0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad Air - Spesifikasi & Harga

Satu per satu jenama yang umumnya berfokus pada perangkat smartphone berupaya menciptakan apa yang disebut dengan ekosistem. Mereka tidak hanya menawarkan smartphone kepada konsumen. Akan tetapi, mereka juga menawarkan TWS (True Wireless Stereo), smartbrand, smartwatch, tablet dan lain sebagainya untuk mendukung penggunaan smartphone.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad Air

Kini, OPPO juga mencoba mengikuti tren ekosistem tersebut. Tepatnya pada Juni 2022, OPPO meluncurkan sebuah tablet yang diberi nama OPPO Pad Air, sebuah perangkat yang memang sebelumnya tidak pernah digarap.

OPPO Pad Air sendiri hadir dengan dapur pacu mumpuni di kelasnya untuk menunjang kebutuhan pekerjaan, gaming dan kegiatan multimedia lainnya. Melalui ulasan kali ini, penulis akan membagikan kelebihan dan kekurangan OPPO Pad Air beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO Pad Air

Kelebihan OPPO Pad Air

1. Desain Elegan

Ketika Anda melihat bodi bagian belakangnya tentu saja akan langsung memberikan kesan elegan. Permukaan belakang dengan material logam tersebut memiliki 2 (dua) bagian. Bagian yang besar itu dipoles dengan finishing OPPO Glow. Berkat finishing tersebut, permukaan bodi dari si tablet akan terbebas dari noda sidik jari. Permukaan ini pun juga memiliki tekstur 3 (tiga) dimensi yang dapat dirasakan ketika pengguna menyentuhnya.

Pihak perusahaan sendiri menyebutnya dengan istilah Sunset Dune 3D Texture. OPPO pun juga mengaku desain tersebut terinspirasi dari keindahan bukit pasir saat matahari terbenam. Selanjutnya, bagian yang kecil memiliki finishing bermotif garis-garis, seperti logam yang sudah dibakar. Kedua jenis finishing tersebut digabung dengan rangka bermodel datar alias flat, sehingga tampilan si tablet cukup estetik.

OPPO Pad Air sendiri memiliki dimensi 245.1 x 154.8 x 6.9 mm dengan bobot 440 gram. Untuk bobotnya sendiri mungkin terbilang cukup berat, hal ini menandakan si ponsel hadir dengan baterai yang sangat besar untuk menunjang kebutuhan sehari-hari penggunanya.

2. Layar Lebar

Tablet ini dibekali layar berdiagonal 10.36 inci, layar ini juga menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 2K alias 2000 x 1200 piksel pada aspek rasio 5:3. OPPO juga mengklaim bahwa layar 225 ppi (pixel per inch) ini dapat memancarkan hingga 1 miliar warna dan tingkat kecerahan warna mencapai 360 nit. Menariknya, si tablet sudah dilengkapi sensor cahaya, untuk itu layarnya dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan pencahayaan sekitar.

Bukan hanya itu saja, OPPO Pad Air juga telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland yang artinya layar dari si tablet mampu mengurangi emisi cahaya biru, sehingga sangat aman untuk mata jika Anda menggunakan tablet dalam waktu lama bahkan berjam-jam.

3. Dapur Pacu

OPPO Pad Air ditopang oleh SoC (System on Chip) Snapdragon 680 buatan Qualcom. Dimana, Snapdragon 680 mengandung 8 (delapan) inti CPU (Central Processing Unit). Rinciannya adalah 4 (empat) Kryo 265 Gold berbasis Cortex A73 (2.4 GHz), serta 4 (empat) inti Kryo 265 Silver berbasis Cortex A53 (1.9 GHz). CPU (Central Processing Unit) ini juga disatukan dengan beragam komponen melalui fabrikasi 6 nanometer.

Beberapa komponen itu diantaranya GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610, prosesor AI alias DSP Hexagon 686, prosesor gambar atau ISP Spectra 346, dan juga Modem X11 LTE. Berdasarkan pengujian gaming yang dilakukan oleh Infofull bahwa OPPO Pad Air ini mampu menjalankan beberapa game seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Apex Legends dan lain sebagainya.

4. Baterai Badak

OPPO Pad Air mengandung baterai badak berkapasitas 7100 mAh yang terbilang sangat besar. OPPO sendiri juga mengklaim bahwa baterai si tablet mampu bertahan hingga 15 jam untuk aktivitas video call, ataupun 12 jam untuk memutar video. Ketika diuji melalui PC Mark, tablet ini masih sanggup bertahan hingga 12 jam, dimana tes dilakukan dengan level kecerahan 100 nit saja.

Apabila Anda menggunakan OPPO Pad Air untuk pekerjaan ringan seperti browsing, berselancar di media sosial dan sejenisnya. Si tablet dapat dikatakan sanggup bertahan hingga 2 (dua) hari. Adapun sektor daya tablet ini didukung oleh fast charging 18W. Bukan yang terbaik, namun dengan adanya fitur pengisian cepat tersebut akan sedikit mempercepat proses pengisian daya baterai.

Charger dengan fitur fast charging 18W ini juga mampu mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam kurun waktu 1 jam 40 menit saja. Selain fitur fast charging, OPPO Pad Air juga mempunyai fitur lain seperti reverse charging alias pengisian balik.

5. Kamera

Sektor pengabadi gambar OPPO Pad Air diperkuat oleh 2 (dua) kamera. Terdiri dari kamera belakang berkemampuan 8 MP autofokus dengan bukaan f/2.0, dan juga kamera selfie fixed focus beresolusi 5 MP pada bukaan f/2.2. Untuk kamera belakang dan juga kamera selfie, ia mampu merekam video hingga resolusi Full HD alias 1080p pada 30 fps.

Perlu diketahui, sektor kamera memang tidak terlalu ditonjolkan untuk sebuah perangkat tablet. Untuk itu, hasil kamera yang mungkin kurang dirasa memuaskan wajib untuk dimaklumi. Akan tetapi, keberadaan kamera di perangkat tablet tetap diperlukan untuk melakukan video call dan memotret dokumen.

6. Speaker

OPPO Pad Air ternyata memiliki speaker dengan kualitas suara yang lantang. Bagaimana tidak, si tablet memiliki setidaknya 4 (empat) speaker. Mengenai karakternya, suara frekuensi menengah seperti vokal manusia bisa cukup baik dihasilkan. Sementara itu, suara frekuensi tinggi alias treble seperti bunyi peluit dan bel, terbilang biasa saja.

Dengan begitu, OPPO Pad Air juga sangat cocok digunakan untuk menonton film atau sekedar mendengarkan lagu. Sehingga, headset tidak diperlukan untuk tablet ini mengingat kualitas suara yang dihasilkan sudah cukup lantang.

7. Extended RAM

Secara global, OPPO Pad Air menyediakan 2 (dua) varian memori yaitu RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan juga 128 GB. Apabila masih dirasa kurang, pengguna bisa kok menambahkan microSD hingga berkapasitas 512 GB. Oh iya, OPPO Pad Air juga ternyata menghadirkan fitur Extended RAM, lho. Dimana, fitur ini bisa memperluas RAM Virtual hingga 3 GB. Sehingga, total RAM Virtual yang Anda gunakan nantinya adalah RAM 7 GB.

Kekurangan OPPO Pad Air

Kekurangan OPPO Pad Air

1. Konektivitas Seluler

OPPO Pad Air memang mendukung konektivitas WiFi 5 serta Bluetooth 5.1. Akan tetapi, konektivitas seluler masih belum bisa dimanfaatkan di dalam si tablet. Sebab, tidak ada slot kartu SIM yang disediakan. Hanya terdapat slot microSD yang dapat menampung memori hingga berkapasitas 512 GB saja.

Untuk itu, pengguna sangat memerlukan sebuah modem atau WiFi agar si tablet bisa terhubung dengan koneksi internet. Jika tidak memiliki modem maupun WiFi, maka Anda bisa memanfaatkan hotspot dari smartphone yang Anda gunakan untuk sehari-hari.

2. Refresh Rate 60 Hz

Meskipun si tablet mengusung panel IPS LCD dengan resolusi 2K. Namun, angka refresh rate-nya cukup standar yaitu 60 Hz. Oleh karena itu, pengalaman yang lebih mulus saat melakukan scrolling lini masa di aplikasi media sosial belum dapat dirasakan.

Akan tetapi, refresh rate 60 Hz merupakan suatu hal yang wajar mengingat OPPO Pad Air merupakan sebuah perangkat tablet yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Spesifikasi OPPO Pad Air

Spesifikasi OPPO Pad Air

  • Warna : Gray, Silver.
  • Dimensi : 245.1 x 154.8 x 6.9 mm.
  • Berat : 440 gram
  • Layar : IPS LCD, 1200 x 2000 piksel, 10.36 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.
  • Baterai : Li-Po 7100 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga OPPO Pad Air

Harga OPPO Pad Air

Berdasarkan dari beberapa informasi yang penulis dapatkan, OPPO Pad Air sendiri memang masih belum rilis di Indonesia. Akan tetapi, ia sudah dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia. Dilansir dari laman resmi GizmoChina, OPPO Pad Air dibanderol dengan harga 1.299 yuan atau sekitar Rp2.8 jutaan untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB. 

Sementara itu, OPPO Pad Air varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga 1.499 Yuan atau sekitar Rp3.2 jutaan. Setelah penulis telusuri lebih dalam, ternyata ada beberapa toko online yang sudah melayani PreOrder untuk produk OPPO Pad Air. Berikut link pembeliannya!