Kelebihan dan Kekurangan vivo V25 Pro 5G - Spesifikasi & Harga

Berikut akan penulis jabarkan kelebihan dan kekurangan vivo V25 Pro 5G beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk dipertimbangkan.

vivo Indonesia kembali menyegarkan jajaran produk smartphone mid-range miliknya dengan meluncurkan vivo 25 5G dan vivo 25 Pro 5G. Oh iya, kehadiran smartphone ini pun sekaligus menggantikan kedudukan pendahulunya, yakni vivo V23 5G dan vivo V23e yang dirilis pada bulan Januari 2022 lalu.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V25 Pro 5G

Smartphone terbaru ini tentu memiliki perubahan dibandingkan seri sebelumnya. Ubahan yang paling terlihat yaitu dari segi desain, di dalam vivo seri ini menghadirkan sebuah kamera depan model punch hole saja. Padahal, pendahulunya seperti vivo V23 5G dan vivo V23e menghadirkan dual kamera depan dengan model poni layaknya seperti iPhone 12 dan 13 series.

Lebih lanjut, guna memenuhi kebutuhan pengguna gadget saat ini, vivo juga meningkatkan bagian layar, SoC (System on Chip), sampai dengan teknologi fast charging. Nah, apa saja sih hal-hal menarik yang ada di dalam vivo V25 Pro 5G?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan penulis jabarkan kelebihan dan kekurangan vivo V25 Pro 5G beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk dipertimbangkan sebelum membelinya.

Kelebihan vivo V25 Pro 5G

Kelebihan vivo V25 Pro 5G

1. Desain

Ketika pengguna baru saja melihat smartphone ini, tentu Anda akan langsung menemukan kesan elegan. Bodi bagian belakangnya mampu menampilkan warna yang cantik bahkan ia dapat berubah sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar. Tidak sampai disitu saja, pihak perusahaan juga telah mendesain ulang bagian bodi belakang dan samping agar terlihat ergonomis dan nyaman ketika digenggam oleh pengguna.

Terlihat bodi belakangnya tampak mewah dengan modul kamera berbentuk persegi yang agak menonjol di bagian atas kiri. Kemudian, di bagian bawah kirinya terdapat logo dari perusahaan vivo itu sendiri. Terlebih lagi, permukaan bodinya juga tampak halus akan tetapi tidak licin ditangan.

HP vivo V25 Pro 5G memiliki dimensi 158.9 x 73.5 x 8.6 mm dengan bobot 190 gram. Soal warna, tampaknya ada 2 (dua) opsi warna yang bisa dipilih. Antara lain Starlight Black, serta Surfing Blue. Selanjutnya, vivo juga mengklaim bahwa perangkat ini tahan terhadap goresan, terjatuh sampai dengan keringat.

2. Layar AMOLED

Layar si ponsel hadir dengan ukuran yang terbilang ideal yaitu 6,5 inci. Dimana, layar ini juga tampak mewah lantaran telah menggunakan panel AMOLED beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2376 piksel, ia pun didukung refresh rate tinggi yaitu 120 Hz. Perlu diketahui, refresh rate yang dihadirkan masih bersifat adaptive. Layar pun bisa menyesuaikan tampilan refresh rate dari 60 Hz sampai dengan 120 Hz secara otomatis.

Dengan dukungan refresh rate yang cukup tinggi, tentu saja tampilan atau pergerakan animasi di layar akan sangat smooth alias halus. Fitur ini biasanya akan terasa jika digunakan untuk bermain game, scrolling media sosial seperti TikTok, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, sampai dengan browsing.

Ngomong-ngomong soal tingkat kecerahan layarnya, vivo V25 Pro 5G sendiri memiliki tingkat kecerahan lahar yang tergolong cukup tinggi yaitu 1300 nit. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan si ponsel di luar ruangan akan lebih nyaman tanpa harus berteduh terlebih dahulu agar tidak terkena sinar matahari.

3. Perfoma Gahar

vivo V25 Pro 5G ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 1300 yang dimana dapur pacu ini terbilang cukup gahar dan mampu untuk multitasking sampai dengan bermain game. SoC (System on Chip) dengan fabrikasi 6 nanometer ini terdiri dari 1 (satu) buah Core A78 (3.0 GHz), 3 (tiga) buah Cortex A78 (2.6 GHz), dan juga 4 (empat) buah Core A55 (2.0 GHz). Dimensity 1300 juga telah disokong GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G77 MC9.

Selain itu, terdapat juga teknologi HyperEngine 5.0 yang dimana teknologi ini diklaim oleh MediaTek bahwasannya ia mampu dalam meningkatkan perfoma dikala bermain game dengan grafis tinggi dengan baik. Bukan hanya itu saja, teknologi ini juga ternyata mampu mengatur mesin agar tidak menghasilkan panas yang berlebih.

Pada AnTuTu 9, si ponsel sudah mampu mencetak skor 704.090 yang terbilang sudah tinggi. Selanjutnya, kemampuan CPU (Central Processing Unit) pada GeekBench 5. Hasilnya impresif, skor single-core dari vivo V5 Pro 5G mampu menyentuh 858, dan multi-core-nya tembus hingga 2521.

4. Kamera Utama 64 MP + OIS

vivo V25 Pro 5G menggunakan konfigurasi Tripe Camera yang terdiri dari kamera utamanya memasang sensor Samsung ISOCELL GW1 berukuran 1/1,72 inci. Kamera utama tersebut memiliki resolusi 64 MP dengan bukaan f/1.9, dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) dan tentu saja sudah autofokus PDAF.

Kemudian kamera ultrawide-nya memiliki resolusi 8 MP yang juga didukung sensor Omnivision (1/4 inci). Kamera ini memiliki bukaan f/2.2 dengan sudut pandang 120 derajat. Terakhir, terdapat juga kamera makro berkemampuan 2 MP dengan sensor Omnivision pada bukaan f/2.4.

Di sisi depan, vivo V25 Pro 5G menggunakan kamera selfie berkemampuan 32 MP dengan sensor Samsung ISOCELL, pada bukaan f/2.4, dan autofokus. Perlu diketahui, sensor yang diusung oleh kamera selfie ini mampu menghasilkan foto yang lebih detail.

Perihal perekaman video, kamera utama dari si ponsel mampu merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps. Sementara itu, kamera selfie dari vivo V5 Pro 5G bisa menghasilkan rekaman video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Terdapat juga beberapa fitur yang turut disematkan oleh vivo untuk meningkatkan pengalaman fotografi pengguna. Contohnya saja Super Night Portrait, dimana fitur ini dapat memberikan hasil foto di kondisi minim cahaya dengan sangat mengesankan.

5. Fingerprint

Soal kemanan, layar dari vivo V25 Pro 5G ini juga sudah ditanamkan sensor pemindai sidik jari. vivo memang masih menggunakan teknologi optical yang tergolong standar. Kendati demikian, sensor ini terbukti cepat dan akurat dalam membaca sidik jari. Terlebih, posisi sensor juga pas di area bawah layar yang cukup mudah untuk dijangkau pengguna.

6. Fast Charging 66W

vivo V25 Pro 5G menggendong baterai dengan kapasitas 4.830 mAh. Bisa dikatakan kapasitas tersebut sangat nanggung, hal ini dikarenakan kebanyakan vendor sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh atau mungkin 6.000 mAh. 

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah besar, lantaran panel layar yang diusung oleh si ponsel adalah AMOLED dan SoC (System on Chip) yang memiliki teknologi canggih. Sehingga, terbilang cukup hemat daya. Oleh karena itu, ponsel ini dapat menyala dari pagi sampai malam.

Selain itu, vivo V25 Pro 5G juga sudah didukung oleh teknologi pengisian cepat 66W. Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari salah satu kanal YouTube, dengan nama Techniqued. HP ini hanya membutuhkan waktu setidaknya 54 menit 45 detik saja.

7. Mendukung NFC

Smartphone ini juga sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communication). Sebagaimana yang sudah diketahui oleh kebanyakan orang bahwa fitur ini memang memiliki banyak fungsi. Sebagai contoh dapat menghubungkan perangkat tanpa membutuhkan koneksi apapun, mengecek saldo uang elektronik, transaksi cashless, berbagi koneksi WiFi, transfer data dan masih banyak lagi. Apabila Anda membutuhkan fitur NFC (Near Field Communication), vivo V5 Pro 5G memang cukup worth it untuk dibeli.

8. Tersedia Fitur Extended RAM

vivo V25 Pro 5G hadir di Indonesia dengan varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Oh iya, apabila RAM yang dibawa oleh si ponsel masih dirasa kurang. Maka Anda masih bisa memperluas-nya hingga 8 GB. Dengan begitu, total RAM Virtual yang nantinya Anda miliki adalah sebesar 20 GB.

Kekurangan vivo V25 Pro 5G

Kekurangan vivo V25 Pro 5G

1. Slot MicroSD dan Jack Audio Absen

Smartphone ini tampak serius dalam menghadirkan kesan mewah dan elegan. Sebab, ada beberapa fitur yang dihilangkan seperti slot microSD dan juga Jack Audio 3,5 mm. Dengan hilangnya slot microSD, pengguna tampaknya harus puas dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB yang tidak dapat diperluas.

Kemudian, untuk tidak hilangkan-nya Jack Audio 3,5 mm ini memang tidak berpengaruh banyak. Pasalnya, Anda masih bisa menggunakan earphone TWS (True Wireless Stereo) atau earphone dengan kabel USB Type-C.

2. Tidak Ada speaker Stereo

Cukup disayangkan, vivo V25 Pro 5G tidak menghadirkan speaker stereo. Dimana, vivo hanya mengandalkan 1 (satu) speaker saja yang diletakkan di area bawah bodi dekat port pengisian baterai. Jika Anda menginginkan suara lebih, maka Anda bisa menggunakan earphone TWS atau headphone.

Namun, ketika digunakan untuk penggunaan harian seperti menonton videoplayback, browsing, media sosial dan lain sebagainya, kualitas suara dari speaker bawaan si ponsel ini juga sudah cukup keras kok dan terbilang cukup nyaman ditelinga.

Spesifikasi vivo V25 Pro 5G

Spesifikasi vivo V25 Pro 5G

  • Warna : Starlight Black, Surfing Blue.
  • Dimensi : 158.9 x 73.5 x 8.6 mm.
  • Berat : 190 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2376 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 1300 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 12 GB + 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 4830 mAh, Fast Charging 66W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan :  32 MP.

Harga vivo V25 Pro 5G

Harga vivo V25 Pro 5G

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi vivo Shop Indonesia, vivo V25 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp8.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Gimana, tertarik untuk membeli vivo V25 Pro 5G ini? Jika tertarik, yuk langsun saja klik tombol pembelian di bawah ini!

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain