Kelebihan dan Kekurangan POCO M5 - Spesifikasi & Harga

Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan POCO M5? Untuk mengetahui ponsel ini lebih dalam, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Secara resmi POCO Indonesia meluncurkan 2 (dua) produk terbaru mereka di lini POCO M Series, yakni POCO M5 dan juga POCO M5s. Akan tetapi, yang mau penulis bahas kali ini adalah POCO M5 yang dibanderol dengan harga yang sedikit lebih murah dari POCO M5s.

Kelebihan dan Kekurangan POCO M5

Jika dilihat-lihat, POCO M5 merupakan salah satu varian yang lebih sederhana. Di mana, POCO M5 hadir dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD yang bisa dikatakan kalah bagus atas POCO M5s yang sudah menggunakan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Kendati demikian, POCO M5 masih memiliki keunggulan di sisi refresh rate 90Hz.

Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan POCO M5? Untuk mengetahui ponsel ini lebih dalam, langsung saja simak ulasan yang akan penulis jabarkan di bawah ini.

Kelebihan POCO M5

Kelebihan POCO M5

1. Desain

POCO memang kerap menjadikan desain bodinya sebagai daya jual utama. Sebab, jarang ada ponsel POCO yang menghadirkan desain yang umum, karena brand ini selalu berusaha tampil beda dari yang lain. Oleh karena itu, desain dari POCO ini selalu memiliki ciri khas.

Seperti POCO M5 misalnya, ini menghadirkan elemen visual hitam memanjang di sekitar kameranya. Bump kamera yang semula hanya menyelimuti sederet lensa, kini dibuat agar memenuhi seluruh area di bagian atas. Desain bodinya juga dibuat sedikit melengkung, namun frame-nya berbentuk flat alias datar.

Dibanderol dengan harga 2 jutaan saja, tentunya bodi belakang dan frame dari POCO M5 masih terbuat dari plastik polikarbonat. Untuk dimensi, ini memiliki dimensi 164 x 76.1 x 8.9 mm dengan bobot 201 gram yang tidak bisa dikatakan ringan.

2. Layar

POCO M5 hadir dengan panel layar IPS (In-Pane Switching) LCD yang cukup mampu dalam menampilkan pengalaman visual yang cukup baik, lantaran sudah mendukung refresh rate 90Hz. Sehingga, pergerakan layar menjadi 50% lebih mulus dari biasanya, ini tentu saja akan sangat cocok bagi Anda yang suka scrolling media sosial atau bahkan bermain game.

Fitur refresh rate 90Hz ini akan secara otomatis disesuaikan pada aktivitas tertentu. Ketika pengguna sedang menonton video, maka refresh rate yang aktif adalah 30Hz atau 60Hz. Kemudian, pada saat bermain game, refresh rate akan berubah menjadi 60Hz atau 90Hz.

Layar IPS (In-Plane Switching) LCD ini berukuran 6,58 inci, layar tersebut juga mengusung resolusi Full HD+ alias 1080 x 2408 piksel pada aspek rasio 20:9. Selanjutnya, layar ini berada dalam kerapatan piksel 401 ppi (pixel per inch).

POCO juga mengklaim bahwa layar dari POCO M5 ini mendukung tingkat kecerahan sampai 500 nits (HBM). Menariknya lagi, layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi Widevine L1, sehingga dapat menonton Amazon Prime Video dan Netflix hingga beresolusi 1080p.

3. Dapur Pacu

Beralih ke sektor dapur pacu, POCO M5 ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang dibangun atas fabrikasi 6 nanometer, sehingga efisiensi dayanya cukup bisa diandalkan. Tidak hanya itu, MediaTek Helio G99 juga dikemas dengan kombinasi 8 (delapan) inti prosesor (octa-core) yang cukup kencang.

Di mana, ke-8 (delapan) CPU (Central Processing Unit) ini mencakup klaster high perfomance yang berisikan 2 (dua) unit Cortex A76 yang berlari dengan kecepatan 2.2 GHz. Untuk menunjang aktivitas harian yang ringan-ringan, terdapat juga klaster efisiensi daya yang terdiri dari 6 (enam) unit Cortex A55 yang berlari dengan kecepatan 2.0 GHz.

MediaTek Helio G99 ini juga didukung dengan GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G57 MC2 yang memiliki 2 (dua) inti dan frekuensi di angka 950 MHz. Untuk skor AnTuTu yang di dapat oleh ponsel ini adalah 371.919 poin. 

Kemudian, POCO M5 hadir dalam 2 (dua) varian yaitu RAM 4 GB (LPDDR4x) dan penyimpanan internal sebesar 64 GB (UFS 2.2) dan juga RAM 4 GB (LPDDR4x)  dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB (UFS 2.2). Anda juga dapat menambahkan RAM melalui fitur RAM Expansion, yang dapat meminjam sebagian memori internal untuk dijadikan RAM.

4. Kamera

Sisi fotografi, POCO M5 hadir dengan konfigurasi triple camera. Untuk komposisinya sendiri adalah kamera utama berkekuatan 50 MP, kamera makro 2 MP, sampai dengan kamera depth 2 MP. Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 5 MP.

Kamera utama 50 MP dari POCO M5 ini juga layak diacungi jempol. Sebab, tidak hanya dapat memotret dalam kondisi default 12.5 MP (Quad Bayer), si ponsel juga dapat memotret dalam resolusi penuh yaitu 50 MP.

Perihal perekaman video, baik itu kamera belakang dan juga kamera depan sama-sama dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps.

5. Baterai

Mengingat ponsel ini dirancang untuk bermain game, sudah semestinya ia dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. POCO juga mengklaim bahwa ponsel ini bisa bertahan hingga 42 jam untuk panggilan telepon, 21,8 jam dalam pemutaran video playback, dan 15 jam ketika digunakan untuk bermain game. Terlebih, POCO M5 masih bisa bertahan selama 476 jam dalam mode siaga.

Dihimpun dari berbagai sumber, POCO M5 ini diklaim bisa bertahan hingga 1 (satu) setengah hari ketika digunakan untuk aktivitas berat, termasuk bermain game dalam kurun waktu yang lama, mendengarkan lagu, browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya.

6. Konektivitas dan Sensor

Berbicara soal konektivitas, bisa dikatakan ponsel POCO M5 ini memiliki konektivitas yang lengkap seperti IR Blaster yang memungkinkan mengubah si ponsel menjadi remote, sudah mendukung NFC (Near Field Communication), Bluetooth 5.3, sampai dengan 3.5mm jack audio port.

Selain konektivitas, ponsel ini juga memiliki sensor yang lumayan lengkap seperti fingerprint alias sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di samping bodi, accelerometer, proximity, dan juga compass. Sayangnya, sensor gryo harus absen pada POCO M5.

Kekurangan POCO M5

Kekurangan POCO M5

1. Belum Mendukung 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) Helio G99, bukan Dimensity. Artinya, POCO M5 memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

2. Fast Charging Lambat

POCO M5 memang hadir dengan baterai yang mampu bertahan lama berkapasitas 5.000 mAh. Akan tetapi, baterai membutuhkan waktu yang lama ketika dicas. Oleh karena itu, satu-satunya waktu yang pas untuk mengisi daya pada ponsel ini adalah di malam hari sebelum tidur. Di dalam kotak penjualan, telah disertakan casan 22.5W beserta kabelnya. 

Kendati demikian, POCO M5 ini hanya mendukung fitur fast charging 18W saja. Ini sungguh mengecewakan pengguna. Sebab, di tahun 2022 ini sudah support fitur fast charging yang lebih tinggi. 

Spesifikasi POCO M5

Spesifikasi POCO M5

  • Warna : Black, Green, Yellow.
  • Dimensi : 164 x 76.1 x 8.9 mm.
  • Berat : 201 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2408 piksel, 6.58 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali G57 MC2.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB  / 128 GB.
  • OS : Android 12, MIUI 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga POCO M5

Harga POCO M5

Harga terbaru dari POCO M5 berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi POCO Indonesia adalah Rp2.199.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Sementara itu, varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.399.000 rupiah. 

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain