Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA Neo - Spesifikasi & Harga

Mampukah ponsel ini bersaing dengan rivalnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Tecno POVA Neo.

Tecno Mobile memang benar-benar serius dalam menggarap pasar smartphone dengan harga murah atau terjangkau di pasar Indonesia. Hal tersebut mereka tunjukkan lewat konsistensi dalam meluncurkan produk baru, salah satunya adalah Tecno POVA Neo yang dirilis pada Januari 2022.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA Neo

Ponsel terbaru dari Tecno Mobile ini sangat unggul di sektor baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh dan juga dibekali fitur pengisian cepat 18W. Tidak hanya itu saja, ponsel yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan ini juga memiliki desain yang tidak norak alias cukup trendi. Sehingga, Tecno POVA Neo tidak terlihat seperti smartphone murahan.

Hadirnya Tecno POVA Neo di segmen entry-level tepatnya di harga Rp1 jutaan. Tentu saja akan membuat persaingan ponsel di harga Rp1 jutaan akan semakin memanas. Lantas, mampukah ponsel ini bersaing dengan rivalnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penulis akan membagikan kelebihan dan kekurangan Tecno POVA Neo beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno POVA Neo

Kelebihan Tecno POVA Neo

1. Desain Trendi

Desain dari Tecno POVA Neo bisa dikatakan tidak norak atau murahan, melainkan cukup trendi di kelasnya. Penutup belakang dari si ponsel terbuat dari plastik polikarbonat, terdapat pula 2 (dua) pola yang menghiasi penutup belakangnya. Pola tersebut berupa garis-garis vertikal, segaris dengan penutup belakang-nya.

Pola kedua berupa tekstur bercorak diagonal, menutupi 2/3 bagian penutup belakang. Sementara itu, terdapat juga fingerprint yang diletakkan di bagian belakang yang cekung kebawah, terdapat juga modul kamera persegi panjang dengan warna hitam yang tampak berkilauan.

Soal dimensi, Tecno POVA Neo memiliki dimensi 171.4 x 77.3 x 9.1 mm dengan bobot yang tidak penulis ketahui. Sebab, di laman resmi Tecno Mobile juga tidak mencantumkan hal ini. Perkiraan dari penulis sih di atas 200 gram lantaran ia menggendong baterai badak berkapasitas 6.000 mAh.

2. Layar Lebar

Selanjutnya si ponsel dibekali layar dengan panel IPS LCD berukuran 6,8 inci yang juga memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1640 piksel. Dengan layar yang cukup lebar ini, tentu saja Tecno POVA Neo sangat cocok digunakan untuk menonton film, scrolling media sosial lantaran layar yang cukup mendukung dan sejenisnya.

Layar dari Tecno POVA Neo juga telah mendukung refresh rate standar yaitu 60 Hz dengan touch sampling 120 Hz. Dapat disimpulkan, layar dari si ponsel begitu responsif ketika digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

3. Perfoma Oke

Ketika mencari ponsel di rentang harga Rp1 jutaan memang tidak perlu berharap lebih, mengingat ponsel di harga tersebut tidak dikhususkan untuk gaming, melainkan untuk aktivitas sehari-hari. Namun, Tecno POVA Neo juga masih disokong oleh perfoma yang terbilang oke, yakni MediaTek Helio G25.

SoC (System on Chip) ini mengandung 8 (delapan) core CPU dengan arsitektur Cortex A53 (4 core 2.0 GHz dan 4 core 1.5 GHz). Terdapat juga GPU PowerVR GE8320 650 MHz yang dibikin melalui proses manufaktur 12 nanometer.

Dilansir dari Gadgetfren ketika dilakukan pengujian untuk gaming, Tecno POVA Neo ini masih sanggup untuk menjalankan beberapa game. Contohnya seperti Mobile Legends (High) dan PUBG Mobile (Smooth-Medium). 

4. Memori

Tecno POVA Neo sendiri mengandung memori yang begitu ideal di kelasnya. Memori internal dari si ponsel ini adalah 64 GB dan RAM 4 GB. Bisa dikatakan memori tersebut cukup lega, dimana pengguna bisa menyimpan beberapa aplikasi media sosial, game Mobile Legends dan PUBG Mobile atau sejenisnya, foto, video, audio dan sejenisnya.

Ketika masih dirasa kurang, maka jangan khawatir. Sebab, pengguna masih bisa menambahkan microSD hingga berkapasitas 128 GB. Dengan hadirnya RAM 4 GB pada ponsel ini, maka Tecno POVA Neo masih cukup membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

5. Baterai Badak

Sebagaimana yang sudah penulis singgung sebelumnya bahwasannya Tecno POVA Neo hadir dengan baterai badak berkapasitas 6.000 mAh. Mengingat baterainya yang cukup besar, tentu saja Anda bisa scrolling media sosial, bermain game, dan sejenisnya dalam waktu yang cukup lama.

Bukan hanya besar, baterai Tecno POVA Neo juga untungnya sudah dibekali fitur fast charging 18W. Sehingga, proses pengisian daya tidak begitu lama dibandingkan dengan tidak hadirnya fitur pengisian cepat.

6. Kamera Cukup Baik

Tecno POVA Neo mengusung konfigurasi Dual Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 13 MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa AI. Selain itu, di sisi depan terdapat kamera selfie beresolusi 8 MP pada bukaan f/2.0. Oh iya, kedua kamera belakang dan juga selfie juga sama-sama dilengkapi oleh lampu flash. 

4 (empat) lampu untuk kamera belakang, dan 2 (dua) lampu untuk kamera selfie. Soal perekaman video, 1080p pada 30 fps adalah resolusi yang dapat diraih oleh Tecno POVA Neo. Untuk fitur yang disematkan juga terbilang banyak seperti Slow Motion, Beauty, AR Shot, Panorama, Time Lapse, Portrait, autoHDR, hingga Dokumen.

Kekurangan Tecno POVA Neo

Kekurangan Tecno POVA Neo

1. Port USB Jadul

Cukup disayangkan port USB yang digunakan oleh Tecno POVA Neo ini masih tergolong jadul yaitu menggunakan port microUSB, belum menggunakan USB Type-C. Besar kemungkinan ia menggunakan port ini untuk menekan harga jual agar cukup murah dan mudah dijangkau oleh kebanyakan masyarakat. Akan tetapi, pengguna harus berhati-hati ketika sedang mencolokkan kabel casan ke port microUSB agar tidak terbalik.

2. Sensor Kompas Absen

Sensor esensial yang absen dari Tecno POVA Neo ini adalah kompas. Dimana, Anda tidak akan dapat menentukan arah mata angin dan kiblat, terkecuali ponsel ini sudah terhubung dengan koneksi internet. Namun, Anda masih bisa menemukan sensor akselerometer serta proksimitas.

Spesifikasi Tecno POVA Neo

Spesifikasi Tecno POVA Neo

  • Warna : Obsidian, Geek Blue, Powehi.
  • Dimensi : 171.4 x 77.3 x 9.1 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G25 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11, HiOS 7.6.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno POVA Neo

Harga Tecno POVA Neo

Harga Tecno POVA saat rilis di Indonesia adalah Rp1.639.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 64 GB. Oh iya, terdapat 3 (tiga) opsi warna yang bisa Anda pilih seperti Obsidian, Geek Blue, dan juga Powehi. Apakah Anda tertarik untuk membeli ponsel ini? Jika iya, langsung saja klik link pembelian yang sudah penulis siapkan di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain