Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 3 - Spesifikasi & Harga

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 3? Berikut akan penulis jabarkan secara lengkap beserta spesifikasi dan harganya.

Tecno Indonesia kembali meluncurkan ponsel terbaru mereka pada Juni 2022, yakni Tecno POVA 3. Ponsel yang satu ini diluncurkan dengan sejumlah fitur baru dan spesifikasi mumpuni untuk melanjutkan kesuksesan varian Tecno POVA 2. Dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, Tecno POVA 3 hadir dengan ponsel ala gaming namun harga yang lebih mudah dijangkau banyak orang.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 3

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati perfoma mumpuni, desain ala gaming, baterai badak berkapasitas 7.000 mAh, kamera utama yang begitu jernih sehingga cukup bisa diandalkan untuk kebutuhkan fotografi, dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 3? Berikut akan penulis jabarkan secara lengkap beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno POVA 3

Kelebihan Tecno POVA 3

1. Desain ala Gaming

Meskipun ponsel ini memiliki harga yang cukup murah, namun desainnya tidak murahan. Karena, Tecno POVA 3 hadir dengan desain ala gaming, di bagian belakang terdapat garis yang membelah bagian punggung secara vertikal dan terdapat juga LED strip di dalam belahan tersebut, khususnya pada varian Electric Blue.

LED Strip tersebut bisa menyala untuk berbagai skenario seperti untuk memberitahukan notifikasi masuk, panggilan masuk, dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, kamera belakang si ponsel kembali ke modul lawas, dengan kamera tanpa adanya modul. 

Bagian belakang bodi Tecno POVA 3 terdapat 3 (tiga) buah kamera yang berjejer rapi ke bawah yang juga dilengkapi oleh 2 (dua) buah LED Flash. Tecno POVA 3 sendiri memiliki dimensi 173.1 x 78.5 x 9.4 mm dengan bobot 230 gram yang cukup berat, dikarenakan ia menggendong baterai badak 7.000 mAh.

Uniknya, Tecno POVA 3 sudah mengantongi sertifikasi IPX2 yang membuat si ponsel tahan terhadap percikan air. Oh iya, di Indonesia terdapat 3 (tiga) varian warna yang bisa dipilih yaitu Electric Blue, Tech Silver, dan juga Eco Black.

2. Layar Besar

Dikhususkan untuk gaming, maka tak heran jika Tecno POVA 3 hadir dengan layar besar yang memiliki bentang 6,9 inci. Kemudian, resolusi dari layar tersebut adalah Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel yang mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan refresh rate tinggi, tentu saja ia mampu memberikan tampilan yang lebih mulus serta responsif.

Layarnya sendiri bisa dikatakan cukup enak ketika digunakan untuk bermain game, menonton film, scrolling media sosial, dan sejenisnya. Meskipun ia masih menggunakan panel IPS LCD, ponsel ini mampu menampilkan grafis game yang cukup halus, lebih detail dan tentu saja memuaskan pengguna.

Uniknya, Tecno POVA 3 sudah dibekali dengan fitur pemindai sidik jari yang terletak di samping bodi, dimana ia menyatu dengan tombol power. Penempatan fitur tersebut memang sudah sangat baik dibandingkan diletakkan dibagian belakang bodi.

3. Perfoma Menakjubkan

Hadir sebagai ponsel mid-range yang dikhususkan untuk gaming, Tecno POVA 3 disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang mampu menghasilkan kinerja tinggi sekaligus memaksimalkan usia baterai shingga pengalaman gaming bisa menjadi lebih lama. SoC (System on Chip) ini juga mengandung 8 (delapan) core CPU.

Komposisinya 2 (dua) core berbasis Cortex A75 (2.0 GHz), dan 6 (enam) core berbasis Cortex A55 (1.8 GHz). Lalu kemudian, ada juga komponen lain yang dikandung antara lain GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 MC2 berkecepatan 1 GHz, teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI (Artificial Intelligence) sampai dengan modul 4G terbaru untuk dual SIM 4G ganda.

Dilansir dari pengujian game test yang dilakukan oleh Legawa Gadget menggunakan Tecno Pova 3. Ponsel ini mampu menjalankan game-game berat seperti PUBG Mobile dengan grafik (Balanced – Ultra), eFootball 2022, Asphalt 9 (High Quality), serta Genshin Impact (Lowest 30fps).

4. Memory Fusion

Tecno POVA 3 juga hadir dengan fitur Memory Fusion, dimana untuk varian RAM 4 GB bisa diperluas hingga 3 GB dan diberikan opsional penambahan RAM seperti 1,2 dan 3 GB, namun ekspansi default dari si ponsel adalah 1 GB. Sementara itu, varian RAM 6 GB bisa diperluas hingga 5 GB dengan ekspansi opsional 2,3, dan 5 GB. Akan tetapi, ekspansi default dari si ponsela dalah 3 GB.

Hadirnya fitur Memory Fusion ini tentunya akan membantu pengguna dalam memperluas RAM menjadi lebih besar yang diambil dari memori internal, kecepatan mulai aplikasi meningkat 37% - 43%, dan aplikasi cahce backend meningkat sebesar 4.

Sementara itu, untuk penyimpanan internal dari Tecno POVA 3 ini terbagi menjadi 2 (dua) konfigurasi yaitu 64 GB sampai dengan 128 GB.

5. Baterai Badak

Tecno POVA 3 hadir dengan tagline “Baterai Badak Perfoma Galak”. Oleh sebab itu, ia dibekali dengan baterai berkapasitas badak yaitu 7.000 mAh. Padahal, kebanyakan ponsel Rp2 jutaan menggunakan baterai 5.000 mAh atau mungkin 6.000 mAh seperti Realme Narzo 20. Namun, ponsel ini berani tampil berbeda dengan menghadirkan baterai badak 7.000 mAh yang sudah penulis singgung sebelumnya.

Ia juga telah menyematkan teknologi pengisian cepat 33W dan pengisian balik 10W. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan pengisian daya dari baterai kosong hingga penuh hanya dalam kurun waktu 2 jam lebih 30 menit saja.

6. Kamera Utama 50 MP

Tecno POVA 3 hadir dengan kamera utama beresolusi 50 MP pada bukaan f/1.6, dilengakapi oleh autofokus PDAF. Selanjutnya, terdapat juga kamera kedua beresolusi 2 MP pada fungsi depth atau kedalaman yang memiliki bukaan f/2.4, dan terakhir ada kamera kecil yang ditelakkan di bagian paling bawah beresolusi 2 MP sebagai fungsi AI (Artificial Intelligence).

Sementara itu, pada bagian depan terdapat kamera selfie 8 MP dengan bukaan f/2.0. Mode yang ditawarkan oleh kamera Tecno POVA 3 cukup sederhana yaitu AI Cam, Portrait, Beauty, Panorama, AR Shot, Ultra HD, Pro Mode, Ultra HD, Time Lapse, dan juga Short Video.

Perihal perekaman video dari si ponsel, resolusi 2K pada 30 fps merupakan resolusi puncak yang dapat dihasilkan oleh kamera utama dan kamera selfie.

7. Speaker Ganda Stereo

Guna mengimbangi kualitas visual pada smartphone ini lantaran mempunyai layar mumpuni untuk gaming, ponsel ini juga sudah menghadirkan fitur speaker ganda stereo yang disematkan. Bukan sampai disitu saja, speaker dengan konfigurasi stereo ini juga telah disokong oleh teknologi DTS dual-speaker untuk menghasilkan kualitas suara yang prima.

Speaker uatama dari Tecno POVA 3 diletakkan di bagian bawah, kemudian speaker sekundernya terletak di atas yang menyatu dengan earpiece.

Kekurangan Tecno POVA 3

Kekurangan Tecno POVA 3

1. Ultrawide Absen

Jika Anda sering memotret pemandangan dengan sudut pandang yang luas, maka ponsel Tecno POVA 3 tidak direkomendasikan untuk Anda. Pasalnya, ponsel ini memang didesain khusus untuk kebutuhan gaming. Sehingga, pengguna hanya bisa mengandalkan kamera utama berkemampuan 50 MP yang sudah disematkan si ponsel. Dengan absen-nya kamera ultrawide juga sudah cukup wajar kok, bahkan banyak juga HP 2 jutaan yang tidak menghadirkan ultrawide.

2. Pelindung Layar Tidak Ada

Selanjutnya adalah Tecno POVA 3 tidak menghadirkan pelindung layar di dalam kotak pembelian. Untuk itu, menggunakan ponsel ini harus sangat berhati-hati agar tidak terkena goresan benda tajam yang tidak disengaja atau terjatuh. Agar lebih aman, Anda bisa membelinya secara terpisah.

Spesifikasi Tecno POVA 3

Spesifikasi Tecno POVA 3

  • Warna : Electric Blue, Tech Silver, ECO Black.
  • Dimensi : 173.1 x 78.5 x 9.4 mm.
  • Berat : 230 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.9 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G88 (12 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 11 Go Edition, HiOS.
  • Baterai : Li-Po 7000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno POVA 3

Harga Tecno POVA 3

Perlu diketahui, harga ponsel ini berbeda-beda setiap variannya. Jika Anda memilih varian Electric Blue yang limited edition ini lantaran terdapat RGB yang berada di bagian belakang, maka Anda harus rela mengeluarkan kocek sebesar Rp2.699.000 rupiah. Sedangkan, untuk varian Eco Black dan Tech Silver lebih murah lantaran tidak ada RGB di belakangnya, ia hanya dibanderol dengan harga Rp2.599.000 rupiah saja.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain