0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan vivo V25 5G - Spesifikasi & Harga

vivo Indonesia kembali menyegarkan jajaran produk smartphone mid-range miliknya dengan meluncurkan vivo V25 5G dan juga vivo V25 Pro 5G. Keduanya bisa dikatakan sebuah smartphone yang hadir dengan spesifikasi mumpuni di kelasnya, begitu juga dengan harganya yang terbilang cukup mahal. Namun, jika Anda memilih varian vivo V25 5G tentu saja akan sedikit lebih terjangkau yaitu Rp5 jutaan saja.

Dari segi perfoma, vivo V25 5G ini disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 900 MT6877 yang terbilang cukup kencang. Tidak hanya perfoma yang mumpuni, si ponsel juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti adanya fitur Extended RAM, mendukung NFC (Near Field Communication), teknologi pengisian cepat 44W, dan lain sebagainya.

Bahkan, si ponsel juga memiliki teknologi pendingin yang diberi nama Liquid Cooling System. Artinya, teknologi ini akan bekerja lebih maksimal, efisien, dan tepat waktu dalam membuang dan mengalirkan panas. Sehingga, HP vivo V25 5G tidak mudah panas ketika digunakan untuk bermain game.

Untuk mengetahui apa saja hal-hal menarik yang dimiliki oleh vivo V25 5G. Berikut ini akan penulis jabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan vivo V25 5G beserta harga dan spesifikasinya.

Kelebihan vivo V25 5G

Kelebihan vivo V25 5G

1. Desain

vivo V25 5G sendiri hadir dengan desain yang sangat elegan, dimana si ponsel ini memiliki desain belakang yang premium jauh dari kesan berlebihan di sektor kamera-nya. Hal ini sendiri bisa dilihat pada desain kamera belakang yang cukup minimalis dan terlihat lebih berkelas. Hadirnya color changing ini memungkinkan si ponsel dapat berubah warna pada kondisi pencahayaan tertentu.

Untuk warnanya, terdapat 2 (dua) opsi warna yang bisa dipilih oleh pengguna yaitu Diamond Black, dan juga Aquarium Blue. Oh iya, untuk varian warna Diamond Black, Anda akan melihat desain cahaya berbentuk menyilang di bagian penutup belakangnya.

HP ini memiliki dimensi 159.2 x 74.2 x 7.8 mm dengan bobot 186 gram yang dapat dikatakan cukup ringan alias tidak berat. Sehingga, akan sangat nyaman ketika digenggam menggunakan 1 (satu) tangan saja.

2. Layar AMOLED

Smartphone ini tampaknya mengusung spesifikasi layar dewdrop desain yang terbilang kekinian dengan aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,44 inci, ia pun juga sudah disematkan teknologi panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 409 ppi (Pixel Per Inch) dan juga telah didukung HDR10+.

Dengan mengusung teknologi AMOLED ini tentu dapat menghasilkan warna yang vivid dan menghasilkan warna hitam yang amat pekat, layar tersebut juga sudah didukung dengan refresh rate 90 Hz sehingga animasi yang akan ditampilkan lebih halus. Dengan begitu, pengguna akan sangat nyaman jika menggunakan ponsel ini untuk scrolling media sosial, browsing, sampai dengan bermain game.

3. Dapur Pacu

vivo V25 5G ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 900 5G MT6877. Sedikit informasi, SoC (System on Chip) ini dibangun atas proses fabrikasi 6 nanometer yang membuatnya lebih hemat daya. Pasalnya, si ponsel juga sudah mengusung panel AMOLED. Untuk konfigurasi prosesornya, mengusung 8 (delapan) inti yang mencakup ARM Cortex A78 berkecepatan 2.4 GHz, dan 6 (enam) inti hemat daya ARM Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz.

Selain itu, SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 900 5G juga telah diperkuat GPU (Graphics Processing Unit) berupa ARM Mali G68 MC4 dengan frekuensi 900 MHz. Dengan dapur pacu seperti ini, tentu saja pengguna bisa bermain game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Free Fire MAX, COD Mobile, Apex Legends dan lain sebagainya.

4. Kamera

HP ini menggunakan konfigurasi Triple Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 64 MP dengan bukaan apertur f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL S5KGW1 1/1.72 inci 0,8 MP yang diperkuat juga oleh fitur phase-detection autofokus, OIS (Optical Image Stabilization), AI scene detection, serta LED Flash.

Selanjutnya kamera kedua memiliki resolusi 8 MP dengan sensor OmniVision OV8856 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultrawide 13mm pada bukaan apertur f/2.2 dengan sudut pandang 119 derajat. Terakhir, kamera ketiganya adalah kamera makro berkemampuan 2 MP (f/2.4).

Di sisi depan, terdapat kamera selfie yang berkelas dengan resolusi 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1/2.76 inci 0.64um piksel dengan bukaan apertur f/2.0, autofokus, dan dukungan dual lampu flash. 

Perihal perekaman video, baik itu kamera selfie dan juga kamera utama sama-sama mampu menghasilkan resolusi 4K pada 30 fps.

Soal fitur, kamera selfie dari si ponsel memiliki beberapa fitur yang telah disematkan seperti Night, Portrait, Photo, Video, High Resolution, Live Photo, Slow Motion, AR Stickers, Vlog Movie, Double Exposure, Dual View Rear.

Tidak hanya itu, kamera belakang juga memiliki beberapa fitur menarik seperti Night Mode, Portrait, Photo, Video, Super-Macro, High Resolution, Panorama, Live Photo, Slow Motion, Time-Lapse, Pro, AR Stickers, Vlog Movie, Documents, Double Exposure, dan juga Dual View.

5. Fast Charging 44W

Pada sektor baterai, vivo V25 5G dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya serta menunjang aktivias pengguna. Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun bahwasannya vivo V25 5G ini juga sudah didukung oleh teknologi pengisian cepat 44W. Bukan hanya itu saja, HP ini juga telah dilengkapi teknologi Liquid Cooling System seperti yang sudah penulis singgung sebelumnya.

Ketika diuji kemampuan fast charging 44W si ponsel oleh salah satu konten kreator YouTube yang bernama Tricky Ansh di dalam videonya, ia mengatakan si ponsel hanya membutuhkan waktu setidaknya 57 menit 54 detik saja ketika mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh.

6. Extended RAM

Untuk seri vivo V25 Pro 5G hadir dengan memori yang tergolong besar yaitu RAM 12 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 256 GB. Sementara itu, vivo V25 5G hadir dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB saja. Kedua ponsel tersebut memang memiliki penyimpanan internal yang sama yaitu 256 GB. Hanya saja, vivo V25 5G hanya menawarkan RAM 8 GB.

Akan tetapi, RAM 8 GB tersebut bukan terbilang kecil melainkan sudah lebih dari cukup untuk digunakan bermain game dan kegiatan multitasking lain. Namun, jika RAM tersebut dirasa kurang, pengguna tidak perlu khawatir dikarenakan vivo V25 5G ini sudah mendukung fitur Extended RAM yang mampu memperluas RAM hingga 8 GB. Sehingga, total RAM menjadi 16 GB.

7. Mendukung NFC

vivo V25 5G dan juga vivo V25 Pro 5G juga sama-sama telah mendukung fitur NFC (Near Field Communication). Perlu diketahui, fitur NFC (Near Field Communication) sendiri memiliki banyak sekali fungsi seperti mengecek saldo elektronik, mengisi saldo eToll, melakukan transaksi cashless, berbagi koneksi WiFi dan lain sebagainya.

Kekurangan vivo V25 5G

Kekurangan vivo V25 5G

1. Speaker Masih Mono

Cukup disayangkan sebuah smartphone mid-range di rentang harga Rp5 jutaan tidak menghadirkan speaker stereo. Dimana, si ponsel hanya dibekali oleh speaker mono saja. Perlu diketahui bersama bahwasannya kualitas speaker stereo terbilang lebih baik jika dibandingkan dengan speaker mono. Apalagi, belakangan ini sudah banyak smartphone di harga yang lebih murah sudah menghadirkan speaker stereo.

2. Tidak Ada Audio Jack 3,5 mm

Bukan hanya masih menggunakan speaker mono saja, vivo V25 5G juga tampaknya tidak memiliki audio jack 3,5 mm. Akan tetapi, dengan hilangnya audio jack 3,55 mm ini tidak berpengaruh banyak. Pasalnya, pengguna masih dapat menggunakan earphone TWS (True Wireless Stereo) maupun earphone dengan kabel USB Type-C. Bukan hanya pada ponsel ini, smartphone di segmen mid-range juga sudah kebanyakan menghilangkan audio jack 3,5 mm.

Spesifikasi vivo V25 5G

Spesifikasi vivo V25 5G

  • Warna : Diamond Black, Aquamarine Blue.
  • Dimensi : 159.2 x 74.2 x 7.8 mm.
  • Berat : 186 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2404 piksel, 6.44 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 900 MT6877 (6 nm).
  • GPU : Mali-G68 MC4.
  • RAM : 8 GB + 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 4830 mAh, Fast Charging 66W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan :  50 MP.

Harga vivo V25 5G

Harga vivo V25 5G

vivo V25 5G dibanderol dengan harga Rp5.999.000 rupiah dengan varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan beberapa fitur unggulan di dalam si ponsel seperti fitur fast charging 44W, kamera utama berkemampuan 64 MP, kamera selfie beresolusi 50 MP, sampai dengan fitur Extended RAM yang mampu memperluas RAM hingga 8 GB. Sehingga, total RAM menjadi 16 GB.