0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 9T - Spesifikasi & Harga

Tecno Mobile adalah sebuah perusahaan yang terbilang serumpun dengan Infinix dan juga itel. Sebab, portofolio produknya pun serupa, yaitu menghadirkan teknologi canggih namun dengan harga yang terbilang murah sehingga mampu dijangkau oleh berbagai kalangan. Belakangan ini, tepatnya pada bulan September 2022 lalu, Tecno Mobile kembali memperkenalkan produk terbaru mereka dengan nama Tecno Spark 9T.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 9T

Ponsel ini sendiri hadir di segmen entry-level, dimana Tecno Spark 9T ini memang sangat cocok untuk dimiliki oleh siapapun yang memiliki budget atau anggaran minim akan tetapi ingin mendapatkan sebuah smartphone yang masih bisa diandalkan.

Namun, sebelum memastikannya untuk membeli Tecno Spark 9T. Alangkah baiknya simak ulasan berikut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 9T beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Tecno Spark 9T

Kelebihan Tecno Spark 9T

1. Desain

Hal yang paling pertama yang akan dibahas tentu saja desain bodinya yang aesthetic ini, dimana ia memberikan kesan chic yang terbilang menggemaskan sekaligus terlihat elegan. Di saat kebanyakan smartphone menampilkan Camera Island berbentuk persegi panjang dengan warna hitam, kini modul mengelilingi masing-masing dari 2 (dua) lensa kamera. Sebuah approach yang cukup kreatif, terlebih untuk ponsel di segmen entry-level.

Untuk bodi belakangnya sendiri terbuat dari material plastik, namun Tecno Mobile merancangnya seperti berbahan kaca. Secara global, Tecno Spark 9T memiliki beberapa opsi warna yang bisa dipilih. Diantaranya adalah Burano Blue, Vitallity Green, Particle Silver, serta Quantum Black.

Ponsel ini memiliki dimensi 164.3 x 75.6 x 8.7 mm. Akan tetapi, penulis tidak menemukan bobot dari smartphone ini. Sebab, laman resmi Tecno Mobile juga tidak menyertakan hal tersebut.

2. Layar Lebar

Tecno Spark 9T mengusung layar yang begitu imersif demi mendukung pengalaman visual pengguna. Baik itu digunakan untuk menonton film, browsing, bermain game, layar lebar dengan beze tipis ini akan terasa begitu nyaman dan menyenangkan. Si ponsel hadir dengan kamera depan waterdrop notch yang membuat bezel di sekelilingnya cukup ramping.

Layar dari ponsel ini membentang 6,6 inci yang cukup lebar namun nyaman dimata, layarnya juga memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel. Layar dari Tecno Spark 9T pun hadir dengan aspek rasio 20:9 yang disertai kerapatan piksel 266 ppi.

Untungnya ia sudah dilengkapi dengan refresh rate tinggi yaitu 90 Hz. Sehingga, animasi dari si ponsel akan cukup halus ketika Anda scrolling media sosial, bermain game, dan lain sebagainya.

3. Perfoma

Tecno Spark 9T disokong oleh SoC (System on Chip) besutan MediaTek, yakni Helio G37. Sekedar informasi, MediaTek Helio G37 MT6765V/CB mengusung prosesor octa-core ARM Cortex A53 64 bit yang terdiri dari quad-core (2.3 GHz) dan quad core (1.8 GHz), CPU tersebut juga diperkuat oleh grafis yang cukup mumpini di kelasnya yaitu GPU PowerVR Rogue GE8320 680MHz.

SoC (Sytem on Chip) tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4x dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Bukan hanya itu saja, Tecno Spark 9T ini juga sudah dilengkapi fitur Memory Fusion yang bisa memperluas RAM hingga 3 GB. Dengan begitu, total RAM yang akan bisa dinikmati adalah 7 GB.

Apabila masih dirasa kurang, maka Anda masih bisa menyelipkan microSD. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan dual SIM plus microSD secara bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satu kartu SIM.

4. Kamera

Bisa dikatakan Tecno Spark 9T ini adalah salah satu smartphone atau ponsel yang menyuguhkan kamera selfie beresolusi tinggi daripada kamera belakangnya. Bagaimana tidak? Kamera belakang si ponsel hanya mencakup kamera utama berkemampuan 13 MP dengan bukaan f/1.85 dengan kamera bokeh beresolusi 2 MP bukaan f/2.4 serta lensa AI. Sementara itu, kamera selfienya berkemampuan 32 MP.

Dengan mengetahui spesifikasi kamera selfie, tentu saja bisa disimpulkan bahwasannya Tecno Spark 9T ini sangat direkomendasikan untuk selfie. Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan saja, ponsel ini cukup layak untuk dipertimbangkan, khususnya bagi mereka yang mencari smartphone murah namun sangat cocok untuk kebutuhan selfie.

Pada bagian kamera belakang, Anda akan menemukan fitur autofokus untuk lensa utamanya, dan juga 4 (empat) LED Flash dan mode HDR. Selanjutnya di bagian kamera depan, terdapat juga 2 (dua) LED Flash untuk membantu peningkatan cahaya ketika sedang berada di ruangan gelap.

5. Baterai Besar

Sebagian besar ponsel yang dirilis pada tahun 2022 tentu saja rata-rata menggendong baterai besar berkapasitas 5.000 mAh, tidak terkecuali Tecno Spark 9T. Dengan baterai besar tersebut, tentu saja pengguna bisa menggunakan ponsel ini seharian penuh, bahkan bisa juga digunakan untuk 2 (dua) hari. Baik itu digunakan untuk scrolling media sosial, browsing, melakukan panggilan telepon, dan sejenisnya.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan ponsel ini untuk keperluan yang cukup berat seperti bermain game, tentu saja baterainya akan cepat berkurang.

6. Fingerprint di Samping

Biasanya beberapa smartphone entry-level menawarkan fingerprint di bagian belakang bodi atau tidak menghadirkan fingerprint sama sekali. Namun, Tecno Spark 9T berani tampil berbeda dengan beberapa pesaingnya. Tidak hanya menyuguhkan fitur face unlock sebagai fitur pembukaan layar yang cepat, praktis, dan aman.

Melainkan, ponsel ini hadir dengan fitur fingerprint yang berada di samping bodi yang menyatu dengan tombol daya. Fingerprint di samping bodi mungkin akan cukup jarang ditemukan, terlebih di segmen entry-level.

7. Sudah Menggunakan USB Type-C

Apabila Anda sering melihat ponsel murah, khususnya di harga 1 jutaan mungkin lebih sering menggunakan port microUSB yang saat ini bisa dikatakan cukup lawas. Ketika menggunakan port microUSB juga akan sulit dimasukkan ke lubang port, dikarenakan bentuknya trapesium dan tidak simetris.

Lagi-lagi Tecno Spark 9T berhasil membuktikannya bahwa ia adalah pilihan ponsel yang sangat worth it  untuk dibeli lantaran sudah menyuguhkan USB Type-C 2.0 yang lebih modern. Tidak hanya mendukung dimasukkan dari 2 (dua) sisi, USB Type-C juga telah mendukung kecepatan transfer data yang tinggi.

Kekurangan Tecno Spark 9T

Kekurangan Tecno Spark 9T

1. Tidak Ada Fast Charging

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwa Tecno Spark 9T menggendong baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh. Sayangnya, ia tidak dilengkapi fitur fast charging. Dimana, paket penjualan dari si ponsel hanya mencakup casan 10W saja. Untuk itu, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh akan membutuhkan waktu setidaknya 3 jam.

Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan mengingat Tecno Spark 9T sudah menghadirkan beberapa keunggulan seperti menggunakan port USB Type-C 2.0, fingerprint di samping layar, baterai besar, kamera selfie yang sangat mumpuni dan lain sebagainya.

Spesifikasi Tecno Spark 9T

Spesifikasi Tecno Spark 9T

  • Warna : Burano Blue, Vitallity Green, Particle Silver, Quantum Black.
  • Dimensi : 164.3 x 75.6 x 8.7 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G37 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, HiOS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Tecno Spark 9T

Harga Tecno Spark 9T

Harga ponsel Tecno Spark 9T untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang penulis himpun adalah Rp1.699.000 rupiah. Berdasarkan spesifikasi yang sudah penulis sajikan sebelumnya, tentu saja harga dari si ponsel sangat terjangkau dan sepadan dengan harga yang ditawarkan. Jika Anda tertarik untuk membelinya dan ingin mendapatkan harga termurah, langsung saja klik tombol di bawah ini.