Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1 - Spesifikasi & Harga

Apabila diantara Anda ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan Redmi A1 beserta spesifikasi dan harganya lebih dalam, simak ulasan berikut ini.

Kebanyakan HP di kelas entry-level kerap diremehkan lantaran dianggap memiliki spesifikasi yang kurang layak untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti scrolling media sosial, browsing, dan lain sebagainya. Padahal, akhir-akhir ini sudah banyak sekali smartphone yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan keluaran 2022 menawarkan fitur yang cukup worth it, salah satunya adalah Redmi A1.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1

Redmi A1 sendiri di rilis pada tanggal 28 Oktober 2022 yang bertepatan pada hari Sumpah Pemuda di Indonesia. Smartphone berbasis Android Go ini hadir dengan tagline “Hape Smart, Pilihan Tepat” serta hadir dengan box yang begitu spesial. Bagaimana tidak, desain dari box Redmi A1 ini menggambarkan Indonesia banget, di mana desain tersebut adalah karya dari Sigit Setyo Nugroho.

Mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1,1 jutaan saja, Redmi A1 memang hadir dengan menyuguhkan spesifikasi yang sederhana dan pengguna tentu tidak bisa berharap lebih. Kendati demikian, Redmi A1 ternyata memiliki fitur yang jarang ditemukan pada kompetitornya, yaitu RAM Virtual yang bisa diperluas hingga 2 GB.

Apabila diantara Anda ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan Redmi A1 beserta spesifikasi dan harganya lebih dalam, silahkan langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Redmi A1

Kelebihan Redmi A1

1. Desain Elegan

Redmi A1 hadir dengan desain elegan, modul kameranya dibuat sungguh unik, dengan sebuah pil berisikan 2 (dua) lensa yang juga diselimuti oleh bidang persegi berujung melengkung. Tidak jauh berbeda dengan HP entry-level lainnya, bodi dari Redmi A1 ini pun juga menggunakan material plastik polikarbonat di bagian belakang frame-nya. Akan tetapi, Redmi A1 juga dilapisi dengan tekstur kulit imitasi yang sekilas seperti POCO M5.

Kemudian, HP Xiaomi terbaru ini memiliki dimensi 164.9 x 76.8 x 9.1 mm dengan bobot 192 gram. Dengan dimensi tersebut, si ponsel memang tidak dapat dikatakan ringan maupun tipis. Kendati demikian, Redmi A1 sendiri menjadi salah satu ponsel di  harga Rp1,1 jutaan yang memiliki build quality yang terbaik di kelasnya.

Di pasar Indonesia, Redmi A1 hadir dalam varian warna Black, Light Blue, sampai dengan Light Green.

2. Layar Lebar

Spesifikasi layar dari Redmi A1 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ponsel entry-level lainnya. Layar tersebut mengusung dimensi 6,52 inci yang memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel pada aspek rasio 20:9. Ini juga menghadirkan desain layar Infinity-U Display atau yang kerap disebut waterdrop notch, layar tersebut sanggup menampilkan imersi lebih mendalam daripada FullView.

Layar dari Redmi A1 pun hadir dengan rasio bodi-ke-layar 88.89 persen. Layar itu bekerja pada refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 120 Hz. Selanjutnya, layar Redmi A1 ini pun juga sudah menghadirkan tingkat kecerahan puncak hingga 400 nit.

3. Dapur Pacu

Beralih ke sektor dapur pacu, Xiaomi Indonesia sendiri mengatakan bahwa Redmi A1 ini hadir dengan SoC (System on Chip) yang cukup kuat dan efisien yaitu MediaTek Helio A22. Artian kuat yang diklaim oleh Xiaomi Indonesia mungkin untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti browsing, bermain media sosial, video call, dan lain sebagainya. Namun, jika digunakan untuk gaming, Redmi A1 sangat tidak bisa diandalkan.

Sedikit informasi, MediaTek Helio A22 ini dirilis pada tahun 2018 silam. Kendati demikian, SoC (System on Chip) tersebut juga masih layak digunakan untuk tahun ini. Buktinya, Redmi A1 mempercayakan MediaTek Helio A22 sebagai dapur pacunya. 

SoC (System on Chip) yang dibuat pada proses fabrikasi 12 nanometer ini berjalan pada konfigurasi 4 (empat) inti prosesor alias quad core. Semua intinya pun hanyalah inti efisiensi daya berupa ARM Cortex A53 (2.0 GHz). Degan kata lain, SoC (System on Chip) ini tidak hadir dengan Cortex A7x sehingga Redmi A1 kurang cocok digunakan untuk bermain game PUBG Mobile, Genshin Impact, dan game berat lainnya.

Akan tetapi, Anda masih tetap bisa bermain game seperti Mobile Legends, Candy Crush Saga, Angry Birds, Pokemon Unite, Free Fire dan lain sebagainya.

4. Kamera Masih Oke

Sisi kamera dari ponsel ini yang menjadi kejutan manis yang tidak disangka-sangka. Terlepas dari konfigurasinya yang sederhana, tampaknya Redmi A1 bisa dikatakan cukup mampu dalam menghadirkan hasil foto yang memukau di kelasnya. Di sisi belakang tersemat dual camera yang berisikan sensor wide-angle berkekuatan 8 MP pada bukaan f/2.0. 

Kemudian, sebagai kamera pendampingnya, terdapat sebuah kamera yang memiliki resolusi 0.08 MP yang disebut-sebut sebagai kamera QVGA. Di bagian depan, terdapat sebuah kamera yang memiliki resolusi 5 MP pada bukaan f/2.2.

Perihal perekaman video, hanya dua resolusi saja yang didukung oleh Redmi A1, yakni 720p dan juga 1080p. Di mana, kedua resolusi tersebut pun tidak dapat mendukung lebih dari 30fps.

5. Baterai 5.000 mAh

Satu hal yang cukup menggiurkan dari Redmi A1 ini adalah baterainya. Sebab, ia hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim awet seharian. Kemudian, Redmi A1 menghadirkan dengan port daya microUSB alias bukan USB Type-C yang mendukung pengecasan 10W dan tidak memiliki fitur pengisian cepat. 

Tapi itu tidak menjadi masalah, ini dikarenakan pengecasan 10W dari Redmi A1 ini hanya membutuhkan waktu setidaknya 2,5 jam untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh, alias tidak terlalu lama.

6. Adanya Fitur RAM Virtual

Kelebihan dari Redmi A1 selanjutnya adalah adanya fitur RAM Virtual pada si ponsel. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa memperluas RAM-nya hingga berkapasitas 2 GB saja. Redmi A1 hadir dengan RAM 2 GB + 2 GB (RAM Virtual) dan penyimpanan internal 32 GB, serta RAM 3 GB + 2 GB (RAM Virtual) dan penyimpanan internal 32 GB.

Dengan RAM yang cukup kecil tersebut, tentu saja sebuah smartphone akan kesulitan melakukan aktivitas multi-tasking dengan lancar. Akan tetapi, Redmi A1 ini terbantu lantaran ia sudah menggunakan Android Go yang lebih ringan. Sehingga, aktivitas multi-tasking pengguna akan menjadi lebih lancar.

Oh iya, Redmi A1 juga sudah menyediakan slot microSD khusus. Sehingga, pengguna bisa memperluas memorinya menggunakan microSD hingga berkapasitas 512 GB.

7. Memiliki Bluetooth 5.0

Redmi A1 sendiri sudah memiliki versi Bluetooth 5.0 dengan antarmuka A2DP dan LE (Low Energy). Untuk ponsel Rp1 jutaan, ini tentu menjadi sebuah kelebihan yang patut diapresiasi, terlebih bagi pengguna yang sering melakukan transfer data ke perangkat lain maupun menggunakan TWS (True Wireless Stereo).

Kekurangan Redmi A1

Kekurangan Redmi A1

1. Tidak Memiliki Fingerprint

Redmi A1 merupakan sebuah smartphone yang berada di kelas entry-level, sehingga fitur pemindai sidik jari di samping bodi ataupun di belakang bodi tidak akan ada pada ponsel yang satu ini. Akan tetapi, Anda masih bisa membuka kunci layar dengan praktis berkat adanya sensor pemindai wajah atau Face Unlock.

2. Sensor Minim

Kekurangan Redmi A1 selanjutnya adalah ia menghadirkan sensor Akselerometer saja. Sehingga, Anda tidak akan menemukan sensor Gyro maupun Compass pada Redmi A1. Dengan begini, Redmi A1 kurang cocok bagi Anda yang sering menggunakan Maps di kesehariannya seperti Kurir, Ojek Online, dan lain sebagainya.

3. Tidak Mendukung WiFi Dual Band

Terakhir, Redmi A1 masih tidak mendukung WiFi Dual Band. Sehingga, ia hanya dapat terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz saja. Tentu, ini akan menjadi masalah ketika Anda berada di tempat umum yang menggunakan router 5 GHz. Ketika teman Anda berhasil terkoneksi dengan WiFi, sayangnya Anda yang menggunakan ponsel Redmi A1 ini tidak bisa mendeteksi SSID-nya.

Spesifikasi Redmi A1

Spesifikasi Redmi A1

  • Warna : Black, Light Blue, Light Green.
  • Dimensi : 164.9 x 76.8 x 9.1 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio A22 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 2/32 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition, MIUI 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP + 0.08 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Redmi A1

Harga Redmi A1

Sebagaimana seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Redmi A1 hadir di Indonesia dalam varian warna Black, Light Blue, dan juga Light Green. Selanjutnya, Redmi A1 ini dibanderol dengan harga Rp1.149.000 rupiah untuk varian RAM 2 GB + 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Sementara itu, untuk varian RAM 3 GB + 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB ini dibanderol dengan harga Rp1.249.000 rupiah. Namun, penjualan perdana Redmi A1 ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2022 mendatang.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain