Kelebihan dan Kekurangan POCO M4 Pro - Spesifikasi & Harga

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan POCO M4 Pro beserta spesifikasi dan harganya? Jika iya, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Kelebihan dan kekurangan POCO M4 Pro akan penulis ulas pada kesempatan kali ini, dimana ponsel yang satu ini dirilis pada Maret 2022. Terdapat 2 (dua) varian yang dirilis di pasar Indonesia diantaranya RAM 6 GB dan juga penyimpanan internal 128 GB, serta RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Bukan hanya itu, POCO M4 Pro juga memiliki beberapa varian warna yang dipasarkan di tanah air seperti Cool Blue, POCO Yellow, hingga Power Black.

Kelebihan dan Kekurangan POCO M4 Pro

Smartphone ini pun disokong oleh SoC (System on Chip) gaming yaitu Helio G96 dari MediaTek. Hanya saja, versi MediaTek Helio G96 masih belum mendukung konektivitas 5G. Akan tetapi, Anda juga bisa kok memilih varian 5G namun dengan harga dan spesifikasi yang sedikit berbeda. Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, ia juga telah menghadirkan fitur RAM Expansion yang bisa memperluas RAM hingga 3 GB.

Harga Rp3 jutaan ini mungkin terbilang cukup terjangkau mengingat POCO M4 Pro hadir dengan berbagai macam fitur unggulan serta komponen yang menarik untuk dibahas. Sebelum berniat untuk membelinya, ada baiknya simak ulasan di bawah mengenai kelebihan dan kekurangan POCO M4 Pro beserta spesifikasi dan harga.

Kelebihan POCO M4 Pro

Kelebihan POCO M4 Pro

1. Desain

POCO M4 Pro mempunyai desain yang cukup ringkas dari sebelumnya, lebih tipis dan juga tipis serta tampilannya sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Khususnya dibagian kamera depan yang sudah menggunakan desain punch hole atau dot-in. Selanjutnya, si ponsel memiliki dimensi 159.9 x 73.9 x 8.1 mm dengan berat 179.5 gram yang tidak begitu berat ketika digenggam.

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya bahwa POCO M4 Pro memiliki beberapa varian warna seperti Cool Blue, POCO Yellow, dan juga Power Black. Untuk penutup belakang dari si ponsel masih menggunakan material plastik polikarbonat.

Di sisi samping, terdapat pemindai sidik jari yang sudah menyatu dengan tombol daya. Di atasnya, terdapat tombol volume. Lanjut ke sisi kiri, ponsel ini sudah menyediakan Dual SIM beserta microSD. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan 2 (dua) kartu bersamaan dengan microSD tanpa harus mengorbankan salah satu SIM Card.

2. Layar AMOLED

Untuk memperkuat sektor tampilan si ponsel ini adalah AMOLED beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel dengan bentang 6.43 inci. Panel layar ini memiliki rasio 20:9, ia pun juga telah mendukung refresh rate 90 Hz. Oleh karena itu, pengalaman scrolling hingga bermain game terbilang cukup nyaman dikarenakan begitu smooth.

Agar layarnya tahan terhadap goresan dari benda yang cukup tajam atau retakan, maka POCO M4 Pro sudah diberi lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 3. Tidak cukup sampai disitu saja, bodi dari si ponsel juga sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang tahan terhadap cipratan air dan juga debu.

3. Perfoma

Selanjutnya POCO M4 Pro disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G96 yang mencakup proses fabrikasi 12 nanometer dengan prosesor 8 (delapan) inti, terdiri dari atas 2 (dua) inti berkinerja tinggi berupa Cortex A76 (2.05 GHz), serta 6 (enam) inti hemat daya Cortex A55 (2 GHz). Untuk itu, Anda bisa membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa adanya lag. Bahkan, untuk kebutuhan gaming juga masih cukup bisa diandalkan.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari kanal Youtube Smart Buyer bahwa POCO M4 Pro masih bisa menjalankan game populer seperti Genshin Impact (Low 60 fps), Free Fire Max (rata kanan), PES 2021 (High, 60 fps), Apex Legends (Balance - High), Mobile Legends (High - Ultra), COD Mobile (Medium – High), dan juga PUBG Mobile (Balanced - Ultra).

4. Kamera

Terdapat 3 (tiga) kamera yang berada di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 64 MP dengan bukaan f/1.8, kamera ultrawide beresolusi 8 MP pada bukaan f/2.2, sampai dengan kamera makro beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Sementara itu, kamera selfie dari POCO M4 Pro ini memiliki resolusi 16 MP bukaan f/2.4.

Fitur fotografi kamera belakang dari ponsel ini juga cukup banyak yaitu Kamera AI, Mode HDR, Mode Malam, Mode 64 MP, Mode Foto Pro, Mode Makro, serta Mode Potret. Selanjutnya, untuk fitur fotografi kamera selfie terdapat juga beberapa fitur menarik seperti HDR, Mode Potret, Bokeh dan Depth Control, Beautify, Filter, Palm Shutter, dan juga Mode Panorama.

Bukan hanya fitur fotografi, adapun juga fitur video kamera selfie seperti Filter Video, Beautify, Bingkai Film, dan juga Video Singkat yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

5. Baterai

POCO M4 Pro menggendong baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang siap memanjakan penggunanya untuk bermain gadget seharian. Entah itu digunakan untuk scrolling media sosial, menonton film, mendengarkan musik, telepon seluler, dan lain sebagainya. Mengingat baterainya cukup besar, maka ponsel ini juga ikut menghadirkan teknologi pengisian cepat 33W.

Dengan demikian, proses pengisian daya baterai terbilang cukup cepat. Dilansir dari kanal Youtube Mysterious Tech G&T bahwa proses pengisian daya dari ponsel ini membutuhkan waktu 1 jam 7 menit 12 detik.

6. RAM Expansion

Seperti yang sudah penulis katakan sebelumnya bahwa ponsel ini terdapat 2 (dua) varian yang dihadirkan di tanah air diantaranya RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB, hingga RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Meskipun hadir dengan RAM yang sudah lebih dari cukup, ponsel ini juga tampaknya memberikan opsi untuk memperluas RAM tersebut dikarenakan si ponsel hadir dengan fitur RAM Expansion hingga 3 GB untuk varian RAM 8 GB saja.

Bagi Anda yang memilih varian RAM 6 GB, mungkin tidak akan bisa menikmati fitur menarik ini. Oh iya, jika penyimpanan internal POCO M4 Pro dirasa masih kurang, maka Anda masih bisa memperluasnya lantaran ponsel ini sudah menyediakan slot microSD.

7. Fitur NFC

POCO M4 Pro juga telah mendukung fitur NFC (Near Field Communications) yang dimana fitur ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan cek saldo eMoney, mengisi saldo eToll, melakukan transfer data dengan lebih cepat dan mudah, transfer kontak dan masih banyak lagi. Fitur NFC (Near Field Communications) ini memang cukup wajib dihadirkan untuk ponsel masa kini, mengingat sudah kebanyakan vendor di kelas entry pun juga sudah terdapat fitur NFC.

8. Speaker Stereo

Mungkin banyak dari mereka yang mempertimbangkan kualitas suara ketika membeli sebuah smartphone. Beruntung, POCO M4 Pro hadir dengan speaker stereo yang cukup nendang dan jernih dikarenakan ia meletakkan dual speaker ini di bagian atas dan juga bawah. Sehingga, bagi mereka yang sangat suka dalam menonton film, mendengarkan musik atau bahkan bermain game akan sangat nyaman dengan hadirnya speaker stereo. 

Kekurangan POCO M4 Pro

Kekurangan POCO M4 Pro

1. Perekaman Video

Bisa dikatakan kualitas kamera dari POCO M4 Pro ini memang cukup baik lantaran hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri atas 64 MP kamera utama, 8 MP kamera ultrawide, dan 2 MP kamera makro. Selanjutnya, di sisi depan terdapat 16 MP kamera selfie yang cukup baik untuk kebutuhan video call, selfie dan sejenisnya. 

Hanya saja, soal perekaman video masih belum mendukung resolusi 4K. Sebab, POCO M4 Pro hanya bisa meraih resolusi 1080p pada 30 fps soal perekaman video. Untuk itu, kualitas 1080p kurang baik jika Anda adalah seorang konten kreator yang suka membuat konten berupa video dan nantinya di upload ke media sosial seperti YouTube, TikTok, Facebook dan sejenisnya.

2. Belum Mendukung HDR

Spesifikasi layar dari POCO M4 Pro juga cukup baik berkat panel layar yang digunakan AMOLED beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Akan tetapi, bagi Anda yang mendambakan sertifikasi HDR untuk pemutaran konten yang lebih memuaskan tidak akan bisa dikarenakan POCO M4 Pro masih belum mengantongi sertifikasi HDR atau belum mendukung HDR.

Spesifikasi POCO M4 Pro

Spesifikasi POCO M4 Pro

  • Warna : Cool Blue,  POCO Yellow, Power Black.
  • Dimensi : 159.9 x 73.9 x 8.1 mm.
  • Berat : 179.5 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.43 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G96 4G (12 nm).
  • GPU : Mali G57 MC2.
  • RAM : 6 GB / 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 11, MIUI 13 for POCO.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga POCO M4 Pro

Harga POCO M4 Pro

POCO M4 Pro untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.299.000 rupiah. Sementara itu, varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp3.499.000 rupiah. Oh iya, harga di toko offline tentunya akan cukup berbeda dari harga resmi POCO M4 Pro. Untuk itu, penulis rekomendasikan untuk membelinya melalui tautan di bawah ini agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain