Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57 - Spesifikasi & Harga

Ketika ingin membeli OPPO A57, ada baiknya pertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan OPPO A57 beserta spesifikasi dan harganya.

OPPO A57 secara resmi diperkenalkan pada bulan Juli 2022 yang menyasar konsumen kelas menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau. Ponsel ini hadir dengan desain yang lebih segar dan sejumlah fitur baru untuk melanjutkan kesuksesan varian A series di kelas mid-range, khususnya ponsel OPPO A55.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57

Beberapa fitur yang dimaksud adalah adanya fitur RAM Extension untuk menambah RAM virtual untuk memperlancar kinerja smartphone, fitur SuperVOOC 33W yang merupakan fitur fast charging buatan OPPO yang sangat handal dalam mengisi daya baterai dengan cepat.

Dengan adanya fitur tersebut, harga OPPO A57 juga tidak begitu mahal, ia hanya dibanderol dengan harga Rp2 jutaan saja. Umumnya, fitur SuperVOOC 33W cukup jarang ditemukan pada ponsel Rp2 jutaan. Sebab, beberapa ponsel Rp2 jutaan rata-rata menggunakan fast charging 18W.

Namun, sekarang Anda sudah bisa mendapatkannya pada OPPO A57. Perlu diketahui juga bahwa OPPO A57 bukanlah ponsel yang sempurna, sehingga terdapat juga kekurangan yang patut untuk ditoleransikan mengingat dengan harga ekonomis, pengguna tidak perlu berharap lebih.

Kelebihan OPPO A57

Kelebihan OPPO A57

1. Desain OPPO Glow

OPPO A57 sendiri masih mengusung desain premium yang diberi nama OPPO Glow. Desain mewah dan juga ramping dengan teknologi ikonik yang satu ini awalnya diperkenalkan pada OPPO Reno series. Dengan menggunakan desain OPPO Glow, penutup belakang si ponsel nampak berkilau warnanya sesuai dengan pencahayaan sekitar.

Penutup belakangnya juga sudah dilengkapi dengan lapisan khusus yang membuat jamur dan sidik jari tidak mudah menempel. Bukan hanya itu saja, pada bagian tepian bodi juga nampak sedikit menonjol guna melindungi layar ketika ponsel OPPO A57 terjatuh secara tidak sengaja.

Selanjutnya, kamera pada bagian belakang bodi si ponsel menggunakan modul kamera yang cukup minimalis. Bodi belakang si ponsel terdapat 2 (dua) buah kamera besar yang berjejer ke bawah dan juga kamera tersebut dilengkapi dengan lampu flash.

Tidak hanya desain yang begitu memukau di kelasnya, OPPO A57 juga tampak mengalami peningkatan dan bobot dari series sebelumnya. Sebab, ponsel ini memiliki dimensi 163.8 x 75.1 x 8 mm dengan bobot 186 gram.

Adapun 2 (dua) varian warna turut dihadirkan oleh pihak perusahan. Diantaranya adalah Hijau Bersinar dan juga Hitam Bersinar.

2. Layar Mumpuni

Layar dari OPPO A57 memiliki bentang 6,56 inci yang tergolong cukup besar dan cukup nyaman digunakan ketika scrolling media sosial, browsing, hingga menonton video. Kemudian, layar dari OPPO A57 memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel. Layar dari si ponsel juga juga dapat menghasilkan tampilan yang cukup cerah dan warnanya cukup berimbang. Sebab, terdapat fitur 100% DCI-P3, 96% NTSC dan juga 100% sRGB.

Untuk panelnya sendiri tentu masih menggunakan panel IPS LCD. Kendati demikian, ia mampu menampilkan grafis game yang begitu halus, dengan detail yang memuaskan. Menariknya lagi adalah OPPO A57 ini telah dibekali dengan pemindai sidik jari yang terletak di bodi samping, menyatu dengan tombol power sehingga terlihat lebih modern dibandingkan sidik jari di bagian belakang.

3. Kamera Cukup Baik

OPPO A57 memiliki kamera utama berkemampuan 13 MP dengan bukaan f/2.2 yang juga dilengkapi dengan autofocus berteknologi open-loop focus motor. Selanjutnya, kamera kedua dari si ponsel memiliki resolusi 2 MP sebagai fungsi AI dengan bukaan f/2.4. Mode kamera yang ditawarkan juga sederhana seperti halnya ponsel Rp2 jutaan lain seperti Portrait, Sticker, Pro Mode, Panorama, Time Lapse dan Short Video.

Sementara itu, OPPO A57 memiliki kamera selfie dengan resolusi 8 MP pada bukaan f/2.0. Terlebih lagi, kamera selfie ini sudah dilengkapi dengan fitur mode malam yang sangat cantik. Soal perekaman video, resolusi Full HD pada 30 fps adalah resolusi puncak yang dapat dihasilkan.

4. Baterai Besar

Kebanyakan ponsel saat ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, tidak terkecuali OPPO A57. Dimana baterai besar tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama ketika bermain game hingga scrolling media sosial. Dengan demikian, manajemen daya dari si ponsel terbilang cukup baik.

Bahkan, OPPO A57 juga turut menghadirkan fitur SuperVOOC 33W yang juga telah disertakan di dalam kotak pembelian. Dikutip dari kanal YouTube Infofull bahwa ponsel ini mampu mengisi daya baterai dari 0% hingga 100% dalam jangka waktu 78 menit saja.

5. Durabilitas Sangat Baik

Ponsel ini diklaim memiliki durabilitas yang sangat baik di kelasnya. Bagaimana tidak, si ponsel sudah lolos uji secara ketat yang bertujuan untuk menciptakan suatu perangkat yang bebas khawatir serta tahan terhadap gorsan. OPPO A57 juga cukup tangguh ketika terjatuh, menekan tombol, dan cuaca buruk.

Selain itu, OPPO A57 juga tahan terhadap debu dan juga air dikarenakan sudah mengantongi sertifikasi IP5X dan tahan air IPX4, atau jika digabungkan menjadi IP54. Dengan harga Rp2 jutaan saja, tentu ponsel ini sudah sangat wort it untuk dibeli.

6. RAM Expansion

Soal memori, OPPO A57 hadir dengan RAM 4 GB dengan jenis LPDDR4X @ 1600 MHz, dual 16-bit channels dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Apabila penyimpanan internal tersebut masih terasa kurang, maka pengguna bisa menambahkan microSD hingga 1 TB. Terlebih lagi, ponsel yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan ini sudah dibekali dengan fitur RAM Expansion.

Perlu diketahui bersama bahwa fitur ini berfungsi untuk memperluas RAM Virtual yang diambil dari memori internal. Dilansir dari laman resmi OPPO Indonesia, RAM yang dapat diperluas adalah sebesar 4 GB sehingga total RAM yang dimiliki adalah 8 GB.

7. Speaker Stereo

Kelebihan OPPO A57 selanjutnya adalah ia sudah menghadirkan fitur Ultra-liner Stereo Speaker pada ponsel yang satu ini. Bukan hanya itu saja, speaker dengan konfigurasi stereo ini telah didukung dengan teknologi DIRAC 3.0 untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. 

Untuk speaker utama dari si ponsel diletakkan di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya menyatu dengan earpice.

Kekurangan OPPO A57

Kekurangan OPPO A57

1. Chipset Kurang Bersaing

OPPO A57 sendiri disokong oleh SoC (System on Chip) dari MediaTek yaitu Helio G35 yang dimana SoC ini berada di kelas menengah ke bawah. Helio G35 mengandung 8 (delapan) core CPU, dengan komposisi 4 (empat) core berbasis Cortex A53 (2,3 GHz) dan juga 4 (empat) core berbasis Cortex A53 (1,8 GHz). 

Tidak hanya CPU, komponen lain yang dikandung antara lain adalah GPU IMG PowerVR GE8320 650MHz, teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI hingga modul 4G. Jika disimpulkan, SoC dari MediaTek Helio G35 ini memang tidak cocok digunakan untuk bermain game berat seperti Genshin Impact dan sejenisnya.

2. Refresh Rate 60 Hz

Ponsel ini sendiri memiliki bentang layar 6,56 inci yang memang cukup mampu dalam menampilkan detail dan warna yang cukup baik. Akan tetapi, layar tersebut hanya didukung dengan refresh rate 60 Hz saja yang tentunya kualitasnya sudah banyak yang mengetahuinya. Untuk itu, hal ini cukup mengecewakan banyak konsumen sebab sudah kebanyakan ponsel di rentang harga yang sama menawarkan refresh rate 90 Hz dan sejenisnya.

3. Kamera Standar

Kekurangan OPPO A57 yang terakhir adalah memiliki kamera yang standar, dimana hasilnya biasa-biasa saja dan tidak ada yang perlu di-istimewakan meskipun kamera selfie dari OPPO A57 ini sudah dibekali dengan fiur Mode Malam. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah besar dikarenakan OPPO A57 menghadirkan fitur menarik seperti RAM Expansion dan SuperVOOC 33W. Sehingga, beberapa komponen wajib untuk dikorbankan guna menekan harga menjadi lebih murah.

Spesifikasi OPPO A57

Spesifikasi OPPO A57

  • Warna : Hijau Bersinar, Hitam Bersinar.
  • Dimensi : 163.74 x 75.03 x 7.99 mm.
  • Berat : 187 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G35.
  • GPU : IMG GE8320.
  • RAM : 4 GB + 4 GB RAM Expansion.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W Super VOOC.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga OPPO A57

Harga OPPO A57

Dilansir dari OPPO Official Store di beberapa marketplace yang ada di Indonesia, OPPO A57 dibanderol dengan harga Rp2.399.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB.  Dengan harga tersebut, di dalam kotak pembelian Anda akan mendapatkan pengisi daya, kabel data USB Type-C, alat ejektor SIM, panduan keamanan, panduan cepat, hingga case pelindung.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain