Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 8C - Spesifikasi & Harga

Berikut ini penulis akan memberikan ulasan terkait kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 8C beserta spesifikasi dan harganya.

Mendengar sebuah smartphone yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, tentu saja banyak pengguna yang beranggapan bahwa ponsel tersebut tidak memiliki keunggulan dan tidak bisa diandalkan untuk bermain game. Akan tetapi, Tecno Spark 8C tidak demikian. Sebab, ia hadir dengan spesifikasi mumpuni di kelasnya, bahkan ponsel Rp1 jutaan ini mampu bersaing dengan smartphone di kelas Rp2 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 8C

Hal itu dikarenakan, Tecno Spark 8C hadir dengan beberapa keunggulan seperti  Memory Fusion yang dapat memperluas RAM, baterai berkapasitas besar yang sanggup bertahan seharian penuh, dapur pacu yang cukup baik ketika digunakan untuk bermain game berat. Oleh karena itulah, penulis mengatakan ponsel ini bisa bersaing dengan HP 2 jutaan.

Apabila mencari sebuah smartphone murah namun kualitas mumpuni, mungkin banyak dari mereka yang mengingat kubu Infinix, Realme, dan mungkin Xiaomi. Akan tetapi, dengan hadirnya Tecno Spark 8C membuat persaingan ponsel kelas pemula semakin memanas. Bahkan, ponsel ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

Penasaran dengan apa saja yang membuat ponsel ini menjadi incaran banyak orang, khususnya pelajar? Berikut ini penulis akan memberikan ulasan terkait kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 8C beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno Spark 8C

Kelebihan Tecno Spark 8C

1. Desain

Jika Anda sedang mencari sebuah smartphone murah namun dengan desain yang cukup unik, mungkin Tecno Spark 8C bisa dijadikan pilihan yang tepat. Sehingga, Anda bisa memamerkannya ke teman-teman dikala sedang berkumpul dikarenakan desain-nya tidak malu-maluin. Mengusung bahan material plastik polikarbonat di punggungnya, Anda akan menemukan aksen garis-garis yang berjajar di samping bodi si ponsel.

Di atas garis-garis berjajar tersebut, Anda nantinya akan menemukan sebuah kalimat “STOP A NOTHING” yang mencerminkan kinerja unggul pada ponsel ini. Lalu kemudian, di atas kalimat tersebut Anda juga akan menemukan tulisan dari brand “TECNO SPARK” yang lebih kecil.

Selanjutnya, di samping modul kamera Tecno Spark 8C Anda akan menemukan fingerprint yang cukup rapi. Dengan meletakkan fingerprint di samping modul kamera, tentu desain dari si ponsel tidak akan terhalangi oleh fingerprint tersebut.

Terdapat juga 4 (empat) varian warna yang diluncurkan oleh Tecno Spark 8C di Indonesia diantaranya adalah Turquoise Cyan, Magnet Black, Iris Purple, dan juga Diamond Gray. HP ini memiliki dimensi 164.6 x 76 x 9 mm. Akan tetapi, Tecnk Mobile tidak melampirkan bobot dari si ponsel.

2. Layar Besar

Tecno Spark 8C memiliki layar yang tergolong besar dan kaya akan fitur dalam memberikan kenyamanan lebih pada pengguna. Sebab, Tecno Spark 8C menghadirkan bentang layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1612 piksel) dan aspek rasio 20:9. Dengan desain depan yang menggunakan bezel tipis, layarnya diketahui bisa memberikan imersi cukup mendalam ketika pengguna bermain game, menonton film dan lain sebagainya.

Selain itu, ponsel ini juga menyuguhkan refresh rate tinggi 90 Hz yang akan menampilkan animasi dan scrolling secara lebih mulus dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz biasanya. Bisa dikatakan, refresh rate 90 Hz di harga Rp1 jutaan patut untuk diapresiasi.

3. Perfoma Memadai

Biasanya ponsel murah yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan menggunakan dapur pacu yang kurang memadai, seperti Snapdragon 450, MediaTek Helio G35, dan sejenisnya. Akan tetapi, Tecno Spark 8C hadir dengan perfoma memadai yang ditopang dengan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T606 yang memiliki kinerja tinggi di kelasnya.

Hal ini sungguh merupakan sebuah SoC (System on Chip) yang cukup istimewa di kelasnya, membawakan prosesor 8 (delapan) inti dengan cakupan 2 (dua) inti Cortex A75 dan 6 (enam) unit Cortex A55, kedelapannya memiliki clock speed 1,6 GHz.

SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T606 ini dibuat pada proses fabrikasi 12 nm yang juga turut hadir dengan GPU yang apik berupa Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz. Dengan begitu, pengguna akan bisa bermain game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, Asphalt 9, PES 2021, sampai dengan Genshin Impact.

4. Memory Fusion

Tidak hanya perfoma yang memadai, Tecno Spark 8C rupanya menghadirkan fitur Memory Fusion yang dimana dapat memperluas RAM hingga 3 GB. Di pasar Indonesia, Tecno Spark 8C hadir dengan konfigurasi RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Memori tersebut bisa dikatakan cukup besar di kelasnya, mengingat kebanyakan ponsel di kelas yang sama dan harga yang mirip rata-rata hanya menawarkan RAM 3 GB atau RAM 2 GB dengan ROM 32 GB atau sejenisnya.

Apalagi si ponsel sudah menyediakan fitur Memory Fusion yang membuat si ponsel menjadi terlihat istimewa dan sangat layak untuk dibeli. Ketika Anda hanya memiliki budget 1 jutaan saja, mungkin ponsel Tecno Spark 8C sangat rekomendasi buat Anda lantaran HP ini bisa melibas game berat, contohnya seperti Genshin Impact.

5. Baterai Besar

Mayoritas smartphone yang hadir di tahun 2022 sudah menggunakan baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh. Tidak peduli apakah itu ponsel segmen entry-level, Rp2 jutaan atau bahkan di atasnya, dimana baterai 5.000 mAh sendiri memang sudah menjadi standar baru di industri smartphone, khususnya Tecno Spark 8C yang kali ini sedang dibahas.

Ketahanan baterai dari Tecno Spark 8C juga tergolong sangat baik dikarenakan ia mampu bertahan seharian penuh bahkan lebih, tergantung dari pemakaian. Ketika digunakan bermain PUBG Mobile, baterai dari si ponsel hanya berkurang 10% saja. Hal itu memang cukup wajar, mengingat resolusi HD+ terbilang lebih irit daya dibandingkan Full HD+.

6. Kamera Solid

Sekilas mungkin ponsel ini hadir dengan konfigurasi Tripe Camera. Akan tetapi, lensa yang berfungsi hanya 2 (dua) saja. Dimana, kamera utama memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan diafragma f/1.8, dan lensa kedua adalah QVGA atau yang biasa disebut dengan lensa AI (Artificial Intelligence). Fitur kamera dari Tecno Spark 8C meliputi AI Scene Recognition, HDR, dan memiliki lampu flash untuk membantu penerangan atau menangkap objek di ruangan gelap atau kondisi gelap.

Sementara itu, untuk kamera selfie ia hanya dibekali dengan lensa beresolusi 8 MP yang dibaluti dengan fitur lampu flash. Berbicara mengenai perekaman video, kamera belakang mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps. Akan tetapi, penulis tidak menemukan resolusi yang sanggup dihasilkan oleh kamera selfie sebab tidak dicantumkan di laman resminya.

Kekurangan Tecno Spark 8C

Kekurangan Tecno Spark 8C

1. Pengisian Daya 10W

Hadir dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh memang sudah menjadi keunggulan dari ponsel ini. Namun, pengguna harus kecewa lantaran ponsel ini hanya mendukung pengisian 5V/2A alias 10W alias tidak menghadirkan fitur fast charging, setidaknya 18W. Untuk itu, proses pengisian daya akan menjadi cukup lama dan pengguna harus bersabar.

2. Menggunakan Port MicroUSB

Kebanyakan ponsel keluaran di tahun 2022 rata-rata sudah menghadirkan port USB Type-C, bahkan smartphone di kelas Rp1 jutaan juga sudah menghadirkan port USB Type-C. Contohnya saja seperti Infinix Note 10, Advan GX dan sejenisnya. Namun, Tecno Spark 8C hadir dengan port jadul alias port microUSB untuk pengisian daya.

Sehingga, pengguna harus teliti ketika melakukan pengisian daya agar tidak terbalik. Berbeda halnya dengan USB Type-C yang bisa dicolokkan secara bolak-balik. Tetapi, hal ini wajib untuk ditoleransikan mengingat Tecno Spark 8C sudah menutupinya dengan beberapa keunggulan yang sudah penulis uraikan di atas.

Spesifikasi Tecno Spark 8C

Spesifikasi Tecno Spark 8C

  • Warna : Turquoise Cyan, Magnet Black, Iris Purple,  Diamond Gray.
  • Dimensi : 164.6 x 76 x 9 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T606 (12 nm).
  • GPU : Mali G57 MP1.
  • RAM : 4+3 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 11 Go Edition, HiOS 7.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno Spark 8C

Harga Tecno Spark 8C

Harga Tecno Spark 8C di Indonesia dalah Rp1.545.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Ponsel ini layak untuk dibeli lantaran diklaim sangat cocok untuk anak muda, khususnya pelajar yang ingin memiliki sebuah smartphone murah namun dengan perfoma gahar. Terlebih lagi, ponsel ini sudah dibekali dengan fitur Memory Fusion yang bisa memperluas RAM. Bahkan, game Genshin Impact juga mampu dilibas oleh si ponse. Tertarik untuk membeli? Di bawah ini adalah link pembeliannya!

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain