0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

5 Aplikasi Pembuat Audio Spectrum Gratis di Android

Aplikasi Pembuat Audio Spectrum Gratis - Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwa audio spectrum merupakan sebuah gambar maupun grafik untuk bit, ritme, tempo, kenyaringan suara, frekuensi dari sebuah musik atau lagu yang umumnya digunakan dalam sebuah animasi khusus alias visualizer. Artinya, audio spectrum merupakan visualisasi dari sebuah lagu.

Aplikasi Pembuat Audio Spectrum Gratis

Nantinya tampilan audio dari spectrum ini akan membentuk sebuah frekuensi yang naik dan turun tergantung dengan lagu yang digunakan. Desain dari spectrum ini juga berbagai macam seperti bulat, garis, bar, titik, dan masih banyak lagi. Namun, yang paling banyak digunakan adalah bar dan juga garis.

Perlu diketahui, belakangan ini audio spectrum seringkali digunakan pada sebuah konten di platform tertentu, salah satunya adalah YouTube. Ya, di platform tersebut audio spectrum memang seringkali ditemukan pada sebuah channel yang membahas tentang musik seperti DJ dan lain-lain.

5 Aplikasi Pembuat Audio Spectrum Gratis

Dalam artikel kali ini penulis akan menjabarkan beberapa rekomendasi aplikasi pembuat audio spectrum di Android yang bisa diunduh secara gratis. Sedikit informasi, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan sebuah smartphone dengan spesifikasi mumpuni, khususnya pada RAM 3 GB atau ke atas. Sebab, jika ponsel Anda memiliki RAM di bawah itu, maka besar kemungkinan akan terjadinya lag ketika sedang meng-export.

1. ChkSnd

1. ChkSnd

ChkSnd merupakan salah satu aplikasi pembuat audio spectrum yang sudah cukup populer di perangkat Android. Bagaimana tidak, aplikasi besutan Aibek Mazhitov ini telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 3,5 bintang dari 9 ribu ulasan pengguna aktif. 

Dengan menggunakan aplikasi ChkSnd, pengguna tentunya akan mudah dalam membuat audio spectrum. Terlebih lagi, pengguna dapat menambahkan background, merubah warna pada spectrum, ganti gambar, ganti posisi gambar, sampai dengan melakukan export hingga resolusi Full HD alias 1080p.

2. Avee Music Player (Pro)

2. Avee Music Player (Pro)

Avee Music Player atau Avee Player ini juga salah satu aplikasi pembuat audio spectrum paling populer hingga saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi yang dikembangkan oleh Daaw Aww ini sudah diunduh sebanyak 10 juta unduhan lebih dan mendapatkan rating yang bisa dikatakan baik yaitu 3,9 bintang dari 59 ribu ulasan pengguna aktif.

Selain itu saja, Avee Music Player ini rupanya memiliki berbagai macam fitur menarik seperti meng-ekspor hingga resolusi 4K, menambahkan gambar, meningkatkan frekuensi audio untuk gerakan yang diinginkan oleh pengguna, sembunyikan watermark, dan masih banyak lagi.

Ketika nantinya Anda merasa puas menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa langsung melakukan upgrade ke versi Pro atau Premiumnya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur menarik, salah satunya adalah menghilangkan iklan di dalam aplikasi.

3. Spectrolizer - Music Player +

3. Spectrolizer - Music Player +

Spectrolizer merupakan sebuah aplikasi pemutar dan pembuat spectrum, spektrografi, visualisator, musik 3D interaktif, berdasarkan teknologi analisis spektrum psiko-akustik yang cukup canggih, aplikasi ini dikembangkan oleh AICore Software yang diterbitkan pada tahun 2018 lalu.

Hingga saat ini, aplikasi Spectrolizer tercatat memiliki 5 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik yaitu 4,4 bintang dari 26 ribu ulasan pengguna aktif. Apalagi, aplikasi ini memiliki ukuran yang tergolong kecil, yakni 7,7 MB saja.

Ngomong-ngomong soal fitur, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik seperti multiple layout and color presets, layout and color presets editor, sleep timer, musik playback widget, multiple queues, dan lain-lain.

4. Pembuat video dari foto, musik

4. Pembuat video dari foto, musik

Aplikasi pembuat audio spectrum selanjutnya adalah Pembuat video dari foto, musik yang dikembangkan oleh Desa Technology. Aplikasi ini sendiri memudahkan pengguna dalam membuat video spektral audio dengan kemampuan yang dapat disesuaikan tanpa batas. Cukup gabungkan gambar dengan trek yang Anda sukai, lalu masukkan efek untuk membuat video hebat sesuai dengan keinginan Anda.

Ia juga mengklaim bahwa aplikasi ini sangat cocok bagi mereka untuk membuat video yang nantinya akan diunggah ke channel YouTube, dan media sosial lainnya.

Berbagai macam fitur juga turut hadir di dalam aplikasi ini seperti masukkan teks ke dalam video, masukkan gambar ke dalam video, alat pengeditan teks, ekstrak musik dari video, alat pengeditan foto, hingga masukkan bingkai ke dalam video.

5. Visualization Video Maker

5. Visualization Video Maker

Visualization Video Maker juga merupakan aplikasi pembuat audio spectrum di Android yang wajib dipertimbangkan. Sebelum Anda memilih menggunakan aplikasi ini, pastikan dulu bahwa smartphone yang Anda gunakan sudah memiliki RAM 3 GB, memiliki dapur pacu yang bisa dikatakan tinggi, dan memiliki ruang kosong sebesar 1 GB.

Oh iya, pembuatan video menggunakan encoder bawaan perangkat. Beberapa model dengan harga rendah mungkin tidak dapat menghasilkan video yang stabil.

Aplikasi Visualization Video Maker ini pun sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,3 bintang dari 4 ribu ulasan pengguna aktif.

Visualization Video Maker juga menyediakan fitur gratis yang sangat baik, mulai dari output ke file MP4, komposit audio, visualisasi, gambar dan teks trek, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi pembuat audio spectrum gratis di Android yang mungkin bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Perlu digaris bawahi juga bahwa semua dari aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, gunakan saja salah satu aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan Anda.