitu besar, tentu vivo Y21T dapat memanjakan pengguna dalam melakukan multitasking hingga seharian atau dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama. Oh iya, komponen yang digunakan oleh ponsel ini juga cukup irit konsumsi daya.

Contohnya seperti menggunakan IPS LCD yang memiliki resolusi HD+, menggunakan chipset Snapdragon 680 dengan proses fabrikasi 6 nm, chipset tersebut juga hanya memiliki pengelolaan daya 20% lebih efisien.

4. 50 MP Triple Camera

Terdapat 3 (tiga) kamera atau Triple Camera yang bertengger di bagian belakang bodi. Deretan kamera tersebut meliputi kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan f/1.8, hingga kamera depth (kedalaman) dan makro sama-sama beresolusi 2 MP bukaan f/2.4. Triple Camera pada bagian belakang juga ditemani dengan 1 (satu) LED Flash, kamera dari vivo Y21T juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p Full HD pada 30 FPS.

Sementara itu, kamera selfie dari vivo Y21T memiliki resolusi 8 MP bukaan f/2.0 yang juga dilengkapi dengan fitur Super Night Selfie. Dengan demikian, Anda bisa melakukan foto selfie dalam ruangan minim cahaya atau redup.

5. Terdapat Fitur Extended RAM

vivo Y21T hadir di Indonesia dengan konfigurasi RAM 6 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB. Untuk menunjang kebutuhan multitasking lain ataupun gaming, ia juga dibekali fitur Extended RAM yang meminjamkan memori internal menjadi RAM hingga 2 GB. Dengan begitu, Anda akan menikmati RAM sebesar 8 GB.

6. Tersedia Slot MicroSD

Diketahui bersama bahwasannya kebanyakan smartphone di harga Rp3 jutaan menghilangkan slot microSD lantaran sudah menggunakan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB. Menariknya lagi, vivo Y21T masih menghadirkan slot microSD untuk menambah kapasitas hingga 1 TB, yang dimana pengguna tidak perlu khawatir jika nantinya menyimpan banyak berkas penting berukuran besar.

Kekurangan vivo Y21T

Kekurangan vivo Y21T

Setiap adanya kelebihan, tentu saja juga akan terdapat kekurangan. Untuk itu, simak uraian di bawah terkait dengan kekurangan vivo Y21T yang bisa dipertimbangkan, apakah nantinya Anda bisa mentoleransikannya atau tidak.

1. Fitur NFC Absen

Fitur NFC memang sangat wajib untuk dihadirkan di harganya yang sudah Rp3 jutaan. Pasalnya, sudah banyak vendor lain yang berlomba-lomba menghadirkan fitur NFC (Near Field Communications) pada smartphone murah lainnya di harga Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan.

Sayangnya, vivo Y21T masih belum menghadirkan fitur NFC ini. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwasanya fitur NFC memiliki banyak fungsi seperti melakukan transaksi non-tunai, cek saldo eToll dan lain sebagainya.

2. Belum Mendukung 5G

Selain fitur NFC, konektivitas 5G juga turut absen di smartphone kelas menengah dari vivo ini. Dimana ia masih menggunakan konektivitas 4G saja, sebagian besar dari mereka mungkin bisa memaklumi jaringan 4G ini lantaran masih terbilang kencang meskipun tidak sekencang konektivitas 5G.

3. Fast Charging 18W

Dengan harga yang dibanderol oleh vivo Y21T sebenarnya sangat disayangkan jika masih menggunakan fast charging 18W. Sebab, teknologi fast charging 18W ini biasanya ditemukan pada ponsel di bentang harga Rp1 sampai dengan Rp2 jutaan rupiah saja. Dengan fitur fast charging 18W ini, pengguna bisa memakan waktu hingga lebih dari 2 jam jika mengisi daya dari kosong hingga penuh.

Spesifikasi vivo V21T

Spesifikasi vivo V21T

  • Warna : Sunshine Gold, Stardust Black.
  • Dimensi : 164.3 x 76.1 x 8 mm.
  • Berat : 182 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.51 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 11, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan :  8 MP.

Harga vivo Y21T

Harga vivo Y21T
Sejak pertama kali diluncurkan, vivo Y21T dibanderol dengan harga Rp3.099.000 rupiah, harga tersebut penulis dapatkan dari laman resmi vivo Indonesia maupun Official Store Vivo yang ada di marketplace. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, vivo Y21T hanya memiliki RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB di pasar Indonesia. Jika tertarik membelinya, silahkan klik tombol di bawah ini ya!