0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y16 - Spesifikasi & Harga

Pada tanggal 2 September 2022, vivo Indonesia diam-diam meluncurkan smartphone terbarunya dengan nama vivo Y16. Tidak jauh berbeda dengan vivo Y series lainnya, ponsel ini dibanderol dengan harga sejutaan dan cukup nyaman untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y16

Terlebih lagi, vivo Y16 kali ini telah menggunakan sistem Android 12 dan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh. Oleh karena itu, pengguna bisa menggunakan ponsel ini untuk sekedar bermain game, scrolling media sosial, browsing dan masih banyak lagi.

Lalu apa saja spesifikasi menarik dari smartphone ini? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ada baiknya langsung saja simak ulasan di bawah mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y16 beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk dipertimbangkan.

Kelebihan vivo Y16

Kelebihan vivo Y16

1. Desain Cantik

vivo Y16 mengusung desain bodi belakang baru yang menggunakan bahan plastik kaca atau Crystaline Matte. Untuk itu, bodi belakang ini bisa menghasilkan permukaan yang tampak mewah, anti sidik jari, anti gores, hingga debu. Oh iya, HP vivo terbaru ini juga tidak mudah licin ketika digenggam.

Menariknya lagi adalah vivo Y16 sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuat si ponsel tahan terhadap cipratan air serta debu. Terdapat juga 2 (dua) opsi warna yang dihadirkan, antara lain Stellar Black dan juga Drizzling Gold.

Kemudian ponsel ini hadir dengan dimensi 164 x 75.6 x 8.2 mm dengan bobot 184 gram. Selanjutnya vivo juga tampaknya mencoba mengikuti tren HP kekinian yang menghadirkan bodi samping 2,5D flat frame. Di sisi samping, terdapat tombol power, tombol volume, dan port USB Type-C.

2. Layar Sudah HD+

Demi memenuhi permintaan pasar seperti sekarang ini, vivo menggunakan layar berdiagonal 6,5 inci pada vivo Y16. Layar tersebut juga mampu memberikan tampilan yang cukup luas dan imersif sehingga cukup cocok digunakan untuk menonton film atau mungkin sekedar bermain game.

Layar yang digunakan oleh vivo Y16 ini pun sudah mendukung teknologi HD+ alias 720 x 1600 piksel. Sehingga, pengguna bisa menikmati sajian dari layar si ponsel meskipun masih tidak sedetail resolusi Full HD.

Terlebih, layar ini juga telah diberikan fitur perlindungan mata alias Eye Protection. Dengan begitu, fitur yang satu ini akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi cahaya sekitar hingga menyaring cahaya biru yang terbilang membahayakan mata.

3. Ultra Fast Side Fingerprint

Perusahaan menghadirkan ultra fast side fingerprint yang diklaim lebih cepat dan akurat jika dibandingkan dengan vivo Y series lainnya. Bagaimana tidak, dilansir dari laman resminya bahwa vivo Y16 memiliki fingerprint yang berada di samping bodi yang menyatu dengan tombol daya, ini dapat terbuka hanya dalam kurun waktu 0,2 detik saja.

Dengan penempatan sensor pemindai sidik jari di bagian samping tentu saja akan membuat tampilan bodi terlihat lebih bersih, daripada menempatkan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang yang tentu akan merusak desain dari smartphone itu sendiri.

4. Kamera Cukup Tajam

vivo Y16 mengusung konfigurasi Dual Camera yang terdiri atas kamera utama berkemampuan 13 MP dengan bukaan f/2.2 dan tentu saja autofokus. Selanjutnya, ada kamera makro dengan resolusi 2 MP yang didukung dengan bukaan f/2.4. Beralih ke sisi depan, terdapat juga kamera selfie beresolusi 5 MP pada bukaan f/2.2.

Perihal perekaman video, kamera belakang dan juga kamera selfie sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps. Oh iya, dalam seri vivo Y16 ini terdapat AI Triple Camera yang menawarkan kemampuan untuk kreativitas fotografi.

5. Baterai Besar

Baterai juga menjadi salah satu sektor menarik pada si ponsel. Bagaimana tidak, ponsel ini hadir dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh yang bisa dikatakan cukup standar sesuai ponsel masa kini. Informasi yang penulis dapatkan dari laman resminya, vivo Y16 masih bisa diandalkan dalam menonton video HD selama 18 jam, bermain game selama 7 jam, hingga mendengarkan musik selama 22 jam.

vivo juga mengklaim baterai yang digendong dari si ponsel terbilang hemat lantaran vivo Y16 memiliki teknologi AI Power Saving hingga vivo Energy Guadrian. Dengan begitu, fitur yang satu ini dapat membuat penggunaan baterai menjadi lebih efisien.

6. Mengantongi Sertifikasi IP53

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP53 demi memberikan rasa nyaman dan aman dikala pengguna menggunakan vivo Y16. Dengan adanya sertifikasi IP53, tentu saja akan membuat si ponsel tahan terhadap cipratan air dan debu.

Tentu saja fitur yang dihadirkan oleh vivo Y16 ini sangat bermanfaat. Sebab, dengan harga Rp1 jutaan terbilang cukup jarang sekali produsen smartphone yang menghadirkan fitur ini.

Kekurangan vivo Y16

Kekurangan vivo Y16

1. Perfoma Cukup Jadul

Meski vivo mengklaim smartphone ini cukup nyaman jika digunakan untuk harian, nyatanya vivo Y16 hanya diperkuat oleh SoC (System on Chip) dari MediaTek yaitu Helio P35 dengan fabrikasi 16 nanometer yang terbilang cukup jadul dan memiliki perfoma yang biasa-biasa saja dan tidak ada yang istimewa.

SoC (System on Chip) ini merupakan prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex A53 dengan GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320. Tidak hanya itu, vivo Y16 juga disandingkan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB.

Oh iya, MediaTek Helio P35 sendiri memang bukan dikhususkan untuk gaming, melainkan ia dihadirkan untuk menunjang aktivitas harian pengguna seperti scrolling media sosial, browsing, dan sejenisnya.

2. Refresh Rate Masih 60 Hz

Cukup disayangkan vivo Y16 hanya menghadirkan refresh rate 60 Hz pada layarnya. Padahal di rentang harga yang sama, beberapa produsen smartphone telah menghadirkan layar dengan dukungan refresh rate 90 Hz.

Sedikit informasi, apabila sebuah smartphone menghadirkan refresh rate tinggi seperti 90 Hz atau 120 Hz tentu saja akan membuat tampilan animasi dan scrolling menjadi lebih halus sehingga mata tidak cepat lelah.

Spesifikasi vivo Y16

Spesifikasi vivo Y16

  • Warna : Stellar Black, Drizzling Gold.
  • Dimensi : 164 x 75.6 x 8.2 mm.
  • Berat : 184 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.51 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio P35 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga vivo Y16

Harga vivo Y16

Apabila sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan vivo Y16 beserta spesifikasi vivo Y16. Maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui harga dari smartphone ini. Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun bahwa vivo Y16 dibanderol dengan harga Rp1.799.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Jika diantara Anda memang berminat untuk membeli ponsel ini, langsung saja klik tombol di bawah ini.