0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Aplikasi Kamera yang Ada Tanggal dan Waktu di Android

Aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu memang sedang dicari-cari oleh kebanyakan orang hingga kini. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, seseorang tentu akan mudah untuk mengetahui kapan foto tersebut diambil lantaran terdapat beberapa informasi seperti tanggal, waktu atau jam, hari, lokasi dan lain sebagainya.

Aplikasi Kamera yang Ada Tanggal dan Waktu

Terlebih lagi, aplikasi ini akan membantu banyak wisatawan dalam menemukan lokasi foto yang dilakukan oleh orang-orang sebelumnya. Sebenarnya, fitur ini sudah disediakan oleh beberapa produsen smartphone, khususnya pada HP terbaru. Namun, tidak semua hadir dengan fitur tersebut, apalagi fiturnya bisa dikatakan kurang lengkap.

Oleh karena itulah banyak dari mereka yang seringkali mencari sebuah aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktunya yang bisa diunduh di Android. Oh iya, semua aplikasi yang akan penulis bagikan di bawah ini tentu saja sudah bisa digunakan di berbagai merk smartphone seperti Samsung, OPPO, vivo, Realme, Xiaomi, Infinix, dan lain sebagainya.

10 Aplikasi Kamera yang Ada Tanggal dan Waktu

Akan tetapi, tidak semua aplikasi tersebut layak untuk di unduh. Sebab, tidak semua aplikasi semacam ini memiliki fitur yang lengkap. Untuk itu, di bawah ini penulis sudah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktunya yang bisa Anda unduh secara gratis. Penasaran bukan? Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah secara seksama.

1. Open Camera

Open Camera

Deretan pertama yang sangat penulis rekomendasikan untuk Anda adalah aplikasi Open Camera. Aplikasi yang dikembangkan oleh Mark Harman ini setidaknya telah memiliki 50 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,3 bintang dari 242 ribu ulasan pengguna aktif. Apalagi, ukuran dari Open Camera sangatlah kecil yaitu 2,5 MB saja.

Oh iya, Open Camera juga saat ini masih konsisten menduduki peringkat #10 besar di kategori Fotografi di Google Play Store. Berbicara soal fitur, Open Camera memang juara di kelasnya. Bahkan, fitur terapkan tanggal dan waktu serta penandaan lokasi GPS juga turut hadir di dalam aplikasi-nya.

2. Timestamp Camera

Timestamp Camera

Tidak hanya Open Camera, aplikasi selanjutnya yang bernama Timestamp Camera ini juga sudah cukup populer di kalangan banyak orang. Bagaimana tidak, Timestamp Camera hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,7 bintang dari 160 ribu ulasan pengguna aktif.

Selanjutnya, Timestamp Camera juga telah menduduki peringkat #6 di kategori Fotografi pada Google Play Store. Hal tersebut tentu saja membuktikan bahwa aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna, termasuk menambahkan tanggal dan waktu.

Bukan hanya itu saja, Timestamp Camera juga mendukung 61 format cap waktu, mendukung perubahan font / warna font / ukuran font, dukungan mengatur cap waktu di 7 posisi yaitu kiri atas / tengah atas / kanan atas / kiri bawah / tengah bawah / kanan bawah / tengah, dukungan otomatis menambahkan alamat lokasi dan GPS, mendukung perubahan opacity cap waktu dan latar belakang, hingaa dukungan menambahkan ketinggian dan kecepatan pada kamera.

3. GPS Map Camera

GPS Map Camera

Aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu selanjutnya adalah GPS Map Camera. Bisa dikatakan, aplikasi ini juga sangat populer dan mungkin tidak asing lagi ditelinga Anda. Dimana, GPS Map Camera sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,7 bintang dari 69 ribu ulasan pengguna aktif dan mungkin akan bertambah dengan seiring berjalannya waktu.

Bukan hanya Open Camera dan Timestamp Camera saja yang masuk ke dalam 10 besar aplikasi populer. Tampaknya, GPS Map Camera juga masuk ke dalam posisi tersebut dan menduduki peringkat #8 populer di kategori Fotografi pada Google Play Store.

GPS Map Camera juga hadir dengan berbagai macam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan seperti menambahkan tanggal dan waktu,  menambahkan lokasi menggunakan GPS, menambahkan arah kompas otomatis, mengukur kecepatan angin, mengukur tekanan di lokasi, mengukur kelembaban otomatis dan lain-lain.

4. SpotLens

SpotLens

SpotLens yang sebelumnya bernama SurveyCam ini merupakan salah satu aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu terbaik selanjutnya. SpotLens sendiri dikembangkan oleh seseorang yang bernama Michael Konster. Saat ini, SpotLens telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,7 bintang dari 11 ribu ulasan pengguna aktif.

Dengan menggunakan SpotLens, tentu saja Anda bisa menambahkan tanggal dan waktu di hasil foto yang nantinya akan Anda ambil. Beberapa informasi juga bisa Anda tambahkan seperti nama proyek, catatan yang dibuat, kordinat GPS atau lokasi foto, alamat, arah kompas, nomor referensi, ketinggian dan sejenisnya.

5. Timestamp camera

Timestamp camera

Sekilas, namanya mungkin sama dengan Timestamp Camera yang tadinya penulis bahas di atas. Akan tetapi, developer atau pengembang dari aplikasi ini berbeda. Sehingga, fitur dan tampilannya juga tentu akan berbeda. Meskipun tidak seluruhnya berbeda, mungkin ada juga yang mirip atau sama seperti dapat menambahkan tanggal dan waktu serta yang lainnya.

Aplikasi Timestamp camera besutan Susamp Apps ini telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang tergolong baik, yakni 4,1 bintang dari 7 ribu ulasan pengguna aktif. Oh iya, ukuran dari aplikasi ini juga cukup ringan yaitu hanya 7,4 MB saja.

6. GPS Photo

GPS Photo

Aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu selanjutnya adalah GPS Photo besutan GoNext. Dengan menggunakan aplikasi GPS Photo, Anda bisa menambahkan informasi di dalam foto tersebut seperti lokasi, tanggal, waktu, hari, dan lain sebagainya dengan mudah. Apalagi, GPS Photo ini sepenuhnya gratis untuk digunakan.

GPS Photo yang dirilis pada tahun 2018 lalu ini sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,1 bintang dari 3 ribu ulasan pengguna aktif. Untuk ukuran dari si aplikasi, GPS Photo memiliki ukuran 10 MB saja.

Berbicara soal fitur yang ada, tentu saja pengguna tidak perlu berharap banyak. Namun, Anda masih bisa menikmati beberapa fitur menarik seperti menambahkan alamat lokasi, tanggal, waktu, hari, garis lintang, garis bujur, dan lain sebagainya.

7. Timestamp Camera

Timestamp Camera

Deretan selanjutnya ada Timestamp Camera yang dikembangkan oleh Hitchhike Tech. Dimana, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 10 ribu unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,3 bintang dari 494 ulasan pengguna dan akan terus bertambah. Mengapa jumlah unduhannya cukup sedikit? Sebab, aplikasi Timestamp Camera by Hitchhike Tech ini dirilis pada bulan Maret 2022.

Meskipun terbilang baru, bukan berarti aplikasi ini tidak bisa bersaing dengan beberapa aplikasi yang sudah penulis bahas sebelumnya. Bahkan, aplikasi ini juga sangat mampu bersaing dengan beberapa aplikasi tersebut. Pasalnya, Timestamp Camera besutan Hitchhike Tech ini menawarkan berbagai macam fitur menarik.

Beberapa diantaranya adalah menambahkan lintang dan bujur, menampilkan lokasi, menampilkan tanggal dan waktu, menampilkan ketinggian, menambahkan teks dan emoji, dan lain sebagainya.

8. AngleCam Lite

AngleCam Lite

AngleCam Liter merupakan aplikasi kamera ilmiah yang dikombinasikan dengan informasi GPS termasuk garis lintang, bujur, keringgian, dan juga akurasi, sudut pitch dan juga sudut azimuth. Sebuah aplikasi besutan Derekr Corp ini tampaknya sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,4 bintang dari 2 ribu ulasan pengguna aktif.

Oh iya, aplikasi AngleCam sendiri juga memiliki 2 (dua) versi yang berbeda yaitu AngleCam Lite untuk versi gratisan, dan AngleCam Pro untuk versi berbayar dan tentunya memiliki lebih banyak fitur.

Namun, jika Anda hanya ingin menambahkan tanggal, waktu, hari, GPS seperti garis lintang, bujur, ketinggian dan sejenisnya. Maka, AngleCam Lite sendiri masih cukup worth it.

9. Auto Stemper untuk Photo

Auto Stemper untuk Photo

Aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu selanjutnya adalah Auto Stemper yang dikembangkan oleh GPS Map Camera sebagaimana yang sudah penulis jelaskan tadi pada poin nomor 3 (tiga). Kini, Auto Stemper ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu dan mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 4,2 bintang dari 6 ribu ulasan pengguna aktif.

Terdapat juga berbagai macam fitur yang dihadirkan seperti menambahkan tanggal dan waktu, pilih posisi cap sesuai dengan selera Anda masing-masing, dan masih banyak lagi.

10. Auto Timestamp Camera

Auto Timestamp Camera

Aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu terbaik selanjutnya yang wajib untuk dipertimbangkan adalah Auto Timestamp Camera yang dikembangkan oleh Jose Barlow. Dimana, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 ribu unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 3,9 bintang pada Google Play Store.

Di dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan berbagai macam fitur menarik seperti ubah gaya teks, menambahkan tanggal dan waktu, lokasi, mengubah kualitas video, menyesuaikan kecerahan, dan lain-lain.

Penutup

Itulah tadi deretan rekomendasi aplikasi kamera yang ada tanggal dan waktu pilihan Ponselesa.com. Semua dari aplikasi di atas juga telah dilengkapi fitur-fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Untuk itu, Anda bisa memilih salah satu aplikasi di atas untuk mencari yang pas dikarenakan semua dari aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya, Semoga bermanfaat.