Kelebihan dan Kekurangan POCO F4 GT - Spesifikasi & Harga

Hadir dengan desain gaming dan perfoma ngebut, inilah dia kelebihan dan kekurangan POCO F4 GT beserta spesifikasi dan harganya!

POCO F4 GT diluncurkan pada Juli 2022 bersamaan dengan POCO F4 5G yang sebelumnya sudah penulis bahas pada artikel sebelumnya. Namun, POCO F4 5G hadir di segmen mid-range dan POCO F4 GT hadir di segmen flagship. Bisa dikatakan, ponsel ini memiliki fitur-fitur yang cukup serupa dengan seri Black Shark, ASUS ROG Phone dan beberapa ponsel flagship khusus gaming lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan POCO F4 GT

Bagaimana tidak, POCO F4 GT hadir dengan perfoma garang yaitu Qualcom Snapdragon 8 Gen 1. Selain perfoma yang cukup garang, terdapat juga sebuah kamera yang bisa dikatakan cukup berkualitas meskipun si ponsel dikhususkan untuk kebutuhan gaming.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai seluk beluk dari POCO F4 GT ini? Untuk itu, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan POCO F4 GT beserta spesifikasi dan harganya untuk dijadikan bahan pertimbangan apakah ponsel ini layak untuk dibawa pulang atau tidak.

Kelebihan POCO F4 GT

Kelebihan POCO F4 GT

1. Desain Gaming

Mengingat si ponsel dikhususkan untuk kebutuhan bermain game, tentu saja POCO F4 GT hadir dengan desain gaming seperti halnya Black Shark, ASUS ROG Phone dan sejenisnya. Nuansa desain ponsel ini juga cukup kental, menghadirkan bilah segitiga yang mencuat dari sisi luar ke dalam, lampu flash berbenuk petir, dan modul kamera yang sangat luar biasa istimewanya.

Di bagian tengah, terdapat aksen 1 (satu) garis yang menjuntai dari atas sampai bawah sehingga menjadikannya kian futuristik. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada beberapa opsi warna yang bisa disesuaikan pengguna, seperti Stealth Black, Cyber Yellow, hingga Knight Silver.

HP gaming ini juga memiliki dimensi 162.5 x 76.7 x 8.5 mm dengan bobot 210 gram. Oh iya, demi memperkuat layar dari kerusakan akibat tergores dari benda yang cukup tajam, maka pihak perusahaan sudah menyematkan lapisan Gorilla Glass Victus yang merupakan salah satu kaca pelindung terkuat di industri smartphone.

Lantas mengapa ponsel ini begitu berat hingga mencapai bobot 210 gram meskipun ia hanya menggendong baterai di bawah 5.000 mAh? Hal ini dikarenakan, POCO F4 GT menggunakan material berbahan kaca alias bukan plastik polikarbonat yang digunakan pada ponsel kelas entry.

2. Layar OLED

POCO F4 GT mengusung panel OLED berukuran 6,67 inci yang memiliki resolusi Full HD alias 1080 x 2400 piksel. Layar si ponsel juga telah mengusung aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel 395 ppi, hal ini tentu menandakan bahwa POCO F4 GT dapat menampilkan ketajaman yang super tinggi.

Layar POCO F4 GT sendiri juga sudah mendukung gamut warna DCI-P3 guna menyajikan tampilan warna yang sangat akurat dengan warna aslinya. Selanjutnya, bagi Anda yang sangat suka dalam menonton film maka nantinya akan dimanjakan dengan rentang dinamis layar yang cukup luas.

Dikarenakan, layar si ponsel telah mengantongi standar kualitas HDR10+ yang biasanya dimiliki oleh ponsel flagship. Dengan kontras rasio sebesar 5.000.000:1, setiap adegan akan memunculkan warna hitam yang paling gelap dan warna putih yang sangat terang.

Layar POCO F4 GT mengusung laju penyegaran atau refresh rate yang tinggi yaitu 120 Hz dan touch sampling rate 480 Hz. Ponsel ini juga sanggup mencapai tingkat kecerahan sebesar 468 nit secara manual, dan 761 nit ketika pada mode Auto.

3. Perfoma Gahar

Kebanyakan smartphone flagship dan bahkan ponsel Rp10 jutaan ke atas juga mayoritas menggunakan SoC (System on Chip) dari Qualcom yaitu Snapdragon 8 Gen 1. SoC ini mengusung konfigurasi prosesor octa core yang meliputi 1 (satu) inti Kryo Prime berbasis ARM Cortex X2 (3 GHz), 3 (tiga) unit Kryo Gold berbasis ARM Cortex A710 (2.5 GHz), dan 4 (empat) inti hemat daya Kryo Silver berbasis ARM Cortex A510 (1.8 GHz).

Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 juga mengusung set intruksi ARMv9 untuk menunjang kebutuhan rendering grafis tinggi, ia pun sudah ditemani oleh GPU berupa Adreno 730 (818 MHz). Berkat SoC tersebut, ia hadir dengan konfigurasi memori RAM 8 GB dan ROM 128 GB, serta RAM 12 GB dan ROM 256 GB.

Dilansir dari kanal YouTube Handara Comic bahwa POCO F4 GT cukup bisa diandalkan untuk bermain game seperti Mobile Legends (60 fps Ultra), PUBG Mobile (HDR – Extreem), Apex Legends (Ultra-HD-Ultra), Genshin Impact (Medium 60 fps), dan beberapa game lainnya juga cukup disanggupi oleh ponsel ini.

4. Kamera

Sebagaimana yang sudah penulis singgung sebelumnya bahwa si ponsel memang dikhususkan untuk gaming. Kendati demikian, POCO F4 GT juga masih memperhatikan kualitas kameranya. Dengan begitu, ponsel ini hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang berisikan kamera utama 64 MP (Sony IMX 686, 1/1,7 inci, apertur f/1.9), kamera ultrawide beresolusi 8 MP (OmniVision OV08856, FOV 120 derajat, fixed focus), terakhir kamera makro beresolusi 2 MP.

Di sisi depan, POCO F4 GT hadir dengan kamera selfie beresolusi 20 MP berupa Sony IMX596 yang cukup menawan. Terdapat juga mode Auto Night Mode, Manual Night Mode, dan mode tanpa Night Mode pada pemotretan kondisi di dalam hari.

Sektor perekaman video, resolusi 4K pada kecepatan 30 fps maupun 60 fps adalah resolusi maksimum yang disanggupi oleh smartphone POCO F4 GT.

5. Fast Charging 120W

POCO F4 GT hadir dengan baterai 4.700 mAh yang juga memiliki fitur fast charging 120W yang jarang dimiliki pada industri smartphone. Beruntung, di dalam kotak pembelian juga turut hadir dengan casan 120W sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Pihak perusahaan mengklaim jika fitur fast charging 120W ini mampu mengisi baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu 17 menit saja.

Ponsel ini mampu menghadirkan endurancing rating sebesar 81 jam, dengan durasi telepon 3G selama 18 jam 36 menit, melakukan browsing selama 11 jam 41 menit, dan video playback 13 jam 30 menit. 

6. Quad Speaker Stereo

Demi menunjang kebutuhan gaming, POCO F4 GT telah menghadirkan quad stereo speaker, dua di atas dan dua di bawah. Peletakkan semua speaker tersebut juga cukup convenient untuk menghasilkan suara yang cukup kencang meskipun ketika sedang bermain game. Untungnya, posisi ke-empat dari stereo speaker tersebut diletakkan pada bagian atas pada sisi kiri dan kanan sehingga tidak akan tertutupi jari atau tangan ketika bermain game.

POCO F4 GT juga telah mendapatkan skor kelantangan speaker -27,4 LUFS yang membuatnya mendapatkan predikat Good.

7. Tombol Pop-Up Trigger

Sebagai smartphone gaming tentu saja ponsel ini dilengkapi fitur menarik yaitu tombol Pop-Up Trigger yang berfungsi untuk membidik musuh, menembak, melancarkan skill ulti dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda tidak perlu lagi membeli gamepad tambahan. Selain itu, dengan hadirnya Pop-Up Trigger ini juga membuat pengguna menjadi lebih praktis ketika mengakses aplikasi-aplikasi tertentu, contohnya saja seperti aplikasi Kamera.

Alhasil, Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi Kamera secara manual. Cukup tekan tombol Pop-Up Trigger lantas Anda akan langsung menuju aplikasi tersebut.

Kekurangan POCO F4 GT

Kekurangan POCO F4 GT

1. Tidak Ada Slot MicroSD

Tidak jauh seperti ponsel flagship lainnya, POCO F4 GT juga tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas memori eksternal. Oh iya, bagi Anda yang memilih varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB mungkin sangat wajib untuk memperhatikan penggunaan aplikasi. Namun, jika memiliki anggaran yang lebih, ada baiknya memilih varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB agar memori internal lebih luas dibandingkan 128 GB.

2. Jack Audio 3,5 mm Absen

Ketika sedang bermain game mungkin banyak dari mereka yang sangat suka menggunakan earphone atau headset. Akan tetapi, POCO F4 GT tidak terdapat 3,5 mm jack audio. Untuk itu, Anda harus menggunakan earphone TWS atau headset yang memang sudah mendukung USB Type-C. Bukan hanya di ponsel flagship saja, ponsel mid-range juga sudah kebanyakan tidak menghadirkan jack audio 3,5 mm jack audio.

Spesifikasi POCO F4 GT

Spesifikasi POCO F4 GT

  • Warna : Stealth Black, Cyber Yellow, Knight Silver.
  • Dimensi : 162.5 x 76.7 x 8.5 mm.
  • Berat : 210 gram.
  • Layar : OLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 8 Gen 1 5G (4 nm).
  • GPU : Adreno 730.
  • RAM : 6 GB / 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, MIUI 13.
  • Baterai : Li-Po 4700 mAh, Fast Charging 120W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 20 MP.

Harga POCO F4 GT

Harga POCO F4 GT

POCO F4 GT dibanderol dengan harga Rp8.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Hanya saja, varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB tidak diketahui harga resminya. Bahkan, dari beberapa informasi yang sudah penulis himpun juga tidak mendapatkan jawaban. Jika tertarik untuk membeli POCO F4 GT, langsung saja klik tombol di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain