Berikut Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 - Spesifikasi & Harga

Berikut kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Xiaomi 12 resmi diluncurkan pada April 2022 dan menjadi andalan dari perusahaan Xiaomi. Bagaimana tidak, ponsel ini menggunakan chipset ngebut yaitu Snapdragon 8 Gen 1 sebagai SoC (Sytem on Chip)-nya. Bukan di sektor perfoma saja, tampaknya Xiaomi 12 juga memberikan keunggulan di sektor lain seperti menggunakan panel Super AMOLED dan baterai yang cukup awet.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12

Selain itu, Xiaomi juga menyebutkan kamera 50 MP yang ditanamkan sangat juara. Hal ini memang wajar, fitur kamera Xiaomi 12 ini juga dilengkapi fitur Ultra Night Video, Multi-Scene Night View, hingga Mode Potret yang luar biasa. Sektor tersebut memang sangat wajib untuk dihadirkan, pasalnya Xiaomi 12 dibanderol dengan harga Rp9.9 jutaan.

Apabila Anda ingin membelinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 beserta spesifikasi dan harganya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Langsung saja simak ulasan di bawah ini sampai habis, agar tidak ada informasi yang terlewatkan.

Kelebihan Xiaomi 12

Kelebihan Xiaomi 12

1. Desain Juara

Xiaomi 12 mempunyai beberapa elemen yang membuatnya tampil juara seperti modul kamera belakang, posisi kamera depan, dan juga bentuk layar. Selain itu, ponsel ini juga sangat nyaman digenggam mengingat Xiaomi 12 dibuat dengan build quality serta finishing yang cukup baik.

Ponsel ini juga memberikan 3 (tiga) opsi warna yaitu Blue, Gray, dan juga Purple. Dimensi dari Xiaomi 12 sendiri adalah 152.7 x 69.9 x 8.16 mm dengan berat 180 gram untuk varian penutup belakang kaca.

Kemudian, untuk varian kulit sintetis memiliki dimensi 152.7 x 69.9 x 8.66 dengan bobot 179 gram. Bisa dikatakan, Xiaomi 12 memiliki berat yang sangat pas alias tidak berat dan tidak ringan.

2. Layar AMOLED

Selanjutnya Xiaomi 12 memiliki layar dengan bentang 6,28 inci. Kemudian panel yang digunakan adalah AMOLED yang juga dilengkapi oleh teknologi LTPO, resolusi layar dari Xiaomi 12 adalah Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan piksel 419 ppi. Adapun refresh rate yang didukung cukup tinggi yaitu 120 Hz dengan touch sampling rate hingga 480 Hz.

Berbagai macam fitur juga turut di hadirkan oleh Xiaomi demi meningkatkan pengalaman pengguna saat menatap layar pada ponsel ini. Antara lain adalah sensor cahaya 360 derajat untuk autobrightness, anti-flicker, sensor deteksi detak jantung, sensor pemindai sidik jari dalam layar serta Always-on display.

Jika Anda sering melakukan aktivitas diluar ruangan atau sering membawa sebuah smartphone ketika berlibur ke ruangan terbuka (outdoor), Xiaomi 12 memang masih bisa diandalkan. Bagaimana tidak, ia memiliki tingkat kecerahan hingga 1100 nit (peak).

3. Kamera Juara

Xiaomi 12 hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang bertengger di belakang ponsel. Triple Camera tersebut terdiri dari kamera utama berkemampuan 50 MP, kamera ultrawide 13 MP dan juga kamera telemakro 5 MP, ketiga kamera tersebut juga sudah ditemani dengan 1 (satu) buah LED Flash dual-tone.

Lalu kemudian, kamera selfie dari Xiaomi 12 beresolusi 32 MP yang juga dilengkapi teknologi EIS (Electronic Image Stabilization). Untuk kamera utama dari si ponsel bisa merekam video hingga resolusi 8K pada 24 fps. Sedangkan, untuk kamera selfie hanya bisa merekam video sampai resolusi Full HD pada 30 dan juga 60 fps.

4. Dapur Pacu

Untuk perfoma Xiaomi 12 ditenagai oleh SoC (System on Chip) paling garang di tahun 2022 ini, ia adalah bikinan Qualcom yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Dimana, SoC (System on Chip) ini dirancang dengan arsitektur CPU baru dengan fabrikasi 4 nanometer yang lebih hemat daya dan kencang dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Snapdragon 888.

Komponen yang dikandung oleh SoC (System on Chip) Xiaomi 12 adalah CPU terdapat 1  (satu) inti Kryo Prime (3,0 GHz), 3 (tiga) inti Kryo Gold (2,5 GHz) serta 4 (empat) inti Kryo Silver (1,8 GHz). Untuk GPU-nya sendiri, ia menggunakan Adreno 730 (818 MHz).

Mengingat dapur pacu paling garang di tahun ini, tentu saja Snapdragon 8 Gen 1 sudah mendukung konektivitas 5G. Dengan dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1 ini tentu saja pengguna sudah bisa menjalankan game berat seperti Genshin Impact, Apex Legends, PUBG Mobile, COD Mobile dan lain sebagainya tanpa adanya hambatan seperti lag.

5. Memori Lega

Berkat SoC (System on Chip) dari Snapdragon 8 Gen 1 tentu saja Xiaomi 12 dikonfigurasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Dengan begitu, pengguna bisa mengunduh banyak aplikasi, menyimpan file penting, dan lain sebagainya. Namun, ponsel Xiaomi 12 ini tidak menghadirkan slot microSD.

Oleh karena itu, jika penyimpanan internal 256 GB tersebut penuh. Anda harus memindahkan file penting tersebut ke sebuah flashdisk maupun dihapus.

6. Baterai Awet

Xiaomi 12 hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang sangat awet. Sebab, Snapdragon 8 Gen 1 dibangun dengan proes fabrikasi 4 nm yang terbilang sangat hemat daya serta menggunakan panel AMOLED yang cukup irit daya dibandingkan dengan IPS LCD dan TFT LCD. Kemudian, ia juga dibekali dengan fitur fast charging 67W, pengisian cepat nirkabel 50W, serta pengisian balik 10W.

Protokol pengisian Power Delivery 3.0 dan juga Quick Charge 4+ juga didukung. Berbicara soal pengisian daya, ponsel ini bisa mengisi daya dari 0% sampai 100% hanya membutuhkan waktu 39 menit saja. 

7. Speaker Stereo

Ponsel ini juga mewarisi konfigurasi speaker stereo dari Xiaomi Mi 11. Artinya, terdapat 2 (dua) output suara yang diletakkan di bagian bawah dan atas pada Xiaomi 12. Dimana speaker ini disetel oleh Harman Kardon dan didukung juga dengan preset Dolby Atmos. 

Untuk suara yang dihasilkan oleh Xiaomi 12 ini juga sangat mantap dan berkualitas. Bahkan, banyak juga penguji mengatakan hal yang sama. Apabila Anda suka mendengarkan lagu dan menonton video tanpa menggunakan headset atau earphone, Xiaomi 12 layak untuk dibeli.

8. Konektivitas Lengkap

Xiaomi 12 juga memiliki konektivitas yang lengkap, seperti halnya dukungan 5G. Bukan sampai disitu saja, konektivitas selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah tersedianya fitur NFC (Near Filed Communications) untuk mengecek saldo eMoney, mengisi saldo eToll dan sejenisnya. 

Kemudian terdapat juga infrared yang sudah menjadi ciri khas bagi Xiaomi, Bluetooth, GPS hingga USB Type-C. Selain konektivitas, Xiaomi 12 juga mendukung sensor sidik jari di dalam layar, accelerometer, proximity, gryo scope, compass hingga color spectrum.

Kekurangan Xiaomi 12

Kekurangan Xiaomi 12

1. Bodi Licin

Meskipun Xiaomi mengklaim bahwasannya desain dari Xiaomi 12 juara. Akan tetapi, bodi dari Xiaomi 12 terbilang cukup licin. Mungkin hal ini memang sangat wajar, mengingat sebagian besar smartphone dengan penutup belakang kaca tentu saja akan licin. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi pada Xiaomi 12 dengan penutup belakang dengan kulit sintetis.

Apabila Anda membeli Xiaomi 12 dengan penutup belakang kaca, ada baiknya berhati-hati ketika melakukan unboxing pada ponsel ini. Sebaiknya, ketika Anda membeli Xiaomi 12, langsung saja membeli case untuk terhindar dari bahaya.

Tak hanya licin saja, Xiaomi 12 juga ternyata masih belum memiliki IP Rating maupun sertifikasi ketahanan air dan juga debu. Padahal, sudah banyak ponsel 2 sampai 3 jutaan yang sudah memiliki IP Rating.

2. Perekam Video

Xiaomi 12 memang sangat bisa diandalkan untuk keperluan fotografi. Akan tetapi, sangat disayangkan si ponsel masih belum bisa melakukan perekaman video pada resolusi 4K untuk kamera depannya. Bagaimana tidak, kamera depan dari Xiaomi 12 hanya mampu merekam video sampai resolusi Full HD alias 1080p saja.

Paling tidak kamera depan dari Xiaomi 12 bisa merekam video pada resolusi 2K yang memberikan detail lebih, dengan begitu video tidak akan pecah saat di-crop. Untuk kamera belakang sih tidak ada masalah, dikarenakan sudah bisa merekam video hingga resolusi 8K.

Spesifikasi Xiaomi 12

Spesifikasi Xiaomi 12

  • Warna : Blue, Gray, Purple.
  • Dimensi : 152.7 x 69.9 x 8.2 mm.
  • Berat : 179 gram dan 180 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.28 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 5G (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, MIUI 13.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, fast charging 67W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 13 MP + 5 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Xiaomi 12

Harga Xiaomi 12

Di pasar Indonesia Xiaomi 12 dibanderol dengan harga Rp9.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan juga penyimpanan internal 256 GB. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati dapur pacu yang cukup ngebut, layar yang lebih mulus dan warna yang lebih jelas, baterai awet, kamera memadai, tersedia speaker stereo hingga konektivitas 5G dan adanya fitur NFC (Near Filed Communications).

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain