Kelebihan dan Kekurangan OPPO A77s - Spesifikasi & Harga

Apabila diantara Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai ponsel ini, langsung saja simak ulasan berikut terkait kelebihan dan kekurangan OPPO A77s.

OPPO Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka di Indonesia, yakni OPPO A77s pada tanggal 13 Oktober 2022 lalu dengan tagline “Gaya Keren, Perfoma Ekstra”. Ponsel yang satu ini merupakan sebuah ponsel kelas menengah lantaran ia dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Dengan harga tersebut, tentu saja ponsel ini hadir dengan berbagai keunggulan, salah satunya adalah layar yang sungguh berwarna. Ini lantaran OPPO A77s telah mendukung gamut warna DCI-P3 100%.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A77s

Sebagai penerus dari OPPO A76 yang dirilis pada bulan Februari lalu, Anda juga akan menikmati beragam peningkatan menyenangkan pada ponsel yang satu ini. Baik itu dari sektor kamera yang mengusung resolusi 50 MP, dan sejenisnya.

Apabila diantara Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai ponsel ini, langsung saja simak ulasan sebagai berikut terkait kelebihan dan kekurangan OPPO A77s beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO A77s

Kelebihan OPPO A77s

1. Desain Premium

Jika dilihat dari desain OPPO A77s ini, tentu saja kita akan melihat bahwa ini seperti HP flagship yang dibanderol dengan harga puluhan juta. Desain dari OPPO A77s ini terbagi menjadi 2 (dua) bahan material, yakni plastik dan juga kulit imitasi. Varian warna Sunset Orange merupakan model yang gunakan fiberglass-leather design.

Sementara itu, untuk varian warna Starry Black dan Sky Blue menggunakan teknologi desain OPPO Glow yang bisa berubah-rubah warna ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Si ponsel juga telah dibekali sensor pemindai sidik jari di samping bodi, yang menyatu dengan tombol power sehingga tidak merusak desain belakang dari OPPO A77s.

OPPO A77s sendiri memiliki dimensi 163.8 x 75 x 8 mm dengan bobot 187 gram dan juga 190 gram, tergantung dari varian warna yang nantinya Anda pilih.

2. Sertifikasi IP54

Anda juga tidak perlu khawatir dengan build quality dari OPPO A77s. Sebab, ponsel ini telah melalui serangkaian pengujian tes yang begitu ketat sebelum dipasarkan, seperti 20.000 kali cabut-colok ke port USB Type-C, 150.000 kali penekanan tombol volume, 500.000 penekanan tombol power, sampai dengan uji kejatuhan dari 1 meter.

Selain itu, OPPO A77s ini juga sangat cocok digunakan bagi mereka yang sering bekerja di luar rumah seperti ojek online, kurir, dan lain sebagainya. Pasalnya, OPPO A77s ini telah mengantongi sertifikasi IP54 yang dapat menjaga ponsel dari kerusakan, meski terkena cipratan air seperti gerimis hujan dan lain sebagainya.

3. Layar

Berbicara soal layar, OPPO A77s mungkin bisa dikatakan sanggup menghadirkan pengalaman visual yang cukup baik. Sebab, ponsel yang satu ini mendukung panel layar IPS LCD berdiagonal 6,56 inci yang mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel.

Kemudian, layar dengan aspek rasio 20:9 ini sudah mendukung tingkat kecerahan 480 nit dengan kecerahan maksimal 600 nit, ini juga didukung refresh rate 90 Hz. Tidak hanya itu, layar dari OPPO A77s ini juga sanggup meraih gamut warna sRGB 99.53% dan DCI-P3 96.17%. Ini nyaris sesuai dengan klaim pihak perusahaan yang mengatakan bahwa ponsel ini mendukung 100% DCI-P3 dan 96% NTSC.

4. Dapur Pacu

Baik itu OPPO A76 dan juga OPPO A77s memang sudah sama-sama menggunakan dapur pacu atau SoC (System on Chip) yang bertenaga, yakni Qualcomm Snapdragon 680 4G. Sehingga, Anda masih sanggup dalam memainkan game-game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Free Fire MAX, COD Mobile, Apex Legends Mobile, dan lain sebagainya.

SoC (System on Chip) ini juga memiliki fabrikasi 6 nanometer sehingga ia memiliki tingkat efisiensi daya setara dengan SoC (System on Chip) flagship. Di dalamnya, Qualcomm Snapdragon 680 4G ini mencakup 8 (delapan) inti CPU (Central Processing Unit) yang terdiri dari atas 4 (empat) inti perfoma Kryo 265 Gold (2,4 GHz) dan 4 (empat) unit hemat daya Kryo 265 Silver (1,9 GHz).

Kryo 265 Gold ini berbais ARM Cortex A73 sedangkan Kryo 265 Silver berbasis ARM Cortex A53. Keberadaan mikroarsitektur Cortex A73 ini tentu saja menandakan bahwa OPPO A77s sudah siap menangani aktivitas grafis yang berat seperti bermain game, edit foto, sampai dengan rendering video. Terlebih lagi, SoC (System on Chip) ini menggunakan GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610.

5. RAM Expansion

OPPO A77s hadir dengan konfigurasi RAM 8 GB (LPDDR4X) dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB (UFS 2.2). Selain itu, ponsel ini juga memiliki sebuah fitur yang bisa memperluas RAM yang diambil dari penyimpanan internal, yakni RAM Expansion. Dengan hadirnya fitur ini, Anda bisa meminjam penyimpanan internal hingga 8 GB untuk dijadikan RAM Virtual.

Sehingga, pengalaman gaming dan multi-tasking bisa berjalan dengan lebih lancar. Jika nantinya penyimpanan internal berkapasitas 128 GB tersebut terasa kurang. Jangan khawtair, soalnya Anda masih bisa menambahkan microSD hingga 1 TB.

6. Kamera Utama 50 MP

OPPO A77s menghadirkan konfigurasi dual camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan f/1.8 dan memiliki FOV 77 derajat. Sementara itu untuk kamera pendampingnya, terdapat sebuah kamera depth beresolusi 2 MP. Bukan hanya itu saja, di sisi depan juga terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP pada bukaan f/2.0 dengan FOV 79 derajat.

Berbagai macam fitur kamera juga turut dihadirkan oleh OPPO A77s seperti mode malam, mode portrait, panorama, time-lapse, slow motion, Google Lens, Extra HD, dan pemindai teks. Diketahui pula bahwasannya OPPO A77s juga menghadirkan fitur Ultra Clear 108 MP.

Perihal perekaman video, OPPO A77s mampu merekam video hingga resolusi 720p dan juga 1080p pada 30fps.

7. Baterai

Demi memanjakan pengguna dalam menggunakan ponsel ini dalam jangka waktu yang lama, tentu saja ini dikemas dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang bisa dikatakan memiliki ketahanan yang luar biasa. Bukan hanya itu saja, OPPO A77s ini juga termasuk unggul di sektor pengisian daya, soalnya ia hadir dengan 33W SuperVOOC yang bisa mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam kurun waktu 69 menit.

Bukan hanya itu saja, OPPO A77s ini juga menghadirkan fitur Optimized Night Charging yang bisa mengurangi efek buruk dari overcharge. Melalui teknologi AI, fitur yang satu ini tentu akan menjadwalkan rencana pengisian daya yang tersegmentasi. Dengan begini, si ponsel akan mencapai kondisi baterai penuh saat keesokan harinya.

8. Konektivitas Lengkap

OPPO A77s bisa dikatakan hadir dengan konektivitas yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah WiFi Dual Band yang bisa terhubung dengan 5 GHz, Bluetooth 5.0 dengan kodek A2DP dan aptX HD, port USB Type-C 2.0 yang mendukung On-The-Go (OTG), sampai dengan sudah mendukung speaker stereo.

Tidak hanya itu saja, ponsel ini juga mencakup sensor yang beragam seperti proximity, geomagnetic, opical sensor, accelerometer, gravity sensor, sampai dengan pedometer. 

Kekurangan OPPO A77s

Kekurangan OPPO A77s

1. Tidak Support NFC

Apabila kita menilik informasi spesifikasi pada situs GSM Arena, untuk beberapa kawasan, OPPO A77s memang sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communications). Akan tetapi, untuk regional Indonesia, ini tidak mendukung fitur NFC (Near Field Communications).

2. Ultrawide Absen

Sebagaimana yang sudah penulis singgung sebelumnya bahwa OPPO A77s ini hadir dengan konfigurasi Dual Camera saja yang terdiri atas kamera utama berkekuatan 50 MP, dan juga kamera depth 2 MP. Dengan harga Rp3 jutaan, biasanya kebanyakan produsen lain sudah menghadirkan sensor Ultrawide. Akan tetapi, OPPO A77s ini justru tidak menghadirkannya. 

Dengan begitu, pengguna tidak dapat memuat banyak subjek dalam satu frame. Ini akan begitu menyulitkan Anda pada saat memotret banyak orang sekaligus, contohnya seperti foto dengan teman sekelas, undangan pernikahan, atau mungkin memotret pemandangan dengan sudut pandang yang luas.

3. Resolusi Layar Hanya HD+

Layar dari OPPO A77s ini memang bisa dikatakan bisa menampilkan warna yang begitu akurat. Kendati demikian, layar dari ponsel yang satu ini hanya mengusung resolusi HD+ saja, di saat para kompetitornya telah mengusung resolusi Full HD+, apalagi di harganya yang sudah menyentuh Rp3 jutaan. Ini sungguh mengecewakan pengguna, namun bagi Anda yang terbiasa menggunakan resolusi HD+, mungkin ini bisa ditoleransikan.

Spesifikasi OPPO A77s

Spesifikasi OPPO A77s

  • Warna : Sunset Orange, Starry Black.
  • Dimensi : 163.8 x 75 x 8 mm.
  • Berat : 187 gram dan 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 680 4G  (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga OPPO A77s

Harga OPPO A77s

OPPO A77s adalah salah satu ponsel kelas menengah terbaru yang tampil dengan desain premium layaknya ponsel flagship yang dibanderol dengan harga puluhan juga. Selain itu, ponsel ini juga ditenagai oleh dapur pacu yang bertenaga yaitu Snapdragon 680 4G, memiliki kamera utama berkekuatan 50 MP, sampai dengan sudah mendukung speaker stereo. 

Menilik informasi resmi dari laman OPPO Indonesia, ponsel OPPO A77s ini dibanderol dengan harga Rp3.499.000 rupiah untuk konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Ini juga hadir dalam 2 (dua) opsi warna yang bisa dipilih oleh pengguna, yakni Starry Black dan Sunset Orange.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain