0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pop 5 LTE - Spesifikasi & Harga

Tecno Pop 5 LTE diluncurkan pada bulan Januari 2022 untuk mengisi segmen pemula di kelas Rp1 jutaan. Ponsel ini memang sangat menarik apabila dilihat dari harganya. Bagaimana tidak, di harganya yang Rp1 jutaan membuat ponsel ini diminati oleh banyak orang, khususnya pelajar yang sedang membutuhkan ponsel untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pop 5 LTE

Dibanderol dengan harga Rp1.1 jutaan. Tecno Pop 5 LTE hadir dengan baterai besar yaitu 5.000 mAh, layar lebar dan lain sebagainya. Nah, pada artikel ini penulis akan mencoba memaparkan kelebihan dan kekurangan Tecno Pop 5 LTE beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno Pop 5 LTE

Kelebihan Tecno Pop 5 LTE

1. Desain Berkelas

Umumnya kebanyakan ponsel di rentang harga Rp1 jutaan hanya menawarkan desain ala kadarnya, alias polos. Akan tetapi, Tecno Pop 5 LTE berani tampil berbeda dengan para rivalnya untuk memikat perhatian banyak orang agar tertarik untuk membeli ponsel ini. Bagaimana tidak, si ponsel hadir dengan desain trendi khususnya pada bagian belakang yang memiliki 2 (dua) polesan. 

Sekitar 1/4  bagian yang segaris dengan modul kamera, memiliki pola garis-garis diagonal. Selanjutnya, terdapat juga logo TECNO yang berada di pojok kanan bawah yang cukup berkelas meskipun ia dibanderol dengan harga ekonomis.

Tecno Pop 5 LTE memiliki dimensi 164.9 x 76.1 x 8.8 dengan berat 195 gram. Bukan hanya itu, terdapat juga 3 (tiga) varian warna yang bisa dipilih oleh pengguna. Antara lain Ice Blue, Deepsea, dan Turquoise Cyan.

2. Layar Lebar

Tecno Pop 5 LTE diperkuat panel layar IPS LCD dengan bentang 6,52 inci yang memiliki resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). IPS LCD sendiri memang sudah sangat baik dipasangkan pada ponsel yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan. Pasalnya, panel ini dapat memberi tampilan dengan warna jernih, dan sudut pandang yang lumayan baik.

Dengan layar lebar berukuran 6,52 inci tentu saja pengguna akan sangat nyaman ketika menggunakan ponsel ini untuk menonton film dan lain sebagainya. Oh iya, terdapat juga fitur autobrigtness yang mendukung layar pada Tecno Pop 5 LTE.

Hadirnya fitur tersebut tentu akan memungkinkan kecerahan layar dapat disesuaikan secara otomatis sesuai dengan pencahayaan di sekitar. Entah itu diluar ruangan, atau bahkan didalam ruangan. Adapun layar dari si ponsel memiliki kepadatan piksel 269 ppi, refresh rate 60 Hz, serta touch sampling rate 120 Hz.

3. Perfoma

Tecno Pop 5 LTE disokong SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A yang dibangun atas proses fabrikasi 28 nanometer. Adapun 8 (delapan) inti CPU Unisoc SC9863A didesain dengan arsitektur Cortex A55, 4 (empat) inti 1,6 GHz dan 4 (empat) inti lainnya 1,2 GHz. Unisoc SC9863A juga mengandung GPU PowerVR IMG8322.

SoC (System on Chip) yang digunakan oleh Tecno Pop 5 LTE ini memang kurang bisa diandalkan dalam bermain game. Memang benar, dikarenakan si ponsel bukan didesain untuk bermain game, melainkan untuk pemakaian sehari-hari seperti browsing, scrolling media sosial dan sejenisnya.

Kendati demikian, Anda juga masih bisa menjalankan game seperti Mobile Legends dengan grafis terendah agar game ini bisa berjalan dengan lancar. Lalu bagaimana dengan game PUBG Mobile? Sebenarnya sih bisa-bisa saja, asalkan Anda menggunakan grafis rata kiri.

4. Kamera

Sektor kamera, Tecno Pop 5 LTE dibekali dengan 2 (dua) lensa kamera yang berada di bagian belakang bodi. Dimana, kamera utamanya memiliki resolusi 8 MP, dan kamera sekundernya merupakan AI. Kamera belakang dari ponsel ini dilengkapi dengan autofokus, lampu flash ganda, dan dapa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Resolusi 8 MP pada kamera utama dari si ponsel ternyata cukup baik sehingga masih dapat diandalkan untuk kebutuhan fotografi. Selain kamera belakang, Tecno Pop 5 LTE juga membekali kamera selfie beresolusi 5 MP yang juga dilengkapi lampu flash.

5. Baterai Besar

Baterai besar berkapasitas 5.000 mAh ini memang menjadi salah satu andalan dari Tecno Pop 5 LTE. Dengan demikian, baterai ini masih sangat bisa diandalkan untuk pemakaian ponsel hingga seharian penuh. Untuk itu, Anda bisa membawa si ponsel berpergian untuk menemani aktivitas tanpa khawatir kehabisan baterai.

Hanya saja, Tecno Pop 5 LTE tidak dibekali dengan fitur fast charging. Sehingga, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu yang tergolong lama. Maka dari itu, waktu terbaik untuk mengecas si ponsel adalah menjelang tidur pada malam hari.

6. Fingerprint

Di kelas Rp1 jutaan memang tidak banyak produsen smartphone yang membekali ponsel mereka dengan fitur kemanan ekstra, khususnya fingerprint. Alhasil, mereka hanya bisa memanfaatkan pola, kata sandi, PIN dan sejenisnya untuk keamanan. Beruntung, Tecno Pop 5 LTE memiliki fitur ini yang diletakkan di bagian belakang bodi.

Kekurangan Tecno Pop 5 LTE

Kekurangan Tecno Pop 5 LTE

1. Memori

Tecno Pop 5 LTE hadir dengan konfigurasi RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB yang sangat kurang ideal untuk smartphone masa kini. Hanya dengan mengandalkan RAM 2 GB saja, tentu ketika membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan akan terasa lemot alias lag. Inilah alasan mengapa si ponsel tidak ideal digunakan untuk bermain game.

Soal penyimpanan internal-nya yang hanya 32 GB saja tentu itu tidak menjadi masalah. Sebab, ia masih menyediakan slot microSD untuk menyimpan banyak file seperti foto, video, audio, aplikasi dan lain-lain.

2. Masih Menggunakan MicroUSB

Bisa dikatakan port dari Tecno Pop 5 LTE masih belum kekinian. Ya, port dari si ponsel hanya mengandalkan microUSB, bukan USB Type-C seperti kebanyakan smartphone masa kini. Sehingga, Anda tidak bisa mencolokkan bolak balik ketika ingin mengisi daya. Akan tetapi, hal ini wajib untuk ditoleransikan mengingat ia hanya dibanderol dengan harga Rp1 jutaan lebih sedikit.

Spesifikasi Tecno Pop 5 LTE

Spesifikasi Tecno Pop 5 LTE

  • Warna : Ice Blue, Deepsea, dan Turquoise Cyan.
  • Dimensi : 164.9 x 76.1 x 8.8 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC98632 (28 nm).
  • GPU : IMG8322.
  • RAM : 2 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11, HIOS 7.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Tecno Pop 5 LTE

Harga Tecno Pop 5 LTE

Berdasarkan dari informasi yang sudah penulis himpun dari berbagai sumber terpercaya, bahwa Tecno Pop 5 LTE dibanderol dengan harga Rp1.249.000 rupiah dengan varian RAM 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Oh iya, di dalam kotak penjualan Anda akan mendapatkan hardcase dan pelindung layar.