Kelebihan dan Kekurangan vivo Y22 - Spesifikasi & Harga

Lantas, apa saja beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebelum membeli vivo Y22? Berikut kelebihan dan kekurangan vivo Y22!

vivo Indonesia kembali memperkenalkan smartphone terbaru mereka dengan nama vivo Y22 yang hadir untuk mengisi pasar entry-level yang terbilang sangat diminati oleh banyak orang. Oleh karena itu, vivo menghadirkan spesifikasi yang lebih update agar mampu bersaing.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y22

Dapur pacu memang menjadi salah satu sektor yang diunggulkan oleh vivo mengingat kebanyakan ponsel murah rata-rata digunakan untuk kegiatan scrolling media sosial, browsing, sampai dengan bermain game. Untuk itu, si ponsel disokong oleh chipset yang terbilang cukup kencang dan ngebut di kelasnya.

Tidak hanya itu saja, tampaknya vivo juga menghadirkan ubahan yang cukup menyita perhatian di bagian kamera belakang. Sebab, vivo dikabarkan menghadirkan fitur Night Mode alias Mode Malam yang sangat jarang ditemukan di ponsel entry-level.

Lantas, apa saja beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebelum membeli vivo Y22? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan vivo Y22 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan vivo Y22

Kelebihan vivo Y22

1. Desain Berkelas

Penampilan smartphone vivo Y22 memang tidak jauh berbeda dengan Y series sebelumnya. Sebagai smartphone di segmen entry-level, vivo hanya menghadirkan desain bodi belakang baru yang terbilang berkelas. Kesan ini muncul lantaran modul kamera yang kian mewah dengan 2 (dua) buah lensa kamera berukuran besar.

Di sisi belakang, ponsel ini memang tampak lebih minimalis dengan bodi berbahan plastik kaca sehingga warnanya tidak memantul. Mengingat ia masih menggunakan bodi plastik, tentu saja akan terasa cukup licin dan mudah kotor akibat sidik jari.

vivo Y22 hadir dengan 3 (tiga) varian warna yaitu Summer Cyan, Metaverse Green, dan juga Starlit Blue. Sementara itu, ponsel ini memiliki dimensi 164.3 x 76.1 x 8.4 mm dengan bobot 190 gram. Oh iya, bodi dari vivo Y22 sendiri juga telah memiliki sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan juga tahan air.

2. Dapur Pacu

vivo Y22 disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang bisa dikatakan cukup baik untuk digunakan bermain game dan sejenisnya. SoC (System on Chip) ini dibekali 8 (delapan) inti dengan konfigurasi Dual Core 2.0 GHz, Cortex A75 dan juga Hexa Core 1.8 GHz Cortex A55. MediaTek Helio G85 dibangun dengan proses fabrikasi 12 nanometer yang bisa dikatakan cukup irit daya.

Sementara itu, prosesor ini juga mengandung komponen lain, salah satunya adalah GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 MC2. Teknologi HyperEngine juga tampaknya disematkan untuk membantu meningkatkan perfoma prosesor sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Bukan hanya itu saja, teknologi Cooling System juga turut hadir di dalam perangkat yang membuat si ponsel tidak mudah panas ketika digunakan untuk bermain game dan sejenisnya.

3. Kamera Utama 50 MP

Kebanyakan ponsel di segmen entry-level memang memiliki kamera ala kadarnya. Oleh karena itu, vivo menghadirkan sektor kamera yang lebih mumpuni di dalam vivo Y22 ini. Kini, vivo Y22 mengandalkan kamera utama berkemampuan 50 MP bukaan f/1.8 dan kamera makro beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Tidak hanya resolusi saja yang meningkat, vivo juga sudah menghadirkan sensor baru yang diklaim bisa menghasilkan gambar ataupun video dengan lebih detail baik di siang maupun malam hari. Berkat hadirnya sensor tersebut, ponsel ini memiliki fitur Super Night Mode yang jarang ditemukan di smartphone kelas entry-level.

Di sisi depan, vivo hanya mengandalkan kamera selfie beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera selfie ini terbilang masih cukup mampu dalam menghasilkan foto yang jelas meskipun Anda berada di ruangan dengan kondisi redup atau minim cahaya.

4. Baterai Besar

vivo Y22 hadir dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh yang didukung teknologi pengisian cepat 18W. Ukuran baterai tersebut memang sudah cukup umum digunakan untuk standar smartphone masa kini di berbagai kelas, tidak terkecuali entry-level. Dengan kapasitas baterai yang besar tentunya sudah cukup baik untuk menunjang berbagai kegiatan seperti bermain game, browsing, hingga berselancar di media sosial.

Dilansir dari laman resminya, vivo mengklaim bahwa smartphone ini bisa digunakan untuk menonton YouTube selama 20 jam, sampai dengan bermain game seperti PUBG Mobile selama 6 jam. Dengan hal tersebut, tentu saja menandakan bahwa sistem manajemen vivo Y22 tergolong cukup baik.

Bahkan, vivo juga sudah menghadirkan fitur yang bernama AI Power Saving dan vivo Energy Guardian agar pengguna bisa menggunakan ponsel ini dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Memori

Umumnya smartphone di kelas entry-level rata-rata menggunakan memori internal berkapasitas 32 GB. Akan tetapi, vivo Y22 tidak demikian dikarenakan ia menghadirkan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan juga 128 GB.

Dengan penyimpanan atau memori internal yang cukup besar tersebut, tentu saja pengguna bisa menyimpan banyak file seperti foto, video, hingga aplikasi lebih banyak lagi. Jika masih terasa kurang, maka Anda bisa menambahkan microSD hingga 1 TB.

6. Extended RAM

Tidak hanya menyediakan memori internal yang lebih besar, vivo Y22 menghadirkan RAM yang besar juga. Bagaimana tidak, ia hadir dengan 2 (dua) varian berbeda yaitu RAM 4 GB dan juga RAM 6 GB.

Bahkan, vivo Y22 sudah memberikan fitur Extended RAM. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat menambahkan RAM virtual sebesar 1 GB maupun 2 GB yang diambil dari memori internal. Untuk itu, total RAM dari vivo Y22 ini menjadi 5 GB dan juga 8 GB.

Kekurangan vivo Y22

Kekurangan vivo Y22

1. Layar Masih HD+

Mengingat ia hanya dihadirkan untuk bersaing di kelas entry-level, maka vivo Y22 tidak menghadirkan spesifikasi yang berlebih di sektor layar. Oleh karena itu, ia hanya dibekali dengan layar IPS LCD dengan resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel yang kurang tajam dibandingkan resolusi Full HD. Kendati demikian, terdapat juga nilai plus yang bisa Anda pertimbangkan, dimana resolusi HD+ membutuhkan konsumsi daya yang lebih rendah. Sehingga, baterai si ponsel akan sangat irit dan tahan lama.

2. Sensor Kurang Lengkap

vivo Y22 juga memiliki sensor yang kurang lengkap lantaran sensor gyroscope dan kompas turut absen pada perangkat ini. Padahal, kedua sensor tersebut cukup berguna. Contohnya saja sensor kompas yang bisa digunakan untuk menunjukkan arah, dan juga sensor gyroscope yang memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan dan sangat cocok untuk digunakan untuk bermain game, seperti PUBG Mobile misalnya.

Spesifikasi vivo Y22

Spesifikasi vivo Y22

  • Warna : Summer Cyan, Metaverse Green, Starlit Blue.
  • Dimensi : 164.3 x 76.1 x 8.4 mm.
  • Berat : 190 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.55 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G85 (12 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB, microSD up to 1 TB.
  • OS : Android 12, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan :  8 MP.

Harga vivo Y22

Harga vivo Y22

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi vivo Shop bahwa vivo Y22 dibanderol dengan harga Rp2.399.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB akan segera hadir. Apabila tertarik untuk membelinya, langsung saja klik tombol di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain