Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17 - Spesifikasi & Harga

Nah, apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO A17? Untuk mengetahuinya lebih dalam, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

OPPO Indonesia diam-diam meluncurkan smartphone entry-level mereka di jajaran seri A, yakni OPPO A17. Di mana, varian ini diluncurkan demi menghadirkan pengalaman penggunaan smartphone yang serba bisa untuk mendukung kegiatan sehari-hari seperti melakukan panggilan telepon, berkomunikasi melalui WhatsApp dan media sosial lain, browsing untuk mencari informasi terbaru, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17

Untuk itulah varian OPPO A17 ini dibekali spesifikasi yang cukup oke untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Apabila Anda ingin membeli OPPO A17 untuk bermain game PUBG Mobile dan sejenisnya, tentu saja OPPO A17 akan kewalahan alias tidak sanggup.

Bahkan, OPPO membeli varian ini dengan kamera utama berkekuatan 50 MP, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus. Nah, apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO A17? Untuk mengetahuinya lebih dalam, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan OPPO A17

Kelebihan OPPO A17

1. Desain Berkelas

OPPO A17 menghadirkan desain retro ultra slim dengan bingkai tengah dan tepian datar. Desain ini tentu membuat tampilan si ponsel terkesan ramping dan berkelas. Di bagian belakang, ia hadir dengan pemrosesan komposit yang membuat tampilan dan tekstur yang mirip seperti kulit. Di mana, tekstur bagian dalam tersebut diembos melalui butiran kulit ringan dan bagian luarnya dilapisi UV.

Kemudian, bodi belakang dari OPPO A17 ini juga nampak lebih clean lantaran menggunakan modul kamera yang berbentuk lingkaran berjumlah 2 (dua) buah lensa. Modul pertamanya berisikan kamera utama, kedua adalah depth, dan ditemani juga oleh LED Flash.

Untuk sensor pemindai sidik jari, produsen meletakkannya di samping bodi yang menyatu dengan tombol power. Terlihat lebih modern, dibandingkan diletakkan di bagian belakang bodi yang dapat merusak desain dari si ponsel.

Terlebih lagi OPPO A17 sendiri cukup nyaman pada saat digenggam. Bagaimana tidak, si ponsel hanya memiliki dimensi 164.2 x 75.6 x 8.3 mm dengan bobot 189 gram. Menariknya, OPPO A17 juga sudah mengantongi sertifikasi IPX4 yang membuat si ponsel tahan terhadap air dan debu.

2. Kamera Utama 50 MP

Jajaran OPPO A series memang tidak dipersiapkan serius untuk fotografi. Kendati demikian, OPPO berupaya dalam menghadirkan sektor kamera yang lebih baik dari setiap serinya agar bisa diterima oleh konsumen. 

Oleh karena itu, pada OPPO A17 ini menghadirkan konfigurasi Dual Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP (f/2.2) dan PDAF. Untuk kamera keduanya beresolusi 2 MP. Sedangkan kamera selfienya memiliki resolusi 5 MP (f/2.2).

3. Layar IPS LCD HD+

OPPO A17 dibekali spesifikasi layar yang tidak bisa dianggap remeh. Di mana, ia dipasangkan layar berpanel IPS LCD berukuran 6,56 inci yang memiliki resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel. Layar tersebut juga didukung dengan tingkat kecerahan yang pas, yaitu 430 nit pada mode normal dan 600 nit pada mode kecerahan tinggi. Dengan demikian, si ponsel masih bisa diandalkan ketika digunakan di luar ruangan.

Apalagi, OPPO A17 ini sudah ditambahkan fitur AI Eye Care yang berfungsi untuk mengurangi rasa lelah dan iritasi mata akibat memandang layar ponsel dalam kurun waktu yang lama.

4. Baterai 5.000 mAh

Sebagian besar smartphone keluaran terbaru rata-rata sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh, tidak terkecuali OPPO A17. Pihak perusahaan sendiri mengklaim bahwa baterai yang ditanamkan pada OPPO A17 ini cukup awet sehingga sangat bisa diandalkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti browsing, scrolling media sosial, menonton film, mendengarkan musik, melakukan panggilan, dan lain sebagainya.

5. Menggunakan ColorOS Terbaru

Kini, OPPO A17 sudah menggunakan ColorOS terbaru yang lebih ringan dan aman. Di mana, OPPO A17 menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 12. ColorOS 12.1 ini ini hadir dengan keunggulan sistem keamanan baru yang diklaim lebih baik daripada sistem sebelumnya. Dalam sistem ini, terdapat juga fitur permintaan kata sandi ketika perangkat akan dimuat ulang.

Kekurangan OPPO A17

Kekurangan OPPO A17

1. Dapur Pacu Kurang Bersaing

Tampaknya OPPO A17 masih mempercayakan SoC (System on Chip) dari MediaTek Helio G35, yang sama digunakan oleh pendahulunya, yakni OPPO A16. Di mana, SoC (System on Chip) ini dipilih karena menawarkan efisiensi konsumsi baterai, perfoma yang lebih baik dan tentu saja mendukung jaringan 4G.

MediaTek Helio G35 ini dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer. Bukan hanya itu, MediaTek Helio G35 mengandung 8 (delapan) core CPU (Central Processing Unit), dengan komposisi 4 (empat) core berbasis Cortex A53 (2,3 GHz) dan juga 4 (empat) core berbasis Cortex A53 (1,8 GHz). 

Tidak hanya CPU, komponen lain yang dikandung salah satunya adalah GPU (Graphics Processing Unit) IMG PowerVR GE8320 650MHz.

2. Port MicroUSB Jadul

Cukup disayangkan OPPO A17 masih menggunakan port tipe microUSB yang cukup jadul. Hal ini sih memang sangat disayangkan mengingat kebanyakan kompetitornya sudah menggunakan port USB Type-C. Mungkin ini dilakukan untuk menekan harga penjualan agar dibanderol lebih murah. Sedikit informasi, microUSB ini sendiri memiliki kecepatan transfer data yang kurang baik dari USB Type-C yang cukup cepat.

3. Tidak Ada Fast Charging

Entah kenapa OPPO A17 ini tidak dibekali fitur fast charging alias pengisian cepat. Harusnya dengan harga jual yang ditawarkan oleh si ponsel, seharusnya ini sudah dibekali fitur pengisian cepat yang lebih baik paling tidak 18W, atau di atasnya seperti 25W. Mengingat, OPPO A17 ini hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, mungkin Anda sudah bisa merasakan fitur fast charging 25W.

Spesifikasi OPPO A17

Spesifikasi OPPO A17

  • Warna : Lake Blue, Midnight Black.
  • Dimensi : 164.2 x 75.6 x 8.3 mm.
  • Berat : 189 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga OPPO A17

Harga OPPO A17

Berdasarkan dari informasi yang penulis dapatkan dari laman resmi OPPO Online Store Indonesia bahwa OPPO A17 dibanderol dengan harga Rp.2.099.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Ini juga hadir dalam 2 (dua) opsi warna yaitu Lake Blue, dan juga Midnight Black. Jika diantara Anda tertarik untuk membeli ponsel ini, langsung saja klik tombol pembelian sebagai berikut.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain