Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Pad - Spesifikasi & Harga

Berikut ini penulis akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Pad beserta spesifikasi dan harganya.

Xiaomi Indonesia kembali meluncurkan tablet terbaru mereka pada tanggal 17 November 2022 di Indonesia, yakni Xiaomi Redmi Pad. Berbeda halnya seperti Xiaomi Redmi Pad 5 yang dirilis pada 2021 lalu. Xiaomi Redmi Pad ini dibanderol dengan harga yang lebih murah, namun tetap ia hadir dengan perfoma yang kencang. 

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Pad

Pasalnya, Xiaomi Redmi Pad ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang cukup powerful di kelasnya. Tidak hanya itu, kamera selfie dari tablet ini juga telah mendukung ultrawide yang teroptimasi untuk aktivitas video call.

Berikut ini penulis akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Pad beserta spesifikasi dan harganya yang bisa Anda simak melalui ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Xiaomi Redmi Pad

Kelebihan Xiaomi Redmi Pad

1. Desain Premium

Desain belakang dari Xiaomi Redmi Pad ini dirancang dengan unibodi yang terbuat dari bahan metal. Kemudian dibaluti juga dengan sentuhan akhir berbahan satin, inilah yang membuat noda sidik jari maupun jamur tidak mudah menempel pada permukaan bodi belakang tablet ini.

Selanjutnya, si tablet hadir dengan satu kamera saja yang diselimuti oleh elemen visual persegi panjang alih-alih menampilkan 1 (satu) lensa saja. Ini juga menampilkan bezel yang tergolong cukup tebal di ke-empat sisinya. Kendati demikian, Anda masih dapat merasakan kenyamanan ketika melihat konten di layar.

Xiaomi Redmi Pad memiliki dimensi 250.5 x 158.1 x 7.1 mm dengan bobot 465 gram. Kemudian, ia hadir dalam 3 (tiga) varian warna. Beberapa diantaranya adalah Graphite Gray, Moonlight Silver, Mint Green.

2. Layar

Xiaomi Redmi Pad hadir dengan panel IPS LCD yang memiliki ukuran 10,61 inci dengan resolusi 2K alias 1200 x 2000 piksel. Layar tersebut juga sudah mendukung sebanyak 1 miliar warna dan mendukung tingkat kecerahan tipikal 400 nit. Layar dari Xiaomi Redmi Pad ini juga berada dalam aspek rasio 5:3 dan memiliki kerapatan piksel 220 ppi (pixel per inch).

Untungnya, si tablet sudah mendukung refresh rate 90Hz dan bukan 60Hz. Tidak sampai disitu saja, layar dari Xiaomi Redmi Pad disebutkan telah mendukung sertifikasi Widevine L1 sehingga Anda dapat menonton konten Netflix dengan resolusi Full HD+ alias 1080p.

3. Perfoma Powerful

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, Xiaomi Redmi Pad ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang dibuat atas proses manufaktur 6 nanometer. MediaTek Helio G99 pun membawakan klaster berperfoma tinggi berisikan 4 (empat) unit Cortex A76 berkecepatan 2,2 GHz, dan klaster efisiensi daya 4 (empat) inti Cortex A55 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz.

Di sisi grafis, tersematkan juga GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G57 MC2. Kemudian, ini ditandemkan dengan RAM 6 GB LPDDR4x yang juga bisa ditambah 2 GB berkat RAM Virtual dan penyimpanan internal sebesar 128 GB eMMC 5.1. Pengguna juga masih bisa menyematkan microSD hingga berkapasitas 1 TB.

4. Kamera Selfie Ultrawide

Beralih ke sektor kamera, Xiaomi Redmi Pad memang tidak menghadirkan kamera utama yang wah seperti smartphone. Pasalnya, kamera belakang dari tablet hanya digunakan untuk memotret dokumen, dan sejenisnya. Oleh karena itu, tablet ini hadir dengan kamera utama beresolusi 8 MP dengan bukaan apertur f/2.0 yang juga didukung fitur autofokus.

Sementara itu, di sisi depan terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP ultrawide dengan bukaan apertur f/2.3, ini juga didukung dengan teknologi FocusFrame yang akan menjaga subjek tetap berada di tengah.

5. Baterai Besar

Mengenai baterai, Xiaomi Redmi Pad tertanam baterai berkapasitas 8.000 mAh yang sanggup bertahan lama. Tidak lupa, ini juga tersemat fitur fast charging 18W. Berdasarkan dari beberapa informasi yang penulis himpun, baterai dari si tablet sanggup bertahan hingga 15 jam 46 menit untuk kegiatan browsing, dan menonton video playback selama 13 jam 40 menit.

Dengan hadirnya teknologi pengisian cepat 18W. Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam 21 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

6. Stereo Speaker

Demi memanjakan telinga pengguna, Xiaomi Redmi Pad ini sudah disematkan stereo speaker sebanyak 4 (empat) buah, diletakkan di kiri dua dan di kanan dua. Untuk kualitasnya juga bisa dikatakan cukup baik, ini berkat dukungan Dolby Atmos dan Hi Res Audio. Bahkan, stereo speaker dari si tablet memiliki tingkat kelantangan suara -23,9 LUFS sehingga mendapatkan predikat sangat baik.

Kekurangan Xiaomi Redmi Pad

Kekurangan Xiaomi Redmi Pad

1. Tidak Ada Fingerprint

Apabila diantara Anda sangat membutuhkan fingerprint alias pemindai sidik jari agar si tablet lebih aman dan memang terbiasa dengan fitur tersebut. Ada baiknya Anda memilih tablet lain yang sudah tersematkan sensor pemindai sidik jari. Meskipun tidak ada fingerprint, Xiaomi Redmi Pad masih menghadirkan Face Unlock untuk keamanan.

2. 3.5mm Jack Audio Port Absen

Cukup disayangkan Xiaomi Redmi Pad ini tidak tersedia 3.5mm jack audio port, mungkin karena tablet ini sudah dibekali 4 (empat) stereo speaker. Meskipun begitu, Anda juga masih bisa kok menggunakan earphone bluetooth maupun earphone yang menggunakan port USB Type-C. Kendati demikian, apabila Anda ingin menggunakan earphone reguler, Anda membutuhkan adapter 3.5mm to USB Type-C.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad

  • Warna : Graphite Gray, Moonlight Silver, Mint Green.
  • Dimensi : 250.5 x 158.1 x 7.1 mm.
  • Berat : 465 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1200 x 2000, 10.61 inci.
  • Chipset : MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, MIUI 13.1.
  • Baterai : Li-Po 8000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP (Ultrawide).

Harga Xiaomi Redmi Pad

Harga Xiaomi Redmi Pad

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari berbagai sumber, harga Xiaomi Redmi Pad ini dibanderol dengan harga Rp3.499.000 rupiah untuk RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Ini juga akan hadir dalam 3 (tiga) opsi warna yaitu Graphite Gray, Moonlight Silver, dan Mint Green. Namun, tablet ini mulai bisa dibeli di Mi.com, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku dan lain sebagainya pada tanggal 25 November 2022.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain